Peluang Bisnis Online

Peluang Bisnis Online

Pada era internet seperti saat ini peluang bisnis semakin beragam, salah satu yang bisa kamu ambil adalah peluang bisnis online.

Peluang ini hadir berkat berkembangnya teknologi. Di era teknologi ini pun banyak orang menjatuhkan pilihannya pada bisnis online ini.

Alasannya beragam, namun sebagian besar mengatakan bahwa mereka berbisnis online karena bisnis ini tidak memerlukan lahan atau tempat yang besar, waktu kerja yang fleksibel, bisa dilakukan di rumah, serta peluang untuk mendapat keuntungan yang besar pastinya.

Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Mahasiswa, apalagi yang sedang di perantauan terkadang membutuhkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhannya. Berbisnis online pun menjadi salah satu pilihan untuk mencari uang tambahan. Ini yang bisa  dilakukan oleh mahasiswa untuk bisnis online

1. Freelancer

freelancer
source : freepik

Keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari perkembangan internet adalah memanfaatkan platform penyedia layanan pekerja lepas atau freelancer.

Di platform ini, kamu hanya perlu mendaftarkan diri sebagai freelancer dan memilih pekerjaan yang tersedia yang ditawarkan di platform tersebut.

Terdapat berbagai pilihan pekerjaan yang bisa diambil, diantaranya adalah penerjemah, penulis konten, data entry, asisten virtual dan lainnya.

Platform yang menyediakan freelance juga cukup banyak, mulai dari situs freelance internasional dengan pengguna yang tersebar dari seluruh dunia maupun situs freelance lokal.

2. Menjadi Tutor/Guru Online

menjadi tutor online
source : pexels

Untuk yang tertarik pada bidang pendidikan, perkembangan teknologi juga bisa dimanfaatkan lho. kamu bisa membuat bisnis bimbel online.

Melalui hadirnya bimbel online, kegiatan belajar mengajar pun tidak bisa dihalangi oleh ruang dan waktu. dengan keuntungan tersebut pun membuat bisnis ini menjadi tren baru.

Bisnis Online Sampingan

Jika pendapatan utama kamu masih terasa kurang, kamu bisa mencoba beberapa bisnis online sampingan untuk menambah pendapatan kamu.

3. Desainer Grafis

desainer grafis
source : freepik

Sebagian besar media promosi dalam tiap usaha membutuhkan tampilan yang menarik agar mau dilirik konsumen. Untuk membuat hal tersebut terjadi, jasa grafis desainer lah yang bisa mewujudkannya.

Melihat dari kebutuhan tersebut, jasa desain grafis merupakan peluang bisnis online yang cukup besar. Kamu bisa memulainya dengan mengambil proyek freelance desain grafis, atau membuat agensi studio yang khusus bekerja dalam industri desain grafis ini.

Grafis desainer pun bisa menjadi kontributor stock desain, yaitu template desain yang bisa dibeli dan dikostumisasi oleh penggunanya. Jenisnya pun beragam, bisa berbentuk business card, flyer, brosur, icon, logo, dan lain-lain.

Maka dari itu, coba investasikan waktumu untuk belajar desain grafis.

4. Kontributor Stock Photo

kontributor stock photo
source : pexels

Masih berkaitan dengan menjadi kontributor stock desain yang dibahas sebelumnya.

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi juga bisa menyalurkan hobi tersebut dan berpotensi untuk dijadikan bisnis dengan menjadi kontributor stock photo. Dengan begitu, kamu bisa menjual foto-foto yang kamu ambil.

5. Berjualan Online

berjualan online
source : pexels

Berjualan online pada dasarnya sama seperti berjualan offline seperti biasa, bedanya di sini kamu lebih memanfaatkan teknologi untuk menunjang kegiatan bisnis kamu.

Misalnya kamu sedang mencoba bisnis makanan ringan. Kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai media promosi dan komunikasi untuk bisnis kamu sebagai basic berjualan online. Segala pelayanan dan pesanan diatur melalui media sosial.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan platform e-commerce untuk melayani pesanan dari pelanggan kamu. Penggunaan e-commerce ini juga dapat menjamin keamanan selama bertransaksi.

Lebih jauh lagi, kamu juga bisa membuat website toko online kamu sendiri dengan membeli domain dan hosting untuk website toko online kamu.

Peluang Bisnis Online Modal Kecil

Selain fleksibel dan tidak memerlukan tempat yang besar. Sebagian bisnis online ini bisa dimulai dengan menggunakan modal kecil. Lalu, peluang bisnis online apa saja itu?

6. Usaha Dropship

dropship
source : indianretailer

Usaha Dropship hampir sama dengan berjualan online, kamu memanfaatkan berbagai platform media atau e-commerce di internet untuk membantu bisnis kamu.

Namun perbedaan utama terletak pada stok barang yang dijual. Dalam usaha dropship, kamu hanya perlu menjual barang milik produsen atau supplier dengan harga yang kamu tentukan sendiri dan mencatat segala pesanan untuk mereka.

Selanjutnya pihak supplier lah yang akan mengirimkan barang tersebut ke konsumen.

7. Blogger

blogging
source : freepik

Di era yang serba cepat ini, banyak orang membutuhkan informasi yang cepat dan instan, tulisan dalam artikel blog pun menjadi salah satu referensi dalam pencarian informasi. Melihat ini, banyak orang yang memutuskan untuk menulis berbagai artikel di blog mereka.

Selain bisa berbagi informasi, mengelola blog juga bisa mendapatkan keuntungan dengan mendaftarkan blog yang kamu miliki untuk menjadi publisher iklan. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan uang dari iklan yang tayang di blog kamu.

Selain meilaui iklan, pendapatan dari bisnis ini juga bisa didapatkan dengan memuat artikel bersponsor. Yaitu menulis artikel yang berkaitan dengan produk atau jasa milik orang lain. Biasanya tulisan tersebut berbentuk review.

8. Mempublikasikan E-book

mempublikasikan e book
source : unsplash

Masih berada dibidang tulis menulis, kamu juga dapat mencari peluang bisnis online dengan membuat e-book yang berisikan hasil karya kamu sendiri.

Proses publikasinya pun mudah dan murah, tidak seperti publikasi buku cetak di mana kamu perlu mendaftarkannya ke penerbit dan melakukan serangkaian proses lainnya. Dengan e-book kamu pun bisa mempublikasikan buku kamu sendiri.

Peluang Bisnis Online Menguntungkan

Dari sekian banyaknya peluang bisnis online, beberapa peluang tersebut ternyata tengah menjadi tren akhir-akhir ini. Tren ini naik tentu karena bisnis online ini menguntungkan.

9. Podcaster

podcaster
source : pexels

Suka membuat cerita-cerita menarik? Atau mengobrol dengan topik yang tidak biasa? Maka membuat siaran podcast adalah pilihan yang tepat untuk menyalurkan hal tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menarik keuntungan dari konten-konten podcast yang kamu buat. Sama halnya seperti membuat blog, di media yang hampir mirip seperti radio ini kamu bisa memuat iklan yang nantinya menjadi sumber pendapatan dari podcast kamu.

Atau, kamu juga bisa menggaet sponsor berbayar untuk bekerjasama dengan konten podcast kamu.

10. Menjadi YouTuber

menjadi youtuber
source : youtube

Peluang bisnis online lain yang bisa kamu tekuni adalah dengan menjadi YouTuber. Yup, menjadi YouTuber bisa menjadi pilihan usaha. Bahkan menjadi YouTuber sudah menjadi cita-cita bagi sebagian generasi millennial.

Hal ini jelas karena pendapatan yang bisa didapatkan hanya dengan membuat konten video di platform tersebut bisa sangat menjanjikan.

Dilansir dari ekrut.com, sumber pendapatan yang bisa dihasilkan dari konten video YouTube adalah $30 dolar per 2000 tayangan, bayangkan jika kamu mendapatkan ratusan ribu atau bahkan jutaan tayangan dari tiap video yang diupload.

Untuk memulai usaha menjadi YouTuber pun bisa kamu mulai hanya dengan bermodalkan kamera smartphone serta aplikasi yang bisa diunduh secara gratis untuk mengedit video kamu agar menarik untuk ditonton.

Jika YouTube kamu sudah mulai berkembang, kamu bisa mulai mengupgrade peralatan untuk membuat konten YouTube kamu agar lebih bagus.

11. Mengembangkan Aplikasi

pengembang aplikasi
source : freepik

Seiring dengan semakin canggihnya smartphone, penggunaan aplikasi mobile saat ini juga semakin meningkat. Mengembangkan aplikasi mobile pun bisa menjadi pertimbangan untuk memulai bisnis online.

Kamu bisa membuat aplikasi yang bisa membantu produktivitas orang-orang ataupun sebuah game. Pastikan Kamu memberikan sesuatu yang unik untuk diberikan yang menjadi ciri khas aplikasi buatan Kamu.

12. Jual Beli Website

jual beli website
source : conecracker

Website merupakan salah satu aset penting dalam perusahaan di era sekarang. Dengan memiliki website sendiri, sebuah perusahaan akan lebih dipercaya oleh banyak orang. Terlebih lagi jika website tersebut memiliki tampilan yang meyakinkan.

Maka dari itu, bagi kamu yang jago ngoding tidak ada salahnya untuk mencoba usaha ini, jual beli website. Untuk memulainya kamu bisa membuat dan meningkatkan performa website baru dari nol.

Lalu, bisa juga membeli domain website yang sudah ada, kemudian mempercantiknya dan menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi, istilah ini biasa disebut flipping.

Jika belum ada modal, kamu bisa mengambil proyek pembuatan website di situs freelancer.

Demikian 12 ide bisnis online yang bisa kamu terapkan. Semoga kamu bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan ide bisnis online ini yaa. Share artikel ini jika bermanfaat.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com