Inilah Komoditas Komoditas Ekspor Impor Malaysia, Paling Lengkap!

Inilah Komoditas Komoditas Ekspor Impor Malaysia, Paling Lengkap!

Komoditas Ekspor Impor Malaysia-  Malaysia merupakan negara yang terkenal karena ekspor buah duriannya. Negara Malaysia terletak di Asia Tenggara. Perbatasan darat antara Malaysia dengan Indonesia terbagi ke dalam perbatasan darat dan perbatasan maritim. Pulau Kalimantan merupakan perbatasan darat antara Indonesia dan Malaysia. Sedangkan Selat Malak, Laut Cina Selatan, dan Laut Sulawesi merupakan perbatasan maritimnya.

Komoditas Ekspor Impor Malaysia
Komoditas Ekspor Impor Malaysia – Mister Exportir

Malaysia ini memiliki banyak sumber daya alam, salah satunya adalah hayati. Keanekaragaman hayatinya sangat beragam karena wilayahnya juga berbatasan dengan Indonesia.

Pada pembahasan kali ini, kita akan lebih fokus pada  kompetisi ekspor impor Malaysia. Beberapa pembahasan di sini akan membahas tentang ekspor yang dibahas di pasar ekspor dan diterjemahkan yang melimpah.

Ekspor Impor Malaysia

Malaysia merupakan negara federal yang terdiri dari tiga negara bagian dan negara bagian federal di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km persegi. Ibukota Malaysia ini adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan federal. Jumlah penduduk negara ini mencapai 30.697.000 jiwa pada tahun 2015.

Negara ini dipindahkan oleh dua wilayah – Malaysia Barat dan Malaysia Timur – oleh Kepulauan Natuna, wilayah Indonesia di Laut Tiongkok Selatan. Malaysia memiliki perbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Filipina. Selain itu, negara ini terletak di dekat khatulistiwa dan beriklim tropika. Malaysia memiliki kepala pemerintahan Raja atau seorang Sultan yang dipilih bergiliran setiap 5 tahun sekali, hanya negeri-negeri (negara bagian) yang diperintah oleh Raja / Sultan hanya yang diizinkan mengirimkan wakilnya untuk menjadi Raja Malaysia. PDB (KKB) 2019 denganTotal $ 1.068 triliun, Per kapita $ 32.501.

Berdasarkan data Sekretariat Nasional ASEAN, Malaysia ini lebih banyak melakukan kegiatan ekspor dari pada keguatan impornya. Komoditas ekspornya terbagi ke dalam banyak jenis, memerlukan peralatan listrik, bahan kimia, produk karet, produk tekstil, dan lainnya.

Malaysia memiliki surplus perdagangan tahunan (year-on-year / yoy) tumbuh 1,7% meningkat 8,3 miliar ringgit pada Juli 2018, padahal bulan sebelumnya naik 41,4%. Kegiatan Ekspor di bulan Juli tumbuh (yoy) 9,4% menjadi peringkat tertinggi sepanjang 86,12 miliar ringgit, sementara impor melebar 10,3% ke dalam daftar pendapatan sebesar 77,83 miliar ringgit. Kemudian, selama tujuh bulan hingga 31 Juli, total perdagangan tumbuh 6,1% menjadi 1,07 triliun ringgit dari periode yang sama tahun lalu. Oleh karena itu, secara tahunan, ekspor naik 7,3% menjadi 568,72 miliar ringgit sementara impor meningkat 4,8% menjadi 499,91 miliar ringgit, dengan surplus perdagangan meningkat 68,81 miliar ringgit (Rp 247,76 triliun).

10+ Komoditas Ekspor Malaysia, Paling Lengkap!

Seperti negara-negara lain di dunia, Malaysia juga melakukan kegiatan ekspor untuk meningkatkan ekonomi di negaranya. Berikut ini merupakan data yang dieksekusi Malaysia:

Komoditas Ekspor Impor Malaysia
Komoditas Ekspor Impor Malaysia – Mister Exportir

10+ Produk Indonesia yang Diimpor oleh Malaysia

Selain memulihkan produk-produknya ke luar negeri, Malaysia juga mengembalikan beberapa produk ke negara lain. Salah satu negara tersebut adalah Indonesia. Di bawah ini adalah daftar produk Malaysia yang disediakan dari Indonesia.

Komoditas Ekspor Impor Malaysia
Komoditas Ekspor Impor Malaysia – Mister Exportir

Tabel di atas telah memaparkan jumlah produk yang didukung oleh Malayasia dari Indonesia. Namun, selain data tersebut di atas, Malaysia juga masih memiliki prioritas ekspor yang palinng banyak diminati. Di bawah ini adalah produk dari Malaysia yang paling diminati.

Komoditas Ekspor Impor Malaysia
Komoditas Ekspor Impor Malaysia- Mister Exportir

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Malaysia

Komoditas Ekspor Impor Malaysia
Komoditas Ekspor Impor Malaysia – Mister Exportir

Untuk melancarkan kegiatan ekspor impor, negara Malaysia melakukan dua akses distribusi. Ada banyak bandar udara dan pelabuhan yang ada di Malaysia yang menjadi akses distribusi produk. Di antara akses distribusi tersebut adalah:

Akses Distribusi Laut (Pelabuhan)

Di Malaysia sendiri, diberikan tujuh pelabuhan yang diterbitkan untuk ekspor dan impornya. Pelabuhan-pelabuhan tersebut tersebar di seluruh wilayah Malaysia, namun akan dibahas di artikel ini hanya sampai empat pelabuhan. Berikut merupakan pelabuhan-pelabuahn yang digunakan oleh negara Malaysia:

  1. Pelabuhan Klang. Pelabuhan Klang merupakan pelabuhan utama yang ada di Malaysia. Pelabuhan ini terletak di daerah Klang di negara bagian Selangor. Pelayanan yang disediakan oleh pelabuhan ini mencakup pelayanan ke Lembah Klang, Kuala Lumpur, dan administrasi kota federal Putrajaya. Pelabuhan Klang menaungi tiga pelabuhan lainnya. Di antara pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Utara, Pelabuhan elatan, dan Pelabuhan Barat.
  2. Pelabuhan Johor. Pelabuhan Johor merupakan satu pelabuhan pertama yang ada di Johor, Malaysia. Letak pelabuhan ini di daerah Pasir Gudang yang berada di sebelah tenggara negara bagian Johor. Tahun ini dibangunnya Pelabuhan Johor pada tahun 1977 oleh Lembaga Pelabuhan Johoryang yang menampung pelabuhan utama yang dapat menampung berbagai jenis pesawat. Berbagai perdagangan dapat dilakukan di pelabuhan ini dan Bea Cukai hanya diperuntukkan perdagangan dilepas hanya untuk penjualan di pasar-pasar lokal.
  3. Pelabuhan Tanjung Pelepas. Pelabuhan Tanjung Pelepas merupakan pelabuhan kontainer yang berada di Iskandar Puteri, Distrik Johor Baru, Johor, Malaysia. Bukan Penanggung masalah ini mau persoalanan  ini telah berhasil memenangkan dunia sebagai pengembangan dengan pertumbuhan yang berhasil setelah 571 hari beroperasi.
  4. Pelabuhan Kuantan. Pelabuhan Kuantan merupakan pelabuhan utama di bagian timur pantai Pahang, Malaysia. Pelabuhan ini terletak sekitar 25 km di utara kota Kuantan, ibu kota Pahang. Taun berdiri Pelabuhan Kuantan pada tahun 1998. Dan pada tahun 2006, pelabuhan ini mampu menangani sebanyak 10.650.000 ton metrik kargo.

Akses Distribusi Udara

Selain memiliki pelabuhan yang banyak, Malaysia juga menyediakan transportasi udara demi kelancaran dan kenyamanan para pembelinya. Di antara bandar udara tersebut adalah:

  1. Bandara Internasional Langkawi. Di Padang Matsirat, barat daya Pulau Langkawi, Kedah, Malaysia
  2. Bandara Internasional Kuala Lumpur. Di Sepang, Malaysia.
  3. Bandara Internasional Kuching. Di Kuching, Sarawak, Malaysia
  4. Bandara Internasional Pulau Pinang Di Bayan Lepas, Pulau Pinang, Malaysia.
  5. Bandara Internasional Senai, Di Senai, Distrik Kulai, Johor, Malaysia
  6. Bandara Internasional Melaka Di Batu Berendam, Melaka di Malaysia

Nah, peminjaman di atas merupakan rincian dari komoditas ekspor impor Malaysia. Setelah melihat langsung daftar komoditasnya, ternyata Malaysia juga memiliki sumber daya alam yang sangat beragam. Demikialah pembahasan artikel kali ini, semoga artikel ini memberi manfaat bagi kita semua. Salam Mister Eksportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com