Cara Mendapatkan Supplier Luar Negeri

Cara Mendapatkan Supplier Luar Negeri

Cara mendapatkan supplier luar negeri saat ini termasuk cukup mudah, terutama dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Hanya dengan melalui internet, mencari supplier online kini jadi lebih mudah karena kita bisa terhubung dengan masyarakat seluruh dunia.

Jika Anda memiliki rencana untuk memulai bisnis dan ingin mencari stok di luar negeri, maka hal pertama yang perludilakukan adalah menemukan supplier yang tepat. Akan tetapi, meskipun mencari informasi di internet semakin mudah, namun memilih supplier yang tepat dan layak ternyata membutuhkan banyak pertimbangan.

Cara paling aman untuk menemukan supplier luar negeri yang tepat biasanya dengan bertatap muka secara langsung, melihat hasil pekerjaan mereka, dan menguji kualitas produk sebelum melakukan pembelian. Namun, cara ini juga seringkali tidak memungkinkan.

Di zaman teknologi dan internet ini, dunia benar-benar ada di ujung jari kita, jika kita tahu di mana mencarinya. Mister Exportir telah merangkum informasi seputar cara mendapatkan supplier luar negeri yang bisa Anda jadikan inspirasi berikut ini.

Peluang Usaha Barang Impor dari China

Peluang Usaha Barang Impor dari China
source: pontas.id

China atau Tiongkok dikenal dengan produktivitas barang-barang yang kreatif dan inovatif dengan harga yang sangat murah. Negara ini menjadi pilihan terbaik bagi pelaku usaha yang ingin mendapatkan pasokan barang murah dan berkualitas.

Dengan harga yang murah, tentu Anda bisa mendapatkan margin penjualan yang besar. Selain itu, Anda juga bisa memberikan harga barang yang bersaing untuk dijual. Berdasarkan fakta di lapangan, saat ini banyak sekali pelaku usaha Indonesia yang memasok produk dari Tiongkok.

Hal ini terlihat dari banyaknya produk asal Negeri Tirai Bambu tersebut yang mudah saja kita jumpai baik di pasar tradisional maupun di berbagai platform marketplace lokal. Kepopuleran produk asal Tiongkok semakin meningkat dengan tingginya aktivitas e-commerce yang banyak menampilkan iklan produk tersebut.

Seperti yang diketahui, produk asal Tiongkok ini menarik perhatian khalayak karena inovasinya terutama dalam produk-produk rumah tangga. Mulai dari fungsinya yang unik dan tidak ditemukan di negara lain, bentuknya yang lucu serta menarik, sampai harganya yang sangat murah menjadi daya tarik tersendiri.

Beragamnya inovasi produk asal Tiongkok ini merupakan sebuah peluang bagi pelaku usaha yang ingin memulai bisnis impor. Pasalnya, produksi yang melimpah tersebut akan menjamin ketersediaan stok dan akan memberikan variasi pada produk-produk usaha jualan barang impor Anda.

Melihat peluang usaha impor barang dari Tiongkok tersebut sangat menggiurkan, bukan? Lalu, langkah selanjutnya yang Anda butuhkan adalah mengimpor barang tersebut. Berikut ini ulasannya, mulai dari cara mendapatkan supplier dari luar negeri sampai mengimpor produk tersebut ke Indonesia.

Cara Mendapat Supplier dari Luar Negeri

cara mendapat supplier dari luar negeri
source: freepik

Mendapatkan supplier luar negeri yang cocok memang perkara susah susah gampang. Biasanya cara termudah untuk mencari supplier luar negeri bisa dilakukan melalui online dan langsung.

Kunci untuk mendapatkan supplier luar negeri adalah riset yang komprehensif. Seorang pelaku usaha harus memeriksa dan menganalisis dengan cermat negara-negara potensial untuk berdagang, serta supplier individu di negara-negara tersebut.

Pada umumnya, kita dapat mengimpor semua jenis barang dari berbagai negara. Oleh karena itu, pemahaman terhadap kondisi negara sebelum memilih supplier luar negeri menjadi sangat penting. Hal penting lainnya sebelum melakukan impor barang dari supplier luar negeri adalah penguasaan terhadap rantai distribusi barang dari produsen sampai ke penerima.

Umumnya, rantai distribusi barang diawali dari pabrik atau produsen lalu turun ke pihak distributor barang. Setelah sampai ke distributor, baru kemudian didistribusikan lagi ke tangan reseller atau dropshipper.

Dropshipper bertugas melayani pesanan dari konsumen untuk disampaikan ke distributor atau produsen tanpa perlu menyediakan barang yang dipesan, sedangkan reseller bertugas menyediakan tempat atau gudang untuk menyimpan barang yang dipesan dari luar negeri untuk dijual kembali.

Dalam mencari supplier luar negeri, Anda harus mempertimbangkan gambaran besarnya. Bahkan saat sudah menemukan supplier yang cocok dengan harga semurah mungkin, masih ada hal lain yang harus dipertimbangkan, seperti seberapa jauh negara itu, apakah mungkin ada kompromi pada tingkat regulasi dan perlindungan, dan seberapa baik kita dapat berkomunikasi dengan supplier tersebut jika ada masalah yang muncul.

Untuk lebih jelasnya, Mister Exportir telah merangkum informasi seputar cara mendapat barang impor dari supplier luar negeri, terutama dari Tiongkok yang punya peluang besar berikut ini.

1. Mencari Supplier di Marketplace

Mencari Supplier di Marketplace
source: shipstation

Salah satu cara untuk mendapatkan supplier luar negeri adalah dengan memanfaatkan platform marketplace global untuk mendapatkan barang impor sesuai dengan yang kita inginkan sebagai bahan bisnis. Cara ini terhitung yang paling mudah karena memang marketplace merupakan tempat yang bisa dijangkau kapan saja dan di mana saja.

Beberapa marketplace yang bisa digunakan untuk mencari supplier barang impor adalah Alibaba dan AliExpress. Kedua marketplace tersebut merupakan platform yang cukup populer di kalangan importir.

Meskipun mirip, namun kedua marketplace tersebut memiliki perbedaan. Untuk pemesanan produk dalam jumlah besar, Alibaba adalah pilihan terbaik karena penjual atau supplier menawarkan harga yang lebih murah. Akan tetapi, ada batasan minimum pesanan (MOQ) untuk membeli barang di Alibaba.

Sementara itu, platform marketplace AliExpress adalah versi retail dari Alibaba, yang memasang barang dengan harga pabrik, namun tidak semurah di Alibaba. Untuk memesan di AliExpress tidak ada batas minimum dan lebih cocok bagi pemesanan dengan jumlah sedikit.

Untuk melakukan transaksi impor barang dari kedua marketplace ini terhitung cukup mudah, caranya hampir sama seperti melakukan pemesanan di marketplace biasa seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan lainnya.

1. Buat akun

Langkah pertama untuk mulai berbelanja di marketplace, baik Alibaba atau AliExpress adalah membuat akun terlebih dahulu. Ini mungkin menjadi standar bagi setiap marketplace yang ada. Ikuti petunjuk dan perintah yang tertera di platform tersebut agar bisa melakukan transaksi.

2. Cari Barang yang Kamu Inginkan

Gunakan fitur pencarian barang untuk menemukan produk-produk yang diinginkan. Ada banyak penjual dan supplier yang biasanya berasal dari berbagai belahan dunia sehingga pilihan produk pun sangat beragam. Kita juga dapat menggunakan fitur filter untuk memudahkan pencarian barang yang diinginkan.

3. Periksa Kredibilitas Supplier

Setelah menemukan barang yang menarik perhatian dan cocok, selanjutnya periksa kredibilitas penjual dengan memeriksa profil penjual apakah sudah terverifikasi atau belum. Supplier yang memiliki kredibilitas tinggi akan memiliki lencana verifikasi pada profilnya. Lalu, kita juga bisa memeriksanya lebih lanjut di Google mengenai informasi supplier tersebut.

4. Negosiasi dengan Supplier

Saat sudah memastikan semua informasi tentang penjual atau supplier adalah benar dan kredibel, kita bisa langsung menghubungi pihak penjual tersebut mengenai ketersediaan barang serta proses pemesanan selanjutnya. Sama seperti proses negosiasi pada umumnya, tanyakan semua informasi seputar transaksi, seperti jumlah minimum pesanan, harga, biaya ongkos kirim, dan sebagainya.

Jika perlu, mintalah sampel produk yang ingin dipesan untuk memeriksa kualitas dan kondisi barang sebelum memutuskan kesepakatan pemesanan barang dalam jumlah besar.

5. Pembayaran

Jika semua hal berjalan dengan lancar dan sudah mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak, maka proses selanjutnya adalah pembayaran transaksi. Pembayaran di Alibaba atau AliExpress bisa melalui transfer, kartu kredit, Western Union, dan PayPal. Metode pembayaran ini terhitung cukup mudah bagi pembeli internasional.

Saat pembayaran sudah dilakukan, jangan lupa untuk meminta invoice pesanan dan periksa barang yang dipesan apakah sudah diproses dan dikirim atau belum oleh supplier.

2. Cari Distributor Barang Impor di Jakarta

Cari Distributor Barang Impor di Jakarta
source: pixabay

Selain mencari secara langsung produk impor dari luar negeri melalui marketplace global yang tersedia, ternyata kita juga bisa mendapatkan barang impor dari distributor yang ada di kota-kota besar, seperti Jakarta atau kota lainnya.

Saat ini banyak sekali distributor barang luar negeri yang sudah menyediakan barang dari negara lain di Indonesia. Jadi, pelaku usaha yang ingin berbisnis barang impor tidak perlu repot lagi mencari barang sendiri. Akan tetapi, biasanya cara ini memberikan pilihan produk impor yang lebih terbatas daripada saat kita mencarinya sendiri.

Selain itu, distributor barang impor tersebut juga belum tentu menyediakan produk yang kita inginkan. Meski begitu, distributor barang impor biasanya memberikan harga yang tidak berbeda jauh dengan supplier dari negara asalnya.

Proses memesan barang impor dari sistributor yang ada di kota besar tersebut juga akan jauh lebih mudah, karena tidak perlu repot mengurus bea impor dan perizinan impor lainnya. Selain itu, pengirimannya akan lebih mudah karena masih sama-sama berada di wilayah dalam negeri.

3. Ikut Komunitas Importir Barang China

Ikut Komunitas Importir Barang China
source: freepik

Bergabung ke dalam komunitas atau grup kumpulan importir juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan supplier dari luar negeri, termasuk dari China. Hal ini karena para importir biasanya sudah punya pengalaman yang bisa dijadikan referensi bagi kita untuk semakin menambah penguasaan terkait bisnis ini.

Selain bisa mengambil pelajaran dari pengalaman para importir terdahulu, bergabung dengan komunitas juga bisa memperkuat koneksi dan bahkan bisa menghubungkan dengan pihak-pihak yang dibutuhkan seperti kontak supplier dari negara asing, kontak distributor barang impor, dan lainnya.

4. Pergi ke Event Pameran Barang Impor

Pergi ke Event Pameran Barang Impor
source: chinadailyhk

Pameran barang impor adalah cara yang cukup efektif untuk mendapatakan supplier luar negeri. Biasanya, di dalam pameran akan tersedia beragam pilihan barang impor yang dapat kita lihat secara langsung. Pameran barang impor juga bisa dihadiri oleh para distributor atau bahkan langsung oleh supplier dari negara lain.

Saat menghadiri pameran barang impor, perhatikan secara rinci mulai dari kualitas produk sampai kredibilitas penjual yang mungkin akan kita butuhkan di masa depan. Jangan lupa untuk mencatat setiap informasi yang didapatkan untuk semakin menambah wawasan di bisnis ini.

Bahkan, jika saat pameran kita menemukan penjual dan produk yang cocok, maka transaksi dapat dilakukaan saat itu juga.

5. Pergi ke Pabrik atau Gudang Distributornya Langsung di China

Cara Mendapatkan Supplier Luar Negeri
source: netscribes

Mendatangi secara langsung toko-toko, gudang distributor, atau pabrik di negara asal barang bisa menjadi cara paling efektif untuk mendapatkan supplier luar negeri. Akan tetapi, cara ini mungkin menjadi yang paling membutuhkan banyak biaya dan memakan waktu.

Mendatangi pusat grosir di negara asal barang, biasanya kita akan menemukan banyak toko dan distributor barang yang rata-rata mengerti mengenai prosedur impor barang. Selain itu, mendatangi supplier secara langsung juga memberi keuntungan berupa negosiasi harga barang yang ingin dipesan.

2 Hal Penting dalam Mencari Supplier Luar Negeri

Cara Mendapatkan Supplier Luar Negeri

Globalisasi dan internet telah membuat sumber produk dari luar negeri lebih mudah diakses. Kemampuan untuk mendapatkan akses ke produk dengan harga yang jauh lebih rendah telah menjadikan pemasok sebagai pilihan yang sangat menarik bagi banyak bisnis.

Usaha kecil dan besar saat ini memanfaatkan sumber dari internet untuk mendapatkan akses ke vendor yang dulunya tidak terjangkau. Bagi yang baru mengenal proses ini, mencari produk di luar negeri mungkin terasa sangat sulit. Berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda ikuti.

1. Tentukan Produk

Produk yang dikuasai dengan baik adalah kunci keberhasilan, efisiensi, dan profitabilitas. Oleh karena itu, langkah pertama untuk mencari pasokan adalah memutuskan produk apa yang ingin dibeli, dengan mempertimbangkan apakah produk tersebut memenuhi kebutuhan di pasar.

Kebanyakan orang memilih untuk mencari produk di luar negeri karena cara tersebut bisa mendatangkan uang dengan cepat. Akan tetapi, ada variabel penting lainnya yang perlu dipertimbangkan, seperti permintaan pasar, variasi produk, serta keuntungan dan kerugian menjual produk tersebut.

2. Identifikasi Negara Tertentu

Tidak semua negara memproduksi setiap jenis produk, dan negara tertentu memiliki keunggulan yang menekan biaya seminimal mungkin. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui negara mana yang berspesialisasi dalam produk yang akan kita jadikan bisnis.

Misalnya, tidak seperti negara lain, Tiongkok memiliki akses ke logam dalam jumlah besar. Oleh karena itu, jika Anda mencoba mencari produk perabot rumah tangga dari logam, Tiongkok mungkin akan menjadi negara terbaik untuk mencari sumbernya.

Anda juga bisa mencari informasi di situs yang memuat rincian tentang negara-negara tertentu yang mengkhususkan diri dalam suatu produk. Langkah sederhana ini dapat menghemat banyak waktu saat mencari supplier luar negeri.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download