Harga Kopra Kualitas Ekspor

Harga Kopra Kualitas Ekspor

Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan hasil alam, mulai dari hasil laut sampai pertanian. Salah satu produk pertanian andalan Indonesia yang banyak diekspor adalah kopra. Sebagai komoditas andalan, berapa sih harga kopra kualitas ekspor dari Indonesia?

Sebelum itu, yuk mari kita cari tahu dulu apa itu kopra? Bagaimana produk ini bisa menjadi produk unggulan yang dimiliki Indonesia.

Kopra

Kopra
gambar: pixabay

Kopra merupakan salah satu produk turunan dari kelapa yang mana kopra sendiri merupakan daging dari buah kelapa yang sudah dikeringkan.

Produk yang dihasilkan kopra adalah minyak kelapa yang didapatkan setelah kopra diekstrak.

Setelah diekstrak, kopra pun masih bisa dimanfaatkan yakni ampas kopra yang bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Karena ampas kopra memiliki protein yang tinggi.

Untuk membuat kopra, bahan baku yang dibutuhkan tentu saja adalah buah kelapa yang beratnya sudah sekitar 3 – 4 kilogram dan bisa didapat ketika umur kelapa sudah 300 hari.

Setelah itu, buah kelapa yang ingin dijadikan kopra harus diolah terlebih dahulu. Pengolahan yang dilakukan adalah dengan mengeringkan buah kelapa tersebut.

Pengeringan buah kelapa ini dilakukan sampai kadar air dalam buah kelapa menjadi sekitar 5% sampai 7%. Pengeringan buah kelapa pun bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Cara Membuat Kopra

Pertama, pengeringan buah kelapa bisa dilakukan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Pengeringan ini membutuhkan lantai pengering untuk menempatkan daging kelapa secara merata untuk dijemur di bawah sinar matahari.

Mengeringkan daging kelapa di bawah sinar matahari membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 7 hari jika cuacanya baik.

Pengeringan pertama adalah selama dua hari untuk mengambil daging kelapa dari batoknya.

Kemudian setelah diambil, pengeringan dilanjutkan selama 3 sampai 5 hari untuk mendapatkan kopra kering.

Cara pembuatan kopra dengan menjemurnya di bawah sinar matahari memiliki banyak keuntungan, yakni biayanya lebih murah, tidak memerlukan bahan bakar, tidak menggunakan banyak alat, dan kopra yang dihasilkan bermutu tinggi.

Namun, membuat kopra dengan sinar matahari juga memiliki kelemahan yakni sangat bergantung dengan kondisi cuaca yang tidak bisa diatur, serta ada kemungkinan terkena jamur.

Pengeringan buah kelapa untuk dijadikan kopra bisa juga dilakukan dengan menggunakan pemanasan buatan alias tidak menggunakan panas matahari.

Cara mengeringkan buah kelapa untuk dijadikan kelapa dengan menggunakan pemanasan buatan pun banyak caranya.

Satu diantaranya adalah dengan menggunakan teknik pengasapan. Dengan panas asap yang langsung dipaparkan ke buah kelapa, maka kadar air dari buah kelapa tersebut akan berkurang.

Pembuatan kopra dengan cara pengasapan ini pun membuat kopra memiliki ciri khas tersendiri yakni permukaannya yang menjadi agak kecoklatan dan aroma asapnya.

Pengeringan kopra dengan cara pengasapan pun merupakan metode pengeringan kopra secara buatan yang paling sederhana.

Cara pengeringan kopra secara buatan yang lain adalah dengan menggunakan ruang pengering yang di dalamnya terdapat pipa pemanas. Dengan cara tersebut buah kelapa tidak langsung terpapar gas atau asap pemanas.

Karenanya, kopra yang dihasilkan pun semakin baik. Mulai dari warna, aroma, rasa, dan lainnya. Namun cara tersebut membutuhkan modal yang cukup besar untuk membuat pemanas seperti itu.

Produk Turunan Kopra

Produk Turunan Kopra
gambar: wikimedia

Seperti yang tadi disebutkan, kopra merupakan salah satu komoditas penting bagi negara Indonesia. Sebab, banyak sekali manfaat kopra yang bisa diambil.

Salah satu produk penting yang dihasilkan kopra adalah minyak kelapa / Coconut Oil. Nah minyak kelapa ini pun memiliki banyak manfaat dan kegunaan juga.

Produk Turunan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dibuat dengan proses pemanasan yang terkendali. Pembuatan minyak kelapa pun tidak membutuhkan biaya yang mahal, pengolahan sederhana, dengan penggunaan energi yang minimal.

Adapun minyak kelapa pun bisa digunakan untuk keperluan pembuatan berbagai produk lainnya yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Produk produk tersebut adalah seperti bahan baku teknis untuk industri pangan, maupun non pangan seperti farmasi, produk kecantikan, sampai bahan bakar biodiesel.

Untuk olahan minyak kelapa untuk keperluan industri pangan adalah produk produk yang diolah menjadi margarin, mentega putih, minyak goreng kelapa, dan lainnya.

Manfaat Minyak Kelapa

Produk minyak kelapa yang digunakan untuk keperluan konsumsi tubuh manusia juga memiliki segudang manfaat yang bisa diperoleh. Inilah beberapa manfaat minyak kelapa murni:

  1. Mempertajam fungsi otak

Asam lemak rantai sedang dalam minyak kelapa murni yang diserap ke dalam tubuh dapat diolah menjadi keton yang bisa bermanfaat sebagai sumber energi otak.

  1. Membunuh virus dan bakteri penyebab infeksi

Asam laurat yang ada dalam asam lemak akan berubah menjadi monolaurin ketika dicerna yang mana monolaurin tersebut dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi.

  1. Mengurangi frekuensi kejang bagi anak

asam lemak rantai sedang yang dimiliki minyak kelapa murni juga membantu mengurangi frekuensi kejang anak.

  1. Melancarkan fungsi pencernaan

Selain itu konsumsi minyak kelapa murni juga dapat membantu fungsi pencernaan dengan meningkatkan efisiensi enzim yang membantu metabolisme tubuh.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Minyak kelapa murni juga dapat membantu mengurangi berat badan dengan adanya peningkatan pembakaran kalori karena kandungan asam lemak yang dimilikinya.

Kopra di Indonesia

Kopra di Indonesia
gambar: wikimedia

Sebagai negara yang banyak ditumbuhi oleh tanaman kelapa, Indonesia sendiri mengandalkan kopra sebagai salah satu komoditas utama.

Perkebunan kelapa di Indonesia sangat luas, bahkan salah satu yang terbesar di dunia dengan luas area mencapai 3,88 juta hektar.

Areal perkebunan kelapa di Indonesia juga lebih luas dari areal perkebunan karet dan kelapa sawit.

Di Sulawesi Utara pun terdapat lokasi perkebunan kelapa yang disebut perkebunan nyuir melambai karena kebun kelapa tersebut luasnya mencapai sekitar 267 ribu hektar.

Sebagai komoditas unggulan, Indonesia pun sudah mengeskpor kopra ke berbagai negara.

Bahkan indonesia menguasai sekitar 17 persen persen pasar kopra dunia yang mana itu merupakan terbesar kedua setelah Filipina.

Lalu bagaimana kualitas kopra serta harga kopra dari indonesia?

Harga Kopra Kualitas Ekspor

ProdukJumlahHarga
Kopra Putih1 KgRp. 15.000
Kopra Asalan1 KgRp. 9.000

Kopra Putih

Kopra putih merupakan kopra yang didapatkan dari kelapa dengan teknik pengolahan yang baik.

Keunggulan kopra putih adalah kopra tersebut adalah kopra yang bersih, tidak memiliki aroma yang menyengat, serta warnanya yang terlihat lebih bersih.

Nah jika ingin menjual kopra dengan harga tinggi, buatlah kopra dengan teknik pengolahan yang baik seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Kopra Asalan

Kopra asalan bukan berarti kopra tersebut dibuat secara asal asalan. Melainkan ini merupakan produk kopra dengan kualitas standar karena teknik pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional.

Meski berkualitas biasa saja, kopra ini masih memiliki peminat. Hanya saja kebanyakan buyer luar negeri lebih memilih kopra putih

Jasa Ekspor Kopra

Kami sebagai penyedia jasa ekspor profesional bisa membantu kamu untuk mengekspor kopra

Dengan bantuan tim kami yang sudah berpengalaman, ekspor kopra akan menjadi lebih mudah.

Mulai dari pengurusan dokumen, sampai handling kopra akan diurus oleh tim profesional dari misterexportir

Ayo, langsung hubungi kami dan segera konsultasikan rencana ekspor kopra kamu.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh