Inilah 10+ Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang, Lengkap!

Inilah 10+ Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang, Lengkap!

Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang – Perkembangan ekspor impor Indonesia sudah mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini tidak jauh dari semakin meningkatnya kebutuhan konsumen akan suatu produk yang diproduksi oleh Indonesia.  Produk-produk yang diekspor pun kian beragam mulai dari produk pertambangan hingga produk pangan.

Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang
Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang-Mister Exportir

Indonesia merupakan negara pengekspor utama udang dan minyak sawit ke Jepang. Pada bulan Mei lalu, Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Hiroshige Seko melakukan kunjungan ke Indonesia. Kunjungan tersebut bertujuan untuk bertemu dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta dan memepererat kerjasama ekonomi Indonesia-Jepang terkait perdagangan, ekspor-impor, dan investasi.

Selain itu, Jepang merupakan negara tujuan ekspor terbesar ke tiga Indonesia setelah Tiongkok dan Amerika Serikat. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai komoditi Indonesia yang biasa diekspor ke Jepang. Simak pembahasannya di bawah ini.

Data Ekspor Negara Jepang

Jepang memiliki tiga sektor ekspor yang paling banyak diminati. Ketiga sektor tersebut adalah sektor industri, sektor perikanan, dan sektor pertanian. Masing-masing sektornya memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan perekonomian Jepang itu sendiri.

Dalam sektor industri, Jepang memiliki ekspor utama berupa otomotif, elektronik konsumen, semikonduktor, komputer, besi, dan baja. Kawasan industrinya tersebar di sejumlah prefektur yaitu Chiba Kanagawa, Saitama, dan Tokyo. Jenis industri manufaktur Jepang banyak bergantung pada impor bahan mentah dan bahan bakar minyak dari negara-negara luar lainnya.

Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang
Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang-Mister Exportir

Sementara itu, di sektor pertanian yang dimiliki Jepang adalah padi, kentang, gandum, jagung, kacang, dan teh. Sedangakan hasil peternakannya berupa babi, ayam, telur, sapi, dan susu. Selain itu, Jepang juga mengimpor beberapa komoditas seperti beras, gandum, sorgum, dan kedelai.

Sektor perikanan sendiri menempati urutan ke-2 di dunia. Perikanan yang dilakukan melalui du acara yaitu perikanan pesisir dan [erikanan lepas pantai dengan kapal ukuran menengah. Banyak hasil laut yang diambil, misalnya sarden, cakalang, kepiting, udang, tuna, dan makerel.

Data Ekspor Negara Indonesia

Kategori makanan menempati urutan pertama dalam data ekspor Indonesia. Udang merupakan salah satu produk yang banyak diminati di pasar global. Selain udang, minyak kelapa sawit juga mendominasi pasar global dengan angka produksi hingga 31 juta ton setiap tahunnya.

Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang
Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang-Mister Exportir

Komoditas kayu juga tak kalah saing dengan produk-produk makanan yang diekspor oleh Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai ekspornya yang mencapai 5 miliar USD di setiap tahunnya. Selain itu, produk tekstil juga ikut andil dalam kegiatan ekspor yang dilakukan oleh Indonesia. Produk yang diekspornya sangat beragam, mulai dari pakaian siap pakai, pakaian rajut, kaoskaki rajut, serta pelengkapan baju lainnya.

Komoditas ekspor Indonesia selanjutnya adalah getah karet. Getah karet ini diproduksi oleh karet alam di Indonesia yang mampu memproduksi 3,2 juta ton setiap tahunnya. Hasil produksi karet ini mempu menembus pasar dunia hingga ke berbgai negara, salah satu negaranya adalah Jepang. Salah satu brand ban yang berasal dari Indonesia adalah GT Radial yang diproduksi oleh Perseroan Terbatas Gajah Tunggal.

Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang, Lengkap!

Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang
Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jepang-Mister Exportir

Di bawah ini merupakan komoditas-komoditas yang diekspor ke Jepang:

  1. Shrimps & prawns, frozen
  2. Nickel mattes
  3. Plywood, veneered panel & similar laminated wood
  4. Technically specified natural rubber
  5. Palm oil (excl crude) & fractions
  6. Unwrought tin, not alloyed
  7. (Ignition) wiring sets for vehicles
  8. Newsprint & uncoated paper(-board)
  9. Coffee, not roasted, not decaffeinated
  10. Footwear, rubber/plastic soles & leather uppers, nes
  11. Fish fillets, frozen
  12. Motor vehicles for the transport of persons, nes
  13. Jewelery, of precious metal, nes
  14. Molluscs & other aquatic invertebrates
  15. Contact lenses
  16. Palm kernel & babassu oil (excl crude) & fractions
  17. Footwear, rubber/plastic soles & textile uppers, nes
  18. Shrimps & prawns, prepared or preserved
  19. Wood in chips/particles
  20. Cocoa butter, fat & oil

Nah, demikianlah pembahasan mengenai komoditi Indonesia yang biasa diekspor ke Jepang. Dari data-data di atas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali produk Indonesia yang diekspor ke Jepang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com