Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Kira-kira apa ya usaha sampingan ibu rumah tangga yang cocok untuk para ibu dirumah. Yuk, baca artikel ini lebih lanjut.

Ibu rumah tangga adalah profesi yang sangat mulia untuk wanita, sayang sekali laki-laki tidak bisa megimpikan profesi ini.

Rumah, dapur, mengurus anak, dan arisan adalah hal yang identik melekat pada Ibu rumah tangga, hal ini dikarenakan keseharian seorang ibu rumah tangga yang itu-itu saja.

Dengan keseharian yang terdiri dari 4 hal tadi, menjadikan ibu rumah tangga tidak bisa menghasilkan pemasukan (uang) untuk keluarga, dan hanya mengandalkan pemasukan sang suami tercinta.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Tapi, hidup itu serba tidak pasti. Bisa saja besok suami mu mendapatkan uang 1 Miliar, dan besoknya tiba-tiba tidak ada pemasukan lagi. Untung sih kalau dapat 1 Miliar, bisa buat modal usaha, ya kan? Kalau tidak, gimana?

Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini akan dibahas mengenai ide usaha sampingan ibu rumah tangga, mulai dari modal kecil, hingga kamu yang sudah memiliki buah hati pun bisa melakukannya

Penasaran? Yuk, mari disimak ya!

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

Tidak perlu menunggu sampai suami anda dapat uang 1 Miliar baru memulai usaha, seperti cerita di atas tadi.

Untuk ibu rumah tangga, kamu bisa memulainya dengan modal kecil. Ini lah beberapa pilihan ide menarik yang bisa kamu lakukan sekarang juga, dan tidak perlu menunggu modal besar dulu.

1. Membuat Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan

Untuk kamu yang memiliki bakat terpendam yang bisa menyulap barang-barang biasa menjadi barang yang luar biasa, bahkan berguna, kamu bisa banget membuat bakat kamu menjadi sebuah ide bisnis sampingan

Apa saja yang bisa dibuat dan memiliki banyak permintaan?

  1. Souvenir wisuda
  2. Penghantar seserahan pernikahan
  3. Hampers, boleh khusus edisi lebaran atau tidak

Modal utama yang dalam usaha kerajinan tangan ini adalah kreativitas yang kamu miliki, dan akan terus berkembang mengikut perubahan trend di masyakarat.

2. Katering Rumahan

Katering rumahan

Ini dia, ibu rumah tangga yang jago masak, ide ini dipersembahkan untuk kamu

Tidak perlu membuat restoran dulu, kamu bisa memulainya dengan membuat usaha katering rumahan. Mulai dari makanan berat, hingga makanan ringan seperti kue kering dan basah yang cocok untuk acara kecil seperti arisan dan posyandu.

Bisa juga menyediakan paket acara, seperti paket nasi box dan paket prasmanan.

Kamu juga tidak perlu menyewa tempat layaknya restoran, kamu bisa menggunakan dapur pribadi untuk mengelola semua masakan. Coba mulai tawarkan dulu ke teman-teman kamu, seperti teman arisan, teman satu RT/RW, bahkan kumpulan ibu-ibu wali murid sd dari anak kamu.

Untuk membuat usaha katering kamu menjadi lebih menarik, kamu bisa menggunakan media sosial seperti Instagram agar lebih banyak orang tau tentang masakan apa saja yang kamu sediakan, selain itu foto makanan yang sangat ‘cantik’ juga bisa menggiurkan calon konsumen kamu.

Menarik ya!

3. Jual Bumbu Masakan (Jadi)

Bumbu masakan jadi

Masih dalam dunia kuliner, untuk kamu seorang ibu rumah tangga yang masih kesulitan dengan ide katering rumahan di atas.

Kamu bisa mempertimbangkan bisnis yang satu ini.

Dengan skala dan tentunya modal yang lebih kecil, mungkin bisa menggerakan tubuh kamu untuk memulainya.

Usaha bumbu jadi sudah ramai di pasar, ide ini bisa kamu bawa ke daerah rumah kamu agar mereka tidak perlu jauh jauh ke pasar.

Bumbu-bumbu seperti:

  1. Bumbu rendang
  2. Bumbu rawon
  3. Bumbu opor ayam
  4. Bumbu soto
  5. Dan masih banyak lagi

Bisa menjadi peluang yang bagus untuk kamu karena kebutuhan ibu-ibu yang malas membuat bumbu untuk masak, akan berdatangan ke kamu. Yang menjadi menarik adalah, kamu hanya perlu membuat satu bumbu dasar (bumbu putih, merah, kunyit, dll) dan menjadikannya menjadi satu sesuai resep yang diminta.

Untuk Ibu yang Punya Anak Kecil

ibu gendong anak bayi

Memiliki anak kecil adalah pekerjaan yang paling menyibukkan, belum lagi kamu harus mengurus suami, dan membereskan rumah.

Tapi, hal ini bukan menjadi hambatan kamu untuk tidak bisa memiliki bisnis sendiri, lho!

Banyak ibu-ibu hebat di luar sana yang bisa mengembangkan bisnisnya hingga meraih omzet puluhan juta, dan ia memiliki buah hati.

Mereka bisa, bukan berarti kamu tidak bisa. Berikut ide cemerlang pilihan untuk kamu!

4. Penyedia kos-kosan

Jika kamu memiliki rumah yang sedikit luas, atau punya modal untuk meluaskan rumah kamu, bisa kamu jadikan menjadi kos-kosan.

Cocok banget untuk kamu yang tinggal di dekar perkantoran, atau kampus. Karena mereka pasti akan sangat butuh tempat tinggal di dekat sana.

Mungkin kamu bisa membuat kos-kosan khusus wanita, atau pria, atau bahkan khusus karyawan dan membatasi tamu yang masuk agar kamu juga nyaman.

Kamu hanya diam di rumah dan mengurusi anak, usaha kos-kosan kamu bisa jalan dengan sendirinya.

5. Toko Kelontong

toko kelontong

Membuka usaha toko kelontong di rumah bisa jadi ide yang bagus juga untuk kamu, kamu bisa membuka toko kamu sesuai dengan kesibukan kamu dalam mengurus rumah, jadi kamu juga tidak terbebani.

Toko kamu bisa kamu isi dengan barang-barang sembako seperti minyak, beras, gas, bumbu masakan cepat saji, dan yang pasti ada peminatnya adalah mie instan. Selain itu, kamu juga bisa mengisi toko kamu dengan jajanan yang disukai anak kecil. Jika yang datang ke toko kamu adalah ibu dengan anaknya, otomatis ibunya beli, anaknya juga pasti kepingin untuk jajan

Ya, begitulah anak kecil. Jadi inget masa lalu, ya? Hehe

Bisnis Online Tanpa Modal

Bisnis yang satu ini sudah memasuki eranya, semua pegiatnya akan sangat dimudahi dengan adanya bisnis online. Industri yang memiliki permintaan yang besar dan tidak ada matinya adalah bisnis fashion dan kuliner, yang mana juga sangat digemari oleh wanita.

Bisnis online bisa menjadi bisnis sampingan Ibu rumah tangga, karena tidak perlu repot keluar rumah, kamu sudah bisa mengoperasikannya.

Berikut adalah jenis bisnis online pilihan yang sangat memudahkan kamu!

6. Dropshipper

Mau bisnis fashion?

Dengan sistem dropship anda bisa sangat dimudahkan karena:

  1. Modal sangat kecil, bahkan bisa tidak sama sekali
  2. Kamu tidak perlu nyetok barang dan khawatir jika tidak habis dan menumpuk
  3. Kamu bisa sambil istirahat dan mengurus buah hatimu di rumah saja

Untuk kamu yang kurang paham alur bisnis dropship ini, bisa kamu lihat gambar di bawah ini

Alur dropship
Sumber: Brilio

7. Penulis lepas

Kamu adalah ibu rumah tangga yang suka menulis, atau bahkan kamu pernah aktif menulis di masa sekolah dulu? Diluar itu adalah bakat kamu atau tidak, kesukaan dan pengalaman kamu dalam menulis bisa membuahkan pundi-pundi rupiah saat ini

Sudah banyak sekali website atau media online yang menyediakan platform untuk kamu yang suka menulis artikel, dan mendapatkan bayaran dari setiap artikel yang berhasil di-publish.

Beberapa website-nya bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini:

Nah, jadi itu dia usaha sampingan ibu rumah tangga paling santai yang bisa kamu lakukan sekarang juga!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com