Komoditas Ekspor Impor Filipina yang Paling Lengkap, Cek di Sini!

Komoditas Ekspor Impor Filipina yang Paling Lengkap, Cek di Sini!

Komoditas Ekspor Impor Filipina- Filipina atau Republik Filipina (bahasa Tagalog: Republika ng Pilipinas) adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara. Negara ini terletah sebelah utara Indonesia, dan Malaysia. Ibu kota Filipina  adalah Manila. Negara Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, negara ini terdiri dari 7.641 pulau. Selama ribuan tahun, warga kepulauan Filipina, dan pekerja keras ini telah mengembangkan sistem cocok tanam Padi yang sangat maju, yang menyediakan makanan pokok bagi masyarakatnya. PDB 2019 Total $1.041 triliun, per kapita $9,538.

Komoditas Ekspor Impor Filipina
Komoditas Ekspor Impor Filipina -Mister Exportir

Filipina memiliki tingkat ekonomi keempat terbesar di Asia Tenggara. Negara ini menganut sistem ekonomi campuran. Sistem ini bergerak pada industri pengolahan makanan, tekstil elektronik, dan juga otomotif. Metro Manila dan Metro Cebu merupakan pusat industri yang ada di Filipina. Perkembangan ekonomi negara Filipina ini masih bertumpu pada komoditas agrikulturnya.

Selain itu, Filipina memiliki komoditas ekspor dan impor yang paling banyak diminati di pasar ekspor internasional. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai komoditas ekspor dan impor yang ada di negara Filipina.

Sekilas Tentang Filipina dan Sektor Ekonominya

Ekonomi Filipina tumbuh 6,7% pada 2017 dan menjadikannya salah satu perekonomian terbaik di Asia. Hal ini tidak jauh dari banyaknya mitra expor utama yang dimiliki oleh negara Filipina. Negara-negara tersebut membantu perkembangan ekonomi yang Filipina. Filipina juga merupakan salah satu anggota dari ASEAN, WTO, dan juga APEC.

Hal tersebut di atas merupakan alasan mengapa perekonomian di Filipina ini selalu mengalami peningakatan yang signifikan. Di bawah ini merupakan sumber daya alam Filipina yang berpotensi di pasar ekspor internasional.

Sektor Pertaninan

Negara Filipina merupakan salah satu negara agraris yang terkenal dengan pertanian padi bukitnya. Pertanian padi bukit di Filipina sudah ada sejak 2.000 tahun yang lalu, dan diperkenalkan oleh suku Batad. Padi-padi bukit tersebut berada di lereng-lereng perbukitan Banaue dan Sagada yang ada di provinsi Ifugao, dan berada di ketinggian 5.000 kaki di atas permukaan laut.

Luas kawasan pertanian tersebut mencapai 4.000 mil², serta diusahakan secara tradisional tanpa penggunaan pupuk. Kawasan pertanian itu pun dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) sejak tahun 1995.

Sektor Kelautan

Karena dikelilingi oleh lautan, tidak mengherankan bahwa Filipina bergantung pada perairan laut sebagai sumber daya alam yang penting. Ada lebih dari 640.000 mil persegi perairan teritorial di Filipina dan di perairan ini ada banyak sekali kehidupan laut dan bahan-bahan berharga lainnya. Setidaknya ada 65 spesies dari 2.400 spesies yang ada di laut Filipina memiliki nilai komersial sangat penting seperti kepiting, rumput laut, mutiara, terumbu karang, lumba-lumba, ikan paus dan lainnya, menjadikan laut Filipina sebagai salah satu laut dengan sumber daya alam terbaik.

Sektor Mineral

Filipina bukan negara yang kaya minyak, tetapi tanahnya masih penuh dengan banyak mineral berharga. Diperkirakan ada 21,5 miliar metrik ton cadangan logam di Filipina dan 19,3 miliar metrik ton mineral bukan logam di dalam tanah. Nikel adalah deposit yang paling melimpah di Filipina, selain itu besi, seng, kromit, belerang, dan tembaga juga hadir dalam jumlah yang signifikan.

Sektor Perkebunan

Sejarah gunung berapi di negara ini yang berhubungan dengan dataran luas membuat Filipina menjadi tempat utama menanam tanaman untuk keperluan domestik dan ekspor. Luzon Tengah, Lembah Cagayan dan Negros adalah beberapa tempat dengan tanah yang subur di Filipina. Tanah di daerah tersebut digunakan sebagai sumber mata pencaharian utama negara ini. Tanaman utama negara ini termasuk beras, jagung, tebu, abaca dan tembakau. Beras dan jagung digunakan di dalam negeri, sisanya digunakan sebagai bahan ekspor utama. Filipina juga mengekspor sejumlah nanas, pisang, durian dan mangga.

Berdasarkan rangkuman di atas, dibawah ini disajikan daftar sumber daya alam Filipina yang menjadi andalan negara ini untuk menopang perekonomiannnya:

  1. Sumber Daya Laut: kepiting, rumput laut, mutiara, terumbu karang, lumba-lumba dan ikan paus.
  2. Sumber Daya Mineral: nikel, bijih besi, seng, kromit, tembaga, batu kapur, marmer, asbestos, tanah liat, aspal, feldspar, sulfur/belerang, talk, dan fosfat.
  3. Sumber Daya Flora (Tumbuhan): pakis, bambu, mangrove (bakau), pohon kelapa, biji mahoni, pohon nipah, sampaquita, anggrek dan pili nut.
  4. Sumber Daya Fauna (Hewan): elang, burung merak, tokek (kadal), ular piton, dugong (sapi laut), kupu-kupu, ngengat dan carabao (kerbau).
  5. Tanaman Utama: beras, jagung, tebu, abaca, tembakau, nanas, pisang, durian dan mangga.

Komoditas Ekspor Impor Filipina, Lengkap!

Setelah kita ketahui bersama bahwa Filipina memiliki banuak sekali sumber daya alam, maka dapat dipastikan bahwa Filipina ini merupakan salah satu pengekspor barang ke luar. Lalu, komoditas apakah yang menjadi andalan bagi para eksportir di Filipina? Berikut adalah data lengkapnya!

Komoditas Ekspor Impor Filipina
Komoditas Ekspor Impor Filipina-Mister Exportir

Komoditas Impor Filipina dari Indonesia

Filipina juga mengimpor beberapa produk dari Indonesia. Produk-produk tersebut adalah:

Komoditas Ekspor Impor Filipina
Komoditas Ekspor Impor Filipina-Mister Exportir

Kokoditas Impor Terbesar Filipina

Selain mengimpor produk dari Indonesia, negara Filipina juga mengimpor produk-produk dar berbagai negara. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak tersedia di Filipina. Nah, produk apa sajakah yang diimpor oleh Filipina? Simak datanya di bawah ini!

Komoditas Ekspor Impor Filipina
Komoditas Ekspor Impor Filipina-Mister Exportir

Akses Distribusi Ekspor Impor Filipina

Untuk melancarkan kegiatan ekspor impor di negaranya, Filipina memiliki dua akses distribusi, yaitu akses perhubungan laut dan akses perhubungan udara.

Akses Distribusi Laut

Komoditas Ekspor Impor Filipina
Komoditas Ekspor Impor Filipina -Mister Exportir
  • Cebu Seaport di In Cebu City, Philipines
  • Batangas Container Seaport di In south luzon, Philipines
  • Calapan Seaport di In Calapan, Oriental Mindoro Philipines
  • Ozamiz Seaport di In Ozamiz City, Misamis Occidental, Philipines
  • Mukas Seaport di In Kolambugan, Lanao del Norte, Philipines
  • Bredco II Seaport di In bacolod City , Philipines

Akses Distribusi Udara

Komoditas Ekspor Impor Filipina
Komoditas Ekspor Impor Filipina -Mister Exportir
  • Zamboanga International Airport di In Zamboanga City, Philipines
  • Ninoy Aquino International Airport di In Manila, Philipines
  • Clark International Airport di In Mabalacat, Philipines
  • Davao-Francisco Bangoy International Airport di In Davao City, Philipines
  • Cebu-Mactan International Airport di In Lapu-Lapu City, Philipines
  • Laoag International Airport di In Laoag City, Philipines

Nah, Sahabat Mister Exportir, demikian pembahasan komoditas ekspor impor Filipina kali ini. Dapat kita simpulkan bahwa Filipina ini kaya sekali akan sumber daya alam, sehingga dapat megekspor produk-produknya ke luar negeri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com