Impor Produk Holtikultura? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Impor Produk Holtikultura? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Indonesia telah lama menjadi salah satu negara tujuan impor produk hortikultura. Impor yang dilakukan Indonesia bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan pangan berkualitas. 

Dalam kasus impor produk hortikultura, komoditas yang paling penting untuk memenuhi keseimbangan pangan yakni sayur dan buah-buahan. komoditas ini harus tersedia dalam jumlah yang cukup, aman, mutu yang terjamin, harga terjangkau serta mudah diakses. 

Bagi para negara pengimpor, Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai konsumen produk hortikultura. Selain itu komoditas hortikultura juga disebut memiliki nilai ekonomi tinggi yang mampu meningkatkan pendapatan petani baik itu yang berskala kecil, menengah atau besar. 

Dimasa mendatang produk hortikultura akan memegang peranan penting dalam pemulihan perekonomian Indonesia jika dilihat dari keunggulan komparatif dan kompetitifnya. 

Nah, jika Kamu adalah seorang yang melirik pasar impor produk hortikultura, Ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dulu. Berikut ulasannya!

Baca juga : menjadi eksportir pemula

Apa yang dimaksud dengan produk hortikultura?

produk holtikultural obat

Hortikultura tentu saja sering kita dengar. Istilah ini sering muncul ketika berbelanja ke supermarket atau pasar atau tepatnya ketika kita berada di bagian sayur dan buah. Namun produk hortikultura tak sebatas sayur dan buah saja melainkan tanaman hias, obat-obatan dan sebagainya. 

Hortikultura secara sederhana diartikan sebagai budidaya tanaman kebun menggunakan teknik modern yang meliputi pembenihan, pembibitan, produksi, memberantas hama, kultur jaringan, panen, pengemasan hingga pendistribusian. 

Metode ini bertujuan memenuhi kebutuhan pangan dan juga obat-obatan. Namun komoditas pertanian ini juga digunakan sebagai pemenuh kebutuhan estetika semisal tanaman hias. 

Pemilihan tanaman hortikultura biasanya yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan dibuat skala besar. Jenis tanaman juga harus yang memiliki potensi dan peluang pasar cukup besar.

Jenis tanaman Hortikultura

Ada banyak jenis tanaman atau tumbuhan yang bisa dibudidayakan menggunakan metode modern hortikultura ini. Secara umum komoditas impor produk hortikultura ini dibedakan menjadi 4 yaitu: 

  1. Sayuran atau olerikultura

    Kebutuhan akan sayur selalu tinggi. Apalagi kini kian banyak orang yang sadar pentingnya gaya hidup sehat. Kandungan nutrisi dalam sayuran sangat baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.
    Pertanian menggunakan metode hortikultura mampu menghasilkan sayur dalam jumlah besar. Ada dua jenis sayuran yang ditanam menggunakan metode ini yakni sayuran musiman dan tahunan.
    Contoh sayuran musiman yakni bawang merah, sayur kol, wortel dan lain sebagainya. Sedangkan contoh sayuran tahunan seperti jengkol, petai, dan melinjo. 

  2. Buah atau Frutikultur

    Buah juga termasuk tanaman yang dibudidayakan dengan metode hortikultura. Sama halnya dengan sayuran, buah juga dibedakan menjadi dua yakni musiman dan sepanjang tahun.
    Contoh buah musiman seperti rambutan, mangga dan durian. Sedangkan contoh buah sepanjang tahun yakni belimbing, anggur, salak, nanas, dan lain sebagainya. 

  3. Tanaman hias atau Florikultura

    Tanaman hortikultura tak melulu seputar buah dan sayur, namun juga bunga. Beberapa jenis tanaman bunga yang dijadikan bunga hias antara lain anggrek, mawar, melati, dan lain sebagainya. 

  4. Tanaman obat atau biofarmaka

    Budidaya hortikultura juga menghasilkan produk obat-obatan. Tumbuhan yang dimaksudkan digunakan sebagai obat sebelumnya telah diriset kandungannya. Beberapa jenis tumbuhan obat yang bisa ditemui dengan mudah antara lain jahe, kunyit, lengkuas dan serai.
    Selain dijadikan sebagai tanaman obat, tanaman ini juga kerap dijadikan sebagai bumbu masak. 

Manfaat tanaman hortikultura untuk Indonesia

Banyak manfaat yang bisa diambil dari budidaya tanaman menggunakan metode hortikultura. Berikut beberapa fungsi dan juga manfaatnya. 

  1. Menyediakan pangan

    Budidaya hortikultura mampu memproduksi beragam jenis sayur dan buah yang nantinya akan digunakan untuk masyarakat luas. Dari sini kita bisa melihat jika pertanian modern mampu memberikan rangka yang bermanfaat. 

  2. Menunjang perekonomian

    Tingginya permintaan akan produk hortikultura membuat perekonomian turut naik. Petani akan memperoleh penghasilan sehingga kesejahteraan ekonomi keluarga bisa terangkat.
    Selain itu bagi para importir, tentu saja dengan laris manisnya produk hortikultura di Indonesia bisa meningkatkan pendapatan mereka. 

  3. Menunjang kesehatan

    Komoditas hortikultura satu ini disebut mampu meningkatkan kualitas kesehatan. Produk tumbuhan herbal akan diolah sedemikian rutin menjadi obat-obatan herbal yang aman dikonsumsi. 

Dampak impor produk hortikultura

Setiap keputusan pasti ada imbas atau dampak, baik itu positif ataupun negatif. Keputusan kebijakan impor produk hortikultura misalnya. Dampak negatif dari keputusan atau kebijakan ini membuat petani lokal lebih tertekan. Salah satu alasannya karena harga. 

Produk impor biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk lokal. Hal ini membuat para petani lokal harus mengikuti harga produk impor dipasaran. Seringkali harga yang terpaut jauh membuat para petani pun merugi. 

Jika dampak negatif menjurus ke petani, maka dampak positif cenderung memihak masyarakat. Disini masyarakat akan lebih diuntungkan karena akan lebih banyak pilihan produk. 

Adanya produk impor ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, Dengan adanya kebijakan ini tentu akan menimbulkan persaingan dan diharapkan mampu menjadikan hal ini sebagai motivasi bagi para petani lokal untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksinya.

Impor Produk Hortikultura bersama Mister Exportir

Impor produk hortikultura telah berlangsung lama. Namun semenjak pandemic, permintaan mulai meningkat. Dan diperkirakan jumlah impor ini akan masih terus bertambah. 

Impor produk hortikultura menjadi salah satu bisnis dengan peluang tinggi. Harga yang terjangkau dan kualitas yang terjamin menjadikan banyak orang memilih produk hortikultura dibanding produk petani lokal. 

Melihat peluang ini, rugi jika Kamu tidak mencobanya. Sayangnya jika ingin mencoba berbisnis impor produk hortikultura, ada banyak persyaratan yang harus diurus. Namun persyaratan ini bisa diatasi dengan mudah jika Kamu berpartner dengan Mister Exportir.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge