Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah

Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah

Industri kreatif memang industri yang tiada batas, wirausaha kerajinan bahan limbah adalah salah satu contohnya.

Jika kamu adalah seorang yang kreatif, tidak ada salahnya untuk mencoba kewirausahaan ini. Selain bisa bermanfaat untuk manusia, kewirausahaan ini pun bermanfaat bagi lingkungan.

Sebab dalam proses kerajinan bahan limbah, kamu berarti akan memanfaatkan sampah atau limbah yang mencemari lingkungan.

Kamu mendaur ulang sampah yang tidak ada harganya mejadi barang baru yang bisa bermanfaat dan memiliki nilai tersendiri.

Tertarik untuk melakukannya? Sebelum kita lanjutkan, ada baiknya kamu pahami dulu apa itu kewirausahaan dan tujuannya.

Pengertian Kewirausahaan dan Tujuannya

Pengertian Kewirausahaan dan Tujuannya
source: McGraw-Hill

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto, wirausahawan handal Indonesia, kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Dengan menjadi wirausahawan, tentu saja kamu telah membantu perekonomian negara. Sebab, kamu bisa mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia, dan meningkatkan jumlah pendapatan negara.

Sedangkan tujuan dari kewirausahaan adalah:

  • Menumbuh kembangkan jumlah wirausahawan yang berkualitas tangguh
  • Meningkatkan kesadaran dan orientasi yang tangguh dan kuat terhadap masyarakat
  • Membudayakan semangat, sikap, perilaku,
  • Kemampuan kewirausahaan dikalangan masyarakat, dan
  • Mewujudkan kemauan para wirausahawan untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Menjadi Wirausahawan Kerajian Bahan Limbah

Kamu sudah mengerti pengertian dan tujuan wirausahawan. Dengan kata lain, dalam hal menjadi wirausahawan kerajinan bahan limbah berarti kamu harus menciptakan inovasi dari sampah atau limbah.

Dalam hal ini berarti kamu pasti akan mengolah limbah atau sampah menjadi barang yang memiliki nilai jual tersendiri. Baik itu barang serba guna ataupun karya seni.

Disini, kamu bisa bekerja sendiri atau bisa juga mencari tim pengrajin untuk mengolah sampah tersebut menjadi barang baru.

Cara Untuk Menjadi Wirausahawan Kerajinan Bahan Limbah

Ini adalah informasi penting bagi wirausahawan. Untuk menjadi wirausahawan kerajinan bahan limbah, caranya adalah kamu harus memiliki beberapa sikap yaitu:

1. Kamu Harus Kreatif

kamu harus kreatif
source: freepik

Untuk menjadi pengrajin tentu saja kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi. Ini akan berpengaruh terhadap bagaimana barang yang kamu olah nantinya bisa memiliki nilai estetika yang tinggi

Tingginya nilai estetika pun bisa berdampak pada tingginya nilai jual.

2. Inovatif

Selain kreatif, kamu pun harus inovatif. Maksudnya adalah cobalah buat produk baru atau model baru sebuah kerajinan bajan limbah.

Dengan inovasi kamu, produk kamu pasti akan mampu bersaing dengan produk lain. Bahkan bisa bersaing dengan produk yang dibuat dengan bahan baku non sampah.

3. Think out of the box

Masih berkaitan dengan inovatif. Untuk menemukan hal baru yang berbeda dengan yang lain, kamu perlu berpikir out of the box.

Buatlah produk kamu agar memiliki keunikan tersendiri yang bisa menjadi ciri khas bahwa produk tersebut adalah karyamu.

4. Percaya Diri

percaya diri
source: freepik

Sikap selanjutnya adalah percaya diri. Kamu harus percaya bahwa produk kamu bisa bersaing dengan produk lainnya.

Dengan segala kreatifitas dan keunikan dari produkmu, kamu harus yakin bahwa produkmu memiliki kualitas yang tidak kalah dari produk lainnya.

5. Berani Mengambil Resiko

Lalu, kamu harus berani mengambil resiko dari segi apapun. Karena jantung dari wirausaha adalah keberanian.  Kamu harus bisa menghadapi masalah yang terjadi dalam kewirausahaan kamu.

Kalau kamu sudah memiliki sikap untuk menjadi wirausahawan kerajinan bajan limbah, selanjutnya kamu tinggal memilih kerajinan bahan limbah jenis apa yang akan kamu olah.

Jenis Kerajinan Bahan Limbah

Secara umum, terdapat dua jenis kerajinan bahan limbah yang bisa dibuat.

1. Kerajinan Bahan Limbah Bangun Datar

Seperti namanya, kerajinan ini memanfaatkan limbah yang memiliki permukaan datar yang tidak memiliki ruang. Hasil karya kerajinan ini pun berbentuk dua dimensi.

2. Kerajinan Bahan Limbah Bangun Ruang

Sedangkan kerajinan bahan limbah bangun ruang adalah kerajinan yang membentuk ruang tiga dimensi. Kamu bisa melihatnya dari segala sudut.

Jenis Kerajinan Limbah Berdasarkan Output

Lalu jenis kerajinan bahan limbah berdasarkan output produknya terdiri dari.

1. Interior

Hasil dari kerajinan bahan limbah ini berupa benda yang disimpan atau digunakan di dalam ruangan atau rumah.

Contoh kerajinan bahan limbah interior:

  • Keset atau Taplak Kain Perca
Keset atau Taplak Kain Perca
source: indorsie.com

Kerajinan bahan limbah yang cukup umum adalah menggunakan bahan kain perca atau kain sisa dari pembuatan pakaian atau produk tekstil lainnya.

Bahan ini banyak digunakan karena hasil dari karya ini bisa mengandung banyak motif kain yang membuat produk dari kain perca memiliki keunikan tersendiri.

Kamu bisa memanfaatkan kain perca untuk berbagai macam karya seperti keset atau taplak yang merupakan kerajinan berbentuk bangun datar. Lalu, tas atau boneka yang merupaka kerajinan berbentuk bangun ruang.

  • Lukisan dari Cangkang Telur
Lukisan dari Cangkang Telur
source: viva.co.id

Cangkang telur juga cukup sering digunakan sebagai bahan kerajinan. Biasanya kerajinan dari cangkang kulit telur berbentuk kerajinan limbah bangun datar.

Sebab, kebanyakan wirausahawan memanfaatkan cangkang telur untuk dijadikan lukisan, kaligrafi, atau hiasan bingkai foto. Namun, jika kamu berani, cobalah membuat karya yang baru dari cangkang telur ini.

  • Kerajinan Bunga dari Kulit Jagung
Kerajinan Bunga dari Kulit Jagung
source: sharingconten.com

Limbah kulit jagung yang sering kamu temui di pasar juga bisa diubah menjadi barang yang cantik. Wirausahawan banyak yang memanfaatkan kulit jagung menjadi kerajinan bunga. Namun tidak sebatas itu, kulit jagung pun bisa kamu jadikan apapun seperti tas boneka, atau apapun sebebas kreativitasmu.

Kalau kamu tinggal di desa kamu bisa memanfaatkan kerajinan dari limbah kulit jagung ini sebagai peluang usaha yang cocok di desa.

2. Eksterior

Sedangkan eksterior berarti hasil kerajinan bahan limbah kegunaannya di luar ruangan.

Contoh kerajinan bahan limbah eksterior:

  • Patung dari Kayu Bekas
Patung dari Kayu Bekas
akamaized.net

Pemanfaatan kayu bekas juga bisa dilakukan untuk wirausaha kerajinan bahan limbah. Kayu-kayu bekas bisa dijadikan apapun, termasuk patung. Patung dari kayu bekas ini bukan dipahat, melainkan disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu rupa.

  • Tempat Sampah dari Ban Bekas
Tempat Sampah dari Ban Bekas
source: jatimnow.com

Selain bisa berguna untuk dijadikan ayunan yang sering kita jumpai, ternyata ban bekas juga bisa memiliki kegunaan lain. Yaitu dengan menyulapnya menjadi tempat sampah yang bisa menjaga lingkungan tetap bersih.

  • Pot Bunga dari Botol Bekas
Pot Bunga dari Botol Bekas
source: rimma.co

Kalau kamu pandai menggambar dan mewarnai, cobalah warnai botol bekas seindah mungkin dan jadikan botol bekas itu sebagai pot bunga. Dengan begitu kamu telah membuat sebuah pot bunga cantik.

3. Aksesoris/Perihasan

Selanjutnya, hasil kerajinan ini berupa sebuah aksesoris souvenir atau perhiasan yang bisa digunakan di tubuh

Contoh kerajinan bahan limbah berbentuk aksesoris/perhiasan:

  • Sandal dari Ban Bekas
Sandal dari Ban Bekas
source: maskurblog

Jika sebelumnya disebutkan bahwa ban bekas bisa dijadikan tempat sampah. Selanjutnya, kegunaan lain yang bisa diambil dari karet hitam ini adalah dengan menjadikannya sebuah sandal. Terlebih lagi, sandal dari ban bekas ini terkenal dengan ketahanannya.

  • Anting, Gelang, Kalung dari Sisik Ikan atau Kulit Kerang
Anting, Gelang, Kalung dari Sisik Ikan atau Kulit Kerang
source: genpi.co

Limbah yang berasal dari hewan air ini juga bisa digunakan sebagai bahan kerajinan. Sisik ikan atau kerang bisa dimanfaatkan untuk dujadikan sebuah anting, gelang, bros, dan kalung. Bentuk dari sisik ikan tinggal kamu susun sedemikian rupa hingga menjadi pernak pernik hiasan yang indah.

Kerajinan dari limbah sisik ikan atau kerang ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang langka tapi menguntungkan.

  • Tas dari Plastik Bekas
Tas dari Plastik Bekas
source: blogspot

Lalu plastik, daripada membuang limbah yang sulit terurai ini, ada baiknya kamu memanfaatkannya menjadi barang yang lebih berguna. Sampah plastik, khususnya plastik bekas minuman sachet bisa kamu ubah menjadi tas unik dengan nilai manfaat yang tinggi.

Dari keseluruhan kerajinan bahan limbah yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bebas memilih jenis kerajinan apa saja untuk wirausaha kamu. Yang terpenting adalah bagaimana kerativitasmu bermain di dalam karya yang kamu ciptakan dari bahan limbah ini serta percaya diri dalam manjalani wirausaha.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com