Produk Olahan Mangga, Cocok untuk Usaha Rumahan

Produk Olahan Mangga, Cocok untuk Usaha Rumahan

Produk olahan mangga menjadi favorit banyak orang karena memang rasanya yang manis cocok untuk dijadikan banyak hidangan. Selain dinikmati untuk konsumsi sendiri, saat ini produk olahan buah mangga juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan keuntungan.

Mangga adalah salah satu buah musiman yang memiliki banyak sekali peminat. Tidak hanya di Indonesia saja, buah ini juga sangat dikenal di luar negeri bahkan di seluruh dunia.

Sebagai negara tropis yang menjadi tempat tumbuhnya beragam tanaman buah-buahan dengan kualitas terbaik, Indonesia memiliki kesempatan yang besar untuk mengembangkan produk-produk olahan buah yang bisa menjadi peluang usaha.

Nah, untuk kali ini Mister Exportir akan membahas produk olahan buah mangga yang dapat dikembangkan menjadi usaha rumahan.

produk olahan mangga, bisa jadi peluang usaha

Buah Mangga dan Manfaatnya

Di samping rasanya yang nikmat dan lezat, buah mangga ternyata juga memiliki manfaat yang banyak ketika dikonsumsi oleh tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan.

  1. Membantu cegah diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah dan sayuran yang tinggi vitamin C dan karotenoid dapat membantu mencegah timbulnya diabetes. Mangga kaya akan kedua nutrisi ini, sehingga dapat memberikan manfaat yang serupa.

Mengonsumsi buah mangga segar dalam jumlah sedang, kemungkinan akan mengurangi risiko terkena diabetes. Perlu diingat bahwa mangga segar tidak mengandung gula sebanyak mangga kering.

  1. Kaya akan antioksidan

Mangga mengandung polifenol, yang merupakan senyawa antioksidan untuk melindungi tubuh.

Selain itu, mangga juga mengandung banyak jenis senyawa sehat lain yang terkonsentrasi pada daging, kulitnya, dan bahkan inti bijinya di antaranya mangiferin, katekin, antosianin, asam galat, kaempferol, rhamnetin, dan asam benzoat.

Antioksidan merupakan senyawa yang penting karena dapat melindungi sel dari radikal bebas yang memicu tanda-tanda penuaan dan penyakit kronis.

  1. Meningkatkan kekebalan imun

Mangga adalah sumber nutrisi yang mengandung banyak senyawa vitamin penting untuk tubuh di antaranya vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin E, tembaga, dan folat.

Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kekurangan vitamin ini rupanya dapat meningkatkan resiko terkena infeksi penyakit.

Sementara itu, Vitamin C dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih yang berperan melawan penyakit, membantu sel-sel bekerja lebih efektif, dan meningkatkan pertahanan kulit.

  1. Membantu menyehatkan mata

Mangga kaya akan nutrisi yang dapat membantu mendukung kesehatan mata di antaranya adalah antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Senyawa ini terkonsentrasi di retina mata. Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertindak sebagai tabir surya alami yang menyerap cahaya berlebih.

Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik, yang sangat baik untuk kesehatan mata.

  1. Menurunkan risiko kanker tertentu

Mangga mengandung polifenol yang tinggi. Senyawa ini dikenal memiliki sifat antikanker dengan melindungi tubuh dari proses berbahaya yang disebut stres oksidatif, yang terkait dengan banyak jenis kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa polifenol dapat menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker, termasuk leukemia dan kanker usus besar, paru-paru, prostat, dan payudara.

Mangiferin, polifenol utama dalam mangga, baru-baru ini mendapat perhatian karena efek antikankernya yang menjanjikan.

Dalam penelitian pada hewan, senyawa ini terbukti mengurangi peradangan, melindungi sel dari stres oksidatif, dan menghentikan pertumbuhan sel kanker atau membunuhnya.

puding mangga

Produk Olahan Mangga

Selain dimakan dalam kondisi segar buahnya, Mangga juga dapat diolah menjadi bermacam-macam produk olahan yang tentu tak kalah lezatnya. Hal ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan nilai jual mangga di pasaran.

Mengolah mangga menjadi produk lainnya mungkin telah dilakukan masyarakat sejak lama. Namun, dengan kecanggihan teknologi saat ini, produk olahan mangga bisa menjadi salah satu target pemasaran yang ideal.

Memanfaatkan promosi melalui berbagai cara, baik offline maupun online, produk olahan mangga dapat menjadi solusi untuk menambah pendapatan tentunya dengan kreatifitas, inovasi, dan marketing yang unik.

Berikut ini beberapa produk olahan mangga yang bisa menjadi peluang usaha, khususnya di tahun 2022.

  1. Puding Mangga

Meskipun terkesan sederhana, puding mangga merupakan olahan nikmat yang sangat menjanjikan untuk dijadikan sebuah produk usaha. Makanan manis yang satu ini memang dikenal sangat lezat dan lembut.

Selain itu, cara membuatnya pun cukup mudah yaitu mencampurkan buah mangga segar dengan bahan puding atau agar-agar.

Supaya terkesan menarik, buatlah saus dengan berbagai rasa seperti vanila, susu, dan lainnya. Produk olahan puding mangga dapat menjadi jajanan yang enak dan sehat.

  1. Es Krim Mangga

Hampir setiap anak atau orang dewasa juga suka mengonsumsi es krim. Mengolah mangga menjadi olahan es krim stik dapat menjadi alternatif usaha kecil di sekitar rumah.

Saat memikirkan tentang es krim, tak perlu membayangkan proses pembuatannya yang rumit. Es krim stik mangga adalah produk yang sangat mudah untuk dibuat, yaitu dengan mencampur buah mangga segar dengan susu kemudian ditaruh di dalam kulkas.

  1. Mango Sticky Rice

Ingin usaha mangga yang tidak terlalu simple tetapi juga tidak terlalu rumit? Mungkin produk mango sticky rice bisa menjadi solusinya.

Olahan manis asal negara Thailand ini memang tengah populer di Indonesia beberapa tahun ke belakang. Hal ini karena paduan mangga segar dengan ketan dan fla yang manis merupakan kombinasi yang sangat tepat dan pas untuk dinikmati kapan saja.

Buatlah inovasi menarik produk mango sticky rice yang menarik, dan mulai pasarkan di lingkungan sekitar.

mango sticky rice

  1. Rujak Mangga Pencit

Buah mangga yang masih muda memang dikenal menyegarkan karena paduan rasa asam dan manisnya yang sangat cocok di lidah. Mangga muda ini dapat diolah menjadi rujak pencit yang nikmat.

Cara pembuatan produk olahan mangga ini terbilang cukup mudah karena cukup membutuhkan buah mangga segar dan bumbunya yang khas. Ternyata, rujak mangga pencit memiliki banyak peminat di masyarakat.

Hal ini dapat menjadi peluang usaha, dengan menjual produk rujak mangga pencit beku di platform marketplace online.

  1. Keripik Mangga

Tidak hanya berbahan pisang dan singkong saja, mangga juga bisa menjadi salah satu buah-buahan yang digunakan untuk bahan pembuatan keripik. Peluang usaha produk ini terbilang cukup menjanjikan karena belum banyak yang menggelutinya.

Cara pembuatan keripik mangga relatif sama dengan cara pembuatan keripik berbahan buah lainnya. Oleh karena itu, hadirnya inovasi ini dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan melalui usaha rumahan.

  1. Es Teh Mangga (Mango Ice Tea)

Saat ini, produk minuman kekinian menjadi salah satu jenis usaha yang sedang mendapat perhatian serta memiliki banyak peminat di pasaran. Nah, produk olahan mangga yang satu ini mungkin bisa menjadi salah satu inovasi usaha minuman kekinian.

Es teh mangga merupakan minuman nikmat yang tentunya sangat cocok menjadi hidangan menyegarkan untuk menghilangkan dahaga. Campuran rasa manis asam dari buah mangga serta teh yang unik dapat menarik perhatian konsumen.

Cara pembuatannya pun terhitung cukup mudah dengan bahan baku yang mudah didapatkan.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge