6 Cara Meyakinkan Buyer agar yakin dengan Produk Ekspor yang ditawarkan

6 Cara Meyakinkan Buyer agar yakin dengan Produk Ekspor yang ditawarkan

Banyak website yang sudah menyediakan sarana untuk mencari buyer atau pembeli bagi pelaku ekspor. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara meyakinkan buyer agar mau membeli produk yang disediakan.

Dalam kegiatan jual beli internasional, banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan agar dapat mencapai target, khususnya dibidang ekspor. Jika sudah menentukan produk apa yang akan diekspor dan juga persyaratan sudah lengkap, maka hal yang selanjutnya yaitu mencari buyer.

 Apalagi kegiatan pemasaran dilakukan kebanyakan di dunia maya, maka hal yang paling adalah bagaimana cara meyakinkan buyer agar yakin untuk membeli produk yang ditawarkan. Karena point utamanya memang mendapatkan kepercayaan dari pembeli.

Untuk itu, penting sekali mempelajari cara meyakinkan buyer agar bisa tertarik dan akhirnya membeli produk yang disediakan. 

Baca Juga : cara mendapat supplier luar negeri

6 Cara Meyakinkan Buyer

Dalam jual beli termasuk kegiatan ekspor, kunci utama untuk menjual barang adalah dengan meyakinkan calon pembeli. Untuk meyakinkan calon pembeli tentunya harus memperhatikan trik atau cara meyakinkan buyer sehingga yakin untuk membeli produk yang diatawarkan. 

Lalu bagaimana cara meyakinkan buyer agar terbangun kepercayaan untuk membeli produk yang ditawarkan dengan tanpa ragu? 

Pastikan untuk melakukan enam hal berikut ini.

  1. Sajikan pengiklanan yang simpel namun berbobot

    Iklan adalah sarana pemasaran yang jitu. Iklan mampu memasarkan produk dengan efisien dan tentunya juga sangat cepat perambahannya. Dengan pemilhan media yang tepat dan kandungan iklan yang simpel, akan menarik calon pembeli tahu lebih banyak.
    Pastikan membuat iklan sesederhana mungkin namun pesan yang ingin disampaikan sampai ke konsumen dengan mudah.
    Gunakan kata-kata yang sederhana namun persuasif. Penggunaan kata-kata yang terlalu panjang justru membuat iklan terkesan bertele-tele dan rumit. Gunakan saja beberapa kata yang menjadi poin utama dari keunggulan produk yang ditawarkan.
    Contoh kata-kata sederhana namun peruasif misalnya big sale, for sale, fresh food, dan lain sebagainya. Ketika membaca iklan tersebut, maka calon pembeli akan tergiring untuk melihat lebih dalam produk dalam iklan.

    Baca Juga : cara memasarkan produk keluar negeri secara online

  2. Tunjukan keunggulan Produk.

    Cara meyakinkan buyer berikutnya adalah dengan menunjukkan keunggulan produk dibanding produk dari perusahaan lain. Begitu banyak kompetitor dari sebuah produk untuk diekspor. Ini tentunya mengahruskan produk yang ingin dijual memiliki kelebihan tersendiri dibanding produk yang lain.
    Pastikan keunggulan dari produk benar-benar berbeda dari produk kompetitor, sehingga produk layak untuk ditawarkan. Keunggulan produk bisa ditonjolkan dari segi kulitas, harga, kuantitas, manfaat, kemasan dan lain sebagainya.
    Namun demikian, penting untuk terus berinovasi mengikuti perkembangan kompetitor agar tidak tertinggal dan tahu keinginan konsumen.

  3. Terus tampilkan testimoni.

    Review atau testimoni dari pelanggan juga menjadi poin penting dalam penjualan, apalagi penjualan secara online. Keberadaan testimoni ini tidak bisa dianggap remeh. Untuk perusahaan yang sudah memiliki testimoni akan lebih meyakinkan dibandingkan yang belum ada.
    Pastikan menempatkan testimoni pada halaman untuk menawarkan produk, dengan demikian calon pembeli mudah menemukannya. Untuk mendapatkan testimoni yang positif dari pelanggan, pastikan ramah dan terus mempertahankan kualitas produk.
    Testimoni yang diberikan dari pihak konsumen akan mudah dipercaya oleh calon pembeli. Konsumen merupakan pihak yang netral dalam memberi penilaian , sehingga calon pembeli yang membacanya pasti percaya dan menjadikan acuan untuk jadi pesan atau tidak.
    Peran konsumen sangat penting dalam memberikan review positif. Untuk itu pastikan konsumen yang sudah membeli produk untuk memberikan reviewnya. Dengan menghadirkan produk yang sesuai keinginan konsumen, pastinya mereka akan puas.

  4. Sediakan Produk sampel untuk dicoba.

    Sesudah yakin dengan iklan dan juga testimoni yang ada, maka calon pembeli akan smakin yakin jika tahu dan mencoba produk secara langsung.
    Tidak mudah untuk mengalihkan konsumen beralih ke produk anda tanpa adanya kepercayaan. Karena calon pembeli tidak akan mau untuk membeli jika hanya untuk sekedar untuk mencoba. Maka dari itu, keberadaan produk sampel ini akan membantu.
    Dengan memberikan produk secra cum-Cuma untuk dicoba, akan membuat calon pembeli merasakan dan membuktikan sendiri keunggulan dari produk dibandingkan dengan produk kompetitor.
    Jika dihitung, biaya untuk produk sampel ini lebih rendah dbanding dengan pendapatn yang akan didapatkan nantinya, jadi tak masalah untuk membuatnya,
    Pastikan produk produk uji coba yang diberikan memiliki kulitas yang maksimal, sehingga calon pembeli jatuh hati saat penggunaan pertama kali dan alih-alih memiliki niat untuk pindah produk. 

  5. Tampilkan Daftar Pencapaian

    Memberikan ulasan dengan panjang kali lebar justru membuat caln konsumen sulit menerima informasi. Cukup dengan menampilkan daftar pencapaian yang telah dilaksanakan suatu produk dengan singkat cukup memberikan informasi yang jelas.
    Daftar pencapaian yang dapat meyakinkan calon pembeli misalnya saja produk terlaris, produk bersertifikat halal MUI, sudah BPOM, kandunga nutrisi paling lengkap, produk paling dicari, dan lain sebagainya.
    Dengan daftar pencapaian yang singkat tadi membuat calon konsumen sekilas sudah mampu memahami produk. Konsumen juga bisa diyakinkan karena tidak terkesan bertele-tele.
    Produk yang sudah bersertifikat diayakini masyarakat lebih aman. Untuk mendapatkan nilai jual yang lebih, gunakan sertifikat maupun penvapaian yang mungkin kompetitor belum miliki, sehingga produk akan selangkah didepan.
    Dari beberapa pencapaian tersebut, cukup tawarkan satu yang menjadi andalan yang belum dimiliki oleh kompetitor, sehingga mampu meyakinkan calon buyer. Cara meyaknkan buyer yang satu ini juga cukup efektif.

  6. Pastikan memberi jaminan.

    Semua pemiliki produk akan berkoar-koar bahwa produknya adalah produk terbaik. Namun semua itu tidak akan ada apa-apanya jika hanya sebatas kata saja, karena akan dianggap sebagai bualan.
    Perlu bukti bahwa produk yang ditawarkan memang benar-benar produk berkulitas yang layak untuk dibeli. Calon pembeli akan yakin jika penjual memberikan jaminan atas produknya.
    Jaminan yang dimaksud disini adalah pemberian garansi untuk produk yang berkualitas tersebut. Misalnya saja, jaminan uang kembali, garansi perbaikan, garansi pemakaian dalam jangka waktu tertentu, dan lain sebagainya.
    Pastikan tidak memberikan jaminan untuk produk yang memiliki kualitas rendah, karena dapat menyebabkan kerugian.
    Garansi untuk produk yang benar-benar berkualitas akan memberikan dampak positif untuk penjualan berikutnya, karena terbukti barang yang dibeli memang benar-benar bagus. Maka pelanggan akan bertahan bahkan akan bertambah.

Itu tadi ulasan mengenai cara meyakinkan buyer agar percaya dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan. Pastikan terus berinovasi menghadirkan produk-produk yang memang aman dengan kualitas terbaik. 

Karena buyer akan terpikat jika merasa produk yang dihadirkan memang produk yang selama ini dicari. Intinya, bagaimana cara mendapatkan kepercayaan calon pembeli bahwa produk yang dihadirkan adalah produk yang memiliki daya saing yang tinggi, dan layak untuk dibeli.

Dengan memaksimalkan keenam cara meyakinan buyer tersebut, akan memudahkan ekportir mendapatkan buyer dengan mudah. Pastikan terus memantau kompetitor agar terus update performa agar daya saing juga terus maju.

Jika ingin melakukan ekspor, maka harus menemukan jasa antar barang yang terbaik. Jasa antar barang ke luar negeri yang terbaik misterexportir jawabannya. Jasa pengiriman ini merupakan jasa pengiriman terbaik yang sudah pasti barang akan sampai tujuan dengan aman dan cepat.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge