20+ Ide Ekspor Usaha Kecil yang Populer Tahun 2022

20+ Ide Ekspor Usaha Kecil yang Populer Tahun 2022

Ide ekspor usaha kecil dapat menjadi peluang yang cukup populer pada tahun 2022. Banyak UMKM yang telah memanfaatkan kesempatan ekspor ke luar negeri dan berhasil mendapatkan pasarnya di tingkat internasional.

Di Indonesia sendiri, UMKM memang masih menjadi jenis usaha yang mampu menopang perekonomian masyarkat dan cukup berperan aktif dalam menggerakan perekonomian nasional.

Bagi Anda yang yang tertarik untuk terjun di bidang ekspor-impor, simak informasi seputar ide ekspor usaha kecil yang populer tahun 2022 berikut ini.

ide ekspor usaha kecil

Ide Ekspor Usaha Kecil

Secara geografis, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam memanfaatkan peluang sumber daya di pasar internasional.

Oleh karena itu, kesempatan ekspor bagi masyarakatnya juga masih sangat terbuka lebar.

Nah, berikut ini 50 ide ekspor usaha kecil terbaik yang dapat Anda pilih untuk mendapatkan keuntungan di tahun 2022.

  1. EKSPOR SAYURAN

Pertanian masih menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia di pasar internasional. Indonesia sendiri dikenal merupakan salah satu produsen sayuran terbesar dengan kualitas baik.

Hingga saat ini, sayuran masih menjadi kebutuhan yang besar di negara tetangga dan negara lainnya. Memulai ekspor usaha kecil dengan produk sayuran masih terhitung sebagai bisnis yang menguntungkan.

  1. PAKAIAN

Industri pakaian adalah pasar yang selalu ramai, dan dalam hal ekspor, Indonesia termasuk negara yang cukup banyak memiliki peminat luar negeri dalam sektor pakaian. Beberapa produk sektor pakaian Indonesia yang diminati adalah pakaian rajut, berbagai jenis sepatu, pakaian muslim, dan lainnya.

Jika Anda mencari ide ekspor usaha kecil, maka pakaian adalah pilihan terbaik yang dapat dipertimbangkan.

  1. PRODUK KECANTIKAN

Saat ini, pasar produk kecantikan lokal tidak hanya dinikmati dalam negeri. Kualitas yang semakin meningkat dari sektor ini juga rupanya dapat menarik peminat di negara lain.

Setiap tahunnya berbagai produk kecantikan Indonesia semakin diminati terutama di negara Asia Tenggara seperti Malaysia dan Thailand.

  1. EKSPOR MAKANAN LAUT

Makanan laut atau seafood sangat digemari oleh masyarakat di hampir seluruh belahan dunia. Seperti yang diketahui, Indonesia sebagai negara maritim menghasilkan produk makanan laut yang cukup berlimpah dan berkualitas.

Setiap tahunnya, permintaan produk hasil laut Indonesia sangat tinggi di pasar ekspor. Hal ini dapat menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha kecil yang ingin memasuki pasar ekspor.

Beberapa produk makanan laut Indonesia yang populer di luar negeri di antaranya cumi, gurita, kepiting, sotong, hingga rumput laut.

  1. PRODUK KULIT

Permintaan barang kulit Indonesia tercatat selalu tinggi di pasar ekspor. Hal ini membuat produk kulit cukup potensial dijadikan sebagai ide usaha kecil bagi masyarakat.

  1. EKSPOR TISU TOILET

Tisu toilet masih menjadi kebutuhan penting di negara-negara besar. Menjadikan usaha produksi tisu toilet sebagai salah satu komoditas ekspor dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dimulai pada tahun 2022.

  1. EKSPOR KERAJINAN

Peminat produk kerajinan tangan selalu tinggi di mana pun di hampir setiap negara. Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil kerajinan berkualitas yang unik.

Siapa pun dapat memulai ekspor kerajinan tangan kapan saja terutama saat ini dengan memanfaatkan pemasaran media sosial yang mudah.

  1. EKSPOR OBAT

Industri farmasi menjadi salah satu sektor yang gencar dikembangkan oleh pemerintah Indonesia saat ini. Berbanding lurus dengan hal tersebut, ada permintaan besar untuk obat-obatan yang berbeda di luar negeri terutama negara-negara Afrika.

Menjadi distributor resmi obat-obatan untuk mengekspor obat-obatan dalam jumlah besar dapat menjadi peluang usaha di tahun 2022.

ekspor obat

  1. PENYEDIA JASA ASURANSI EKSPOR

Selain bergerak pada ekspor produk, menyediakan layanan jasa asuransi ekspor juga merupakan salah satu peluang yang cukup menguntungkan.

Untuk terjun ke dalam bisnis ini, diperlukan tekad dan kemauan yang tinggi untuk memahami alur birokrasi ekspor impor yang kerap dianggap sebagai kegiatan yang cukup rumit.

  1. EKSPOR REMPAH-REMPAH

Rempah-rempah merupakan komoditas Indonesia yang sangat unggul di pasar ekspor. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi pelaku usaha yang ingin memasarkan produknya ke luar neger.

Beberapa jenis rempah Indonesia yang laris di pasar internasional adalah pala, cengkeh, lada, kratom, dan lainnya.

  1. EKSPOR PAKAN HEWAN

Ide ekspor usaha kecil yang menguntungkan lainnya adalah ekspor pakan ternak, terutama di tahun 2022 ini. Bahkan pada tahun 2021, beberapa jenis pakan ternak asal Indonesia perdana memasuki pasar ekspor negara seperti Thailand dan Malaysia.

Kesempatan bagi masyarakat yang ingin terjun dalam ekspor usaha ini masih sangat terbuka lebar.

  1. EKSPOR KAYU

Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan produksi tanaman kayu yang kokoh dan berkualitas. Komoditas kayu Indonesia sudah mendapatkan banyak peminat di luar negeri.

Oleh karena itu, ide usaha kayu ini dapat menjadi salah satu ide usaha yang potensial untuk membuka peluang ekspor di tahun 2022.

  1. EKSPOR PRODUK BEKAS ATAU DAUR ULANG

Kampanye penggunaan kembali produk bekas saat ini memang tengah digaungkan oleh masyarakat di banyak negara. Dengan memanfaatkan produk bekas yang didaur ulang, tak menutup kemungkinan produk tersebut memiliki potensi yang tinggi untuk memasuki pasar ekspor.

  1. EKSPOR SOUVENIR

Souvenir adalah salah satu barang yang cukup dicari oleh peminat luar negeri. Hal ini karena produk souvenir tentunya memiliki kekhasan yang tidak bisa dijumpai di banyak tempat.

Jika Anda adalah orang yang kreatif dalam membuat souvenir, memasarkan poduk Anda ke luar negeri adalah pilihan ide usaha yang tepat.

  1. EKSPOR BUAH

Sama halnya seperti produk sayuran, buah asli Indonesia juga memiliki permintaan yang tinggi di pasar internasional. Hal ini karena sebagai negara tropis, Indonesia memiliki beragam jenis buah lengkap yang  tak dapat dijumpai di banyak negara lain.

Oleh karena itu, peluang ekspor buah-buahan asli Indonesia masih sangat terbuka lebar ke berbagai negara.

  1. USAHA PETERNAKAN

Peternakan dan hewan hidup memang masih belum banyak digeluti sebagai usaha yang berpotensi ekspor. Padahal, peminat hewan ternak Indonesia di luar negeri terhitung cukup banyak.

Ide ekspor usaha kecil dalam sektor peternakan dapat menjadi peluang yang tepat dan cocok dikembangkan di tahun 2022.

  1. EKSPOR MAKANAN DAN MINUMAN

Industri makanan dan minuman Indonesia merupakan salah satu sektor yang potensial di pasar ekspor. Baik dari perusahaan besar atau UMKM, peminat komoditas ini sangat banyak di luar negeri.

Salah satu tips dalam menggeluti bisnis ekspor makanan dan minuman adalah pengemasan dan branding mengikuti tren sehingga dapat membantu menaikkan promosi.

  1. PRODUK RUMAHAN

Saat ini, mengekspor berbagai jenis produk rumahan bukanlah tantangan yang sulit dilakukan. Memanfaatkan konektivitas media sosial adalah platform yang bagus untuk menguji keterampilan dan menyediakan desain dan produk buatan sendiri di seluruh dunia.

  1. EKSPOR PRODUK SENI

Bagi seorang seniman, cara mudah untuk mengekspresikan seni adalah dengan mengekspor produk kepada pembeli yang tertarik pada seni dan barang koleksi dari seluruh dunia.

Setiap seni tentunya memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak menutup kemungkinan pembeli datang dari berbagai belahan dunia, sesuai dengan pasar dari seni yang kita buat.

  1. EKSPOR KAPAS

Kapas masih menjadi salah satu produk ekspor Indonesia yang tinggi peminat di luar negeri. Komoditas ini dapat diproduksi dari usaha kecil.

Hingga saat ini, masih belum banyak masyarakat yang memproduksi kapas untuk keperluan ekspor sehingga peluangnya masih sangat terbuka lebar.

  1. USAHA EKSPOR MEBEL

Mebel dan peralatan rumah tangga merupakan salah satu komoditas yang tinggi mobilitas ekspornya. Indonesia dilirik sebagai negara produsen mebel berkualitas sehingga permintaan komoditas ini sangat tinggi di berbagai negara.

Jika Anda sudah punya bisnis furniture, saatnya merencanakan perkembangan pasar hingga ke berbagai negara, khususnya di tahun 2022 ini.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge