14 Tips Memulai Wirausaha Pertama Kali, Pengusaha Wajib Tahu

14 Tips Memulai Wirausaha Pertama Kali, Pengusaha Wajib Tahu

Tips memulai wirausaha untuk pertama kali adalah suatu hal yang penting diketahui oleh seorang calon wirausahawan.

Memulai wirausaha untuk pertama kali bisa menjadi tantangan yang menegangkan tetapi juga sangat mengasyikkan dan bermanfaat.

Selain memiliki banyak tantangan dan hambatan, memulai wirausaha juga memiliki risiko yang besar serta rentan untuk menghadapi kegagalan.

Meskipun begitu, seorang wirausahawan dituntut untuk tetap konsisten dalam menjalankan bisnisnya. Dengan demikian, wirausaha dapat terus berjalan.

tips memulai wirausaha

Tips Memulai Wirausaha

Bagaimana kira-kira langkah awal memulai wirausaha dan menjadi seorang wirausahawan itu? Nah, berikut ini 15 tips memulai wirausaha yang dapat kamu ikuti a la Mister Exportir.

1‎. Memulai dari bidang yang disukai dan dikuasai

Wirausaha merupakan kegiatan yang bisa sangat merepotkan, jadi pilihlah sesuatu yang menggairahkan dan memotivasi kamu ketika melakukannya.

Tips memulai wirausaha yang pertama adalah hindari bisnis atau industri yang belum terlalu kamu ketahui, karena kurangnya penguasaan bidang dapat menghambat berjalannya wirausaha yang sedang kamu geluti.

  1. Pilih ide bisnis yang memiliki peluang pasar yang besar

Pastikan untuk meneliti dengan cermat jika ada pasar besar untuk produk atau layanan yang kamu kerjakan.

Investor biasanya hanya akan berinvestasi di perusahaan jika mereka melihat peluang pasar yang besar dan bahwa perusahaan tersebut memiliki potensi untuk tumbuh menjadi sesuatu yang signifikan.

  1. Kumpulkan dana usaha sebanyak mungkin

Mengumpulkan modal awal untuk memulai wirausaha hampir selalu lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama daripada yang kamu pikirkan.

Pastikan bahwa kamu memiliki cadangan untuk semua biaya pengembangan produk dan pemasaran yang akan kamu keluarkan.

Selalu ingat bahwa mengembangkan produk yang hebat membutuhkan pengorbanan berupa waktu dan uang.

  1. Selalu pantau keuangan

Seorang wirausahawan dituntut untuk dapat mengontrol semua pengeluaran, pendapatan dan neraca.

Banyak wirausaha yang gagal karena pengusaha tidak dapat menyesuaikan pengeluaran untuk menghindari kehabisan dana. Berhematlah dengan pengeluaran dan hindari pengeluaran yang tidak perlu.

Selain itu, belajarlah untuk hidup dengan anggaran yang sedikit sampai pendapatan mulai mengalir masuk secara konsisten.

  1. Pelajari kompetitor

Pastikan kamu benar-benar meneliti dan mempelajari produk atau layanan kompetitor di pasar, dan terus ikuti perkembangan dan peningkatan baru dari pesaing usahamu.

‎Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyiapkan Google Alarm untuk memberi tahu ketika ada informasi baru tentang pesaing muncul secara online.

wirausahawan

  1. Minta saran dari pengusaha lain

Nasihat dari pengusaha lain dan pelaku bisnis profesional (seperti pengacara dan akuntan) terbukti sangat berguna bagi wirausaha yang baru dimulai.

Salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan di dalam dunia bisnis adalah kemauan untuk selalu belajar. Maka dari itu, berusahalah untuk selalu mencari pengetahuan baru tentang wirausaha yang sedang kamu jalankan.

Temukan mentor yang dapat memberi saran tentang perekrutan, pengembangan produk, pemasaran, dan penggalangan dana.

  1. Pekerjakan orang yang tepat

Mempekerjakan orang yang salah adalah salah satu kesalahan terbesar yang sering kali dilakukan oleh seorang wirausahawan pemula.

Tips memulai wirausaha selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempekerjakan karyawan yang memiliki latar belakang dan pengalaman yang relevan dengan wirausaha yang sedang kamu bangun.

Karyawan tersebut harus cocok dengan budaya perusahaan dan harus memiliki kemauan bekerja serta fleksibel.

  1. Jangan pernah berhenti berjejaring

Jaringan atau networking dapat memberikan seorang wirausahawan investor baru, karyawan hebat, pelanggan baru, atau mentor hebat.

Hadiri acara-acara industri dan bisnis yang di dalamnya kerap kali dihadiri oleh orang-orang penting dalam wirausaha.

Salah satu alat yang ampuh untuk mempertahankan jaringan adalah LinkedIn, jadi pastikan kamu dan perusahaan memiliki profil di LinkedIn dan terus tambahkan koneksi baru.

Ketika seseorang melakukan pencarian Google, profil LinkedIn kamu biasanya akan muncul di bagian atas hasil pencarian, jadi pastikan kamu membuat kesan pertama yang baik untuk semua pihak.

  1. Berikan layanan pelanggan yang hebat

Perusahaan besar biasanya menjadi sangat sukses karena mereka berfokus pada penyediaan layanan dan dukungan pelanggan yang sangat baik.

Salah satu tujuan pelayanan yang baik adalah pelanggan awal dapat memberikan referensi dan menyarankan pengalaman mereka kepada teman dan kolega.

Dengan demikian, usaha milikmu akan secara luas dikenal melalui cara yang hebat karena testimoni dari pelanggan tadi.

  1. Sewa pengacara bisnis yang berpengalaman

Seorang wirausahawan memerlukan pengacara bisnis yang cerdas untuk perusahaan, yang telah secara teratur membentuk dan memberi nasihat kepada banyak pengusaha lain serta berspesialisasi di bidangnya.

Beberapa hal yang dapat dilakukan pengacara yang berpengalaman dalam membantu seorang wirausahawan pemula di antaranya sebagai berikut.

  • Membuat kontrak dengan salah satu pendiri
  • Menyiapkan perjanjian utama untuk bisnis
  • Menyiapkan rencana opsi saham untuk karyawan
  • Menyiapkan surat penawaran perlindungan kepada calon karyawan
  • Membantu menegosiasikan persyaratan dengan calon investor
  • Membatasi potensi kewajiban hukum terhadap usaha
  • Melindungi ide dan penemuan (melalui hak cipta, paten, dan perjanjian kerahasiaan)

Salah satu cara untuk mendapatkan pengacara yang baik adalah dengan meminta rekomendasi dari pengusaha lain. Pastikan kamu memiliki hubungan yang baik dengan pengacara.

kemampuan penjualan

  1. Merasa nyaman berbicara di depan umum

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif sangatlah penting untuk mendapatkan pelanggan, menginspirasi karyawan, dan menawarkan investor untuk meningkatkan modal.

Kebanyakan orang tidak pandai berbicara di depan umum dan bahkan banyak yang takut akan hal itu. sebagai seorang wirausahawan, kamu harus berusaha untuk mengatasi ketakutan ini.

Salah satu cara untuk melatih kemampuan berbicara ini adalah dengan mengikuti pelatihan atau meminta bantuan profesional.

Beberapa pengusaha yang paling dikenal sebagai pembicara publik yang hebat di antaranya adalah Steve Jobs‎ dan Elon Musk.

  1. Fokus pada membangun produk atau layanan yang bagus

Untuk memulai sebuah wirausaha, tentunya yang dibutuhkan adalah produk atau layanan yang bagus. Ini adalah langkah paling dasar dalam memulai wirausaha.

Produk atau layanan yang kamu miliki harus memiliki keunggulan dan ciri yang menarik jika dibandingkan dengan pesaing di bidang yang sama.

Akan tetapi, meskipun penting untuk fokus mengembangkan produk, jangan berlama-lama mengeluarkan produkmu ke pasar.

Hal ini karena salah satu cara terbaik untuk membantu meningkatkan bisnis kita adalah dengan umpan balik dari pelanggan awal.

  1. Saran untuk pengusaha pemula: Lakukan saja!

Tidak pernah ada waktu yang tepat untuk memulai sebuah wirausaha, jadi ikuti saran klasik dari berbagai tokoh dunia yaitu “lakukan saja”.

Ambil langkah pertama untuk membangun bisnismu, meskipun hanya usaha sampingan selagi kamu masih memiliki pekerjaan tetap.

  1. Pasarkan, lalu pasarkan lagi

Sebagai seorang wirausahawan, kamu harus terus-menerus menarik, membangun, dan bahkan mendidik pasar bisnismu. Pastikan strategi pemasaran yang kamu lakukan mencakup hal-hal berikut:

  • Bangun situs web yang tampak profesional dan terkini.
  • Pelajari dasar-dasar SEO (optimasi mesin pencari) sehingga orang yang mencari produk dan layanan sejenis mungkin menemukan bisnismu di bagian atas hasil pencarian.
  • Gunakan media sosial untuk mempromosikan usaha milikmu (LinkedIn, Facebook, Twitter, Pinterest, dll).
  • Lakukan pemasaran konten dengan menulis artikel tamu untuk situs web yang relevan.
Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download