Harga Kayu Gaharu Ekspor

Harga Kayu Gaharu Ekspor

Kayu Gaharu merupakan komoditi jenis kayu yang berasal dari spesies pohon dari genus aquilaria malaccensis. Sudah sejak ratusan tahun lalu Kayu Gaharu ini menjadi komoditi perdagangan dari kepulauan Nusantara ke India, Persia, Arab dan Afrika Timur sehingga banyak yang mencari info harga kayu gaharu ekspor.

Kayu Gaharu ini menjadi salah satu komoditi ekspor yang memiliki nilai ekonomi tinggi selain sarang burung walet, tidak heran jika Kayu Gaharu ini merupakan salah satu Kayu termahal di dunia.

Selain itu Kayu Gaharu ini banyak diminati di berbagai negara di timur tengah seperti Arab Saudi, Turki, Iran, Kuwait, Yaman dan lain lain.

Harga Kayu Gaharu

Harga jual Kayu Gaharu dengan kualitas ekspor ini sangat tinggi. Salah satu Kayu Gaharu yang memiliki harga cukup tinggi yaitu Kayu Gaharu Beringin. Sedangkan untuk nilai jual terendah yaitu Kayu Gaharu Buaya.

Tinggi atau rendahnya harga Kayu Gaharu biasanya bergantung pada banyaknya kandungan resin pada kayu tersebut, semakin tinggi kandungan resin maka harga Kayu Gaharu ekspor ini semakin tinggi.

ProdukJumlahHarga
Kayu Gaharu Buaya Grade A1 KgRp 600.000
Kayu Gaharu Kalimantan Grade AA1 KgRp 9.000.000
Kayu Gaharu Chip Hitam1 KgRp 20.000.000
Kayu Gaharu Lombok Grade AA100 grRp 1.000.000

Sekilas tentang Kayu Gaharu

Sekilas tentang Kayu Gaharu
gambar: freepik

Kayu Gaharu terkenal dengan wangi yang khas karena pada Kayu Gaharu ini mengandung resin di bagian gubalnya. Kandungan resin tersebut menjadikanya sebagai bahan wangi-wangian karena memiliki aroma yang khas.

Wangi khas tersebut yang membuat olahan kayu gaharu sering dijadikan parfum aromaterapi yang dipercaya sebagai anti stress dan juga sebagai relaksasi

Namun sebelum bisa dijadikan parfum, kayu gaharu ini harus diolah terlebih dahulu agar mendapatkan minyak atau senyawa aroma yang terkandung di dalamnya.

Ciri – Ciri dan Karakteristik Kayu Gaharu

Pohon dari Kayu Gaharu ini memiliki tinggi yang bisa mencapai 40 m dengan diameter lebih dari 60 m dan mempunyai batang yang lurus dengan kulit batang yang halus. Sedangkan untuk daunya, pohon dari Kayu Gaharu ini memiliki daun yang lancip meruncing pada bagian ujung.

Pohon Gaharu ini juga menghasilkan buah yang berbentuk oval dengan warna kemerahan serta permukaan kulitnya berbulu. Sedangkan untuk bunga dari pohon gaharu ini memiliki warna hijau atau kuning yang tumbuh pada bagian ujung ranting atau pada ketiak daun.

Kayu Gaharu yang baik memiliki ciri pada bagian gubalnya yang berwarna hitam dan memiliki aroma harum yang khas saat di potong.

Manfaat dan Kegunaan Kayu Gaharu

Manfaat dan Kegunaan Kayu Gaharu
gambar: freepik

Selain diolah menjadi minyak parfum seperti yang dijelaskan di atas, Kayu Gaharu ini bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan keperluan bangunan atau pembuatan furnitur dan lain lain. Berikut ini beberapa manfaat dan kegunaan dari Kayu Gaharu

Bahan Bangunan dan Furnitur

Mungkin mayoritas orang pada umumnya lebih sering mengenal kayu jati sebagai bahan bangunan atau pembuatan furnitur. Namun sebenarnya Kayu Gaharu ini juga tak kalah kualitasnya dengan kayu jenis lain. Sebagai informasi Kayu Gaharu ini sering dijadikan pembuatan kusen pintu, kursi, meja atau dekorasi interior rumah.

Keunggulan Kayu Gaharu Sebagai Bahan Furnitur

Kelebihan Kayu Gaharu sebagai bahan pembuatan furnitur antara lain

  • memiliki bobot yang berat serta tekstur yang keras sehingga menghasilkan bahan yang tahan lama
  • Kayu Gaharu memiliki aroma khas yang dihasilkan membuatnya tahan terhadap serangan rayap
  • tampilan serat kayu unik membuat terlihat terkesan mewah
  • tahan terhadap cuaca sehingga membuat daya tahanya kuat dari pada kayu lain.

Bahan Obat-Obatan

Kayu Gaharu ini selain menghasilkan minyak aromaterapi, juga bermanfaat bagi kesehatan bagi tubuh dan sering dijadikan sebagai bahan obat obatan. Menurut beberapa penilitian Gaharu memiliki peran dalam pengobatan seperti asma, masuk angin, diare dan ginjal.

Namun dalam penggunaan obat obatan yang sering digunakan adalah daunya. Daun Gaharu biasanya dapat diolah menjadi teh yang berkhasiat

Sebagai Ritual Kebudayaan

Di beberapa daerah Indonesia, Kayu Gaharu juga dimanfaatkan sebagai tradisi ritual kebudayaan melalui dupa yang telah dibakar sehingga bisa menghasilkan aroma wewangian. Biasanya dalam pembuatan dupa ini Kayu Gaharu yang digunakan ialah Kayu Gaharu Buaya.

Aksesoris Gelang atau Kalung

Sudah banyak hasil olahan produk dari Kayu Gaharu yang bernilai tinggi, salah satunya dalam pembuatan aksesoris seperti gelang ataupun kalung. Selain itu Kayu Gaharu ini juga sering dipakai dalam bahan pembuatan tasbih.

Sebagai Bahan Sabun

Siapa sangka bahwa Kayu Gaharu ini bisa di olah menjadi sebuah sabun. Baru baru ini Kementerian Lingkungkan Hidup dan Kehutanan berinovasi dalam mengembangkan sabun (Hand Soap) dan juga Hand Sanitizer yang berbahan baku dari Gaharu

Golongan Kayu Gaharu di Indonesia

Menurut badan standarisasi nasional, Gaharu terbagi menjadi 3 klarifikasi yaitu gubal gaharu, kemendangan serta abu gaharu.

Kayu Gaharu Gubal

Kayu gaharu gubal ini memiliki warna hitam kecoklatan, hal ini di peroleh pada bagian gaharu yang memiliki kandungan damar di dalamnya

Kayu Gaharu Kemedangan

Kayu Gaharu ini memiliki aroma yang lemah selain itu juga kayu ini memiliki ciri warna abu dan memiliki permukaan yang lunak jika di pegang

Kayu Gaharu Abu

Kayu Gaharu ini merupakan jenis yang berbentuk serbuk, itu sebabnya banyak orang yang menyebutnya kayu gaharu abu karena bentuknya seperti abu. Kayu ini merupakan hasil dari gerokan dengan alat seperti gergaji yang dapat menghasilkan serbuk gaharu

Daerah dan Spesies Penyebaran Pohon Gaharu

Daerah dan Spesies Penyebaran Pohon Gaharu
gambar: freepik

Jenis kayu penghasil Gaharu tersebar hampir di seluruh kawasan hutan indonesia terutama di bagian Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Nusa Tenggara.

Namun secara umum Pohon Gaharu yang menghasilkan gaharu terbaik terletak di daerah yang beriklim panas dengan suhu 28º-34ºc dengan kelembaban 60-80%

Di Indonesia sendiri terdapat 18 Spesies Gaharu yang tersebar di beberapa daerah antara lain:

Aetoxylon sympethalum Kalimantan dan Papua
Enkleia malaccensis Papua dan Maluku
Wikstroemia poliantha Nusa Tenggara dan Papua
Wikstroemia tenuriamis Sumatera, Bangka, dan Kalimantan
Wikstroemia andresaemofilia Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Sulawesi
Gonystylus bancanus Bangka, Sumatera, dan Kalimantan
Macrophyllus sp. Nusa Tenggara dan Papua
Grynops cumingiana Nusa Tenggara
Grynops rosbergii Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat
Grynops versteegii Maluku dan Halmahera
Grynops moluccana Sulawesi Tengah
Grynops decipiens Papua
Grynops ledermanii Papua
Grynops salicifolia Papua
Grynops audate Papua
Grynops podocarpus Papua
Dalbergia farviflora Sumatera dan Kalimantan
Exccocaria agaloccha Jawa, Kalimantan, dan Sumatera

Jasa Ekspor Kayu Gaharu

Kami Mister Exportir menyediakan jasa ekspor Kayu Gaharu, dengan bantuan jasa Mister Exportir ekspor kayu gaharu akan lebih mudah karna di handle oleh tim profesional kami.

Langsung saja hubungi tim Mister Exportir untuk membantu ekspor kayu gaharu kamu agar ekspor yang kamu lakukan bisa sampai ke negara tujuan dengan cepat dan aman.

Itulah beberapa informasi tentang Kayu Gaharu dan Harga Kayu Gaharu ekspor. Tertarik untuk mengekspor Kayu Gaharu ? Yuk langsung hubungi tim Mister Exportir sekarang untuk konsultasi ekspor Kayu Gaharu kamu! Terima kasih.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh