Anda Wajib Tahu! Ternyata Inilah Komoditas Ekspor Impor Argentina Unggulan!

Anda Wajib Tahu! Ternyata Inilah Komoditas Ekspor Impor Argentina Unggulan!

Komoditas Ekspor Impor Argentina – Berbicara mengenai perdagangan Internasional (ekspor-impor), maka menarik rasanya jika membahas tentang Argentina. Negara ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak negara yang melakukan perdagangan Internasional.

Komoditas Ekspor Impor Argentina
Komoditas Ekspor Impor Argentina – Mister Exportir

Komoditas ekspor impor Argentina sangatlah banyak. Beberapa di antaranya bahkan ada yang memiliki nilai dolar tertinggi. Sementara beberapa komoditas lainnya melebihi batas permintaan atau commodity over demand.

Dilihat dari total pengirimannya, Argentina mengalami kenaikan sebesar 5,4% dari tahun 2017 hingga tahun 2018. Selain komoditas unggulan Argentina yang memengaruhinya, akses pengiriman melalui jalur laut atau udara pun ikut memengaruhi. Maka pada artikela kali ini, kita akan membahas mengenai dunia ekspor impor di Argentina.

 

Baca Juga: 25+ Manfaat Ekspor Barang yang Sangat Luar Biasa, Lengkap!

 

Sekilas Tentang Komoditas Ekspor Impor Argentina

Argentina terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan.  Negara ini merupakan negara Amerika Latin. Posisi Argentina berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudera Atlantik di selatan. Ibukota Argentina adalah Buenos Aires.

Negara ini memiliki kawasan yang luas dan merupakan negara terbesar ke delapan di dunia. Ibukoatanya adalah salah satu metropolitan yang terpadat di dunia. Populasi Argentina sebesar 43.131.966. Argentina berbatasan dengan Paraguay dan Bolivia di sebelah utara, Brazil dan Uruguay di timur laut dan Chili di sebelah barat. Mata uang Argentina adalah Peso Argentina (ARS).

Pada tahun 2018, Republik Argentina mengirimkan barang senilai US $61,6 miliar di seluruh dunia.  Jumlah tersebut mencerminkan penurunan -10% sejak tahun 2014 tetapi naik 5,4% dari tahun 2017 hingga tahun 2018.

Nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) pada tahun 2015 sebesar $964.279 miliar dengan hitungan per kapita $22.375. Sementara nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (nominal) pada tahun 2015 sebesar $578.705 miliar dengan hitungan per kapita $13.428.

 

Inilah 10+ Komoditas Ekspor Impor Argentina Unggulan, Mengejutkan!

Komoditas Ekspor Impor Argentina
Komoditas Ekspor Impor Argentina – Mister Exportir

Berikut ini kelompok-kelompok produk ekspor yang mewakili nilai dolar tertinggi dalam pengiriman global Argentina selama 2018. Juga ditunjukkan persentase pangsa setiap kategori ekspor yang mewakili dalam hal keseluruhan ekspor dari Argentina.

  1. Food industry waste, animal fodder: US$8 billion (12.9% of total exports)
  2. Vehicles: $7.18 billion (11.7%)
  3. Cereals: $7.15 billion (11.6%)
  4. Animal/vegetable fats, oils, waxes: $3.6 billion (5.9%)
  5. Meat: $2.5 billion (4.1%)
  6. Gems, precious metals: $2.5 billion (4%)
  7. Mineral fuels including oil: $2.2 billion (3.6%)
  8. Fish: $2.1 billion (3.4%)
  9. Oil seeds: $1.7 billion (2.8%)
  10. Other chemical goods: $1.6 billion (2.7%)

10 ekspor teratas Argentina mendekati dua pertiga (62,3%) dari nilai keseluruhan pengiriman globalnya. Daging adalah produk yang paling cepat berkembang di antara kategori ekspor utama Argentina, naik 37,2% dari 2017 hingga 2018. Hal ini membuat Argentina terkenal sebagai salah satu negara pengekspor daging di dunia.

Pada posisi kedua adalah bahan bakar mineral termasuk kategori minyak melalui kenaikan 36,2% yang diraih oleh peningkatan 24,4% oleh kendaraan dan 5,9% uptick dari tahun ke tahun untuk ikan yang diekspor.  Biji minyak memimpin penurunan sebanyak -45,2% .

Pada tingkat kode Harmonized Tariff System empat digit, produk ekspor nomor satu Argentina adalah kue kacang kedelai dan residu padat lainnya. Di tempat kedua adalah pengiriman jagung yang dibuntuti oleh truk yang diekspor, minyak kacang kedelai, gandum, emas, kacang kedelai, krustasea termasuk lobster, minyak mentah, daging sapi beku dan mobil.

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Ekspor Impor Mexico Terbesar, Lengkap!

 

Menakjubkan! Ternyata Inilah 10+ Komoditas Argentina yang Melebihi Batas Permintaan

Komoditas Ekspor Impor Argentina
Komoditas Ekspor Impor Argentina – Mister Exportir

Berikut ini daftar komoditas Argentina yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand:

  1. Vehicles: US$13.2 billion (19.8% of total imports)
  2. Machinery including computers: $9.9 billion (14.9%)
  3. Electrical machinery, equipment: $8.6 billion (12.9%)
  4. Mineral fuels including oil: $5.5 billion (8.2%)
  5. Plastics, plastic articles: $2.4 billion (3.6%)
  6. Pharmaceuticals: $2.4 billion (3.6%)
  7. Organic chemicals: $2.3 billion (3.5%)
  8. Optical, technical, medical apparatus: $1.8 billion (2.7%)
  9. Other chemical goods: $1.4 billion (2.2%)
  10. Iron, steel: $1.3 billion (1.9%)

 

Baca Juga: Inilah Komoditas Ekspor Impor Colombia yang Melebihi Batas Permintaan, Mengejutkan!

 

Daftar Komoditas Indonesia yang di Ekspor ke Argentina

Indonesia menjalin kerjasama dalam hal perdagangan Internasional atau ekspor impor dengan Argentina. Beberapa komoditas Indonesia ikut di ekspor ke Argentina. Di antara negara-negara lain yang mengekspor komoditasnya ke Argentina, Indonesia ikut mengirimkan komoditas-komoditas dalam negeri ke negara tersebut. Apa sajakah komoditas yang di ekspor ke Argentina? Berikut ini penjelasannya.

Komoditas Ekspor Impor Argentina
Komoditas Ekspor Impor Argentina – Mister Exportir

 

Baca Juga: Komoditas Ekspor Teratas Indonesia Wilayah Jawa Tengah yang Perlu Anda Ketahui!

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Argentina

Argentina adalah ekonomi terbesar kedua di Amerika Selatan setelah Brazil. Negara ini juga merupakan salah satu negara pengekspor daging terbesar di dunia. Argentina memiliki akses pengiriman komoditas melalui jalur laut dan jalut udara. Berikut ini pelabuhan angkutan laut di Argentina yang perlu Anda ketahui:

Komoditas Ekspor Impor Argentina
Komoditas Ekspor Impor Argentina – Mister Exportir

1. Port of Buenos Aires

Pelabuhan Buenos Aires mengoperasikan kargo curah dan kemas. Dengan infrastruktur 7 terminal utama, 5 didedikasikan khusus untuk kargo kemas, satu untuk Cairan dan Bahan Bakar dan yang terakhir ke Bulk Cargo and Grains.

Pelabuhan ini dianggap sebagai yang terbaik keempat di Amerika Selatan dan Karibia, baik dalam ukuran maupun penanganan kargo tahunan; sekitar 10.000 ton – atau 1 juta TEUs – 80% di antaranya adalah kargo umum dan sejumlah kecil adalah curah cair.

2. Port of Zárate

Memiliki lokasi yang sangat baik di pusat kawasan industri negara dan koneksi yang baik melalui jalan darat, kereta api dan sungai, yang merupakan keuntungan strategis. Pelabuhan ini memiliki dua terminal khusus:

  • Terminal Kendaraan: beroperasi sejak Juni 1996, ini adalah terminal pertama di Amerika Selatan yang dirancang dan didedikasikan khusus untuk penanganan kendaraan.
  • Terminal Peti Kemas dan Umum: beroperasi sejak November 2001, didedikasikan untuk menyediakan layanan yang gesit dan efisien untuk penanganan peti kemas.

3. Port of Rosario

Selain Pelabuhan Buenos Aires, ada opsi lain untuk mengekspor ke Argentina, dan di antaranya adalah Port Fluvial Rosario, yang dikelola oleh ENAPRO (Ente Administrador Puerto Rosario – Administrasi Puerto Rosario).

Letaknya di tepi kanan Sungai Paraná, berjarak 550 km dari muaranya. Meskipun lebih kecil dari pelabuhan lain, saluran utamanya sedalam 32 kaki (9,8 meter) dan ini memungkinkan kapal Panamax untuk bernavigasi dan berlabuh di dua terminal dengan panjang dermaga 3500 meter.

 

Selain pelabuhan angkutan laut, Argentina  juga memiliki bandara Internasional, di antaranya sebagai berikut:

1 .Ezeiza International Airport

2. Martin Miguel de Guemes International Airport

3. Fisherton International Airport

4. Coronel Felipe Varela International Airport

 

Nah, bagaimana Sobat Mister Exportir? Menarik sekali bukan negara pengekspor daging ini? Hal ini kemudian membuat Argentina juga menjadi negara dengan ekonomi terbesar kedua di Amerika Selatan setelah Brazil. Menakjubkan sekali bukan?

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Argentina unggulan yang wajib Anda ketahui. Semoga pembahasan pada artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat bagi kita semua.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com