10+ Komoditas Potensial Ekspor Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui!

10+ Komoditas Potensial Ekspor Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui!

Komoditas Potensial Ekspor Indonesia – Hallo sahabat Mister Exportir yang dibanggakan nusa dan bangsa tanah air Indonesia, terimakasih telah mampir ke laman artikel wawasan berikut ini. Semoga dapat bermanfaat dan semoga dapat menambah wawasan seputar perdagangan komoditi ekspor Indonesia.

Pada artikel sebelumnya, kita juga sudah pernah membahas seputar “15 komoditas ekspor andalan Indonesia yang paling dicari dunia”. Sedangkan sekarang ini, kita akan mencoba mengulas sebuah ulasan yang menarik untuk dibaca yaitu seputar 10 komoditi potensial ekspor Indonesia.

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia – Mister Exportir

Secara umum, bangsa kita dari zaman dahulu hingga saat ini sangat terkenal dengan sumber daya alamnya yang sangat melimpah dan hal tersebut telah diakui oleh berbagai negara diseluruh penjuru dunia. Dengan demikian, tentu saja kita sebagai warga negara yang baik seharusnya dapat menjaga kelestarian sumber daya alamnya dan menghindari praktik- praktik perusakan alam.

Nah oleh karena itu sahabat Mister Exportir, tanpa memperpanjang mukaddimah diawal, kali ini admin telah merangkum beberapa informasi seputar komoditas yang akan menjadi potensial ekspor dari negara kita. Semoga menambah wawasan ya!

 

 

10 Komoditi Potensial Ekspor Indonesia yang Paling Dicari Dunia!

Sahabat Mister Exportir yang kami hormati, berikut adalah beberapa komoditas asli Indonesia yang telah dideteksi sebagai komoditi potensial ekspor, adapun daftarnya sebagai berikut :

 

1. Kulit dan Produk Kulit

Mungkin sudah menjadi rahasia umum bahwa negara kita Indonesia adalah negeri yang memiliki hasil kekayaan sumber daya alam yang sangat luar biasa diberbagai sektor. Salah satu contoh kecilnya adalah berbagai produk yang terbuat dari kulit hewani.

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia “Kulit dan Produk Kulit” – Mister Exportir

Kulit maupun produk kulit beserta turunannya adalah suatu komoditi yang sedang naik daun dipasar global. Artinya, hampir seluruh produk yang terbuat dari kulit asli (bukan kulit sintetis) kini sangat membludak akan permintaannya untuk pasar global.

Pada umumnya, bahan baku kulit yang biasanya dijadikan para pengrajin atau UKM sebagai pondasi sebuah produk yang bernilai jual yang fantastis adalah seperti kulit kambing, sapi, kerbau, rusa bahkan hingga kulit buaya sekalipun. Nilai transaksi dari ekspor produk kulit pada tahun 2016-2017 mencapai 25 Juta Dollar Amerika Serikat.

 

 

2. Peralatan Medis

Sebuah fakta yang terjadi bahwa Indonesia telah memulai untuk bersaing dalam kompetisi pasar dunia khususnya untuk mengekspor produk atau peralatan medis. Indonesia mendapat perhatian khusus oleh pasar global tentang produk ataupun peralatan kesehatan asli Indonesia. Hal ini dikarenakan keberhasilan Indonesia meraup sekitar 6,2 Juta Dollar AS pada kesempatan acara Arabian Health tahun 2016 di Uni Emirate Arab.

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia “Peralatan Medis” – Mister Exportir

Adapun beberapa produk peralatan medis yang paling laris dipasaran adalah hospital bed, auto-disable syringe, sphygmomanometer, incubator and facemasks, shoe cover, dan underpad. Keenam produk tersebut diyakini akan memiliki pertumbuhan pasar yang signifikan. Hal itu disebabkan karena ketertarikan buyer asing terhadap produk dalam negeri.

Oleh karena itu, beberapa negara yang menjadi sasaran utama ekspor peralatan kesehatan Indonesia antara lain seperti Singapore, Jerman, Jepang, Arab Saudi, Amerika Serikat, Belanda, Meksiko, Belanda, Nigeria, Afrika Selatan, Malaysia, Taiwan dan China.

 

 

3. Tanaman Obat

Selain memiliki komoditas potensial ekspor seperti peralatan medis, ternyata Indonesia juga merupakan negeri atau surganya akan tanaman- tanaman herbal yang memiliki kualitas dunia. Selain itu, negeri yang disebut sebagai “loh jenawi” ini merupakan salah satu negara produsen tanaman obat terlengkap didunia, luar biasa bukan?

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia “Tanaman Obat” – Mister Exportir

Adapun beberapa contoh tanaman obat yang sering diekspor Indonesia adalah seperti tanaman mahkota dewa, daun cincau, temulawak, lidah buaya, herbal kratom, kayu ular, tongkat ali atau tanaman pasak bumi dan berbagai tanaman obat lainnya.

Nilai transaksi ekspor untuk tanaman obat, Indonesia berhasil meraup sekitar 17,6 juta Dollar AS. Hal ini disebabkan karena permintaan yang meningkat akan produk ataupun tanaman obat tradisional diberbagai negara maju dan meningkatnya produktivitas tanaman obat didalam negeri.

 

 

4. Makanan Olahan

Sahabat Mister Exportir, siapa yang tidak tahu bahwa seperti Indofood, Wings Food, Sindomuncul dan Mayora Group merupakan perusahaan raksasa asli Indonesia yang menjual berbagai produk olahan makanan ke seluruh pelosok nusantara hingga ke manca negara?

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia “Makanan Olahan” – Mister Exportir

Tahukah anda, ada beberapa produk olahan makanan asli Indonesia yang sangat laris dipasar global seperti Indomie, beng-beng, kopiko, cokelat silverqueen dan berbagai produk olahan makanan lainnya? Dengan demikian, dengan larisnya penjualan olahan makanan diluar negeri, maka banyak pula pundi- pundi devisa yang diterima oleh negara.

Oleh karena itu, produk olahan makanan sangat luar biasa dan Indonesia berpotensi menjadi negara pengekspor olahan makanan ke berbagai negara tetangga maupun manca negara.

 

 

5. Minyak Atsiri

Siapa sangka bahwa minyak atsiri masuk dalam deretan kategori produk potensi ekspor Indonesia? Ya, memang Indonesia dikenal sangat baik sebagai penyuplai minyak atsiri dengan kualitas terbaik dipasar dunia. Hal ini diketahui bahwa adanya perhatian dari berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan minyak atsiri masing- masing.

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia “Minyak Atsiri” – Mister Exportiri

Adapun beberapa contoh minyak atsiri yang sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia adalah seperti minyak kemiri, minyak jahe, minyak pala, minyak nilam, minyak sereh wangi, minyak cengkeh dan berbagai macam contoh minyak atsiri lainnya.

Dengan demikian, berbagai negara yang memiliki pangsa pasar utama minyak atsiri adalah Jerman, Argentina, Inggris, Italia, Prancis, Thailand, Singapore, Amerika Serikat, Kanada, Taiwan, Belgia, China, Korea dan Jepang. Nilai transaksi ekspor minyak atsiri ke luar negeri adalah mencapai 26 Juta Dollar AS pada dua tahun terakhir.

 

 

6. Ikan dan Produk Kelautan Lainnya

Meskipun ikan dan produk olahan dari ikan belum bisa masuk dalam deretan komoditas utama ekspor Indonesia, akan tetapi peningkatan dalam hal penjualan produk perikanan dunia justru dialami secara signifikan oleh Indonesia.

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia “Ikan dan Produk Perikanan Lainnya” – Mister Exportir

Indonesia adalah negara maritim yang memiliki luas kelautan terbesar nomor dua setelah laut china selatan. Akan tetapi Indonesia adalah penghasil ikan terbanyak dan terbesar didunia mengalahkan berbagai negara lainnya. Dengan demikian, Indonesia sangat pantas untuk menggenjot arus ekspor produk perikanan ke seluruh dunia.

Oleh karena itu, negara kita juga sangat berpeluang menjadi negara eksportir perikanan nomor satu terbesar didunia. Adapun beberapa contoh produk kelautan dari Indonesia yang memiliki harga fantastis diluar negeri seperti ikan tuna sirip kuning atau sirip biru, teripang, rumput laut, dan hasil laut lainnya.

 

 

7. Kerajinan Tangan / Handy Craft

Sahabat eksportir yang dibanggakan nusantara, selain melimpahnya sumber daya alam dibumi pertiwi, ternyata tidak sampai disitu saja. Indonesia juga dikaruniai masyarakat yang kreatif sekali dan sangat inovatif. Banyak dari pelaku usaha kecil menengah (UKM) dapat membuat beberapa produk yang unik dan menarik dengan kreasinya.

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia “Kerajinan Tangan” – Mister Exportir

Berbagai produk yang dihasilkan oleh para UKM Indonesia salah satunya adalah produk hasil kerajinan, baik itu kerajinan tangan atau jenis kerajinan lainnya. Akan tetapi, ada pekerjaan rumah kita yang harus kita selesaikan bersama, yaitu memfasilitasi mereka untuk dapat melek teknologi.

Meskipun demikian, produk kerajinan tangan yang dihasilkan oleh berbagai kelompok unit usaha di Indonesia sangat berpotensi untuk “Go Ekspor”. Dikarenakan produk kerajinan tangan ataupun sejenisnya yang berasal dari Indonesia ternyata banyak diminati manca negara. Hanya saja, kita belum menggarap pasar ekspornya dengan baik.

 

 

8. Perhiasan

Indonesia mau ekspor perhiasan? Oh tidak. Sepertinya sedikit mustahil. No, sahabat Mister Exportir. Sudah sejak lama Indonesia sudah mulai menggarap pasar ekspor untuk produk perhiasan. Berbagai produk perhiasan telah diekspor Indonesia seperti perhiasan dari mutiara, batu akik, giok, berlian, dan lain sebagainya.

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia “Perhiasan” – Mister Exportir

Adapun beberapa negara yang menjadi pengimpor produk perhiasan asli Indonesia adalah Brunei Darussalam, Singapore, Malaysia,Thailand, China, Amerika Serikat, Taiwan, Dubai, Qatar, Prancis, Belanda, Jerman, dapa negara Uni Eropa Lainnya.

 

 

9. Rempah-rempah

Sudah sejak jaman dahulu, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil rempah- rempah terbaik dan terbesar didunia. Jika ditinjau dari sejarah bangsa ini, Indonesia pernah dijajah oleh kolonial Belanda, Jepang, dan Portugis, hal tersebut disebabkan rempah- rempah di Indonesia sangat luar biasa akan hasil buminya.

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia “Rempah-Rempah” – Mister Exportir

Dengan demikian, kini rempah- rempah juga akan menjadi komoditas ekspor potensial Indonesia yang sangat menjanjikan. Adapun beberapa contoh rempah- rempah yang lebih spesifik adalah seperti buah pala, cengkeh, tembakau, dan sejenisnya.

Oleh karena itu hingga sampai saat ini, produk rempah- rempah Indonesia masih sangat diminati oleh negara- negara tetangga dan dipercaya permintaan terhadap produk rempah akan selalu meningkat setiap tahunnya.

10. Peralatan Kantor

Indonesia adalah surganya industri atau manufaktur untuk aneka macam peralatan kantor. Kini Indonesia merupakan salah satu eksportir alat- alat perkantoran yang memiliki reputasi yang sangat baik dimata pasar global.

Berbagai produk ataupun alat- alat perkantoran yang diekspor Indonesia adalah pulpen multifungsi, kertas A4 (paper) dan sejenisnya, meja serta kursi kantor dengan design yang cozy dan santai, pernak- pernik atau wallpaper dinding kantor dan lain- lain sebagainya.

Komoditas Potensial Indonesia
Komoditas Potensial Indonesia “Peralatan Kantor” – Mister Exportir

Adapun negara yang menjadi pasar basah untuk produk peralatan kantor asli Indonesia adalah Malaysia, Thailand, Singapore, Brunei Darussalam, Taiwan, India, Pakistan, Bangladesh, dan berbagai negara lainnya. Dengan demikian, peralatan kantor juga sangat berpotensi untuk diekspor demi perkembangan penerimaan devisa negara.

Nah sahabat Mister Exportir, sudah tahukan beberapa komoditas potensial ekspor Indonesia? Ayo terus genjot arus ekspor barang Indonesia, untuk Indonesia yang lebih kece. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua sobat Mister Exportir yang mengunjungi laman ini ya.

Terimakasih dan salam sinergi Semuanya Sobat Eksportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com