Pelanggan yang terhormat saat ini nomer: 0822-9795-2975 tidak aktif. Silahkan hub nomor lainnya
Cara Mendapatkan Supplier Luar Negeri

Cara Mendapatkan Supplier Luar Negeri

Kamu tahu ga, saat ini cara mendapat supplier luar negeri cukup mudah loh. Terlebih lagi dengan berkembangnya internet dan teknologi, komunikasi antar negara pun menjadi semakin lebih mudah.

Jika kamu mau membuat usaha berjualan barang impor, maka ini adalah kesempatan besar untuk kamu. Sebab, produk produk impor yang berkualitas saat ini mudah didapatkan.

Untuk itu, kamu harus bisa mendapatkan supplier dari produsen luar negeri. Produsen yang paling populer dan paling banyak dijadikan partner atau supplier untuk usaha barang import adalah China.

Peluang Usaha Barang Impor dari China

Peluang Usaha Barang Impor dari China
source: pontas.id

Mengapa dari China? Sebab produk dari China terkenal dengan harganya yang sangat murah. Dengan harga yang murah, tentu kamu bisa mendapatkan margin penjualan yang besar. Selain itu, kamu pun bisa memberikan harga barang yang bersaing untuk dijual.

Kemudian, barang barang impor dari China juga sangat inovatif dan beragam. Setidaknya, dalam beberapa bulan sekali pasti terdapat produk baru yang muncul untuk terjun ke pasar.

Hal tersebut tentunya akan memberikan variasi pada produk produk usaha jualan barang impor kamu. Pilihan yang bervariasi tentunya akan memberikan nilai tambah tersendiri untuk bisnismu.

Barang barang dari China pun terkenal dengan keunikannya yang belum mampu diproduksi di dalam negeri. Hal ini pun menguntungkan, mengingat keunikan tersebut hanya berjumlah terbatas, maka penjualan di bidang tersebut bisa dikuasai.

Melihat peluang usaha impor barang dari China tersebut sangat menggiurkan bukan? Lalu, yang kamu butuhkan selanjutnya adalah mengimpor barang tersebut. berikut ini caranya!

Cara Mendapat Supplier dari Luar Negeri

cara mendapat supplier dari luar negeri
source: freepik

Mencari supplier luar negeri seperti distributor barang import dari China cukup mudah. Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan barang import tersebut, baik dengan cara online maupun offline.

Namun, sebelum pembahasan lebih lanjut, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu rantai distribusi barang dari produsen sampai ke tangan kamu.

Umumnya, rantai distribusi barang diawali dari pabrik atau produsen lalu turun ke pihak distributor barang. Setelah sampai ke distributor, barulah kemudian didistribusikan lagi ke tangan reseller atau dropshipper.

Nah, kamu juga perlu mengetahui posisi dari usaha kamu. Apakah kamu seorang reseller atau dropshipper.

Jika kamu merupakan seorang dropshipper, maka kamu hanya perlu melayani pesanan dari konsumen untuk disampaikan ke distributor atau produsen tanpa perlu menyediakan barang tersebut.

Namun, jika kamu seorang reseller, kamu harus menyediakan tempat atau gudang untuk menyimpan barang barang yang kamu pesan dari luar negeri untuk kamu jual.

Untuk mendapatkan barang barang impor dari luar negeri khususnya dari China, caranya yang bisa kamu pakai adalah:

1. Mencari Supplier di Marketplace

Mencari Supplier di Marketplace
source: shipstation

Kamu bisa mendapatkan supplier barang untuk usahamu dengan mencari barang yang kamu inginkan di marketplace.

Beberapa marketplace yang bisa digunakan untuk mencari supplier barang impor kamu adalah Alibaba dan AliExpress. Kedua marketplace tersebut merupakan platform yang cukup populer di kalangan importir.

Meskipun mirip, namun kedua marketplace tersebut memiliki perbedaan. Untuk kamu yang ingin memesan produk dalam jumlah besar, ada baiknya kamu menggunakan marketplace Alibaba.

Karena, di Alibaba penjual atau supplier menawarkan harga yang lebih murah, namun ada batasan minimum pesanan (MOQ) untuk membeli barang tersebut.

Sedangkan AliExpress adalah versi retail dari Alibaba. Kamu tetap akan menemukan barang dengan harga pabrik, namun tidak semurah di Alibaba.

Untuk memesan di AliExpress pun tidak ada batas minimum. Ini lebih cocok untuk yang ingin memesan barang dengan jumlah sedikit.

Cara import barang dari Alibaba atau AliExpress hampir sama seperti kamu melakukan pesanan di marketplace biasa seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan lainnya.

1. Buat akun

Pertama tama, tentu saja kamu harus membuat akun untuk login ke marketplace tersebut terlebih dahulu.

2. Cari Barang yang Kamu Inginkan

Kemudian, gunakan fitur pencarian barang untuk menemukan barang yang ingin kamu cari. Kamu juga bisa menggunakan fitur filter untuk memudahkan pencarian barang yang kamu inginkan.

3. Periksa Kredibilitas Supplier

Setelah menemukan barang yang kamu inginkan, selanjutnya periksa kredibilitas penjual dengan memeriksa profil penjual apakah sudah terverifikasi atau belum. Supplier yang memiliki kredibilitas tinggi akan memiliki lencana verifikasi pada profilnya.

Lalu, kamu juga bisa memeriksanya lebih lanjut di Google mengenai informasi supplier tersebut.

4. Negosiasi dengan Supplier

Jika informasi mengenai supplier dirasa sudah valid dan kredibel, selanjutnya kamu bisa langsung menghubungi supplier tersebut mengenai barang yang ingin kamu pesan.

Lakukan beberapa negosiasi seperti jumlah minimum pesanan, harga, biaya ongkos kirim, dan sebagainya terkait pesanan kamu.

Jika perlu, mintalah sampel produk yang ingin kamu pesan untuk memeriksa kualitas dan kondisi barang sebelum kesepakatan pemesanan barang dalam jumlah besar disepakati.

5. Pembayaran

Kalau semua sudah ok, lanjut ke pembayaran. Pembayaran di Alibaba atau AliExpress bisa melalui transfer, kartu kredit, western union, dan PayPal.

Terakhir, kamu bisa meminta invoice pesanan kamu dan periksa barang kamu apakah sudah diproses dan dikirim atau belum oleh supplier.

2. Cari Distributor Barang Impor di Jakarta

Cari Distributor Barang Impor di Jakarta
source: pixabay

Selanjutnya, kamu juga bisa mencari distributor barang impor di Jakarta atau kota lainnya yang menjadi distributor barang China.

Meskipun bukan merupakan supplier langsung dari China, namun distributor barang impor biasanya memberikan harga yang tidak berbeda jauh dengan supplier China.

Selain itu, memesan barang impor dari sini akan jauh lebih mudah, karena kamu tidak perlu repot mengurus bea impor dan perizinan impor lainnya. Serta pengirimannya akan lebih mudah karena masih berada di dalam negeri.

3. Ikut Komunitas Importir Barang China

Ikut Komunitas Importir Barang China
source: freepik

Cara lain mendapat supplier dari China adalah dengan masuk ke dalam komunitas importir barang China.

Di dalam komunitas ini, kamu akan menemui berbagai orang yang sudah memiliki banyak pengalaman tentang impor barang.

Jalinlah koneksi dengan orang dalam komunitas tersebut. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mendetail tentang bagaimana proses impor barang,hingga mencari supplier dari China.

4. Pergi ke Event Pameran Barang Impor

Pergi ke Event Pameran Barang Impor
source: chinadailyhk

Untuk mendapat supplier dari China, kamu juga bisa melakukannya dengan mendatangi pameran barang impor China.

Dalam pameran tersebut akan hadir berbagai stand booth dari berbagai supplier yang memamerkan barang produksi mereka.

Dengan pameran ini, kamu bisa melihat lihat berbagai produk dan kualitasnya secara langsung. Jika kamu tertarik, kamu juga bisa langsung bernegosiasi kerjasama untuk memesan barang barang tersebut.

Namun, event tersebut kebanyakan diadakan di negara mereka, China. Jadi kamu harus bersedia untuk pergi ke negara tersebut.

5. Pergi ke Pabrik atau Gudang Distributornya Langsung di China

Pergi ke Pabrik atau Gudang Distributornya Langsung di China
source: netscribes

Jika kamu tidak memiliki waktu yang pas untuk menghadiri event pameran barang impor China. Mendatangi langsung ke toko, gudang distributor, bahkan pabriknya sekalipun juga bisa kamu lakukan.

Jika kamu datang ke pusat grosir di China, biasanya kamu akan menemukan banyak toko dan distributor barang China. Mereka pun biasanya mengerti mengenai prosedur impor barang.

Selain itu, jika langsung datang ke toko atau distributor, kamu bisa melakukan negosiasi harga barang yang ingin kamu pesan.

Namun tentu saja dengan datang langsung ke China, kamu tetap harus bersedia untuk membeli tiket dan berangkat ke negeri tirai bambu itu.

Demikianlah pembahasan dalam artikel ini mengenai 5 cara mendapatkan supplier luar negeri. Semoga cara cara yang kami sampaikan bisa membantu kamu untuk mendapatkan supplier supaya usaha kamu semakin maju.

 

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com