Pengertian Certificate Of Analysist dan Kegunaanya – Mister Exportir

Ted JohnsonBlog0 Comments

Cara Mengurus COA - Mister Exportir

Certificate of Analysis ( COA ) – Pada era perdagangan dunia bebas seperti sekarang ini, setiap negera dibelahan dunia kini mulai memperlihatkan performa para pengusaha kecil menengah yang sangat antusias untuk meningkatkan kinerja dan jumlah arus barang ekspor dalam menunjang perekonomian negara itu sendiri.

Bagi anda yang ingin menjadi eksportir, sekaranglah saatnya anda untuk melangkah kedepan dan melihat potensi produk indonesia dipasar internasional. Selain pasar dunia yang selalu tumbuh setiap tahunnya yang disebabkan oleh pertumbuhan penduduk dunia, meningkatnya daya beli masyarakat dan lain-lain.

Pada era perdagangan bebas seperti saat ini dimana hampir semua pengusaha di seluruh dunia kini memanfaatkan peluang dagang antar negara yang semakin terbuka lebar akan potensinya.

Kesempatan ini tentu harus dimaksimalkan oleh wirausaha tanah air guna untuk memperluas pangsa pasar bagi produk Indonesia dan mendorong lajur devisa negara.

Perdagangan antar negara satu dengan negara lainnya atau yang sering kita disebut dengan ekspor dan impor tentu harus memiliki proses dan perjanjian dagang antara dua negara atau lebih terlebih dahulu.

Nah Sahabat Mister Exportir, Pada kesempatan kali ini kita ingin berbagi informasi yang sangat bermanfaat buat kamu seputar pengertian Certificate of Analysist ( COA ) tentunya hal ini merupakan salah satu dari beberapa hal yang sering membingungkan para eksportir pemula.

Sudah siap? Let’s get started it.

Contoh Certificate of Analysist ( COA ) - Mister Exportir

Contoh Certificate of Analysist ( COA ) – Mister Exportir

 

Pengertian Certificate Of Analysis / COA

Menurut para a’lim ulama di bidang ekspor impor, COA merupakan akronim dari Certificate of Analysis, dokumen yang membuktikan dan menjelaskan bahwa pengecekan tertentu telah dilakukan terhadap produk terkait.

Misalkan pada suatu produk mesin atau produk sejenisnya, dokumen Certificate of Analysis tersebut akan berisi tentang seluruh data kuantitatif hasil pengecekan sampel produk yang dilakukan di laboratorium analisis suatu badan atau perusahaan yang dapat mengeluarkan sertifikat atau dokumen terkait seperti PT Sucofindo atau PT. Geoservices.

Melihat definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa keberadaan Certificate of Analysis dapat menjadi parameter baik dan konsistennya kualitas produksi dari produk yang ada. Demikian dokumen dasar yang perlu diketahui sebelum, saat, dan sesudah melakukan penjualan atau pembelian suatu produk.

Contoh Certificate of Analysist ( COA ) - Mister Exportir

Contoh Certificate of Analysist ( COA ) – Mister Exportir

 

Sebagian orang mungkin masih menganggap dokumen tersebut hanyalah formalitas semata. Faktanya, keberadaan dokumen tersebut sangat berguna untuk membantu pelanggan dalam memahami kualitas serta tata-cara menangani operasional penggunaan pelumas, yang pada akhirnya: memastikan kepuasan pelanggan.

Khususnya bagi kita yang ingin menjadi eksportir Indonesia, Sebagai seorang eksportir yang baik, kita harus selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pelanggan atau buyer dimanapun mereka berada dan apapun latar belakangnya baik itu skala perusahaan maupun perorangan, termasuk di dalamnya menyediakan dokumen diatas, untuk memastikan produk yang diterima selalu dalam kualitas prima.

 

Manfaat & Kegunaan COA

COA adalah singkatan dari Certificate of Analysist. Sertifikat ini diterbitkan oleh Badan Sucofindo atau Geoservices atau sejenisnya kepada eksportir. Kegunaannya adalah sebagai analisis barang baik itu mulai dari spesifikasi barang hingga pembuktian kinerja suatu barang yang akan dikirim atau yang sering disebut sebagai parameter kualitas suatu produk.

Manfaat COA dan Kegunaanya - Mister Exportir

Manfaat COA dan Kegunaanya – Mister Exportir

 

Cara Mengurus COA / Certificate of Analysist

Untuk pembuatan COA, kita perlu untuk mepersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan dokumen atau surat keterangan analisis barang yaitu :

1. Sampel barang ( Wajib)
2. Pengisian form COA
3. Dan dokumen- dokumen pelengkap yang diminta.

Setelah itu diserahkan ke instansi terkait seperti PT.Sucofindo atau Geoservices.

Cara Mengurus COA - Mister Exportir

Cara Mengurus COA – Mister Exportir

 

Biaya Pengurusan COA

Jika Anda berminat menggunakan Jasa pengurusan pembuatan sertifikat analisis atau COA via Mister Exportir, anda dapat menghubungi kami melalui laman Contact Us atau direct Whatsapp Chat kami di 0895-3792-70595 ( Fast Response)

Biaya Pengurusan COA Melalui Kami - Mister Exportir

Biaya Pengurusan COA Melalui Kami – Mister Exportir

 

Jenis-jenis Sertifikasi Layanan Sucofindo

Sucofindo merupakan salah satu instani yang memiliki kemampuan atau kapabilitas untuk menyediakan beberapa jenis sertifikasi baik itu dari segi sistem manajemen suatu industri atau perusahaan, maupun sertifikasi produk.

Khususnya untuk skema sertifikasi sistem manajemen meliputi sertifikasi ISO 9000, ISO 14000, ISO 18000, SA 8000, RSPO, HACCP, manajemen hutan lestari, Chain of Custody, Legal source, dan lainnya. Sedangkan skema sertifikasi produk meliputi sertifikasi produk lsitrik atau elektronik, pupuk dan produk kimia turunannya, makanan dan minuman, baja, serta komoditas pertanian.

Beberapa sertifikasi layanan Sucofindo diantaranya adalah :

Jenis- Jenis Layanan Sertifikasi - Mister Exportir

Jenis- Jenis Layanan Sertifikasi – Mister Exportir

1. Sertifikasi ISO 9001 : 2008

Sertifikasi ISO adalah sertifikasi sistem manajemen mutu yang bermanfaat dalam peningkatan performa organisasi, meningkatkan kepercayaan pelanggan dan daya saing organisasi atau perusahaan.

 

2. Sertifikasi Good Manufacturing Practices (GMP)

Sertifikasi Good Manufacturing Practices (GMP) adalah sertifikasi yang memuat persayaratan minimum yang harus dipenuhi oleh suatu industry makanan dan makanan, terkait keamanan pangan, kualitas dan persyaratan hokum.
Produksi makanan yang tidak aman dapat mengakibatkan keracunan makanan, penarikan produk, proses hokum berkepanjangan, serta merusak reputasi perusahaan dan produk.

 

3. Sertifikasi HACCP

Sertifikasi HACCP ( Hazard Analysis and Critical Control Points ) menjawab tuntutan masyarakat atau konsumen akan keamanan pangan dengan memberlakukan sistem yang dirancang secara sistematis dan terintegrasi. Sertifikasi ini mutlak diperlukan produsen bahan pangan yang ingin memasuki pasar global.

 

4. Sertifikasi Produk

Sertifikasi produk merupakan pemberian jaminan secara tertulis dari pihak ketiga independen bahwa suatu produk beserta proses yang mendukungnya telah memenuhi persyaratan kesehatan, keamanan, kualitas, keselamatan dan lingkungan sehingga aman untuk dikonsumsi atau digunakan.

 

5. Sertifikasi Kehutanan

Sertifikasi kehutanan adalah jenis sertifikasi yang disediakan oleh PT. Sucofindo untuk membantu pengusaha pengguna hak penguasaan hutan untuk maendapatkan sertifikat yang telah menjadi ketentuan pemerintah, baik untuk pengelolaan hutan, asal kayu, dan legalitas dari kayu yang menjadi produk kehutanan.

 

Nah Sahabat Mister Exportir, Sudah tahukan apa itu COA,Cara Mengurus COA dan manfaat serta kegunaanya? Jika demikian, semoga artikel berikut ini bermanfaat ya bagi teman- teman eksportir indonesia.

Dan Seperti Biasa, Terimakasih dan Salam Sukses para eksportir Indonesia….Merdeka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *