10+ Kebijakan Perdagangan Internasional yang Perlu Kamu Ketahui!

10+ Kebijakan Perdagangan Internasional yang Perlu Kamu Ketahui!

Kebijakan Perdagangan Internasional – Hallo sahabat Mister Exportir yang kami cintai dan kami banggakan, salam sejatera sebelumnya bagi sobat eksportir dimanapun kalian berada. Terimakasih atas kerjasamanya dalam membangun bangsa dari segi meningkatkan ekonomi tanah air melalui kegiatan ekspor barang.

Kebijakan Perdagangan Internasional
Kebijakan Perdagangan Internasional – Mister Exportir

Perdagangan International biasanya dilakukan oleh dua negara yang mencapai kesepakatan bersama, biasanya ada kebijakan perdagangan International yang menjadi faktor penting dalam melakukan proses perdagangan International tersebut.

Pentingnya kebijakan tersebut dilihat dengan makin banyaknya pemerintah membuat kebijakan perdagangan International. Bila dipelajari memang benar bahwa kebijakan tersebut membawa peranan yang penting.

 

 

 

Kebijakan Perdagangan International yang Wajib Diketahui!

Kebijakan Perdagangan Internasional
Kebijakan Perdagangan Internasional yang Perlu Kamu Ketahui – Mister Exportir

Sebagai masyarakat yang baik tidak ada salahnya mengetahui tentang kebijakan perdagangan International. Memahami tentang penjelasan kebijakan dapat membuat pengetahuan tentang dunia ekonomi makin luas. Pernahkah Anda berpikir untuk mengetahui kebijakan perdagangan yang dilakukan suatu negara? Pasti belum pernah, saatnya Anda mengetahuinya pada berikut ini.

 

 

1. Kebijakan politik proteksi

Kebijakan ini merupakan dari pemerintah secara langsung untuk melakukan perlindungan industri dalam suatu negara yang menjadi pelaku impor. Proteksi ini bertujuan untuk memperluas lapangan perkerjaan, membuat produksi dalam negeri menjadi maksimal, menjaga kestabilan perdagangan internasional dan memelihara tradisi perdagangan.

 

 

 

2. Kebijakan bea cukai dan tarif perdagangan

Pada waktu melakukan perdagangan International keluar negeri harus ada bea masuk. Adanya kebijakan ini membuat produksi barang impor dan ekspor makin aman. Tentunya barang yang masuk dengan bea cukai tidak menjadi barang illegal karena sudah diizinkan oleh suatu negara. Kebijakan ini dilakukan terus hingga saat ini.

 

 

 

3. Kebijakan politik free trade (perdagangan bebas)

Politik free trade tidak melarang siapapun untuk melakukan perdagangan ke negara lain. Pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan ini dengan dukungan pihak-pihak terkait. Alasan dikeluarkannya kebijakan ini yaitu bila suatu negara terus melakukan perdagangan International, mengindikasikan bahwa produksi barangnya termasuk unggul sekali.

 

 

 

4. Kebijakan impor

Pada kebijakan perdagangan International lebih ditekankan pada pelarangan. Pemerintah melarang melakukan impor untuk melakukan perdagangan dengan alasan tertentu. Adapun alasan tersebut yaitu impor barang menjadi turun, harga barang mengalami kenaikan yang tinggi, produksi barang makin meningkat dan jumlah barang menurun.

 

 

 

5. Kebijakan politik autarki

Kebijakan perdagangan International ini sangat bertentangan dengan politik perdagangan bebas. Pasalnya kebijakan perdagangan autarki menekankan untuk menghindari pengaruh yang berasal dari negara lainnya. Hal tersebut dipengaruhi oleh perdagangan International harus menurut keyakinan sendiri yang melihat aspek ekonomi, militer dan politik.

 

 

 

6. Kebijakan subsidi

Perlu Anda ketahui bahwa kebijakan subsidi merupakan pembatasan yang dilakukan pemerintah untuk menutupi harga barang produksi. Kebijakan ini memberikan dalampak dari perdagangan International. Dampaknya yaitu harga barang tetap, produksi barang dalam negara meningkat, impor barang turun dan jumlah barang pada pasar tetap.

 

 

 

7. Kebijakan Kuota

Perdagangan internasional identik dengan produksi barang yang dikirim ke luar dan dalam negara. Tidak semua barang dapat masuk kedalam suatu negara karena harus dilakukan penjaringan. Tujuan penjaringan yaitu untuk pembatasan kuota, supaya barang yang masuk dan keluar negara menjadi seimbang.

Pada umumnya kuota diterapkan pada beberapa contoh komoditi seperti kayu gaharu, buah kentang, bawang merah, beras organik, scrap besi, produk besi baja dan beberapa komoditi lain sejenisnya.

 

 

 

8. Kebijakan Dumping

Pemerintah mengeluarkan kebijakan perdagangan International dumping yaitu sebagai diskriminasi harga. Penjualan barang yang dilakukan oleh semua para produsen lebih murah bila dalam negeri. Berbeda kalau penjualan keluar negeri, barang bisa dipatok lebih mahal. Hal ini berpengaruh pada kurva permintaan yang lebih inelastis.

 

 

 

9. Kebijakan Premi

Kebijakan ini terlihat sangat fantastis karena premi atau sebuah bonus akan diberikan pada produsen yang mencapai target penjualan dari pemerintah. Biasanya target penjualan ini hanya diketahui oleh para pelaku perdagangan internasional. Pemerintah akan membayar hasil produksi untuk beberapa unit pada barang yang akan diekspor.

 

 

 

10. Kebijakan Larangan Pembatasan Ekspor dan Impor

Biasanya suatu negara tidak menyetujui penjualan produk dari negara tertentu. Hal ini disebabkan oleh produk tersebut tidak dibutuhkan oleh suatu negara sehingga ada kebijakan larangan ekspor yang dikeluarkan pemerintah. Demi adanya proses kelancaran perdagangan maka, kebijakan larangan ekspor ini sudah diterapkan sejak dulu.

Apakah Anda sekarang sudah memahami tentang kebijakan perdagangan International diatas? Ada 10 poin kebijakan perdagangan yang siap Anda pahami lebih lanjut. Tahukah bahwa kebijakan ini sangat penting, sehingga membuat proses perdagangan menjadi lancar dan mengalami keseimbangan setiap tahunnya.

Kebijakan juga menghindari supaya tidak ada barang yang masuk kedalam negara secara illegal, sehingga terbukti sangat aman.

 

 

 

 

Manfaat Kebijakan Perdagangan International

Kebijakan Perdagangan Internasional
Manfaat Kebijakan Perdagangan Internasional – Mister Exportir

Kebijakan perdagangan International memberikan manfaat bagi suatu negara. Lebih mengejutkan bahwa kebijakan ini mengikat pada beberapa bidang penting dalam suatu negara. Apa saja manfaat dari kebijakan perdagangan International? Berikut ini merupakan penjelasan kebijakan perdagangan International yang wajib Anda ketahui.

 

1. Bidang politik

Dalam bidang politik adanya perdagangan mampu menjalin kerja sama dengan negara lain. Kerja sama politik ini membuat kekuatan militer suatu negara makin kuat. Bila membutuhkan kekuatan politik maka, negara lain pasti siap membantu.

 

 

 

2. Bidang sosial

Manfaat dari kebijakan perdagangan International dalam ini adalah dapat meminimalisir terjadinya krisis dan menjalin hubungan sosial yang baik dengan negara lain. Hubungan baik tersebut terus terjalin selama melakukan perdagangan International. Adanya kelancaran hubungan sosial maka, kedamaian bisa tercipta untuk kedua belah pihak.

 

 

 

3. Bidang ekonomi

Perdagangan International sangat bermanfaat sekali dalam bidang ekonomi ini. adapun manfaatnya yaitu dapat menambah pendapatan negara, menciptakan kemakmuran, pemenuhan kebutuhan suatu negara, menciptakan lapangan pekerjaan, membuat perkembangan produksi barang meningkat dan memberikan devisa untuk negara.

Manfaatnya sangat jelas penting sekali, sekarang Anda sudah mengetahui dari kebijakan perdagangan International. Tentunya Anda sangat senang sekali dapat mempelajari tentang kebijakan perdagangan yang sangat penting bagi suatu negara.

 

 

Nah sahabat Mister Exportir, sudah tahukan beberapa contoh kebijakan perdagangan internasional beserta manfaat yang telah admin ulas diatas? Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk sobat eksportir Indonesia dimanapun kalian berada.

Seperti biasa, terimakasih atas support nya dan salam ekspor Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com