Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online!

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online!

Cara memasarkan produk ke luar negeri secara online merupakan sebuah kegiatan yang cukup penting dilakukan terutama bagi pemilik usaha yang ingin merambah ke pasar ekspor. Saat ini, teknologi berkembang dengan pesat dan sudah sangat canggih sehingga bisa dimanfaatkan untuk banyak kepentingan, termasuk untuk kepentingan bisnis atau usaha.

Kemudahan akses informasi terutama melalui internet smakin membuka peluang dan kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengembangkan bisnis secara internasional, khusunya pelaku usaha produk dan jasa. Kini, pelaku usaha bisa memasarkan produk ke luar negeri melalui pemanfaatan internet, yaitu secara online.

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Pemasaran secara online kini ramai dilakukan banyak orang. Selain lebih praktis, jangkauannya pun mampu melebihi pemasaran dengan gaya lama atau konvensional. Hal ini didukung dengan hadirnya berbagai marketplace yang memfasilitasi para penjual untuk memasarkan barang dagangannya.

Nah, kira-kira bagaimana sih cara memasarkan produk ke luar negeri secara online yang efektif dan paling tepat untuk menjangkau pasar lebih maksimal? Berikut ini Mister Exportir rangkum strategi memasarkan produk dengan target pasar luar negeri yang wajib kamu simak!

Cara Memasarkan Produk ke Luar Negeri Secara Online

Pemasaran secara online saat ini memang menjadi salah satu cara yang paling inovatif bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan layanan ke khalayak ramai bahkan ke tingkat dunia. Pasalnya, dengan pemasaran online, produk kita akan dikenal oleh banyak orang.

Kecanggihan teknologi informasi seperti internet memberikan manfaat luar biasa yang bisa menjangkau banyak orang di semua lokasi pada waktu yang bersamaan. Tidak ada batasan ruang dan waktu sehingga semua informasi yang disajikan secara online tersebut bisa menawarkan beragam feedback bagi usaha yang sedang dipasarkan.

Dengan memaksimalkan strategi pemasaran online yang tepat, akan membawa produk atau layanan kita dikenal, tak hanya oleh masyarakat dalam negeri, tetapi juga jangkauannya sampai ke pasar luar negeri. Berikut ini beberapa tips dan cara memasarkan produk ke luar negeri secara online yang bisa Anda ikuti.

1. Memiliki Website Situs yang Sesuai Target Pasar

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Untuk memasarkan produk ke luar negeri, Anda dapat membuat sebuah website situs. Ini jauh lebih besar peluangnya daripada sekadar memasarkan produk melalui marketplace. Anda dapat menggunakan website situs tersebut untuk mempromosikan produk atau layanan.

Dengan begitu, melalui website inilah calon konsumen memperoleh info terlengkap tentang siapa kita, barang apa yang diproduksi, seberapa besar kemampuan produksi, bagaimana mutu barang, dan info pendukung lainnya.

Website juga bisa dianggap sebagai katalog produk yang umumnya diciptakan oleh eksportir serta disebarluaskan ke calon-calon buyer di beberapa negara. Perbedaannya, di website situs kita dapat memperbarui beberapa produk dengan gampang serta cepat hingga calon buyer senantiasa memperoleh info paling update.

Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah website tidak hanya berperan sebagai pengganti katalog produk. Namun, website juga merupakan sebuah media komunikasi yang interaktif dengan calon konsumen. Oleh karena itu, website harus dilengkapi dengan berbagai sarana untuk berkomunikasi, baik dalam bentuk e-mail atau chat.

Beberapa tips dari website yang efektif di antaranya mengandung ajakan yang kuat, pencitraan merek yang jelas, garis besar produk/layanan yang jelas, dan konten yang relevan untuk pengunjung, misalnya tersedia informasi sektor, cara pembelian, dan lainnya. Selain dari kontennya, lebih baik juga untuk mengembangkan website dengan desain yang menarik serta userfriendly agar menarik minat banyak orang.

Sesuaikan website situs dengan target pasar. Sebagai contoh, apabila ingin lebih mudah menembus pasar Eropa, maka desain website sebaiknya dibuat dengan simpel, klasik, tidak memuat animasi terlalu ramai, karena memang seperti itu umumnya ciri-ciri desain Eropa.

Lain halnya dengan Amerika Serikat, desain yang modern dan kreatif akan lebih memudahkan orang di negara tersebut menjadi tertarik untuk membuka website yang kita miliki. Selain itu, buatlah fitur mengubah bahasa agar informasi produk lebih mudah dipahami oleh seluruh negara.

Baca Juga: Cara Mengekspor Barang Keluar Negeri dengan Mudah – Mister Exportir

2. Search Engine Friendly

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Internet merupakan sebuah layanan yang memakai media atau alat. Sama seperti alat pada umumnya, tentu saja internet juga memiliki cara kerjanya tersendiri. Untuk memaksimalkan pemasaran online ini, sangat penting bagi kita memahami cara kerja internet.

Sebelum masuk ke dalam website, pengguna internet tentu saja mencari informasi yang dibutuhkan melalui mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo!, dan lainnya. Nah, di sinilah kita harus memaksimalkan strategi agar website kita muncul di pencarian teratas atau dikenal dengan istilah search engine friendly.

Salah satu tips search engine friendly atau optimasi website yang bisa diikuti adalah jika pelaku usaha menargetkan pasar di beberapa wilayah, maka untuk pendekatan yang efektif diperlukan website terpisah untuk masing-masing wilayah negara.

Duplikat konten bahasa Inggris harus dihindari. Namun, jika konten yang sama dalam bahasa yang berbeda maka duplikat konten tidak menjadi masalah. Hal ini karena Google tidak menyukai duplikasi sehingga optimasi tiap website memang harus dilakukan agar hasilnya maksimal.

SEO (Search Engine Optimization) adalah faktor utama dalam pemasaran konten, sebuah strategi yang didasarkan pada distribusi konten yang relevan kepada audiens target. Seperti dalam strategi pemasaran apa pun, tujuan pemasaran konten adalah untuk menarik prospek yang pada akhirnya berubah menjadi pelanggan.

Baca Juga: Jasa Pengiriman Barang Keluar Negeri Terpercaya – Mister Exportir

3. Kuasai Kata Kunci atau Keyword yang Tepat

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Kata kunci atau keyword merupakan aspek yang paling penting dalam optimasi pemasaran online lewat internet. Pentingnya menyediakan informasi yang paling banyak ingin diketahui terkait produk atau layanan yang kita miliki bisa menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan trafic di website yang kita kelola.

Penguasaan keyword juga butuh kiat spesial. Hal yang perlu diriset dengan serius yaitu, keyword yang diketik oleh,calon buyer terkait dengan produk yang kita menawarkan. Misalnya, jika kita menjual handphone, manakah pilihan yang lebih baik antara keyword handphone, mobile phone, atau cell phone?

Semua data terkait kata kunci ini bisa kita dapatkan melalui beberapa cara, seperti lewat Google Ads, Google Trending, Keyword Planner, Google Alerts, dan lainnya. Memahami istilah-istilah yang terkait dengan produk di negara-negara spesifik sangat strategis dalam menembus ekspor.

4. Promosi Online

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Meskipun calon buyer akan tiba dengan sendirinya bila website kita telah berhasil menguasai search engine friendly dan kata kunci yang pas, namun tetap saja website ini harus dipromosikan dengan serius untuk memperoleh pengunjung berkualitas. Beberapa tips yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Berhimpun dengan e-marketplace dunia, yaitu e-marketplace vertikal yang sesuai dengan produk yang kita jual. Di tempat tersebut, beberapa buyer serta seller dunia terhubung. Meskipun persaingan sangat ketat, banyak penjual produk yang sama dari negara lain atau juga dari sesama perusahaan Indonesia, namun di sana usaha kita akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen yang serius.
  2. Berhimpun dengan social networking dunia. Bergabunglah dengan kelompok-kelompok orang yang diibaratkan memerlukan produk atau layanan kita.
  3. Promosi melewati Google Adwords yang sangat berguna saat kita tak dapat kuasai keyword-keyword spesifik.

Baca Juga: 7+ Jenis Alat Pembayaran Perdagangan Internasional yang Harus Kamu Tahu!

5. Memahami Perdagangan ke Luar Negeri

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online
Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri Secara Online – Mister Exportir

Hal ini merupakan lankah strategis yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Akan percuma kita memperoleh banyak potential buyer, jika selanjutnya tidak dapat mengirim barang ke negara tujuan karena tidak memahami prosedur jual barang ke luar negeri.

Sangat penting untuk memahami benar masalah LC serta prosedur pembayaran jangan tertipu. Hal ini karena internet merupakan tempat paling rawan untuk terjadinya kemungkinan tindak penipuan dan kriminal lainnya. Kesempatan ditipu oleh buyer yang ingin terima barang namun malas membayar selalu menjadi bayang-bayang yang tidak bisa dilepaskan dari internet.

Baca Juga: Begini Cara Ekspor Ikan Hias Paling Lengkap!

6. Manfaatkan Fitur Iklan Digital

Iklan digital

Iklan digital dapat dilakukan melalui berbagai platform di antaranya Google Ads, Instagram Ads, dan Facebook Ads. Dengan memasang produk pada fitur iklan digital tersebut, peluang datangnya peminat dari dalam dan luar negeri akan semakin meningkat.

Sebagian besar platform media sosial dan Google telah membayar peluang iklan. Ini merupakan cara terbaik untuk mendapatkan trafic dengan cepat, dan banyak juga pilihan yang memungkinkan untuk membayar per klik. Pilih saluran dengan bijak, tergantung pada target pasar dan temukan keyword yang tepat.

Dengan Google Ads, kita juga dapat membayar agar website berada di bagian atas halaman pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Sangat penting bagi pelaku usaha untuk melakukan riset tentang volume untuk istilah yang relevan dengan audiens target usaha kita.

Dengan kata lain: kata kunci utama adalah kata kunci yang digunakan oleh pengguna untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

7. Memaksimalkan Media Sosial

media sosial

Cara paling efektif untuk mendorong interaksi langsung dengan bisnis ekspor adalah dengan mempertahankan aktivitas media sosial. Semakin banyak keterangan produk muncul di pencarian Google, maka kesempatan mendapat buyer dari luar negeri pun akan semakin besar.

Media Sosial adalah cara yang mudah dan efisien untuk menjangkau audiens yang berbeda. Melalui media sosial kita bisa berbagi testimonial, berita, promosi, dan lainnya. Tetapi yang terpenting, kita dapat menggunakannya untuk menceritakan sebuah kisah dan membuat konten yang akan menarik pelanggan baru ke dalam usaha kita.

Setiap platform media sosial memiliki spesifikasi dan audiens targetnya sendiri. Berikut ulasannya.

Facebook, adalah salah satu media sosial yang paling populer dan memiliki basis pengguna yang paling beragam (dalam hal usia, pendapatan, genre, kebangsaan, dll.). Platform ini juga memungkinkan kita untuk menargetkan audiens berdasarkan minat, yang bisa sangat berguna. Pelaku usaha dapat bergabung dengan grup yang lebih cenderung menarik basis pelanggan yang sesuai, dan kemudian beriklan di grup tersebut. Cara ini sangat baik untuk terhubung dengan orang-orang dan membantu usaha kita membangun reputasi.

Facebook juga meluncurkan platform bisnis sendiri yang menawarkan tools gratis untuk membantu pelaku menjangkau audiens baru. Platform mereka juga menyatukan semua layanan jejaring sosial, seperti Instagram, WhatsApp, dan Messenger. Lebih tepatnya, Facebook IQ memungkinkan kita mengumpulkan informasi terkait perilaku konsumen serta cara mengukur dan memahaminya.

Namun, berhati-hatilah, popularitas Facebook berbeda di setiap negara. Misalnya, jika Anda ingin menjual barang atau jasa di Tiongkok, di mana Facebook dilarang, maka Anda harus mempelajari cara menggunakan Weibo, WeChat, dan lainnya.

Instagram milik Facebook lebih menekankan pada visual. Platform ini sebagian besar digunakan oleh kaum muda. Jika kita menggunakan tagar yang relevan, kita dapat menjangkau banyak orang dan memanfaatkan pemasaran influencer yang terbaik.

Jangan lupa Pinterest, media sosial yang sering diabaikan. Platform ini menawarkan beberapa keuntungan, yang paling penting adalah basis penggunanya lebih jelas. Jika target pasar kita adalah wanita mapan, maka Pinterest adalah media sosial yang tepat untuk memasarkan produk. Sedikit seperti Instagram, Pinterest juga memberi banyak penekanan pada visual, dan menawarkan kemungkinan bagi pengguna untuk menandai situs yang mereka sukai.

LinkedIn terkenal sebagai platform terkait bisnis. Meskipun LinkedIn tidak menawarkan yang terbaik dalam hal metrik, tetapi jika Anda mencoba menjangkau pasar dan bisnis yang berbeda seperti mitra dan klien, inilah tempatnya. Anda dapat membuat artikel panjang, yang menjadikannya tempat yang bagus untuk menggunakan konten dan membuat cerita seputar merek atau produk. Selain itu, LinkedIn adalah alat yang tepat untuk mempromosikan diri melalui pengalaman karyawan, dan lainnya.

Twitter adalah platform yang dirancang untuk pesan singkat dan padat. Sekali lagi, dengan tagar yang tepat, kita dapat dengan mudah menjangkau cukup banyak orang yang belum mengetahui produk atau merek kita. Platform ini juga merupakan tempat yang baik untuk berinteraksi dengan kompetitor serta pelanggan.

Berikut ini beberapa video menarik seputar cara pemasaran produk ke luar negeri secara online yang Mister Exportir persembahkan hanya untuk Anda.

belanja online

Video pertama, berisi cara mendapatkan buyer yang sesuai dengan komoditi, mengetahui negara mana saja yang impor komoditi tersebut, mengetahui berapa harga pasaran komoditi tersebut di negara importir, mengetahui data importir (nama perusahaan, alamat, email, kontak, dan lain-lain).

Video kedua, berisi cara mendapatkan buyer luar negeri dari marketplace internasional, seperti Alibaba dan lainnya. Marketplace yang dicontohkan di sini yang menurut kami recomended untuk pemula.

Video Ketiga, membahas 5 cara ampuh memasarkan produk ke luar negeri. Setelah Anda mendapatkan ilmu dari video 1 dan 2, ilmu Anda akan lebih kokoh setelah menonton video ketiga ini.

Jangan lupa subcribe channel youtube kami ya Mister Exportir, Like & Share.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge