Inilah Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jerman, Lengkap!

Inilah Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jerman, Lengkap!

Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Jerman- Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak produk yang berasal dari Indonesia mampu bersaing di pasar global. Dalam kegiatan ekspor impor sendiri, Indonesia banyak melakukan kerja sama dengan beberapa negara, salah satunya adalah Jerman. Telah banyak produk Indonesia yang diekspor ke Jerman mulai dari produk sandang hingga produk pangan.

Komoditi Ekspor ke Jerman
Komoditi Ekspor ke Jerman-Mister Exportir

Selain mengekspor beberapa produk ke Jerman, Indonesia juga mengirim produk-produknya ke berbagai negara lainnya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia. Banyak sekali manfaat yang didapat ketika Indonesia menjadi salah satu eksportir bagi beberapa negara, salah satu di antaranya adalah meningkatkan perekonomian sekaligus neraca perdagangan nasional.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai komoditi Indonesia yang biasa diekspor ke Jerman. Agar mendapatkan informasi yang jelas dan akurat, yuk sama-sama kita cek apa saja yang akan ada di pembahasan mengenai ekspor ke Jerman.

Hubungan Kerjasama Indonesia-Jerman

Komoditi Ekspor ke Jerman
Komoditi Ekspor ke Jerman-Mister Exportir

Indonesia dan Jerman telah menjali hubungan kerja sama sejak lama mulai dari kerja sama politik hingga ekonomi. Kedua negara tersebut juga telah melakukan kegiatan ekspor dan impor yang sama-sama menguntungkan dan meningkatkan neraca pereknomian keduanya. Telah banyak juga produk Indonesia yang bersaing di pasar Jerman dan hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

Inilah Komoditi Indonesia yang Diekspor ke Jerman, Lengkap!

Nah, setelah mengetahui hubungan kerjasama yang dilakukan oleh Indonesia dan Jerman, maka pada poin ini akan dibahas mengenai produk apa sajakah yang diekspor oleh Indonesia ke Jerman. Berikut ini adalah pemaparannya:

Kopi

Komoditi Ekspor ke Jerman
Komoditi Ekspor ke Jerman-Mister Exportir

Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, kopi juga dapat dijadikan sebagai produk untuk diekspor ke luar negeri, seperti Jepang. Ekspor kopi ini mencapai nilai sekitar Rp 2,7 miliar dan dilakukan oleh seorang entrepreneur muda bernama Gary Syafwan, exportir PT Bijie Kopi Nusaprima. Dari kegiatan ekspor tersebut diketahui bahwa penghasil kopi terbesar di Indonesia adalah Aceh, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

Minyak Sawit

Komoditi minyak sawit juga dapat bersaing dengan baik dalam urutan komoditi ekspor Indonesia tujuan Jerman. Banyak daerah di Indonesia yang berperan sebagai pemasok minyak sawit untuk diekspor ke Jerman. Di antara daerah-daerah tesebut adalah provinsi di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

Kendaraan Bermotor

Meskipun dikenal sebagai negara eksportir, Jerman juga mengimpor beberapa produk untuk dipasarkan di negaranya. Setelah mengimpor kopi dan minyak sawit dari Indonesia, kini giliran kendaraan bermotor yang bersaing di pasar Jerman. Banyak jenis kendaraan bermotor yang diimpor oleh Jerman, salah satunya adalah BMW. Dari kegiatan ekspor itulah yang membuat penghasilan negara Indonesia jadi meningkat.

Lada

Komoditi Ekspor ke Jerman
Komoditi Ekspor ke Jerman-Mister Exportir

Dari komoditi rempah-rempah, lada juga berhasil diekspor ke Jerman. Terdapat tiga jenis lada yang telah diimpor oleh Jerman, diantaranya adalah lada putih, lada abu-abu, dan percampuran antara lada putih dan hitam. Daerah penghasil lada terbesar di Indonesia adalah Sulawesi Utara dengan mengekspor lada sebanyak 3,6 ton dengan sumbangan devisa bagi negara sebesar 45.360 USD.

Kaos/Pakaian Jadi

Jerman menempati urutan ketiga sebagai importir pakaian jadi dari Indonesia. Hal ini langsung membuat Indonesia mendapatkan nilai dari ekspor pakaian jadi sebesar 372,6 juta USD. Banyak sekali daerah di Indonesia yang menjadi pemasok pakaian jadi seperti di Jawa Barat. Di Jawa Barat sendiri banyak dijumpai pabrik-pabrik tekstil yang memproduksi pakaian jadi untuk kemudian diekspor ke berbagai negara, salah satunya adalah Jerman.

Nah, demikianlah pembahasan artikel mengenai komoditi Indonesia yang diekspor ke Jerman. Dari beberapa hal di atas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali produk Indonesia yang dapat bersaing di luar negeri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com