Inilah Komoditas Ekspor Impor Timor Leste, Lengkap!

Inilah Komoditas Ekspor Impor Timor Leste, Lengkap!

Komoditas Ekspor Impor Timor Leste- Timor Leste mengalami pertumbuhan ekonomi sejak resmi berdaulat pada 2002 sampai dengan 2006, tumbuh tipis dari $422,92 juta menjadi $440,02 juta. Pertumbuhan ekonomi Timor Leste mengalami peningkatan sejak 2007 sampai dengan 2016, mulai dari $531,26 juta menjadi $1,78 miliar.

Komoditas Ekspor Impor Timor Leste
Komoditas Ekspor Impor Timor Leste – Mister Exportir

Timor Leste merupakan merupakan sebuah wilayah yang tadinya bernama Timor Timur (sebelum meredeka). Negara ini terletak di sebelah utara Autralia dan bagian timur Pulau Timor. Wilayah negara ini mencakup pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan enklave Oe-Cusse Ambeno di Timor Barat.

Negara ini memiliki wilayah seluas 15.410 km2 . Timor Leste juga memiliki populasi penduduk sebanyak 1.040.880 jiwa pada tahun 2005. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai komoditas ekspor impor Timor Leste.

Sekilas Tentang Negara Timor Leste

Timor Leste merupakan sebuah negara yang terletak di bagian timur Pulau Timor. Pulau Timor ini berada tepat di utara benua Australia. Sebelum menjadi sebuah negara yang merdeka, Timor Leste ini merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun karena beberapa hal, negara yang sebelumnya bernama Timor Timur ini memisahkan diri dan menajdi merdeka pada tahun 2002.

Timor Leste tergolong ke dalam negara yang pendapatan ekonominya terbilang rendah. Hal ini terbukti dengan Timor Leste yang menjadi peringkat ke-158 dalam daftar HDI. Sekitar 20% penduduknya pun menjadi penganggura dan 52,0% masyarakatnya hiup dengan kurang dari US $ 1,25/hari.

Komoditas Ekspor Impor Timor Leste
Komoditas Ekspor Impor Timor Leste – Mister Exportir

Di bidang Perekonomian, Timor-Leste telah menghadapi tantangan besar dalam membangun kembali infrastrukturnya, memperkuat administrasi sipil, dan menghasilkan lapangan kerja bagi kaum muda yang memasuki angkatan kerja sejak kemerdekaannya. Pengembangan sumber daya minyak dan gas lepas pantai telah banyak menambah pendapatan pemerintah Timor Leste.

Namun, industri yang intensif teknologi ini tidak menghasilkan pekerjaan yang banyak karena tidak ada fasilitas produksi di Timor-Leste. Gas saat ini disalurkan ke Australia untuk diproses, tetapi Timor-Leste telah menyatakan minatnya untuk mengembangkan kemampuan pemrosesan dalam negeri. Pada tahun 2017, Pertumbuhan ekonomi Timor Leste yang dilihat dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) mengalami penurunan hingga -4,6% yaitu menjadi US$ 7,426 miliar (PDB tahun 2016 adalah US$7,784 miliar). Sedangkan Pedapatan Perkapita Timor Leste adalah sebesar US$6.000,- pada tahun 2017.

Top 10+ Komoditas Ekspor Timor Leste

Komoditas Ekspor Impor Timor Leste
Komoditas Ekspor Impor Timor Leste – Mister Exportir

Meskipun tergolong ke dalam negara dengan tingkat ekonomi yang masih rendah, ternyata Timor Leste ini memiliki banyak komoditas ekspor yang luar biasa. Di antara banyaknya komoditas yang dimiliki oleh Timor Leste, berikut ini adalah sejumlah komoditas ekspor yang terdapat di negara tersebut:

  • Petroleum oils and oils obtained from bituminous minerals, crude (USD 44,85)
  • Coffee (excluding roasted and decaffeinated) (USD 19,437)
  • Starter motors and dual purpose starter-generators of a kind used for spark-ignition or compression-ignition internal combustion engines (USD 5,475)
  • Fruit stones and kernels and other vegetable products kind used primarily for human consumption (USD 2,740)
  • Relays for a voltage <= 60 V (USD 2,517)
  • Machines for the reception, conversion and transmission or regeneration of voice, images or other data, incl. switching and routing apparatus. (USD 1,376)
  • Waste and scrap of iron or steel (USD 960)
  • Waste and scrap, of aluminium (USD 584)
  • Vanilla, neither crushed nor ground (USD 488)
  • Decaffeinated coffee (excluding roasted) (USD 293)

Inilah Komoditas Impor dari Indonesia

Komoditas Ekspor Impor Timor Leste
Komoditas Ekspor Impor Timor Leste – Mister Exportir

Karena negaranya yang berdekatan, maka Indonesia dan Timor Leste ini menjalin kerja sama dalam beberapa bidang, salah satunya adalah bidang ekonomi. Timor Leste mengimpor beberapa komoditas dari Indonesia. Berikut ini adalah komoditas impor yang diimpor dari Indonesia:

  • Beer made from malt (USD 2,890)
  • Motor vehicles for the transport of goods, engine of a gross vehicle weight <= 5 t (USD 2,569)
  • Line telephone sets; videophones (excluding line telephone sets with cordless handsets and entry-phone systems) (USD 1,546)
  • Analogue or hybrid automatic data processing machines (USD 741)
  • Soap in the form of flakes, granules, powder, paste or in aqueous solution (USD 727)
  • Motor vehicles for the transport  “diesel or semi-diesel engine” (USD 720)
  • Chewing gum, whether or not sugar-coated (USD 578)
  • Yogurt, whether or not flavoured or containing added sugar or other sweetening matter, fruits, nuts or cocoa (USD 322)
  • Paints and varnishes, incl. enamels and lacquers, based on acrylic or vinyl polymers, dispersed or dissolved in an aqueous medium (USD 259)
  • Sheets or profiles of glass, whether or not having an absorbent, reflecting or non-reflecting layer,  but not framed or fitted with other materials (USD 197).

Komoditas Impor Terbesar Timor Leste

Selain melakukan kegiatan ekspor, Timor Leste juga mengimpor beberapa produk dari negara-negara lainnya. Di anata komoditas impor tesebut adalah:

  • Semi-milled or wholly milled rice, whether or not polished or glazed (USD 34,372)
  • Dredgers (USD 31,824)
  • Cigarettes, containing tobacco (USD 13,990)
  • Pasta, cooked or otherwise prepared (USD 11,398)
  • Palm oil and its fractions, whether or not refined (USD 10,371)
  • Cane or beet sugar and chemically pure sucrose, in solid form (USD 10,291)
  • Portland cement (excluding white, whether or not artificially coloured) (USD 9,831)
  • Wheat or meslin flour (USD 7,303)
  • Worn clothing and clothing accessories, blankets and travelling rugs, household linen and articles for interior furnishing, of all types of textile materials (USD 7,137)
  • Motorcycles with reciprocating internal combustion piston engine of a cylinder capacity > 50 cm³ but <= 250 cm³ (USD 6,986).

Bandar Udara Internasional Timor Leste

Komoditas Ekspor Impor Timor Leste
Komoditas Ekspor Impor Timor Leste – Mister Exportir

Selain pelabuhan laut yang luar biasa, Timor Leste juga memiliki sejumlah bandar udara internasional. Apa sajakah bandar udara internasional yang dimiliki oleh Timor Leste? Berikut ini kami rangkum data selengkapnya untuk Anda:

Bandar Udara Internasional Presidente Nicolau Lobato

Bandar udara ini terletak di kota Dili, yaitu ibu kota dari Tiomor Leste. Untuk sementara, bandara ini berada di bawah kontrol Pasukan Pertahanan Australia (Australian Defence Force) semenjak banda udara ini beroperasi yaitu pada tahun 2006. Bandar udara ini memiliki sebanyak lima maskapai penerbangan untuk kegiatan distribusi dan transportasinya.

Aeroportu Internasional Oecussi

Bandar Udara Internasional Oé-Cusse Rota Da Sândalo adalah salah satu bandar udara yang berada di enklave Timor Leste, Oecusse dengan ketinggan 0 meter dari permukaan laut. Bandara ini dibangun kembali pada 2015 dan diresmikan oleh Presiden Timor Leste Francisco Guterres pada 18 Juni 2019 untuk melayani rute domestik dan internasional.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Timor Leste. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian yang telah membacanya. Serta memotivasi kita semua untuk bisa terus lebih baik lagi dalam menjalanan kehidupan atau bisnis yang sedang dijalani. Salam Mister Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com