Contoh Perdagangan Internasional

Contoh Perdagangan Internasional

Salah satu hal yang cukup menarik untuk dibahas di dalam dunia ekonomi adalah mengenai perdagangan. Perdagangan sendiri menjadi salah satu inti dari dunia ekonomi itu sendiri.

Menjual barang atau jasa untuk mereka yang membutuhkan dan mendapatkan untung dari penjualan tersebut, menjadi salah satu bentuk tujuan nyata dari sebuah perdagangan. Perdagangan sendiri sebenarnya terjadi menjadi beberapa macam jenis.

Namun apabila dilihat dari konteks besarnya maka bisa dibedakan menjadi 2 jenis yang utama dan itu merupakan perdagangan lokal atau nasional dan perdagangan internasional.

Perdagangan lokal konteksnya adalah perdagangan yang terjadi di dalam suatu daerah atau di dalam suatu negara saja.

Contohnya pun sudah pasti sangat mudah semua perdagangan yang terjadi di dalam satu daerah dan negara itu sudah pasti menjadi perdagangan nasional.

Lalu bagaimana dengan perdagangan internasional? Contoh perdagangan internasional, cukup berbeda dengan perdagangan lokal atau nasional, karena konteksnya yang lebih luas. 

Contoh perdagangan Internasional berdasarkan konteksnya

Nah, perdagangan internasional sendiri memang bisa dibilang cukup simpel yaitu dimana perdagangan terjadi di luar negara kita atau melibatkan usaha dan barang dari negara lain.

Perbedaan ini lalu membuat contoh perdagangan internasional menjadi lebih banyak dan berbeda beda. Jadi jika teman teman ingin mengetahui lebih mendalam mengenai contoh contohnya, berikut akan kami berikan.

1. Ekspor

ekspor
gambar: unsplash

Salah satu bentuk perdagangan nasional yang memang sering dilakukan adalah kegiatan ekspor. Ekspor disini adalah kegiatan dimana negara asal menjual barang atau produksi mereka ke negara yang lain.

Contoh perdagangan internasional berdasarkan ekspor adalah saat indonesia menjual kelapa sawit ke lur negeri, atau pada saat indonesia menjual pasir milik mereka ke negara singapura.

Tidak hanya itu indonesia menjual hasil bumi seperti misalnya kopi, cengkeh, rempah rempah ke negara lain juga termasuk ke dalam ekspor.

Ini merupakan salah satu bentuk perdagangan internasional yang paling sering terjadi, dan akibatnya sangat baik karena memberikan negeri pengekspor keuntungan berupa devisa negara.

Yang menarik, ekspor juga tidak terbatas pada negara saja. Perusahaan perusahaan besar dan kecil juga bisa melakukan ekspor ke negara lain atau yang lebih tepatnya pembeli dari negara lain.

Tentu saja ini akan lebih dalam hal mikro dan tidak makro. Sebagai contoh perdagangan internasional ekspor untuk perusahaan kecil adalah seperti penjualan baju baju dan sepatu dalam negeri ke luar negeri.

Ini merupakan contoh yang paling tepat untuk mereka yang ingin tahu apakah perusahaan kecil atau besar swasta juga bisa melakukan ekspor ke negara lain. Yang juga dilakukan untuk memperluas channel perdagangan mereka mencapai ke luar negeri dan mendapatkan keuntungan yang besar juga.

2. Impor

Contoh perdagangan internasional berikutnya akan diambil berdasarkan konteks impor barang. Ya, benar sekali, jika ekspor adalah saat negara kita menjual produk mereka ke negara lain dan mendapatkan keuntungan, maka impor adalah kebalikannya.

Disini indonesia atau negara akan membeli produk dari negara lain. Produk tersebut bisa berupa benda fisik ataupun jasa.

Seperti contoh perdagangan internasional berdasarkan konteks impor yang paling sering kita ketahui adalah bagaimana indonesia mengimpor produk produk elektronik dari negara lain seperti jepang, korea atau china.

Impor ini memberikan indikasi kalau negara kita bisa dan mampu membeli barang dari negara lain.

Tentu saja, karena konteks dari contoh perdagangan internasional impor berarti membeli, berarti kita tidak mendapatkan keuntungan berupa uang. Akan tetapi mendapatkan keuntungan berupa barang yang berarti bisa digunakan untuk dijual di dalam negeri.

Impor sendiri biasanya memiliki batas untuk memastikan kalau produk lokal tetap bisa bertahan atau bersaing dengan produk luar.

Ini menjadi hal yang sangat penting untuk dipahami, dan jangan sampai barang impor malah melebihi barang yang diekspor karena itu berarti negara tidak mendapatkan untung dalam berupa devisa.

Tentu saja hal ini bisa berlaku juga untuk perusahaan swasta atau perseorangan dimana sebuah perusahaan tertentu melakukan impor dari negara lain.

3. Barter

barter
gambar: pixabay

Nah untuk contoh perdagangan internasional yang berikut ini konteksnya memang cukup unik. Karena tidak seperti perdagangan modern pada umumnya dimana pembeli membeli dengan uang untuk mendapatkan barang, disini perdagangan lebih mengutamakan perdagangan tradisional dengan cara barter.

Ya benar sekali barter bisa menjadi contoh dari perdagangan internasional yang masih cukup sering dilakukan di jaman sekarang. Ini merupakan sebuah keunikan tersendiri yang memang tidak banyak orang mengetahuinya.

Barter sendiri disini dicontohkan seperti saat indonesia melakukan barter hasil dari perkebunan mereka dengan produk militer dari rusia. Barter meski terlihat sangat unik, sebenarnya bisa dilakukan, terutama jika memang kedua pihak memang saling membutuhkan barang masing masing.

Pada dasarnya barter adalah melakukan pertukaran kedua barang yang bagi masing masing pihak dianggap memiliki nilai yang sepadan atau memang dibutuhkan di masing masing pihak. Karena tidak menutup kemungkinan, sebuah barang akan terlihat lebih bernilai di satu pihak dibandingkan pihak lainnya.

Dalam hal ini rusia yang menjual produk militer mereka melihat bahwa produk perkebunan di indonesia memang sepadan dengan produk militer mereka. Ini memang merupakan sebuah keunikan dari contoh perdagangan internasional.

4. Konsumsi

barter
gambar: pixabay

Nah satu lagi contoh perdagangan internasional yang cukup menarik. konsumsi disini bukan berarti menjual produk yang dikonsumsi saja. Akan tetapi adalah menitipkan barang yang dijual ke dalam pasar bebas. Ini berarti produk yang dijual akan bebas untuk dibeli oleh setiap pihak tanpa terkecuali.

Jadi tidak hanya melakukan deal Antara satu pihak atau negara dengan pihak lainnya. Cara perdagangan internasional yang satu ini menjadi salah satu jenis perdagangan bebas yang cukup banyak dilakukan oleh pihak swasta dan juga negara saat ini.

Pembelian di pasar bebas ini sendiri juga bisa dilakukan tidak hanya dengan membeli saja, namun dilakukan dengan penawaran tertinggi. Atau yang biasa kita kenal juga dengan nama lelang.

Jadi siapapun pihak yang menawarkan harga tertinggi maka merekalah yang berhak untuk mendapatkan dan membeli produk yang dijual tersebut.

Dan itulah beberapa informasi atau contoh perdagangan internasional. Memang bisa dibilang perdagangan internasional merupakan salah satu bentuk perdagangan yang paling menguntungkan.

Akan tetapi tetek bengek yang harus kita perhatikan dan faktor faktornya cukup banyak. Kita tidak bisa melakukan perdagangan internasional semudah kita melakukan perdagangan lokal atau nasional.

Bea cukai, biaya pengiriman, kelengkapan dokumen, keamanan barang atau packaging dan juga beberapa faktor menjadi penyebab hambatan perdagangan internasional.

Akan tetapi semua ini cukup pantas untuk dilakukan karena keuntungan yang bisa kita terima akan cukup besar. Semua itu benar benar menjadi sebuah hal yang sangat menarik untuk dilakukan oleh semua pengusaha yang berkecimpung di dalam dunia perdagangan.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

CONTACT US

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh