Penjelasan Tentang Door to Door dan Port to Port Ekspor Impor

Penjelasan Tentang Door to Door dan Port to Port Ekspor Impor

Door to Door service VS Port to Port service

 

Door to Door dan Port to Port – Prospek ekspor maupun impor saat ini menjadi sebuah peluang yang sangat besar bagi komponen unit usaha kecil menengah atau yang sering disebut dengan UKM. Khususnya untuk prospek ekspor, peluang tersebut seharusnya bisa digarap semaksimal mungkin oleh pelaku usaha tanah air dalam meningkatkan jumlah arus ekspor barang.

Dilain halnya mengenai prospek impor barang, prospek impor juga terbilang cukup besar dan pesat dimana kita dapat mengambil beberapa manfaat tentang impor barang, diantaranya jika kita mengimpor berupa barang-barang teknologi dari China, jepang, amerika, dan lain-lain, maka kita dapat membandingkan dan mempelajari kemajuan teknologi di negara tersebut serta berfikir untuk dapat kita aplikasikan ditanah air.

Kedua prospek tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri tergantung bagaimana sudut pandang kita dalam melihatnya.

DOOR TO DOOR VS PORT TO PORT MISTER EXPORTIR
DOOR TO DOOR VS PORT TO PORT MISTER EXPORTIR

Apa itu Door to Door service ?

Door to door service dalam dunia cargo memiliki definisi berupa sebuah layanan dimana mode pengiriman sebuah barang akan dijemput atau di pick up ditempat pengirim dan diantar ke tempat penerima barang atau Consignee. Door to door juga bisa diartikan sebagai bentuk layanan dimana para pelanggan tidak perlu repot untuk mengantarkan atau mengambil barang kirimannya ke perusahaan pengiriman atau perusahaan forwarding dan biasanya prospek door to door ini sangat dominan untuk masalah impor barang dari luar negeri.

Oleh karena itu, bisa dikatakan door to door ini adalah salah satu cara untuk para importir yang ingin menempuh jalur cepat dan tanpa perlu repot untuk menghadapi proses kepabeanan dan proses lainnya. Akan tetapi, salah satu kekurangan layanan ini adalah tarif harga jasa yang diberlakukan cukup mahal dibandingkan dengan mode pengiriman port to port.

 

Apa manfaat dan fungsi door to door service dalam dunia kargo?

Beberapa manfaat beserta fungsi door to door service dalam pengiriman barang yaitu:

1.  Manfaatnya adalah barang langsung dijemput ditempat penjual dan dikirim langsung ke gudang consignee / pemilik barang.
2.  Fungsi utamanya adalah Jika barang yang akan impor itu terkena lartas ( larangan pembatasan), masalah kuota impor, karantina SNI, dan sejenisnya, maka layanan door to door ini adalah solusinya dalam mengatasi permasalahan tersebut.

 

Dan bagaimana dengan Port to Port?

Port to Port service atau general shipment memiliki definisi yang hampir sama dengan door to door service, akan tetapi perbedaan nya adalah dimana mode pengiriman ini hanya diantarkan ke port saja.

Port to port juga bisa diartikan dimana shipper atau pengirim barang mengantarkan barang kirimannya ke perusahaan pengiriman atau forwarder company yang telah ditunjuk ditempat asal shipper, dan dikirim ke port penerima barang. serta penerima barang atau consignee tersebut juga mengambil sendiri di port yang telah ditentukan oleh consignee sendiri.

Jadi, terma port to port adalah mode pengiriman via pelabuhan atau bandara muat hingga ke pelabuhan atau bandara bongkar.

( Baca Juga : Perbandingan Mode Pengiriman Via Laut dan Udara )

 

Apa manfaat dan fungsi port to port dalam dunia kargo?

Beberapa manfaat beserta fungsi port to port service dalam pengiriman barang yaitu:

1.  Manfaatnya adalah biaya atau cost nya jauh lebih murah dibandingkan door to door service.
2.  Fungsi utamanya adalah dimana setiap pengiriman dapat dipantau secara komprehensif dan seksama baik itu dari software kepabeaian maupun keamanan dalam pengiriman yang terjamin.

Untuk memudahkan anda, kami pihak Mister Exportir dapat menjadi partner anda dalam mengurusi berbagai permasalahan yang anda hadapi baik itu dalam pengurusan kepabeanan, melayani pengiriman baik itu door to door maupun port to port, dan layanan lainnya.

Butuh bantuan? Klik aja disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com

error: Dont Copy The Content is protected by Copy Right!!