Peluang Ekspor Buah Manggis Indonesia dan Manfaatnya

Peluang Ekspor Buah Manggis Indonesia dan Manfaatnya

Ekspor buah manggis masih termasuk salah satu kegiatan ekspor unggulan di Indonesia.

Hal ini karena banyaknya permintaan dari berbagai negara terhadap komoditas buah unggulan dari Indonesia ini.

Manggis (Garcinia mangostana) merupakan buah tropis yang memiliki cita rasa sedikit manis dan asam.

Buah ini berasal dari daratan sekitar Asia Tenggara yang menyebar ke seluruh Nusantara dan dapat ditemukan di berbagai tempat yang memiliki iklim tropis.

Keunikan manggis adalah kulitnya yang cantik berwarna ungu dengan daging bagian dalam yang berair berwarna putih cerah.

ekspor buah manggis

Manfaat Kesehatan Buah Manggis

Beberapa manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah manggis adalah sebagai berikut.

  1. Tinggi nutrisi

Manggis mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat penting sekaligus rendah kalori. Nutrisi ini penting untuk mempertahankan banyak fungsi di dalam tubuh.

  1. Kaya akan antioksidan kuat

Manggis mengandung vitamin dengan kapasitas antioksidan, serta zat turunan senyawa antioksidan yang unik yang bernama xanthone.

  1. Memiliki sifat anti-inflamasi

Menurut penelitian, senyawa tanaman dan serat dalam manggis memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada manusia.

  1. Memiliki efek antikanker

Penelitian tabung dan hewan menunjukkan bahwa kandungan xanthone dalam manggis dapat melindungi tubuh dari kanker.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manggis dapat berperan dalam penurunan berat badan dan pencegahan obesitas.

  1. Dapat mengontrol gula darah

Senyawa tanaman dan serat dalam manggis dapat berkontribusi pada penurunan gula darah.

Manggis merupakan sumber serat yang baik, nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan kontrol diabetes.

Kombinasi kandungan xanthone dan serat pada manggis dapat membantu menyeimbangkan gula darah.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa manggis dapat meningkatkan jumlah sel imun dan mengurangi peradangan yang berpotensi meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanaman tertentu dalam manggis memiliki sifat antibakteri yang dapat menyehatkan kekebalan tubuh dengan memerangi bakteri yang memiliki potensi berbahaya.

  1. Membantu menjaga kesehatan kulit

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam manggis dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang terkait dengan paparan sinar matahari dan penuaan.

  1. Manfaat kesehatan lainnya

Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dan senyawa lain yang terkandung dalam manggis dapat mendukung fungsi pencernaan, jantung, dan otak yang optimal.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak manggis efektif mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida sambil meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Studi menunjukkan bahwa ekstrak manggis membantu mencegah penurunan mental, mengurangi peradangan otak, dan memperbaiki gejala depresi.

Manggis dipenuhi dengan serat yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Diet tinggi serat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

pasar manggis

Potensi Ekspor Buah Manggis

Buah manggis banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, manggis menjadi salah satu buah yang dapat ditemukan di mana saja.

Iklim Indonesia yang tropis membuat manggis menjadi buah yang terbilang mudah untuk dibudidayakan karena habitatnya yang mendukung tumbuh kembang manggis dengan baik.

Hal ini menyebabkan manggis asal Indonesia memiliki kualitas yang baik serta bernilai jual tinggi di pasar nasional dan internasional.

Nilai ekspor buah manggis dari Indonesia selalu mencatatkan angka fantastis.

Menurut Kementerian Pertanian Republik Indonesia, secara total keseluruhan ekspor manggis Indonesia pada Januari hingga April 2020 tercatat sebanyak 45,33 ribu ton.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras para pelaku usaha seperti kelompok tani dan pemilik rumah kemas dalam sektor budidaya manggis.

Permintaan terhadap buah manggis dari Indonesia di berbagai negara pun terus mengalami peningkatan.

Besarnya peluang usaha yang terkait dengan budidaya manggis ini seiring dengan kesempatan ekspor manggis Indonesia yang masih terbuka sangat lebar.

Negara tujuan utama ekspor manggis dari Indonesia masih didominasi oleh Tiongkok yang pada tahun 2020 mencatatkan kenaikan nilai ekspor sebanyak 111% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Selain itu, beberapa negara lain yang menjadi tujuan Indonesia dalam mengekspor manggis adalah Australia, Malaysia, Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, Prancis, dan Belanda.

Komoditas ekspor buah manggis dapat dikirmkan ke luar negeri dengan menggunakan berbagai jasa kirim dari Indonesia, salah satunya Mister Exportir.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *