Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online!

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online!

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Di abad 21 ini, teknologi berkembang dengan pesat. Maka tidak heran, jika banyak pelaku usaha kini mulai memanfaatkan teknologi untuk menunjang bisnisnya. Salah satunya dengan memanfaatkan internet.

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Pemasaran secara online kini ramai dilakukan banyak orang. Selain lebih praktis, pencapaiannya pun mampu melebihi pemasaran dengan gaya lama atau konvensional. Terlebih ada banyak marketplace yang memfasilitasi para penjual untuk memasarkan barang dagangannya.

Kita dapat memajang foto produk lalu ditambahkan detail mengenai produk tersebut. Namun apakah cukup sampai di situ saja? Tentu saja tidak. Kita perlu strategi khusus untuk memasarkan produk. Apalagi target pasar kita adalah luar negeri. Maka berikut ini cara memasarkan produk ke luar negeri secara online.

 

Baca Juga: 10+ Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Luar Negeri, Lengkap!

 

Cara Memasarkan Produk ke Luar Negeri Secara Online

Pemasaran online menjadi salah satu media yang paling inovatif bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan layanan mereka ke khalayak ramai bahkan dunia. Sebab dengan memasarkannya secara online, produk kita akan dikenal oleh banyak orang.

Bukan hanya dikenal oleh masyarata dalam negeri namun juga luar negeri. Semua tergantung dari bagaimana strategi pemasaran kita.  Adapun untuk memasarkan produk ke luar negeri atau dikenal dengan istilah ekspor barang secara online, maka perlu cara tersendiri untuk memasarkannya. Berikut ini penjelasannya.

1. Memiliki Website Situs yang Sesuai Target Pasar

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Untuk memasarkan produk ke luar negeri, Anda dapat membuat sebuah website situs. Ini jauh lebih besar peluangnya daripada sekadar memasarkan produk melalui marketplace. Anda dapat menggunakan website situs tersebut untuk mempromosikan produk Anda.

Dengan begitu, melewati website situs inilah calon konsumen memperoleh info selengkap barangkali tentang siapa kita, barang apapun yang di produksi, berapakah besar kemampuan produksi, bagaimana mutu barang, dan info pendukung yang lain.

Website ini bisa dianggap sebagai catalog product yang umumnya diciptakan oleh beberapa eksportir serta disebarluaskan ke calon-calon buyernya di beberapa Negara. Perbedannya, di website situs kita dapat memperbarui beberapa produk dengan gampang serta cepat hingga calon buyer senantiasa memperoleh info teranyar.

Perlu diperhatikan bahwa website situs tidak hanya pengganti katalog produk. Namun, website situs juga merupakan sebuah media komunikasi yang interaktif dengan calon konsumen. Oleh sebab itulah, website situs seharusnya dilengkapi dengan berbagai sarana untuk berkomunikasi segera, baik dalam bentuk e-mail ataupun chat.

Sesuaikan website situs dengan target pasar. Sebagai contoh, apabila ingin lebih mudah menembus pasar Eropa, maka design website situs baiknya simpel , classic, tiada animasi aneh-aneh, sebab memang seperti itu umumnya ciri-ciri design Eropa. Lain hal dengan Amerika Serikat, design yang modern kreatif akan lebih memudahkan orang Amerika untuk tertarik untuk membuka website situs yang kita miliki. Selain itu, buatlah fitur mengubah bahasa agar informasi produk lebih mudah dipahami oleh seluruh negara.

 

Baca Juga: Cara Mengekspor Barang Keluar Negeri dengan Mudah – Mister Exportir

 

2. Search Engine Friendly

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Sebab pemasaran produk kita mengandalkan internet, maka sudah menjadi kewajiban untuk mengetahui ‘tabiat’ para pemakai internet. Mayoritas tidak terlalu menyukai untuk langsung masuk ke website situs suatu perusahaan serta mencari info produknya di sana. Melainkan lebih menyukai mencarinya melewati search engine seperti Google, Yahoo! dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, website situs yang kita miliki haruslah search engine friendly. Hal tersebut termasuk sangat penting. Sebab beberapa perusahaan cenderung abai terhadap hal ini dan hanya fokus mempercantik tampilan website. Padahal, search engine friendly mempunyai nilai strategis supaya gampang di cari pemakai internet.

 

Baca Juga: Jasa Pengiriman Barang Keluar Negeri Terpercaya – Mister Exportir

 

3. Kuasai Kata Kunci atau Keyword yang Tepat

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Apabila berjualan furniture, maka kita harus melakukan audit.  Apakah saat pemakai Internet mengetik kata kunci (keyword) atau kalimat kunci yang terkait dengan furniture itu, website kita ada di halaman hasil pencarian yang strategis?

Penguasaan keyword juga butuh kiat spesial. Hal yang perlu diriset dengan serius yaitu, keyword apa yang diketik oleh calon buyer kita terkait dengan product yang kita menawarkan. Pada saat kita jual handphone umpamanya, akankah memakai keyword handphone, mobile phone, atau cell phone? Mengerti istilah-istilah yang terkait dengan product yang kita jual ke negara-negara spesifik sangat strategis dalam menembus ekspor.

 

4. Promosi Online

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Meskipun calon buyer akan tiba dengan sendirinya bila website kita search engine friendly dan kuasai kata kunci (keyword) yang pas, namun tetap saja suatu situs yang bertujuan penjualan harus dipromosikan dengan serius untuk memperoleh pengunjung berkualitas. Yakni yang harus dikerjakan ialah:

  1. Berhimpun dengan e-marketplace dunia , yakni e-marketplace vertikal yang sesuai dengan produk yang kita jual. Di tempat tersebut tersebut beberapa buyer serta seller dunia bersua. Meskipun disana persaingan sangat ketat, banyak penjual product yang sama dari negara lain atau juga dari sesama perusahaan Indonesia. Namun dari situlah kita bakal gampang ditemukan oleh calon konsumen yang serius.
  2. Berhimpun dengan social networking dunia. Bergabunglah dengan kelompok-kelompok orang yang diibaratkan memerlukan product kita.
  3. Promosi melewati Google Adwords yang sangat berguna saat kita tak dapat kuasai keyword-keyword spesifik.

 

Baca Juga: 7+ Jenis Alat Pembayaran Perdagangan Internasional yang Harus Kamu Tahu!

 

5. Memahami Perdagangan ke Luar Negeri

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Hal ini merupakan lankah strategi yang perlu disediakan jauh-jauh hari. Akan percuma kita memperoleh banyak potential buyer, jika selanjutnya kita tidak dapat kirim barangnya ke negara tujuan sebab tak paham prosedur jual barang ke luar negeri.

Kita harus memahami benar masalah LC serta prosedur pembayaran jangan tertipu. Ada saja kesempatan kita ditipu oleh buyer yang ingin terima barang namun malas membayar. Apalagi di dunia Internet, dimana kita tak sempat bersua dengan buyer kita.

 

Baca Juga: Begini Cara Ekspor Ikan Hias Paling Lengkap!

 

Bagaimana Sobat Mister Exportir? Sudah tergambar bagaimana cara memasarkan barang ke luar negeri secara online? Teknologi semakin berkembang, maka sudah seharusnya kita memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan yang bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun juga bagi semua orang.

Demikianlah pembahasan ada artikel kali ini. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi Anda dan membantu menjawab pertanyaan teman-teman semua mengenai cara memasarkan produk ke luar negeri melalui online. Sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com