8 Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia yang Pesat di 2021

8 Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia yang Pesat di 2021

Komoditas ekspor unggulan Indonesia yang pesat di 2021 terdiri dari bermacam-macam produk yang bernilai tinggi di pasar dunia.

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan sangat berlimpah. Didukung dengan sumber daya manusia yang jumlahnya tergolong banyak, negara kita menjadi salah satu produsen berbagai komoditas yang cukup memiliki daya saing tinggi.

Kegiatan ekspor dari dalam negeri dilakukan oleh perusahaan dengan berbagai skala. Mulai dari bisnis kecil, menegah, hingga perusahaan besar sebagai strategi utama untuk bersaing di tingkat pasar internasional.

Puluhan negara sudah menjadi tujuan berbagai komoditas ekspor dari Indonesia yang ragamnya lebih dari puluhan bidang.

komoditas ekspor indonesia

Nilai Ekspor Indonesia

Nilai ekspor Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan nilainya kini kian fantastis seiring dengan kemajuan berbagai sektor usaha.

Tak main-main, menurut Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu) berdasarkan catatan badan Pusat Statistik (BPS), secara kumulatif nilai ekspor Indonesia sejak Januari hingga maret tahun 2021 mencapai angka US$48,90 miliar.

Jumlah ini meningkat sebanyak 17,11% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2020.

Menurut catatan yang sama, nilai ekspor yang terus meningkat datang dari sektor nonmigas hasil industri pengolahan, hasil pertanian, hasil tambang dan lainnya.

Sementara itu, ekspor nonmigas pada Maret 2021 yang terbesar adalah pengiriman ke negara Tiongkok sebesar US$3,73 miliar, disusul Amerika Serikat sebesar US$2,07 miliar, dan negara Jepang sebesar US$1,38 miliar.

Nilai ekspor Indonesia ke negara-negara ASEAN dan 27 negara Uni Eropa masing-masing sebesar US$3,46 miliar dan US$1,44 miliar.

Peningkatan nilai ekspor ini dapat menjadi peluang bagi pengusaha Indonesia di berbagai sektor dan berbagai skala untuk terus memasarkan produknya di pasar internasional.

Adapun menurut provinsi asal barang, Kemenkeu menyebut bahwa ekspor Indonesia terbesar pada periode Januari hingga Maret 2021 berasal dari Jawa Barat dengan nilai mencapai US$8,14 miliar (16,65%), diikuti Jawa Timur sebesar US$5,22 miliar (10,68%), dan Riau sebesar US$4,44 miliar (9,07%).

Komoditas ekspor Indonesia pun datang dari berbagai sektor dengan beragam jenis dan bidang usaha.

barang ekspor

Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia

Lalu, apa saja sih barang-barang yang saat ini memiliki nilai ekspor tinggi di pasar internasional? Simak 8 komoditas ekspor unggulan Indonesia yang nilainya berkembang pesat dan bisa bersaing di pasar dunia berikut ini.

  1. Komoditas Ekspor Buah-buahan asal Indonesia

buah

Sebagai negara tropis yang menjadi tempat tumbuhnya beragam jenis flora, Indonesia memiliki hasil alam yang luar biasa, termasuk dari hasil perkebunannya.

Nilai ekspor hasil perkebunan Indonesia pada tahun 2020 menurut BPS mencapai Rp363,2 triliun dengan ekspor komoditas yang paling besar disumbang oleh kelapa sawit, karet, kakao, dan kopi.

Eits, tak hanya sebatas itu saja, kini buah-buahan asal Indonesia pun mulai bisa bersaing di negara lain.

Berikut ini beberapa buah-buahan asal Indonesia yang memiliki peluang ekspor besar di pasar internasional.

Nanas:

Menurut catatan, Indonesia telah menjangkau 69 negara dalam pasar ekspor nanas pada tahun 2019. Nilai ekspor buah nanas dari Indonesia pada tahun 2020 mencapai hampir 146 ribu ton. Adapun negara tujuan utama ekspor buah nanas adalah Amerika Serikat, Belanda, dan Spanyol.

Manggis:

Nilai ekspor buah manggis dari Indonesia pada tahun 2020 mencapai hampir 48 ribu ton. Jumlah ini merupakan peningkatan besar dari tahun-tahun sebelumnya. Terjadinya pandemi juga turut berkontribusi dalam peningkatan nilai ekspor manggis karena WHO menyarankan masyarakat seluruh dunia untuk mengonsumsi buah-buahan. Negara tujuan ekspor manggis Indonesia yang terbesar adalah Tiongkok, diikuti oleh Hong Kong dan Malaysia.

Pisang:

Buah tropis satu ini juga menjadi komoditas unggulan ekspor Indonesia. Nilai ekspor pisang pada 2018 mencapai 31 ribu ton. Jenis pisang yang menjadi unggulan komoditas ekspor Indonesia adalah cavendish. Negara tujuan ekspor pisang Indonesia terbesar adalah Malaysia, Jepang, dan Tiongkok.

Matoa:

Peluang ekspor buah matoa sangat terbuka lebar bagi masyarakat Indonesia. Hal ini karena buah matoa merupakan buah asli khas Papua yang memiliki banyak sekali manfaat dan keunikan. Perawatannya yang terbilang cukup sulit dan habitatnya yang khusus membuat nilai jual buah matoa terbilang mahal dan cukup langka. Sebagai negara tropis tempat asli tumbuhnya buah matoa, kesempatan Indonesia untuk mengekspor buah ini ke seluruh dunia sangatlah tinggi.

  1. Komoditas Ekspor Rempah-rempah asal Indonesia

rempah-rempah

Selain hasil perkebunan yang melimpah, Indonesia juga merupakan tempat tumbuh yang baik bagi berbagai jenis rempah-rempah.

Buktinya, rempah-rempah hasil tanam Indonesia banyak diburu oleh para pedagang dan penjajah di masa lalu hingga Indonesia menjadi primadona dan didatangi oleh banyak negara.

Suburnya hasil rempah dari Indonesia membuat komoditas ini laris manis di pasar ekspor.

Nilai ekspor rempah-rempah dari Indonesia  pada tahun 2020 mencapai US$218,9 juta dengan komoditas unggulan yakni cengkeh, lada, pala, dan kayu manis.

Adapun negara-negara yang menjadi tujuan ekspor hasil rempah-rempah dari Indonesia adalah Amerika Serikat, India, Vietnam, Tiongkok, dan Belanda.

Beberapa hasil rempah indonesia yang menjadi komoditas unggulan di pasar ekspor adalah sebagai berikut.

Pala:

Rempah-rempah primadona yang satu ini punya nilai ekspor yang cukup tinggi di pasar internasional. Bahkan pada tahun 2018, jumlah ekspor pala Indonesia secara keseluruhan mencapai 20.202 ton dengan nilai sebesar US$111,69 juta. Negara tujuan ekspor pala dari Indonesia adalah Vietnam, Amerika Serikat, Jerman, Italia, dan Belanda.

Lada:

Sama seperti pala, lada merupakan komoditas rempah unggulan yang diekspor Indonesia ke berbagai negara seperti  Vietnam, Amerika Serikat, Brasil, Tiongkok, dan Jerman. Nilai ekspor lada Indonesia pada periode Januari hingga Mei tahun 2019 mencapai 16,37 juta ton. Beberapa daerah penghasil lada terbesar di antaranya adalah Lampung, Bangka Belitung, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Cengkeh:

Produksi cengkeh Indonesia terbilang besar jumlahnya. Volume ekspor rempah ini naik sebesar 83% pada periode Maret 2021. Negara tujuan utama ekspor cengkeh dari Indonesia adalah India, Vietnam, Saudi Arabia, dan negara-negara wilayah Uni Eropa di antaranya Jerman, Belanda dan Inggris.

  1. Komoditas Ekspor Kosmetik asal Indonesia

kosmetik

Produk kecantikan asal Indonesia kini tak kalah populer di kancah internasional. Beberapa merk lokal bahkan telah memiliki nama besar di beberapa negara.

Peluang ekspor kosmetik masih sangat terbuka lebar karena banyaknya permintaan dunia atas produk kecantikan dari dalam negeri.

Tak kalah dari negara-negara seperti Korea Selatan dan Amerika Serikat, saat ini kosmetik dari Indonesia berhasil mendapatkan perhatian di pasar internasional.

Pada periode Januari hingga Agustus tahun 2020, nilai ekspor produk kosmetik asal Indonesia berhasil mencapai angka US$135,67 juta.

Sementara itu, negara-negara tujuan utama komoditas ini adalah Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Komoditas ekspor kosmetik Indonesia terdiri dari beberapa jenis produk seperti make-up, skincare, dan parfum.

Tingginya permintaan terhadap produk kosmetik Indonesia di negara lain membuktikan bahwa potensi farmasi indonesia terus berkembang dan memiliki daya saing di kancah internasional.

Selain nilai ekspornya yang menjanjikan peningkatan drastis, beberapa produk kosmetik Indonesia juga memiliki kualitas yang sebanding dengan merk dunia sehingga popularitas merk kosmetik lokal ini juga sangat bersaing di dalam negeri.

Follow Me:

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download