Usaha Makanan Ringan

Usaha Makanan Ringan

Usaha makanan ringan adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Pasar usaha ini selalu terbuka lebar karena permintaan makanan ringan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kamu bisa memulai usaha makanan ringan ini dari dapur rumahmu. Makanan ringan ini pada umumnya mudah dibuat dan bahan pokoknya mudah ditemui di sekitarmu, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan proses memasak yang sulit.

Penasaran usaha makanan ringan unik dan inovatif apa saja yang bisa kamu jajal? Cek lisnya di bawah ini!

Usaha Makanan Ringan Paling Laris

1. Tahu Bakso Daging

Tahu Bakso Daging
Source: BLANJA.com

Siapa yang tidak kenal dengan makanan ringan yang satu ini? Rasanya gurih dan asin, membuat tahu bakso daging sebagai primadona makanan ringan di masyarakat.

Bahannya mudah ditemukan di sekitarmu dan proses pembuatannya pun tidak sulit. Daging yang kamu gunakan pun bisa kamu variasikan seperti daging ayam, daging sapi, atau daging ikan. Kamu bisa mulai membuatnya di rumah saat ini juga!

Tahu bakso daging sangat cocok disantap bersama keluarga atau saat kumpul-kumpul dengan teman.

2. Kerupuk Seblak

Jika seblak kuah sempat booming beberapa tahun yang lalu, kini kerupuk seblak siap mengambil alih popularitas tersebut. Kerupuk seblak ini seperti seblak versi kering, sehingga mudah dibawa ke mana saja tanpa takut basah atau bocor.

Rasanya tidak kalah dengan seblak kuah, yaitu gurih dan pedas nagih. Saat memulai usaha kerupuk seblak ini, disarankan kamu membungkusnya dalam kemasan segenggaman tangan sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Selain itu dengan kemasan yang kecil, kamu bisa menitipkannya di sekolah-sekolah.

3. Aneka Gorengan

Aneka Gorengan
Source: tirto.id

Gorengan adalah sahabat masyarakat Indonesia. Kemana pun kamu pergi, pasti kamu melewati satu-dua tukang gorengan di pinggir jalan. Hal itu tidak mengherankan, sebab usaha gorengan adala salah satu usaha makanan ringan yang paling laris dan mudah memulainya.

Aneka pilihan gorengan yang bermacam-macam seperti cireng, pisang molen, bakwan, kripik tempe, dan sebagainya membuat gorengan sebagai salah satu usaha makanan ringan paling laris.

Cara untuk membuat usaha gorengan milikmu mampu bertahan di antara usaha gorengan lainnya adalah memilih tempat yang strategis, rasa dan ukuran gorengan yang disenangi pelanggan, dan harga yang ekonomis.

Usaha Makanan Ringan Unik Bermodal Kecil

4. Sari Kacang Hijau

Sari Kacang Hijau
Source: hipwee.com

Sari kacang hijau adalah variasi lain dari bubur kacang hijau. Minuman ini diproses dari kacang hijau yang direbus lalu disaring ampasnya, dan menggunakan gula aren sebagai pemanisnya.

Kelebihan sari kacang hijau ini adalah konsumen bisa langsung meminumnya dari botol, tidak seperti bubur kacang hijau yang membutuhkan wadah dan sendok untuk mengkonsumsinya. Bisa dijual sebagai minuman hangat atau minuman dingin, tergantung keinginan konsumen.

Target dari usaha ini adalah karyawan atau anak-anak sekolah yang tidak sempat sarapan di pagi hari. Karena itu pastikan kamu memilih tempat yang strategis untuk menjual sari kacang hijau.

5. Kulit Ayam Crispy

Kulit Ayam Crispy
Source: liputan6.com

Mirip-mirip seperti keripik, kulit ayam crispy memiliki tempat tersendiri di hati penggemar makanan ringan. Kulit ayam crispy memiliki tekstur yang membuat kamu ingin makan lagi, dan lagi.

Dengan modal kecil, kamu bisa meraup keuntungan berkali-kali lipat dengan menjual kulit ayam crispy. Kamu bisa memulai usaha ini di rumah dan berimprovisasi dengan bumbu tabur untuk kulit ayam crispy.

Bagi kamu penggemar makanan ringan yang enak untuk dicemil, kulit ayam kremes adalah pilihan yang tepat.

Usaha makanan ringan kekinian

6. Donat Indomie

Donat Indomie
Source: asedino.com

Lupakan donat mesis cokelat yang biasa kamu temui, kini kamu bisa menarik perhatian konsumen Generasi Z dengan donat Indomie. Bentuknya unik seperti donat, namun saat digigit adalah Indomie dengan rasa umaminya.

Tidak sulit memulai usaha ini karena bahannya yang mudah ditemukan dan mudah diolah. Makanan ringan ini digemari oleh seluruh lapis masyarakat, terutama anak kecil dan remaja.

Kamu bisa membangun stan di dekat sekolah, di pasar malam, saat Car Free Day (CFD), dan sebagainya.

7. Hotdog Kentang

Hotdog Kentang
Source: portalmadura.com

Makanan ringan ini mulai terkenal di Indonesia setelah banyak muncul di drama dan variety show asal Korea Selatan. Tidak hanya artis asal Korea Selatan saja yang memiliki penggemar di Indonesia, makanan dari Korea Selatan juga mulai memiliki penggemarnya di Indonesia, salah satunya hotdog kentang.

Hotdog kentang adalah sosis yang dilapisi kentang goreng lalu digoreng di api panas. Beberapa resep menyisipkan keju mozzarella ke dalamnya untuk menambah daya tarik makanan ini.

Karena visualnya yang eye-pleasing, kamu bisa mempromosikan usaha hotdog kentang ini melalui media sosial untuk menarik pelanggan.

8. Pizza Goreng

Mendengar namanya saja, orang pasti tertarik untuk melihat makanan ringan yang satu ini. Pizza goreng adalah salah satu usaha makanan ringan kekinian yang patut kamu coba, sebab rasanya tidak kalah dengan pizza biasa dan bisa kamu produksi sendiri di rumah.

Kamu bisa menjualnya dengan versi sudah matang atau versi frozen food, tergantung pesanan konsumenmu. Jika kamu serius dengan usaha ini, kamu harus pandai-pandai membuat rasa baru atau mengikuti tren sebagai isian pizza goreng ini.

Kelebihan usaha ini adalah kamu bisa melakukan usaha ini dari rumah dan mengandalkan internet, sosial media, toko online, dan layanan pesan antar seperti GoFood.

Usaha Makanan Ringan untuk Dititipkan di Warung

9. Keripik Singkong atau Keripik Pisang

Keripik Singkong
Source: topcareer.id

Salah satu makanan ringan yang mudah dibuat untuk dititipkan di warung adalah keripik singkong atau keripik pisang.

Harga bahan pokok makanan ringan ini pun relatif murah dan kamu tidak perlu bersusah payah mempromosikan usaha makanan ringanmu karena sudah dititipkan di warung.

Agar beda dari keripik yang lain, kamu bisa mengotak-atik bumbu tabur di keripik atau menggunakan kemasan apik untuk menarik pelanggan.

10. Bakpau Isi

Bakpau Isi
source: liputan6.com

Makanan ringan yang bisa dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak lain dan tidak bukan adalah bakpau. Mulai dari anak-anak hingga nenek-nenek, hampir semua orang menyukai bakpau.

Teksturnya yang lembut menjadi keunggulan makanan ringan ini. Saat memulai usaha ini, kamu bisa membuat isian seperti cokelat, kacang hijau, sayur, atau ayam.

Warung yang bisa dititipi bakpau ini banyak pilihannya, mulai dari warung di dekat rumah, warung di sekolah, atau warung di pinggir jalan. Lalu salah satu kunci usaha ini adalah membangun hubungan yang baik dengan pemilik warung tersebut sebelum menitipi usaha makanan ringanmu!

Sudah terpikirkan usaha makanan ringan mana yang akan kamu coba?

Kalau kamu ingin mempromosikan usahamu lewat sosial media, kamu bisa mencoba usaha hotdog kentang yang memiliki visual yang menarik. Atau kalau kamu memiliki modal yang pas-pasan, kamu bisa mencoba menjual sari kacang hijau untuk dijual saat pagi hari.

Jangan takut untuk membangun usaha makanan ringan produksimu sendiri. Jika produkmu sudah dikenal banyak orang dan memiliki pelanggan tetap, kamu bisa mulai memberdayakan orang-orang di sekitarmu untuk mengembangkan usaha makanan ringanmu menjadi lebih besar lagi!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com