10+ Jenis- Jenis Kargo yang Harus Kamu Ketahui, Mau Jadi Eksportir Harus Baca!

10+ Jenis- Jenis Kargo yang Harus Kamu Ketahui, Mau Jadi Eksportir Harus Baca!

Jenis – Jenis Kargo – Hallo sahabat Mister Exportir yang kami hormati, selamat datang diartikel berikut ini. Sebelumnya admin ingin berterimakasih atas kunjungan anda ke situs ini, semoga kami selalu dapat memberikan berbagai pengetahuan seputar prospek ekspor Indonesia terhadap pasar global yang saat ini sangat marak untuk diperbincangkan.

Jenis- Jenis Kargo
Jenis- Jenis Kargo Ekspor Impor – Mister Exportir

Dalam prospek ekspor barang, kita tentu harus memahami tata cara ekspor, alur ekspor barang, transaksinya, dan cara mencari buyer / pembeli dari luar negeri serta hal- hal yang mungkin berkaitan seputar hal tersebut. Dengan menjadi eksportir, tentu kita belajar untuk disiplin dan tidak pernah menyepelekan hal- hal kecil sekalipun.

Nah sobat eksportir, supaya lebih afdhol menjadi seorang eksportir Indonesia yang memiliki wawasan cukup luas, pada kesempatan yang paling baik ini kita akan membahas lebih lanjut lagi seputar jenis- jenis kargo yang harus kita ketahui bersama- sama untuk membuat klasifikasi suatu barang kargo ekspor atau impor. Berikut liputannya!

 

 

Pengertian Kargo dan Praktik Implementasinya

Kargo atau Cargo menurut para pakar dan alim ulama dibidang ekspor dan impor serta perdagangan internasional menyebutkan bahwa semua itu dapat disebut secara sederhana dengan istilah barang- barang (goods) atau lebih spesifiknya sebagai barang kiriman.

Jenis- Jenis Kargo
Pengertian Kargo dan Praktik Implementasinya – Mister Exportir

Sedangkan menurut istilah kamus ekspor dan impor, Kargo didefinisikan secara eksplisit sebagai acuan barang- barang yang diangkut untuk kepentingan komersial dan pada umumnya baran- barang kargo tersebut dikirim dengan menggunakan metode pengiriman kapal (laut), pesawat (udara), kereta api (darat), maupun lainnya.

Dengan demikian, praktik kargo ini pada umumnya dilakukan oleh perusahaan- perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman atau kurir untuk domestik maupun internasional. Para praktisi kargo ini juga meliputi perusahaan pelayaran, forwarding, EMKL / EMKU, trading company, eksportir maupun importir dan lain- lain sebagainya.

 

 

Jenis- Jenis Kargo yang Harus Kamu Ketahui, Wajib Baca!

 

1. General Cargo / Kargo Umum atau Kargo Biasa.

General Cargo adalah kargo atau barang yang termasuk pada kategori jenis kargo ini pada umumnya memiliki sifat yang tidak membahayakan, tidak mudah rusak, busuk ataupun mati. Jenis barang yang termasuk dalam kategori general kargo ini tidak memerlukan penanganan khusus asalkan persyaratan pengangkutan telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jenis- jenis cargo
Jenis- Jenis Kargo yang Harus Kamu Ketahui “General Cargo” – Mister Exportir

Dengan demikian, ukuran dan beratnya dapat ditampung kedalam ruangan container kapal jika menggunakan metode pengiriman melalui laut dan “compartment” pesawat jika melalui udara, sehingga barang-barang tersebut dapat diberangkatkan dengan baik, aman, dan legal. Adapun beberapa contoh barang tipe general kargo ini seperti garmen, spare part, elektronik dll.

 

Baca Juga : Pengertian Letter Of Credit | Fungsi, Tujuan, Manfaatnya, dan Jenis- jenisnya, Lengkap!

 

 

2. Special Cargo / Kargo Khusus

Jenis kargo berikut ini adalah kargo atau barang-barang yang memerlukan penanganan khusus baik dalam penerimaan, penyampaian, atau pengangkutannya. Adapun beberapa contoh special cargo yang harus kita ketahui bersama seperti:

 

a. Live Animal (AVI) adalah jenis kargo yang meliputi hewan- hewan hidup yang dikirim melalui pesawat udara seperti anak ayam, kuda, kambing, ikan dll.

 

b. Human Remain (HUM) adalah jenis kargo khusus berupa mayat manusia. HUM terbagi menjadi dua yaitu:

Ø Uncremated in coffin adalah mayat yang masih berbentuk jasad yang diangkut dengan menggunakan peti jenazah.

Ø Cremated yaitu jenazah yang sudah berupa abu (ashes) dan biasanya dikirim dengan menggunakan kotak guci atau kotak kayu.

 

c. Perishable goods (PER) adalah kargo atau barang- barang yang mudah sekali rusak, hancur, atau busuk, seperti buah-buahan, sayuran, daging, bunga, ikan dan bibit tanaman.

 

d. Valuable goods (VAL) adalah barang- barang yang memiliki harga ataupun nilai yang tinggi atau bisa juga disebut sebagai barang- barang berharga seperti emas, intan, berlian, cek, platina, dll.

 

e. Strongly smelling goods yaitu barang yang memiliki bau atau wangi yang sangat menyengat seperti durian, minyak wangi, minyak kayu putih, dan lain- lain sejenisnya.

 

f. Live Human Organ (LHO) adalah jenis kargo ataupun barang- barang yang meliputi organ tubuh manusia yang masih berfungsi seperti bola mata, ginjal, hati, jantung, dan lain- lain sebagainya.

 

 

3. Dangerous Cargo (DG) / Kargo Berbahaya

Dangerous Cargo adalah jenis kargo atau barang- barang yang memiliki tingkat resiko yang tinggi dan berbahaya yang dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan dan keselamatan penerbangan. Dangerous goods / Dangerous Cargo juga terbagi menjadi sembilan kelas yaitu :

 

1. Exsplosive goods (REX) adalah barang-barang berbahaya yang mudah meledak seperti mesiu, peluru, petasan, bom, nuklir, senjata berat, kembang api, dan beberapa jenis lainnya.

 

2. Gasses (RPG) adalah jenis barang- barang yang mudah menguap seperti Butane, Hydrogen, Propane dan sejenisnya.

 

3. Flammable liquids (RFL) adalah barang- barang yang bersifat zat cair dan memiliki sifat yang mudah terbakar seperti certain paints, Alcohols, Varnishes, BBM, dan lain- lain sebagainya.

 

4. Flammable solids (RFS) adalah jenis kargo atau barang- barang zat padat dan memiliki sifat mudah terbakar seperti Matches, Bahan bakar padat, dan sejenisnya.

 

5. Oxidizing substances (ROX) & Organic peroxide adalah barang-barang yang mudah menguap, jika dihirup manusia mengakibatkan pusing atau mengantuk seperti Calcium chlorate & ammonium nitrate.

 

6. Toxic (RPB) & Infectious substances (RIS) adalah barang-barang yang mengandung racun seperti sianida, pestisida, virus hidup, bakteri hidup, virus HIV, dan barang lain sejenisnya.

 

7. Radioactive material (RFW) adalah zat yang mana bila terkena sinar akan bereaksi dan dapat membahayakan bagi manusia, hewan dan beberapa jenis kargo lainnya.

 

8. Corrosives (RCM) adalah barang-barang yang mengandung karat seperti asam batu baterai dan merkuri.

 

9. Miscellaneous dangerous goods (RMD) adalah barang-barang lain yang dianggap berbahaya dan mengancam keselamatan penerbangan apabila diangkut dengan menggunakan moda transportasi udara seperti magnet, biang es, kendaraan, kursi roda elektrik dll.

 

Nah Sobat Mister Exportir, sudah tahukan beberapa jenis kargo atau barang kiriman menurut spesifikasi dan kategorinya? Semoga dapat menambah wawasan sobat eksportir ya dan semoga artikel ini bermanfaat bagi semua teman- teman yang sudah berkunjung dilaman ini.

Terimakasih dan salam sukes eksportir Indonesia!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com

error: Dont Copy The Content is protected by Copy Right!!