Kesalahan dalam ekspor impor tentu harus dihindari karena bisnis impor dan ekspor adalah bisnis menguntungkan. Adanya peluang tak terbatas bagi pelaku ekspor impor tentunya harus dimanfaatkan, asal mereka memiliki pengetahuan dan sumber daya cukup dalam bisnis ini.

Siapapun yang sudah sukses sebagai importir atau eksportir yang sukses tentu sudah mengalami banyak tantangan. Pastinya, mereka telah mengenali kesalahan dalam ekspor impor sejak awal sehingga mereka belajar dari pengalaman.

Baca juga : Prosedur Ekspor Impor dengan Indonesia National Single Window

Kesalahan Dalam Ekspor Impor Yang Perlu Diwaspadai

Jika Anda adalah salah satu pengusaha yang ingin segera memulai bisnis ekspor atau impor, simak beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan calon eksportir atau importir. Beberapa poin penting yang sering terjadi karena ketidaktahuan adalah sebagai berikut:

Tidak Menggunakan Fasilitas Asuransi Kargo

Salah satu kesalahan yang perlu diwaspadai adalah tidak berinvestasi dalam asuransi kargo. Tidak sedikit importir dan eksportir yang mengabaikan pentingnya asuransi untuk pengiriman mereka. Alasannya adalah menghemat biaya.

Mereka mungkin tidak menyadari bahwa banyak hal dapat terjadi pada kiriman mereka, segera setelah barang tersebut dalam perjalanan.

Bahaya yang bisa muncul adalah barang yang dicuri, kapal tenggelam, unit peti kemas jatuh ke laut serta perubahan cuaca dapat menyebabkan kerusakan permanen pada produk.

Kapitalisasi Rendah

Kegiatan ekspor, terutama impor membutuhkan banyak modal sebelum importir merasakan keuntungan. Beberapa biaya signifikan termasuk pembayaran bea sebelum mengambil barang, membayar semua biaya pengiriman dan banyak lagi. Terlebih, sebagai importir baru, mereka mungkin belum memiliki fasilitas jangka waktu pembayaran yang panjang dari supplier.

Cara untuk mengatasi kesalahan dalam ekspor impor ini adalah importir atau eksportir perlu memiliki bisnis domestik yang sudah ada, lengkap dengan aset dan arus kas yang cukup. Hal ini perlu untuk menopang tahap awal rencana bisnis impor.

Importir pemula perlu memiliki aset cukup untuk membiayai operasional di enam bulan pertama.

Menandatangani Kontrak Dengan Partner dengan Reputasi yang Meragukan

Banyak importir atau eksportir pemula ingin mengembangkan bisnis ekspor impor, tetapi tidak mengetahui reputasi klien. Apabila hal ini dianggap tidak penting, maka eksportir atau importir berisiko terlibat kerugian. Perlu diwaspadai bahwa banyak perusahaan berusaha menarik importir atau eksportir dengan profil perusahaan dan portofolio produk palsu.

Cara mengatasinya adalah dengan mempelajari profil calon klien serta mengecek reputasi atau legitimasi klien melalui agen jasa ekspedisi yang sudah terpercaya. Dengan demikian pelaku bisnis dapat meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Tidak Mempelajari Incoterms

Tidak banyak eksportir dan importir yang memahami Incoterms. Padahal, Incoterms sangat penting untuk memberikan pengetahuan tentang bisnis dagang antar negara.

Incoterms adalah peraturan yang diberlakukan secara global dimana peraturan ini mengatur tanggung jawab importir dan eksportir. Incoterms membantu pelaku bisnis antar negara untuk menghindari pembengkakan biaya-biaya karena ketidaktahuan.

Incoterms dibuat oleh International Chamber of Commerce (ICC) yang mengatur perdagangan internasional.

Mengetahui Barang yang Tidak Boleh Diekspor atau Diimpor

Baik eksportir dan importir harus tahu tentang barang-barang yang dilarang untuk diimpor atau diekspor. Tidak sedikit pengusaha yang mengimpor barang dimana ternyata barang tersebut adalah barang yang dilarang diimpor ke Indonesia.

Hal serupa juga terjadi pada eksportir yang mencoba mengirim produksi mereka, namun ternyata negara tujuan tidak dapat menerimanya karena tidak memenuhi syarat.

Para pelaku bisnis ekspor impor dapat mencari informasi ini dari situs Kementerian Perdagangan, atau berkonsultasi dengan jasa ekspedisi yang sudah lama menjalani bisnis ini. Ekspor impor adalah bisnis kompleks dengan keuntungan yang luar biasa. Pelaku ekspor impor harus menggandeng jasa penyedia layanan berpengalaman dalam menangani semua transaksi ekspor impor.

Misterexportir Siap Menjadi Partner Bisnis Ekspor Impor

Eksportir dan importir dapat menghindari kesalahan dalam ekspor impor jika mereka menggunakan jasa ekspedisi yang tepat seperti Misterexportir. Selama puluhan tahun, Misterexportir hadir untuk menjadi partner bisnis para eksportir dan importir di seluruh Indonesia. Dengan jaringan di lebih dari delapan puluh negara di seluruh dunia, Misterexportir siap untuk meminimalisir risiko serta memaksimalkan keuntungan para pelaku bisnis ekspor impor

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge