Penjelasan Tentang Door to Door dan Port to Port Ekspor Impor

Penjelasan Tentang Door to Door dan Port to Port Ekspor Impor

Door to door dan port to port adalah sebuah sistem/cara pengiriman barang dalam bidang ekspedisi logistik yang biasanya berhubungan erat dan terkait langsung dengan kegiatan ekspor impor. Prospek ekspor maupun impor saat ini menjadi sebuah peluang yang sangat besar bagi komponen unit usaha kecil menengah atau yang sering disebut dengan UKM.

Mengekspor produk atau jasa ke luar negeri merupakan sebuah impian yang diidam-idamkan para pelaku usaha. Selain nilai keuntungan yang didapat akan lebih besar, ekspor juga cenderung menjadi jalan untuk memperluas pasar serta memperkuat merek.

Indonesia sebagai negara besar juga berperan cukup penting dalam kegiatan perdagangan internasional. Sudah banyak sekali komoditas baik berupa barang atau jasa dari negara kita yang dikirim untuk memenuhi kebutuhan di negara lain.

Di samping tingginya peluang ekspor Indonesia di pasar internasional, kita juga masih banyak mengimpor barang dari negara lain.

Tidak selalu merugikan, impor juga memberi banyak manfaat, salah satunya jika kita mengimpor berupa barang-barang teknologi dari Tiongkok, Jepang, Amerika Serikat dan lain-lain, maka kita dapat membandingkan dan mempelajari kemajuan teknologi di negara tersebut serta menemukan solusi untuk mengaplikasikannya di dalam negeri.

Baik ekspor maupun impor memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri tergantung bagaimana sudut pandang kita dalam melihatnya.

DOOR TO DOOR VS PORT TO PORT MISTER EXPORTIR
DOOR TO DOOR VS PORT TO PORT MISTER EXPORTIR

Dalam sebuah kegiatan ekspor impor, terutama penting diketahui oleh para pelaku usaha yang terjun ke dalam bidang ini, terdapat 2 jenis sistem yang bisanya ditawarkan dalam proses pengiriman atau penerimaan barang dari dan ke luar negeri.

Kedua sistem tersebut adalah door to door dan port to port. Berikut ini Mister Exportir sajikan rangkuman informasi terkait Door to Door dan Port to Port dalam ekspor impor yang wajib kamu tahu.

Apa itu Door to Door service ?

Door to door service adalah sebuah sistem dalam pengiriman barang (biasanya dalam skala internasional), yaitu dengan cara barang dikirim dari pengirim langsung ke tangan pelanggan di alamat yang tertera. Sistem ini juga dikenal sebagai layanan dari rumah ke rumah.

Door to door juga bisa diartikan sebagai bentuk layanan yang memungkinkan para pelanggan tidak perlu repot untuk mengantarkan atau mengambil barang kirimannya ke perusahaan pengiriman atau perusahaan forwarding dan biasanya prospek door to door ini sangat dominan untuk masalah impor barang dari luar negeri.

Dalam sistem pengiriman door to door, jasa freight forwarder sebagai pengirim pihak ketiga menangani sebagian besar proses transportasi dan meninggalkan sedikit tanggung jawab untuk importir dan eksportir.

Sistem pengiriman ini mengharuskan pengirim barang untuk menggunakan beberapa transportasi, yang biasanya mencakup truk dan kapal. Karena ini adalah opsi yang lebih langsung dan komprehensif, biasanya lebih mahal dibandingkan dengan jenis pengiriman lainnya. Tapi manfaatnya nyata, mengingat hal itu memberikan kemudahan bagi eksportir dan importir, membebaskan mereka dari tanggung jawab untuk mengontrak jasa transportasi sendiri.

Oleh karena itu, bisa dikatakan door to door ini adalah salah satu cara untuk para importir yang ingin menempuh jalur cepat dan tanpa perlu repot untuk menghadapi proses kepabeanan dan proses lainnya. Akan tetapi, salah satu kekurangan layanan ini adalah tarif harga jasa yang diberlakukan cukup mahal dibandingkan dengan mode pengiriman port to port.

Apa manfaat dan fungsi door to door service dalam dunia kargo?

Beberapa manfaat beserta fungsi door to door service dalam pengiriman barang di antaranya sebagai berikut.

1.  Manfaatnya adalah barang langsung dijemput di tempat penjual dan dikirim langsung ke gudang consignee / pemilik barang.
2.  Fungsi utamanya adalah jika barang yang akan diimpor itu terkena lartas (larangan pembatasan), masalah kuota impor, karantina SNI, dan sejenisnya, maka layanan door to door ini adalah solusinya dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Dan bagaimana dengan Port to Port?

port to port

Pada pengiriman barang dengan sistem port to port, pihak freight forwarder hanya memindahkan kargo atau barang dari bandara atau pelabuhan di negara asal ke bandara atau pelabuhan di negara tujuan. Barang biasanya dikirim dalam kontainer, baik melalui muatan kurang dari kontainer atau muatan kontainer penuh.

Pihak jasa kirim tidak bertanggung jawab atas pengangkutan darat di tempat asal atau tujuan. Tanggung jawab ini ada di pihak importir atau eksportir. Layanan pengiriman ini menawarkan pergerakan terpendek yang menjadi tanggung jawab pengirim barang.

Oleh karena itu, sistem port to port adalah jenis layanan pengiriman barang yang paling murah, hanya membutuhkan pembayaran di tengah-tengah proses pengiriman, yaitu dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan. Namun, ini juga merupakan opsi pengiriman yang paling tidak dapat diprediksi, mengingat bagian tengah dari proses pengiriman adalah tempat  sebagian besar situasi genting terjadi.

Faktor Penting Sebelum Memilih Sistem Port to Port

Saat memilih pengiriman barang dengan sistem port to port, importir dan eksportir harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

  1. Transportasi darat – Eksportir harus mengatur transportasi dari gudang ke pelabuhan asal. Demikian pula halnya dengan importir yang harus mengatur pengangkutan barang dari pelabuhan tujuan ke tempat mereka.
  2. Jadwal pelabuhan – Eksportir bertanggung jawab untuk memastikan bahwa mereka mengetahui jadwal transportasi dan memastikan bahwa mereka mengirimkan barang pada waktu yang tepat. Beberapa jadwal yang perlu diperhatikan antara lain jadwal transit dan jam operasional pelabuhan.
  3. Customs clearance – Dalam pengiriman port to port, eksportir menangani bea cukai di tempat asal dan menanggung biayanya. Ini bisa menjadi proses yang cukup rumit, terutama dengan semua dokumen yang dibutuhkan, itulah sebabnya disarankan untuk menyewa broker pabean di tempat asal dan tujuan.
  4. Asuransi kargo – Layanan pengiriman port to port hanya mencakup pertanggungan minimum atas kewajiban pengangkut. Eksportir harus menggunakan asuransi kargo sendiri untuk melindungi jika terjadi kehilangan atau kerusakan barang selama pengiriman.
  5. Biaya lokal – Biaya pengiriman port to port juga tidak termasuk biaya lokal. Eksportir dan importir harus menanggung biaya pelepasan bill of lading, biaya dermaga, dan biaya pelabuhan lainnya.

Baca Juga: Perbandingan Mode Pengiriman Via Laut dan Udara

Apa manfaat dan fungsi port to port dalam dunia kargo?

Beberapa manfaat beserta fungsi port to port service dalam pengiriman barang di antaranya sebagai berikut.

1.  Manfaatnya adalah biaya atau cost-nya jauh lebih murah dibandingkan door to door service.
2.  Fungsi utamanya adalah setiap pengiriman dapat dipantau secara komprehensif dan seksama baik itu dari software kepabean maupun keamanan dalam pengiriman yang terjamin.

Mana yang Terbaik Antara Door to Door dan Port to Port?

door to door dan port to port

Kedua jenis layanan pengiriman barang yaitu Door to Door dan Port to Port memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang risikonya berbeda antara satu sama lain. Setiap eksportir yang akan memilih di antara kedua sistem pengiriman ini harus mengetahui dengan jelas masalah dan solusi apa yang akan dihadapi.

Bagi eksportir pemula, memilih tipe pengiriman Door to Door mungkin adalah pilihan terbaik karena lebih mempersingkat pekerjaan dan tugas yang harus dilakukan. Keterbatasan pengalaman membuat pilihan pengiriman ini bisa menjadi solusi paling tepat demi kelancaran proses ekspor bagi pemula.

Pengiriman port to port adalah pilihan terbaik untuk pengirim yang sudah berpengalaman dan berpengetahuan tentang seluk beluk proses pengiriman. Hal ini karena bagi yang sudah tahu cara menavigasi pelayaran internasional, mereka dapat bertanggung jawab untuk mengelola dokumentasi yang diperlukan, membawa persyaratan bea cukai di tempat asal dan tujuan, dan mengatur layanan transportasi darat.

Agar semakin memudahkan proses pengiriman skala internasional, Mister Exportir dapat menjadi partner kamu dalam mengurusi berbagai permasalahan ekspor yang dihadapi, baik itu dalam pengurusan kepabeanan, dokumen, dan lainnya.

Mister Exportir juga memfasilitasi layanan pengiriman secara door to door dan port to port, serta layanan ekspedisi lainnya yang pastinya terbaik, paling murah, aman, serta terpercaya. Butuh bantuan? Klik aja di sini!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge