Harga Qusthul Hindi dan Jenis Produknya di Pasaran

Harga Qusthul Hindi dan Jenis Produknya di Pasaran

Harga qusthul hindi di Indonesia relatif bervariasi karena tanaman ini sedang populer dan banyak dicari di tengah masyarakat.

Qusthul hindi merupakan tanaman herbal yang memang telah lama digunakan dalam bidang pengobatan tradisional berbagai negara.

Bagi masyarakat Indonesia, nama qusthul hindi mungkin masih cukup asing di telinga karena memang tanaman ini bukan jenis tanaman lokal.

Meskipun begitu, qusthul hindi yang kini dikait-kaitkan dengan obat Covid-19 mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat indonesia.

Apa sebenarnya tanaman qusthul hindi ini? Bagaimana manfaatnya untuk kesehatan dan berapa harganya di pasaran?

Berikut ini Mister Exportir rangkum informasinya untuk Sobat Exportir semua.

harga qusthul hindi

Tanaman Qusthul Hindi

Qusthul hindi adalah tanaman yang juga dikenal dengan nama Saussurea costus. Tanaman herbal ini tergolong ke dalam keluarga Asteraceae yang terdiri dari hampir 1000 genera dan 30.000 spesies yang tersebar kurang lebih di seluruh dunia.

Sekitar 177 genera dan 1052 spesies ditemukan di India. Genus Saussurea DC terdiri dari 300 spesies di dunia dan sekitar 61 spesies tersedia di India.

Berdasarkan hal tersebut, tanaman ini dikenal luas dengan nama Indian Costus atau bagi masyarakat Indonesia lebih akrab dengan sebutan qusthul hindi.

Qusthul hindi adalah tanaman yang tegak dan kuat, umumnya ditemukan di 2.500 hingga 3.000 meter di sekitar kawasan India (Himalaya, Jammu, Kashmir, Lembah Kishenganga, dan Ghats Barat).

Kepala bunganya berwarna ungu kebiruan, tidak bertangkai dan 2 sampai 5 berkerumun di ketiak daun atau terminal. Daunnya berselaput, licin di bawah, berkerak di atas dan berdaun di pangkal.

Biasanya tanaman ini mekar dari Juli hingga Agustus dan biji matang dari Agustus hingga September.

Tanaman ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah seperti tanah berpasir ringan, tanah liat berat sampai sedang yang merupakan tanah masam, netral atau basa. Tanaman tumbuh subur dari daerah semi-teduh atau daerah tanpa naungan.

Qusthul hindi dikenal dalam berbagai nama dalam berbagai bahasa seperti bahasa Arab: kust atau qust; Tiongkok: Mu Xiang; atau Hindi: kut, kur, dan pachak.

Sifat obat dari tanaman qusthul hindi telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional dan Ayurveda.

Deskripsi Tanaman Qusthul Hindi

Saussurea costus atau qusthul hindi biasanya tumbuh dengan batang sederhana yang kokoh setinggi 1 hingga 2 meter. Daunnya bergigi tidak teratur; yang basal besar dan panjangnya sekitar 0,50 hingga 1,25 meter dengan tangkai daun bersayap panjang.

Daun bagian atas lebih kecil, bertangkai pendek atau subsessile. Dua lobus kecil di pangkal daun menjepit batang. Bunganya berwarna ungu kebiruan hingga hitam berbentuk bulat, keras, dan berdiameter sekitar 2,4-3,9 cm.

Bunga diikuti oleh buah yang bentuknya melengkung, padat, ujung menyempit dengan rusuk dan panjang sekitar 8 mm. Akarnya berwarna coklat tua atau abu-abu dengan panjang biasanya mencapai 40 cm.

jual qusthul hindi terdekat

Manfaat Kesehatan Qusthul Hindi yang Wajib Kamu Tahu

Bagi masyarakat Indonesia mungkin nama qusthul hindi belum terlalu akrab di telinga. Mungkin karena asal tanaman herbal ini bukan dari daerah lokal negara kita.

Akan tetapi, sebenarnya qusthul hindi ini sangat populer di dunia terutama dalam bidang pengobatan tradisional.

Bahkan, berkat khasiatnya inilah tanaman qusthul hindi sudah digunakan di pengobatan tradisional berbagai negara, seperti India, Tiongkok, Romawi dan lainnya sejak dahulu kala.

Nah, kira-kira apa ya manfaat qusthul hindi ini bagi kesehatan? Berikut rangkumannya.

  1. Mengobati Infeksi Cacing

Manfaat utama tanaman qusthul hindi memang dikenal efektif untuk mengobati infeksi cacing dalam tubuh.

Bagian akar qusthul hindi biasanya digunakan untuk membuat obat yang digunakan untuk mengobati infeksi cacing (nematoda).

Sementara itu, minyak dari akar tanaman ini digunakan untuk mengobati asma, batuk, gas, dan penyakit usus yang parah seperti disentri dan kolera.

  1. Menyehatkan Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa qusthul hindi dapat meningkatkan kesehatan jantung. Laporan yang diterbitkan dalam jurnal menguji coba efek Saussurea costus pada tikus dan hasilnya ramuan tersebut dapat memerangi cedera miokard.

  1. Efektif untuk Kanker

Saussurea costus efektif untuk kanker. Studi tentang uji sel kanker lambung manusia menunjukkan bahwa ramuan tanaman qusthul hindi dapat menekan pertumbuhan tumor dan menginduksi apoptosis.

  1. Menyehatkan Hati

Qusthul hindi bermanfaat untuk mengobati penyakit hati menurut penelitian yang dilakukan pada hewan. Tes yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa pengobatan Saussurea costus membantu menurunkan kerusakan hati yang berhubungan dengan hepatitis.

  1. Meningkatkan Imun

Minyak esensial akar qusthul hindi dipercaya dapat membantu memperkuat sistem imun dengan menghilangkan bakteri, kuman, dan infeksi virus. Selain itu, minyak ini juga dapat membantu mengatasi asma, bronkitis, dan batuk kronis.

jasa impor qusthul hindi

Harga Grosir Qusthul Hindi

Qusthul hindi saat ini dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Masyarakat Indonesia bisa menemukan produk qusthul hindi di berbagai platform marketplace yang tersedia.

Secara umum, qusthul hindi dijual dalam bentuk bubuk, minyak esensial, atau pil kapsul. Harga produk qusthul hindi yang ditawarkan setiap penjual bermacam-macam dan bervariatif.

Biasanya qusthul hindi yang diperjualbelikan di Indonesia merupakan hasil impor dari negara lain, sebab tanaman ini jarang ditemukan di negara kita.

Oleh karena itu, harga yang dipatok di pasaran merupakan hasil inovasi penjual dalam pengemasan dan pemasarannya.

Saat ini, kita dapat menemukan produk qusthul hindi dengan mudah secara online melalui platform e-commerce di antaranya Shopee, Lazada, dan Tokopedia.

Harga produk qusthul hindi bubuk yang ditawarkan mulai dari Rp35.000 hingga Rp99.000 per 100 gram.

Sementara itu, harga produk qusthul hindi kapsul dibandrol mulai Rp40.000 hingga Rp200.000 per botol dengan jumlah isi kapsul bervariasi.

Harga produk minyak qusthul hindi juga terhitung bervariasi mulai dari Rp75.000 hingga Rp250.000 per botol kecil atau sekitar ukuran 20 ml.

Jual Qusthul Hindi Terdekat

Bagi kamu yang sedang mencari produk qusthul hindi, kini bisa menemukannya di pasaran secara online maupun offline.

Saat ini kamu bisa mendapatkan produk qusthul hindi terdekat hanya di Nusagro.

Nusagro adalah perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang produk pertanian yang menyediakan layanan terbaik serta harga produk yang bersaing di pasaran.

Tidak hanya menyediakan produk dalam negeri, tetapi Nusagro juga melayani ekspor impor produk pertanian yang tentunya berkualitas dan terbaik.

Nusagro juga menawarkan kemudahan berbelanja setiap produk dengan banyak benefit seperti konsultasi produk dan gratis biaya pengiriman ke mana saja.

Selain itu, Nusagro juga menawarkan produk qusthul hidni paling berkualitas dengan harga yang sangat kompetitif di bidangnya.

Semua keuntungan ini akan kamu dapatkan saat berbelanja segala jenis qusthul hindi terlengkap dan terbaik dari Nusagro.

Tidak hanya qusthul hindi, Nusagro juga menawarkan berbagai komoditas pertanian lainnya yang lengkap dan berkualitas serta layanan supplier terpercaya.

Yuk, tunggu apa lagi! Segera kunjungi Nusagro dan dapatkan pengalaman belanja produk pertanian paling memuaskan.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download