Ekspor Kopi Indonesia, Ini 5 Daerah Produsen Kopi Terbesar Nasional

Ekspor Kopi Indonesia, Ini 5 Daerah Produsen Kopi Terbesar Nasional

Ekspor kopi Indonesia memiliki nilai yang tinggi di pasar internasional.

Kopi merupakan jenis produk konsumsi yang berasal dari hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

Jenis minuman ini merupakan kegemaran hampir setiap orang di seluruh dunia bahkan kopi menjadi salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan oleh lebih dari 50 negara.

ekspor kopi indonesia

Industri Kopi Indonesia

Indonesia juga menjadi bagian dari salah satu negara penghasil kopi terbaik.

Bahkan menurut data yang ada, produksi tahunan kopi Indonesia mencapai 600 ribu ton yang artinya Indonesia mampu menyuplai tujuh perseb kebutuhan kopi dunia.

Menurut data Kementerian Pertanian RI, Indonesia menjadi produsen kopi terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Salah satu penyebab banyaknya produksi kopi di Indonesia adalah karena iklim tropis di tanah air. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri sebab kopi memang sangat cocok ditanam di daerah beriklim tropis.

Di Indonesia sendiri, kopi merupakan jenis minuman yang sangat digemari. Bahkan semakin hari penikmat kopi semakin meningkat dengan adanya tren kedai kopi modern yang semakin bertebaran di berbagai daerah.

Daerah Penghasil Kopi Terbesar di Indonesia

Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar, Indonesia punya banyak daerah penghasil kopi unggulan.

Produksi kopi di Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kopi yang dihasilkan di setiap daerah mempunyai cita rasa khas yang menjadi keunggulan di masing-masing daerah.

Pemerintah menyatakan setidaknya ada 16 jenis kopi Indonesia yang diminati oleh pasar internasional.

Berikut ini beberapa daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia.

pohon kopi

  1. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan merupakan daerah penyumbang produksi kopi terbesar di Indonesia. Hal ini karena Pulau Sumatera mempunyai tanah yang subur.

Di daerah ini, banyak jenis kopi yang bisa ditemukan. Namun, sekitar 70% kopi yang dihasilkan dari daerah ini merupakan jenis kopi robusta.

Luas lahan perkebunan kopi di Sumatera Selatan mencapai 263.339 Ha yang didominasi oleh perkebunan milik rakyat.

  1. Lampung

Lampung menjadi daerah Indonesia kedua yang memiliki produksi kopi terbesar.

Menurut data BPS pada 2017, luas area perkebunan kopi di Lampung mencapai 161.416 Ha dan menyumbang sekitar 17,44% produksi kopi Indonesia.

Salah satu perkebunan kopi di Lampung yang sangat terkenal hasil kopinya sampai ke pasar internasional adalah Ulu Belu.

  1. Aceh

Daerah Aceh terkenal dengan jenis kopinya yang mendunia yaitu kopi Aceh. Kenikmatan kopi Aceh yang bisa memanjakan lidah penikmatnya melanglangbuana ke seluruh dunia.

Jumlah kopi yang dihasilkan oleh daerah Aceh mencapai 10,27% dari total jumlah produksi kopi di Indonesia.

Luas perkebunan kopi di daerah ini mencapai 123.696 Ha dengan daerah yang paling tinggi produksinya yaitu dataran tinggi Gayo.

  1. Sumatera Utara

Sebagai bagian dari Pulau Sumatera yang subur, Sumatera Utara masuk ke dalam 4 besar daerah penghasil kopi terbesar Indonesia.

Daerah ini menyumbang sebesar 9.9% dari total produksi kopi di seluruh Indonesia dengan luas perkebunan mencapai 85.459 Ha.

Tempat produksi kopi paling terkenal di Sumatera Utara adalah Mandailing Natal. Beberapa perkebunan masih didominasi oleh perusahaan swasta dan perkebunan rakyat.

  1. Jawa Timur

Jawa Timur menjadi daerah penghasil kopi terbesar kelima di Indonesia.

Daerah ini menyumbang sekitar 9,7% dari total produksi kopi di Indonesia dengan luas area perkebunan sebesar 104.882 Ha.

Produksi kopi di Jawa Timur didominasi oleh perkebunan milik perusahaan swasta yang beroperasi di daerah pegunungan yang tinggi tingkat vulkaniknya.

biji kopi

Jenis Kopi Asli Indonesia yang Mendunia

Besarnya produksi kopi di berbagai daerah Indonesia menimbulkan perbedaan rasa yang khas dari tiap daerahnya.

Beberapa jenis kopi berikut ini memiliki banyak penikmat dari seluruh dunia.

  1. Kopi Arabika Aceh Gayo

Kenikmatan cita rasa dan aroma dari kopi Aceh Gayo sangat terkenal di seluruh dunia dan disebut-sebut memiliki rasa clean saat diteguk.

  1. Kopi Robusta Lampung

Jenis kopi Robusta Lampung memiliki karakteristik cita rasa yang kuat.

  1. Kopi Arabika Mandailing

Jenis kopi ini terbilang spesial dengan nama pasar Sumatra Mandheling Coffee yang terkenal di seluruh dunia.

Ekspor Kopi Indonesia

Tercatat pada periode Januari-Juni 2020, ekspor kopi Indonesia mencapai angka USD620,41 juta dengan komoditas ekspor terbesar berasal dari biji kopi tanpa sangrai, kopi instan, ekstrak kopi, essence dan konsentrat, serta campuran pasta dari kopi sangrai.

Beberapa negara tujuan ekspor kopi Indonesia adalah negara-negara ASEAN, Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

Peluang ekspor kopi dari Indonesia terus meningkat setiap tahunnya hingga komoditas ini menjadi salah satu unggulan dari kegiatan ekspor nasional.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download