Usaha Laundry Kiloan

Usaha Laundry Kiloan

Di masa kini, sudah ada banyak kesempatan bisnis yang bisa anda lakukan dari rumah sendiri. Salah satunya tentu saja adalah peluang usaha Laundry Kiloan. Usaha ini tak hanya bisa diampu oleh kalangan berada karena sebenarnya bisnis ini tidak membutuhkan terlalu banyak modal. 

Usaha laundry cocok dijalankan dimana saja. Dulu, usaha ini terkesan laku hanya di kawasan perkotaan. Padahal, anda juga bisa menjajakan jasa cuci baju pada lingkungan desa.

Ternyata usaha ini memang laris dimana saja asalkan anda menjalankannya di daerah yang berpenghuni. Perumahan dan perkampungan menjadi pilihan bagus untuk memulai. 

Sama seperti peluang usaha lainnya seperti usaha frozen food atau yang lainnya, anda harus pandai-pandai mengatur konsep usaha sebelum menjalankannya. Banyak sekali hal dan faktor-faktor yang perlu menjadi bahan pertimbangan.

Bagaimanapun, anda pasti ingin usaha dapat terus menerus berkembang dengan lancar bukan? Jangan sampai berhenti di tengah perjalanan menuju sukses. 

Anda dapat mengaplikasikan banyak sekali kiat bisnis dalam usaha laundry kiloan. Tapi, jika anda memang sudah memiliki komitmen untuk menjalankan usaha ini maka anda harus melakukan analisa secara mendalam untuk memulainya dengan baik. 

Analisa usaha laundry kiloan

Analisa usaha laundry kiloan
gambar: pixabay

Menjalankan sebuah usaha berarti harus tabah melakukan analisa. Ini tidak akan hanya dilakukan pada saat mengawali bisnis. Anda akan membutuhkan analisa usaha secara berkala. Karena, anda harus terus mencari peluang dan mengikuti lead baru demi pengembangan usaha anda. 

1. Menganalisa lokasi usaha anda 

Sebelum anda benar-benar menjalankan usaha Laundry, anda pasti sudah punya gambaran tentang lokasi yang akan anda gunakan untuk membuka ruang jasa ini. Laundry tidak membutuhkan ruangan yang terlalu luas. Jadi, anda tidak perlu repot-repot menyiapkan lokasi yang terlalu besar juga. 

Bahkan untuk menghemat modal awal, anda bisa memilih menjalankan usaha ini di rumah anda sendiri. Yang terpenting, siapkanlah sebuah space atau ruangan kecil yang memiliki saluran air.

Hal yang utama dalam menentukan lokasi usaha laundry adalah ketersediaan airnya. Jika air di lokasi tersebut terlalu minim maka anda harus mencari tempat lain atau memikirkan solusi bagaimana menyediakan air. 

Sebagai bahan pertimbangan, anda bisa saja melakukan instalasi sumur dan memasang pompa. Ini bahkan akan menguntungkan sekalipun anda sudah tinggal di daerah dengan PDAM yang lancar. Karena, jika sewaktu-waktu air PDAM mati anda bisa segera mengalihkan saluran air ke sumur sendiri. 

Memilih lokasi dengan air yang jarang pun bisa menguntungkan. Karena artinya penduduk sekitar tempat anda juga memiliki masalah air yang sama. Hasilnya, bisnis laundry anda mungkin dapat menjadi solusi bagi kebutuhan penduduk setempat. 

Intinya, semua ada untung ruginya. Anda perlu mengambil keputusan setelah melakukan pertimbangan masak-masak. Kira-kira lokasi mana yang akan anda pilih? Ini adalah keputusan paling awal yang perlu anda buat sebelum mengejar sebuah peluang usaha Laundry kiloan. 

2. Analisa target pasar anda

Analisa target pasar anda
gambar: pixabay

Setelah anda menentukan lokasi usaha, tahap kedua adalah melakukan analisa target pasar anda. Prioritas utamanya adalah penduduk yang tinggal di sekitar lokasi anda. Cari tahu apa ketertarikan dan kesibukan mereka sehari-hari untuk menentukan bahasa promosi yang tepat bagi bisnis anda. 

Anda bisa melakukannya dengan membagi-bagi kuesioner. Namun, hal ini pasti akan dirasa terlalu resmi bagi penduduk kalangan tertentu. Dalam kasus tersebut mungkin yang perlu anda lakukan adalah berkomunitas dengan tetangga anda lalu mencari tahu peluang promosi usaha yang tepat. 

Apa saja yang perlu anda tanyakan ketika hendak melakukan analisa pada target market usaha laundry? 

  • Daya beli – data ini nantinya akan mempermudah anda dalam melakukan penentuan tarif jasa laundry kiloan. 
  • Interest/hobi/ketertarikan – pemetaan ini dapat membantu anda untuk menyusun materi pemasaran jasa dengan baik. 
  • Usia, gender, dan jenis pekerjaan – Ini akan membantu anda dalam memutuskan pendekatan bisnis yang diperlukan. Karena, pendekatan bisnis pada kalangan mahasiswa tentu tidak akan sama dengan ibu-ibu rumah tangga. 

3. Membuat konsep usaha 

Setelah data lokasi dan data target pasar didapatkan anda dapat mulai membuat konsep usaha. Anda akan membutuhkan banyak sekali waktu saat melakukan langkah ketiga ini. Banyak hal yang harus disusun sedini mungkin sehingga pada saat usaha mulai dibuka tidak akan ada kesalahan yang terlalu fatal. 

Pertama-tama, anda harus terlebih dahulu menentukan work flow laundry kiloan. Maksud dari work flow adalah proses tindakan layanannya.

Ini berkaitan erat dengan standar prosedur yang nanti akan diterapkan saat melakukan pelayanan. Panduan step-by-step inilah yang akan menjadi guidelines dan menjaga kualitas layanan anda tetap prima. 

Jika perlu anda harus menuliskan panduan ini dan menjadikannya sebuah SOP. Ini penting apalagi jika nantinya anda akan menggaji karyawan untuk menjalankan seluruh proses layanan.

Dengan adanya SOP maka karyawan akan dapat lebih mudah mempelajari job desk-nya. Tak hanya itu, mereka juga akan tahu apa yang perlu dilakukan saat sebuah masalah terjadi. 

Selain permasalahan yang berhubungan dengan workflow, anda juga perlu menyelesaikan persoalan administratif pada tahap ini. Mulailah menyusun pembukuan serta menyelesaikan surat menyurat. Kantongi izin dari pihak-pihak yang diperlukan. Dan, jangan lupa untuk mengarsipkannya dengan baik. 

Mulailah merapikan ruangan kerja anda dan atur standar kebersihannya. Pastikan untuk menyusun prosedur pembersihan setiap hari. Ruangan kerja yang bersih akan membuat pegawai anda lebih bersemangat dalam bekerja. Tak hanya itu, hasil laundry pun akan terjaga kebersihannya jika dilakukan pada ruangan yang terjaga. 

Susun dan pesanlah semua perangkat pemasaran. Termasuk spanduk atau neon box yang akan anda taruh di bagian depan tempat usaha anda.

Ada baiknya untuk menyewa jasa profesional untuk membuat desain logo usaha serta segala perangkatnya. Wadah pengemasan hasil laundry kiloan pun harus anda pertimbangkan dengan baik. Karena, kemasan adalah sebagian dari marketing. 

4. Menyusun biaya operasional untuk peluang usaha laundry kiloan 

Menyusun biaya operasional untuk peluang usaha laundry kiloan 
gambar: pixabay

Untuk melakukan penghitungan biaya operasional, anda perlu menjumlahkan total dari sejumlah hal berikut ini: 

  • Harga listrik – hitunglah perkiraan harga listrik dari mesin cuci, pengering, dan setrika yang anda pakai. 
  • Karyawan – hitung biaya upah karyawan cuci baju serta setrika yang nantinya akan anda sewa karena tidak mungkin anda melakukan semuanya sendirian. 
  • Detergen dan pewangi – hitung kebutuhan deterjen dan pewangi yang biasanya anda butuhkan untuk menjalankan usaha. 
  • Harga air – perkiraan biaya untuk membayar air yang anda lakukan per bulannya. 

Dari penjumlahan biaya di atas anda harus membaginya menjadi biaya produksi per kilo laundry-an. Setelah anda mengetahui biayanya anda dapat menambahkan persentase keuntungan sesuai yang diinginkan. 

Dalam menentukan persentase keuntungan anda dapat menggunakan data target pasar sebagai referensi. Data daya beli ini dapat membantu anda membikin persentase.

Ini dilakukan untuk menghindari mematok harga jual yang tidak sesuai dengan target pasar. Harga yang terlalu mahal maupun terlalu murah akan kontraproduktif dalam pengembangan peluang usaha laundry kiloan anda.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin membuka usaha laundry kiloan. Semoga beberapa tips yang sudah kami sebutkan ini bisa membantu rencana usaha laundry kamu yaa!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download