Dapatkan pelayanan ekspor terbaik untuk Anda
Pengertian PPJK

Pengertian PPJK

Dalam dunia bisnis dan usaha ekspor maupun impor barang, kita tahu ada banyak sekali hal yang perlu kita ketahui. Disini, apabila kita ingin terjun ke dalam bisnis dan usaha ekspor impor, maka kita wajib mengetahui banyak hal yang mungkin sebelumnya kita tidak ketahui, seperti contohnya adalah pengertian PPJK.

Nah, bagi orang awam, tentunya pengertian dari singkatan tersebut akan membuat beberapa orang penasaran dengan apa pengertiannya. Nah disini kami akan mencoba untuk membahas mengenai pengertiannya dan juga definisi dari PPJK sheingga teman teman bisa lebih mengerti mengenai hal tersebut.

Pengertian PPJK

Definisi dari PPJK secara umum
gambar: freepik

Nah, definisi dari PPJK atau pengertian PPJK adalah perusahaan pengurusan jasa kepabeanan. PPJK memiliki tugas untuk menyediakan jasa pengurusan dan juga hal hal yang berkaitan dngan kepabeanan. Tugas dari PPJK sendiri sangat penting dan juga tidak bisa disepelakan begitu saja.

Inilah kenapa PPJK menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh disepelekan oleh mereka yang ingin masuk ke dalam dunia usaha dan bisnis ekspor serta impor pastinya ke depannya akan sering berurusan dengan kantor PPJK yang juga berkaitan dan mengurusi hal hal tersebut secara mendetail dan juga formal.

Setelah mengetahui mengenai pengertian PPJK dan juga mengenai definisinya. Tentunya akan lebih baik lagi jika kita mengerti mengenai tugas yang dijalankan oleh PPJK secara umum. Jadi tugas dari PPJK atau perusahaan pengurusan jasa kepabeanan akan terbagi menjadi beberapa bagian.

Yang pertama adalah formalitas kepabeanan seperti memberisan izin atau pengesahan barang yang akan diimpor atau diekspor ke luar negeri. Selain itu PPJK bertugas untuk meneliti jaminan yang ada di dalam barang yang diimpor dan diekspor apakah memang layak masuk atau tidak.

Yang cukup menarik, PPJK juga bertanggung jawab akan pajak bea cukai tersebut, jadi disini PPJK akan berhubungan langsung dengan perusahaan yang menjadi importer barang tersebut untuk mengurusi pajak bea cukai.

PPJK dalam dunia bisnis dan usaha ekspor impor

PPJK dalam dunia bisnis dan usaha ekspor impor
gambar: freepik

Mungkin banyak dari kita yang bertanya tanya setelah mengetahui pengertian PPJK dan juga definisinya. Mengapa PPJK dianggap sangat penting? Hal ini sebenarnya sangatlah simpel dan mudah untuk dibahas.

PPJK sebagai salah satu kesatuan divisi membantu pengimpor untuk melakukan impor dari barang yang masuk ke dalam negeri. Tentunya kita tahu kalau impor ini harus diatur sesuai regulasi supaya tidak terlalu banyak barang impor yang masuk ke dalam negeri kita.

Karena terlalu banyak barang luar negeri yang masuk juga akan berakibat buruk pada usaha dalam negeri karena terlalu banyaknya produk luar negeri yang menyaingi produk dalam negeri.

Oleh karena hal itu adanya PPJK sangat penting untuk membantu mengurusi formalitas yang harus diurus oleh para pengimpor.

Seperti yang kita ketahui dari pengertian PPJK itu sendiri, bahwa PPJK merupakan Perusahaan pengurusan jasa kepabeanan, yang membantu menyediakan jasa formalitas dari masuknya barang tersebut ke dalam negeri.

Ini menjadi hal yang penting karena ada beberapa formalitas yang harus diurus seperti pajak bea cukai, kepemilikan barang dan juga beberapa hal penting lainnya. Setelah ini tentunya kita semakin mengerti bahwa jasa PPJK sangat penting untuk diketahui dan digunakan oleh setiap usahawan dan pebisnis ekspor serta impor.

Faktor penting yang ada di dalam PPJK

Seperti halnya divisi pengurus hal hal formal lainnya, PPJK wajib memiliki nomor identitas untuk usaha mereka. Nomor ini memiliki nama NPPJK atau nomor pokok pengusaha pengurusan jasa kepabeanan. Semua ini sendiri sesuai dengan peraturan menteri keuangan yang sudah ada di undang undang yaitu nomor 63/PML.04/2011.

Peraturan ini sendiri membahas mengenai registrasi kepabeanan.akan tetapi sekarang nomor PMK tersebut telah terhapus karena adanya PML terbaru yaitu nomor 59/PMK.04/2014. Meskipun demikian nomor PJJK yang dimiliki oleh setiap PPJK masih tetap berlaku.

Pentingnya menggunakan PPJK

Pentingnya menggunakan PPJK
gambar: freepik

Kita tahu kalau pengertian PPJK berarti adalah sebuah divisi yang membantu pengurusan pajak dari bea cukai. Namun yang perlu kita tahu adalah betapa pentingnya PPJK untuk semua perusahaan pengimpor dan perseorangan. Seperti yang kita ketahui masuknya barang impor ke dalam negeri tidaklah mudah.

Ada banyak hal yang perlu diketahui disini mengapa masuknya barang impor tidak mudah. Pertama tama adalah karena barang impor dibatasi di indonesia.

Indonesia memiliki kebijakan untuk membatasi barang impor untuk membantu barang negeri supaya bisa lebih bersaing. Hal ini juga terjadi di semua negara. Karena tidak bisa kita pungkiri, terlalu banyak barang impor yang masuk akan sangat berpengaruh besar pada perekonomian dalam negeri.

Untuk mengatasi hal ini negara melakukan kebijakan dengan mengadakan formalitas masuknya barang impor dengan adanya bea cukai, pemeriksaan barang dan juga beberapa hal lain yang memastikan kalau barang tersebut memang pantas untuk masuk ke dalam negeri.

Nah, proses ini untuk sebagian orang akan terasa sangat ribet dan juga panjang. Beberapa perusahaan pengimpor tidak akan melakukan proses ini secara langsung namun menggunakan jasa dari PPJK.

Ya pada dasarnya pengertian PPJK dan jasa PPJK inilah yang membantu melakukan pengurusan pajak bea cukai dan juga formalitas tersebut.

Meski terkesan sangat simpel dan sederhana, perlu diketahui bahwa proses pajak bea cukai dan formalitasnya membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan bisa saja gagal jika tidak diurus dengan baik.

Itulah mengapa banyak perusahaan perusahaan yang menggunakan jasa dari PPJK untuk membantu mereka melakukan pengurusan tersebut.

Perusahaan perusahaan kecil yang menggunakan jasa tersebut akan sangat membantu usaha mereka karena itu berarti mereka hanya membayar jasa PPJK tanpa harus takut kalau nantinya impor barang mereka tidak berhasil dikarenakan oleh adanya proses bea cukai yang tidak berhasil.

Bisa dibilang, jasa dan juga pengertian PPJK sangat penting dan direkomendasikan untuk para pengusaha kecil yang ingin melakukan impor atau perseorangan yang juga ingin melakukan impor barang.

Memilih PPJK yang benar

Pada akhirnya, kita kembali pada hal terakhir yang harus dibahas. Selain pengertian PPJK, kita juga wajib tahu manakah PPJK yang aman dan benar untuk kita pilih. Pertama kita harus pastikan kalau mereka memiliki Nomor PPJK yang asli dan sudah terdaftar.

Selain itu, kita juga wajib mengetahui reputasi dari usaha jasa PPJK tersebut. Hal ini bisa kita lakukan dengan mengecek review dan ulasan yang ada seputas track record dari PPJK tersebut. Yang ketiga adalah ketepatan dan kejelasan dari proses jasa mereka.

Seberapa lama atau cepat mereka bisa menyelesaikan proses bea cukai untuk barang yang diimpor dan masuk ke dalam negeri. Setelah mengetahui hal ini, maka anda tidak akan kesusahan untuk memilih jasa PJJK yang paling sesuai dengan keinginan anda dan juga kebutuhan usaha anda tentunya.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com