Peluang Usaha yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Peluang Usaha yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Niatmu awal tahun ini adalah membangun usaha. Namun siapa sangka, pandemi coronavirus menyerang seluruh dunia. Banyak bisnis di luar sana satu per satu mulai tutup.

Namun, jangan biarkan pandemi memadamkan niatmu untuk memulai usaha. Karena di tengah kesulitan, pasti selalu ada peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan.

Apalagi new normal mulai berjalan, pastikan kamu mulai bersiap-siap untuk memulai usahamu sendiri.

Berikut kami menyajikan peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan di 2020!

Usaha yang Laku Setiap Hari

1. Jualan Sembako

Jualan Sembako
source: freepik.com

Sembako adalah bahan pokok yang tidak dapat dihindarkan kebutuhannya setiap hari. Apalagi orang Indonesia yang katanya ‘belum makan kalau belum makan nasi,’.

Tahukah kamu kalau Bob Sadino, almarhum pengusaha yang terkenal itu, merintis awal usahanya dengan berjualan telur? Ia pantang menyerah dan berani untuk menawarkan dagangan telurnya itu dari pintu ke pintu.

Perlahan namun pasti, ia mulai mengumpulkan modal dan membangun usahanya sendiri yaitu Kem Chicks, Kem Foods, dan Kem Farms.

Melihat kisah Bob Sadino, kamu bisa merintis usaha ini sedikit demi sedikit. Mungkin kamu bisa mulai dari berjualan beras terlebih dahulu lalu ditawarkan kepada tetangga.

Jika sudah memiliki pelanggan tetap, kamu bisa memutar modal untuk dibelikan bahan lain seperti telur, gula pasir, dan sebagainya.

2. Kudapan Ringan

Kudapan Ringan
source: grid.id

Di saat pekerjaan dan social distancing yang memaksa kita untuk stay at home, tanpa disadari orang-orang memasok kebutuhan kudapan ringannya di rumah. Entah itu kue kering atau kerupuk bawang, pasti ada saja yang mencari kudapan ringan.

Di zaman serba canggih ini, kamu bisa mencari resep mudah kudapan ringan di situs video, lalu memproduksinya sendiri untuk dijual. Cara menjual saat ini pun bervariasi, yang paling menguntungkan saat ini adalah menjual via online, seperti Shopee atau Tokopedia.

Tidak banyak modal yang dikeluarkan dan bisa menjangkau konsumen lebih luas.

3. Menjual Sarapan Pagi

Menjual Sarapan Pagi
source: masakapahariini.com

Waktu pagi adalah waktu tersingkat sekaligus tersibuk bagi karyawan atau anak sekolah. Setelah bangun segera bergegas mandi, mempersiapkan diri, lalu segera berangkat jika tidak ingin telat karena terkena macetnya jalan.

Hal-hal seperti ini membuat orang tidak sempat membuat sarapan dan lebih memilih untuk membeli sarapan. Tidak perlu makanan yang ‘wah’ karena masyarakat umumnya lebih menyukai sarapan sederhana seperti bubur, nasi uduk, atau kue pastel.

Asah skill memasakmu dan pilih tempat yang strategis untuk menjual sarapan pagi.

Usaha untuk Jangka Panjang

4. Katering Makanan

Katering
source: freepik.com

Orang bilang, usaha katering makanan adalah usaha yang tidak ada matinya. Usaha katering bagus untuk dijalankan sebagai usaha jangka panjang, sebab katering makanan pasti selalu dibutuhkan untuk berbagai acara seperti pernikahan, aqiqah, dan sebagainya.

Apakah kamu harus pandai memasak untuk memulai usaha catering makanan? Jawabannya tidak. Kamu bisa memberdayakan saudara atau ibu-ibu rumah tangga di sekitarmu sebagai juru masak. Yang perlu kamu lakukan adalah memastikan masakan yang dibuat sesuai dengan lidah konsumen dan mempromosikan usahamu ke berbagai tempat.

Jika bingung ingin mulai darimana, coba pergi ke tempat sekolahmu dahulu dan coba promosikan ke guru-guru di sekolah. Biasanya, guru-guru memiliki relasi sesama guru yang tidak sedikit. Siapa tahu, katering kamu dipromosikan dari mulut ke mulut!

Kunci untuk menjamin keberlangsungan usaha ini dalam jangka waktu lama adalah membuat network dengan pelanggan dan memastikan pelanggan puas dengan katering kamu.

5. Sekolah

Selain berjualan sembako atau katering, sekolah menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan selanjutnya yang patut kamu coba. Rasio jumlah anak di Indonesia dengan jumlah sekolah yang belum sepadan membuat usaha sekolah ini sangat menjanjikan sebagai usaha jangka panjang.

Jika modalmu kecil, kamu bisa mulai dengan menyewa kontrakan atau ruang terbuka. Yang terpenting adalah kamu bisa menghadirkan pengajaran yang berkualitas dan menyenangkan kepada murid.

Seiring berjalannya waktu, jika muridmu bertambah tentu fasilitas sekolah juga akan membaik.

6. Bimbel Atau Les

Bimbel
source: freepik.com

Setiap tahun, jumlah anak yang didaftarkan oleh orangtuanya untuk mengikuti bimbel atau les terus meningkat. Entah itu bimbel pelajaran sekolah atau les keahlian lain seperti les gitar atau les bahasa asing. Orang tua menginginkan anaknya memiliki skill yang mumpuni sebagai bekal mereka di dunia kerja nanti.

Kamu bisa bermain drum? Buka les drum!

Atau kamu dahulu lulusan dengan nilai Matematika terbaik di sekolahmu? Buka les matematika!

Kamu bisa memulainya di rumahmu dan mengundang anak-anak di lingkunganmu. Jika anak-anak merasa nyaman dengan les di tempatmu, bersiap-siap untuk mendapatkan lebih banyak murid lagi ke depannya.

Usaha bagi Generasi Milenial

7. Content creator

Tahu youtuber Ria Ricis? Atau Podcast Deddy Corbuzier? Yap, mereka itulah yang disebut dengan content creator. Kamu membuat kontenmu sendiri untuk ditonton, didengarkan, atau dibaca oleh orang lain.

Kalau kamu percaya diri tampil di depan kamera, senang berinteraksi dengan banyak orang, dan suka menghasilkan karya, maka pekerjaan sebagai content creator ini tepat buat kamu.

Kamu harus pandai-pandai membaca mengikuti trend yang sedang in saat ini, supaya kontenmu dilihat orang banyak. Namun pastikan kontenmu juga memiliki nilai unik sendiri, yang membedakan kontenmu dengan konten orang lain.

Semakin banyak orang yang melihat kontenmu, semakin besar pula keuntungan yang kamu dapat dan kesempatan untuk dikenal banyak orang. Wohooo!

8. Fotografer

Fotografer
source: freepik.com

Munculnya Instagram satu dekade lalu membuat orang-orang berlomba-lomba untuk menghadirkan foto yang estetik. Orang-orang jadi menilai suatu produk melalui foto, seperti makanan atau tas.

Coba tanyakan pada dirimu sendiri, kamu lebih senang melihat foto makanan yang estetik atau foto makanan yang biasa-biasa saja? Produk mana yang kansnya lebih besar untuk kamu beli? Tentu produk dengan foto yang eye-catchy bukan?

Instagram membuka peluang usaha sebagai fotografer lebih besar. Manfaatkan hobi menjepretmu dan asah skillmu sehingga bisa menghasilkan uang. Jika kamu tidak mempunyai kamera, kamu bisa meminjam kamera temanmu atau menyewa kamera di situs peminjaman.

Sssttt… penghasilan fotgorafer bukan main-main loh setiap menjalani satu pemotretan.

9. Penerjemah

Penerjemah
source: freepik.com

Jika kamu adalah salah satu penggemar serial Game of Thrones atau senang membaca cerita Bahasa Inggris, mungkin kamu cukup fasih untuk menjadi penerjemah.

Atau jika kebetulan kamu menguasai bahasa asing lain seperti Bahasa Prancis atau Bahasa Korea, coba cari lowongan penerjemah bahasa asing di sosial media atau di situs freelancer seperti Upwork atau Sribulancer.

Manfaatkan kemampuan yang kamu miliki menjadi pundi-pundi uang!

Itulah peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan tahun ini. Siap membangun usahamu sendiri saat ini? Pilih tipe usaha manakah yang ingin kamu jalani.

Syukur jika artikel ini membantumu menemukan usaha yang cocok untukmu. Mau tipe usaha apapun yang kamu pilih, kunci keberhasilan sebuah usaha adalah percaya diri dan konsisten untuk membangun usahamu sendiri.

Tentu lebih keren menjadi bos usaha sendiri dibanding menjadi buruh di perusahaan besar bukan?

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com