Berikut ini 10+ Komoditas Ekspor Impor Guatemala Teratas!

Berikut ini 10+ Komoditas Ekspor Impor Guatemala Teratas!

Komoditas Ekspor Impor Guatemala – Guatemala adalah salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Negara ini terletak di Amerika Tengah. Di selatan benua Amerika Utara, berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Laut Karibia, di utara berbatasan dengan Meksiko, di barat laut berbatasan dengan Belize dan di tenggara berbatasan dengan Honduras dan El Salvador.

Komoditas Ekspor Impor Guatemala
Komoditas Ekspor Impor Guatemala – Mister Exportir

Guatemala menawarkan keanekaragaman hayati yang unik termasuk hutan bersebelahan terbesar di Mesoamerika. Serta warisan budaya yang beragam yang mencakup 25 kelompok sosiolinguistik (22 Maya, Spanyol, Xinca, dan Garífuna).

Pada pembahasan kali ini, kita akan lebih fokus pada komoditas ekspor impor Guatemala. Beberapa di antaranya adalah komoditas yang memiliki nilai dolar tertinggi. Semoga nantinya info ini akan bermanfaat bagi Anda.

 

Baca Juga: Anda Wajib Tahu! Ternyata Inilah Komoditas Ekspor Impor Argentina Unggulan!

 

Sekilas Tentang Komoditas Ekspor Impor Guatemala

Guatemala merupakan sebuah negara yang terletak di Amerika Tengah. Ibukotanya adalah Guatemala. Dengan hampir 15 juta orang, Guatemala memiliki populasi terbesar di Amerika Tengah. Pada 2,8% setahun, tingkat pertumbuhan populasi negara itu melebihi tetangga Amerika Latin dan menghasilkan penggandaan populasi sekitar setiap 25 tahun. Mata uang negara ini adalah Quetzal (GTQ).

Republik Guatemala mengekspor sekitar US $ 9,8 miliar barang di seluruh dunia pada tahun 2018. Itu jumlah dolar mencerminkan penurunan -9,9% sejak 2014 dan -10,9% penurunan dari 2017 hingga 2018. Total PDB (KKB) pada tahun 2014 sebesar $119.077 miliar dengan hitungan per kapita $7.503. Sementara PDB (nominal) pada tahun 2014 sebesar $66.037 miliar dengan hitungan per kapita $3.807.

Data spesifik negara terbaru yang tersedia dari 2017 menunjukkan bahwa 79,8% produk yang diekspor dari Guatemala dibeli oleh importir di: Amerika Serikat (34,4% dari total global), El Salvador (11%), Honduras (8,8%), Nikaragua ( 5,1%), Meksiko (4,6%), Kosta Rika (3,8%), Belanda (3,2%), Panama (2,6%), Kanada (2%), Italia (1,5%), Jepang (1,4%) dan Republik Dominika ( 1,3%).

Dari perspektif kontinental, 41% ekspor Guatemala berdasarkan nilai dikirim ke negara-negara Amerika Utara sementara 38% dijual ke Amerika Latin (tidak termasuk Meksiko ) termasuk importir Karibia. Guatemala mengirim barang senilai 9,8% ke Eropa. Persentase yang lebih kecil pergi ke Asia (8,4%), Afrika (2,3%) kemudian Oseania (0,2%) dipimpin oleh Selandia Baru dan Australia.

Indikator kunci lain dari kinerja ekonomi suatu negara adalah tingkat penganggurannya. Tingkat pengangguran Guatemala adalah 2,8% pada Maret 2018 naik dari 2,3% satu tahun sebelumnya, menurut Trading Economics.

 

10+ Komoditas Ekspor Guatemala Teratas, Anda Harus Tahu!

Sebagai salah satu negara yang melakukan perdagangan Internasional (ekspor-impor), Guatemala juga memiliki beberapa komoditas andalan. Berikut ini data selengkapnya mengenai komoditas ekspor Guatemala yang terbesar:

Komoditas Ekspor Impor Guatemala
Komoditas Ekspor Impor Guatemala – Mister Exportir

Tabel diatas, sudah sangat jelas menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun, total ekspor Guatemala semakin meningkat secara signifikan. Meskipun terjadi penurunan, hal tersebut tidak terlalu besar dan kembali mengalami kenaikan pada tahun berikutnya.

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Ekspor Impor Mexico Terbesar, Lengkap!

 

Sudah Tahu? Inilah Komoditas Guatemala yang Melebihi Batas Permintaan

Negara Guatemala memiliki sejumlah komoditas yang ternyata melebihi batas permintaan atau istilah yang sering dipakai adalah commodity over demand. Apa sajakah komoditas-komoditas yang melebihi permintaan ini? Berikut ini data selengkapnya.

Komoditas Ekspor Impor Guatemala
Komoditas Ekspor Impor Guatemala – Mister Exportir

 

Komoditas Indonesia yang di Ekspor ke Guatemala

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Negara ini juga ternyata melakukan kerja sama dalam perdagangan Internasional dengan Guatemala. Maka berikut ini sejumlah komoditas-komoditas Indonesia yang di ekspor ke Guatemala:

Komoditas Ekspor Impor Guatemala
Komoditas Ekspor Impor Guatemala – Mister Exportir

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Potensial Ekspor Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui!

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Guatemala

Komoditas Ekspor Impor Guatemala
Komoditas Ekspor Impor Guatemala – Mister Exportir

Pengangkutan laut ke Guatemala adalah pilihan yang sangat menarik untuk ekspor. Hal ini dikarenakan negara ini sedang dalam proses keterbukaan dan pembangunan ekonomi berkelanjutan.  Lebih dari 3.000 juta dolar produk agro-industri dan industri untuk ekspor dari Guatemala meninggalkan negara melalui empat pelabuhan komersial:

1. Pelabuhan Barrios

Pelabuhan Barrios adalah yang tertua di negara ini dan terletak di pantai Atlantik. Layanan pelabuhan multimoda ini memuat dan membongkar kontainer konvensional yang mengangkut barang umum, curah dan barang-barang yang didinginkan, serta penyimpanan dan inspeksi.

Hanya memiliki satu terminal, yang dermaga jari-jarinya panjang 288 meter dan memiliki dua area. Ini memiliki langkah-langkah keamanan yang sangat baik.

 

2. Pelabuhan Santo Tomas de Castilla

Terletak di pantai Karibia, pelabuhan Santo Tomás de Castilla adalah entitas negara yang, sejak dulu, telah mengizinkan perusahaan swasta menjalankan operasinya.  Dermaga liniernya memiliki panjang 914 meter dengan enam tempat berlabuh, dengan layanan bongkar muat untuk kargo umum, curah, Ro-Ro dan pendingin, dengan fasilitas pergudangan.

Tempat ini memungkinkannya menangani lebih dari 5 juta ton kargo setiap tahun dan kapal pesiar juga dapat berlabuh di pelabuhan ini.

 

3. Pelabuhan Quetzal

Port Quetzal melayani kebutuhan lalu lintas laut di pantai Pasifik dan merupakan pelabuhan terdekat dengan ibu kota, dengan jarak tempuh 98 kilometer. Ini juga merupakan entitas negara yang memungkinkan operasi untuk perusahaan swasta.

Dalam empat dermaga dermaga linearnya terjadi muatan dan pembongkaran curah padat, muatan umum, produk minyak bumi, gas cair, kargo berpendingin, Ro-Ro, dll. ni memiliki dermaga jari tambahan, dermaga penghubung, terminal pelayaran, terminal batubara dan terminal gas.

 

Baca Juga: JICT Si Pelabuhan Internasional Indonesia!

 

Selain pelabuhan laut, Guatemala juga memiliki beberapa bandara Internasional. Berikut ini banda-bandara Internasional yang ada di Guatemala:

1. Bandara Internasional  La Aurora

Bandar Udara ini sedang dalam pengerjaan ekspansi dan modernisasi besar-besaran. Bandara ini sekarang mampu untuk menerima penerbangan dalam jumlah lebih besar dan pesawat yang lebih besar. Bandara ini sekarang menyediakan fasilitas kualitas tinggi bagi pengguna pesawat.

Terminal lama telah direnovasi dengan mempertahankan rancangan lama. Sebagian bangunan terlah dihancurkan dan diperluas oleh terminal berdinding kaca di bagian utara, yang mampu menerima hingga 22 pesawat. Bagian terbesar proyek ini telah diselesaikan pada Desember 2008. Bandara saat ini memiliki dua terminal: Tengah dan Utara.

 

2. Bandara Internasional Mundo Maya

Bandar Udara ini melayani lalu lintas penerbangan nasional dan internasional untuk wilayah Flores, Santa Elena, dan San Benito, dan juga situs suku maya seperti Tikal atau Yaxhá menuju destinasi seperti Guatemala City, Belize dan Cancún.

Seperti bandara lainnya di Guatemala, sedang melakukan beberapa pengembangan, untuk menyediakan layanan yang lebih baik antara penumpang dan maskapai, sehingga mampu menerima penerbangan lebih banyak dan pesawat yang lebih besar.

 

Nah, bagaimana Sobat Mister Exportir? Sekarang sudah tahu tentang komoditas-komoditas teratas di Guatemala, kan? Ternyata yang lebih mengejutkannya lagi, Indonesia termasuk ke salah satu negara yang melakukan kerja sama perdagangan Internasional dengan Guatemala, ya.

Kiranya pembahasan artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Guatemala yang teratas sudah selesai. Semoga pembahasan pada artikel kali ini dapat bermanfaat  khususnya bagi Anda yang berkecimpung di dunia ekspor impor ataupun bagi Anda yang mulai tertatik dengan perdagangan Internasional. Salam Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com