Usaha Modal Kecil

Usaha Modal Kecil

Hello sobat Mister Eksportir, Ingin tau, usaha modal kecil yang paling untung dan laris di tahun 2020?

Berbisnis merupakan salah satu pilihan bagi seseorang untuk mencari penghasilan.

Namun ketika ingin memulainya, banyak orang yang terkendala karena masalah modal, sehingga beberapa diantara mereka memutuskan untuk mundur dan mengurungkan niatnya untuk memulai usaha bisnis.

Tapi jangan khawatir, ternyata ada loh usaha yang bisa dimulai tanpa menggunakan modal yang cukup besar tapi bisa membawa untung besar.

Ide-ide usaha ini juga bisa dijalankan oleh kamu yang masih pelajar, ibu rumah tangga, atau bisa juga menjadi sumber penghasilan sampingan sobat loh.

Langsung simak aja nih 11 ide usaha dengan modal kecil yang dijamin menguntungkan

Bisnis Modal Kecil Untung Besar Untuk Pelajar

Terkadang para pelajar merasa kurang dengan uang bulanan yang diberikan orang tuanya. Maka dari itu, mereka mencari cara untuk mendapatkan uang tambahan dengan memulai usaha. Berikut adalah usaha yang cocok untuk pelajar.

1. Berjualan Pulsa

Berjualan Pulsa
source : tokyocheapo

Berjualan Pulsa menjadi pilihan usaha tanpa modal besar. Usaha ini pun cukup menjanjikan melihat saat ini hampir semua orang memiliki ponsel, dan kita semua tau ponsel membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi.

Selain itu, usaha ini cukup mudah untuk dilakukan. Hanya perlu bermodalkan ponsel yang kamu miliki dan deposit pulsa, kamu pun sudah bisa memiliki usaha bisnis pulsa.

Mencari agen penyedia layanan deposit pulsa pun juga sangat mudah untuk dilakukan, bahkan aplikasi e-commerce pun bisa dijadikan sebagai penyedia layanan deposit untuk usaha pulsa kamu

2. Pengajar Bimbel Privat

Pengajar Bimbel Privat
source : kompasiana

Banyak orang tua yang menggunakan jasa bimbingan belajar atau bimbel untuk membantu anaknya berkembang. Salah satu pilihan jasa bimbel adalah jasa bimbel privat.

Keuntungannya adalah orang tua tidak perlu repot mengantar anaknya ke lokasi bimbel, mereka pun bisa mengawasi anaknya di rumah.

Untuk pengajar, kamu cukup menyiapkan materi pelajaran, ATK, lalu mengatur jadwal bimbel privat dengan murid, maka bimbel pun bisa berjalan. Nah, maka dari itu, menjadi pengajar bimbel privat juga bisa dijadikan sebagai usaha dengan modal kecil.

3. Jual Sarapan Pagi dan Catering Anak Kost

Jual Sarapan Pagi
source : dapursedap

Bagi kamu yang tinggal di kota dengan aktivitas padat atau di sebuah pemukiman yang banyak dihuni oleh anak kost, usaha menjual sarapan pagi atau catering ini sangat cocok untuk kamu.

Karena masyarakat atau anak kost kerap kali tidak sempat untuk menyiapkan makanan sebagai kebutuhan untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Modalnya pun cukup mudah dan murah, hanya berbekal peralatan dapur rumah serta bahan-bahan makanan yang bisa didapat tanpa banyak usaha, kamu bisa membuat dan menyiapkan sarapan pagi untuk dijual kepada masyarakat sekitar

Bisnis Sampingan Modal Kecil

Jika kamu masih membutuhkan penghasilan tambahan di luar penghasilan utama kamu, beberapa usaha ini boleh dicoba nih untuk jadi usaha sampingan dengan modal kecil.

4. Bertani di Rumah

Bertani Di Rumah
source : ecsn.sn

Jika mendengar kata usaha pertanian, salah satu pikiran yang terbesit di otak kita pastilah sebuah lahan yang besar. Namun jangan salah dulu, sekarang sudah banyak orang yang menjalankan usaha pertanian dengan memanfaatkan lahan yang ada di rumah mereka.

Usaha bertani di rumah saat ini sudah cukup populer, selain karena bisa memanfaatkan lahan kosong di rumah kamu, untuk bisa memulai usaha ini juga terbilang mudah dan tidak membutuhkan modal besar.

Pilihan untuk bertani di rumah juga cukup banyak, sebagai contoh kamu bisa memulai bisnis ini dengan menjual bibit tanaman. Kamu juga bisa memulai usaha tanaman hias, budidaya tanaman rempah, atau menjual tanaman organik.

5. Budidaya Ikan Lele

Budidaya Ikan Lele
source : ikan.info

Beternak lele, usaha yang banyak menjadi favorit di kalangan pebisnis ini memang menjanjikan. Betapa tidak, usaha ini memang diakui tidak memerlukan modal yang fantastis.

Cukup membuat dua kolam terpal yang disanggah dengan kayu atau bambu, serta membeli bibit lele serta pakannya, usaha ternak lele pun sudah siap dijalankan

Konsumen yang meminati ikan lele juga cukup besar sehingga peluang untuk mengambil untung dalam usaha ini juga tinggi.

6. Usaha Barang Preloved

Usaha Barang Preloved
source : hussh

Usaha menjual barang bekas atau preloved saat ini sedang banyak digeluti di Indonesia. Umumnya usaha ini dilakukan dengan menjual barang bekas dengan brand ternama yang masih layak pakai.

Kebanyakan barang yang dijual adalah pakaian, namun saat ini barang apapun bisa dijual di dalam usaha ini.

Modalnya jelas, yaitu cukup barang-barang bekas milik kamu yang masih bisa dipakai. Atau kamu juga bisa ajak teman-teman kamu untuk menitipkan barang serupa untuk usaha ini.

Berburu pakaian bekas yang masih layak pakai di Pasar Senen, Pasar Gedebage Bandung, atau pasar lainnya yang banyak menjual barang tersebut juga bisa kamu lakukan untuk melakukan usaha ini.

Usaha Modal 1 Juta

Siapa sangka dengan modal 1 juta kamu sudah bisa menjalankan usaha. Buat kamu yang mau cari penghasilan tambahan, ide ini bisa dicoba.

7. Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan
source : bp-guide.id

Usaha lain yang bisa dilakukan dengan modal kecil adalah Kerajinan tangan. Dengan bermodalkan kreativitas, kerajinan tangan ini pun bisa kamu buat dan dijual sebagai souvenir.

Terlebih lagi terdapat beberapa kerajinan tangan yang menggunakan bahan dari sampah atau barang bekas yang bisa didapatkan dengan sangat murah, bahkan gratis. Dengan memanfaatkan sampah, kamu juga sudah ikut menyelamatkan bumi loh.

8. Kaos Preorder

Kaos Preorder
source: flaticon

Untuk yang ingin membuka usaha kaos distro namun terkendala dengan modal, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa melakukan usaha ini dengan modal kecil dengan menerapkan system Pre-Order.

Pre-Order adalah sebuah sistem dimana kamu baru memproduksi kaos setelah mendapat pesanan dari pelanggan, dan mereka pun harus membayar terlebih dahulu sebagian kaos yang dipesan.

Dengan begitu kamu bisa menggunakannya sebagai modal produksi kaos yang sudah dipesan.

9. Jual Kue Rumahan dan Jajanan Pasar

Jualan Jajanan Pasar
source : hipwee

Indonesia terkenal dengan keberagaman makanannya, termasuk makanan-makanan ringan yang bisa disantap kapanpun. Baik itu saat sedang santai, berkumpul dengan kerabat, atau hanya sekadar untuk mengganjal perut.

Salah satu jenis makanan yang cukup diminati adalah jajanan pasar seperti arem-arem, risol, bolu kukus, aneka gorengan, dan sebagainya.

Dengan peminat yang bisa mencakup semua kalangan, berjualan jajanan pasar juga bisa dijadikan alternative untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Modalnya pun tergolong kecil karena harga bahan-bahan dasar yang digunakan untuk membuat jajanan pasar ini relatif murah, peralatan yang digunakan pun menggunakan peralatan yang umumnya tersedia di dapur rumah kamu.

Bisnis Modal Kecil Online

Selain bermodal kecil, usaha ini bisa dilakukan di rumah juga karena ide usaha ini dilakukan secara online.

10. Dropshipper

Dropshipper
source : aloha

Usaha dropship sudah cukup banyak digandrungi di era internet seperti sekarang.

Konsepnya cukup sederhana, hampir mirip seperti reseller, kamu hanya menjual kembali barang dari pihak produsen atau supplier, namun kamu tidak perlu membeli dan menyimpan stok barang tersebut.

Di sini kamu hanya cukup menjadi jembatan yang meneruskan pesanan pembeli ke pihak supplier. Kamu juga bisa menentukan sendiri harga dari barang tersebut.

Modal yang dibutuhkan pun hanya smartphone atau komputer yang terhubung dengan internet untuk melakukan promosi, mencatat pesanan, serta berkomunikasi dengan pembeli dan supplier kamu.

11. Blogger

Blogger
source : abnews247

Salah satu dari sekian banyak peluang bisnis yang bisa didapat dari berkembangnya era internet adalah menjadi Blogger.

Dengan mengelola blog pribadi, kamu bisa berbagi informasi kepada banyak orang. Selain itu kegiatan menulis blog ini juga bisa meraup keuntungan loh jika banyak yang mengunjungi Blog kamu.

Usaha ini tentu sangat cocok bagi kamu yang hobi menulis. Selain itu, perkerjaan ini pun tidak terikat waktu kerja, alias kamu bisa melakukannya kapanpun.

Memulai usaha mungkin memang tidak sulit, bahkan kamu bisa memulainya dengan modal kecil. Jika tertarik, kamu bisa coba memulai usaha modal kecil yang sudah admin sebutkan.

Namun yang terpenting dalam membuat sebuah usaha adalah konsistensi, karena untuk meraih kesuksesan butuh diimbangi dengan usaha dan kegigihan yang konsisten. Tetap semangat, jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com