Mengetahui Syarat Penyerahan Barang (Incoterms) Ekspor Impor Lebih Detail

Mengetahui Syarat Penyerahan Barang (Incoterms) Ekspor Impor Lebih Detail

Syarat Penyerahan Barang (Incoterms) – Hallo sahabat Mister Exportir yang kami banggakan, slaam sejahtera semuanya. Terimakasih telah main ke laman situs dan artikel berikut ini. Semoga apa yang ingin anda ketahui seputar ekspor impor dapat anda temui dilaman ini.

Khususnya pada urusan pengeluaran barang dari area pabean Indonesia, untuk para calon eksportir atau eksportir pemula, kita tentu dituntut untuk lebih banyak membaca dan memahami baik itu situasi maupun kondisi dalam proses ekspor barang.

Syarat Penyerahan Barang
Syarat Penyerahan Barang Internasional (INCOTERM) – Mister Exportir

Secara kebetulan sahabat Mister Exportir, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang syarat penyerahan barang atau “incoterms” pada sektor perdagangan internasional yang harus kita pahami dan ketahui bersama.

 

 

Mengetahui Syarat Penyerahan Barang Dalam Perdagangan Internasional

Pada sektor perdagangan internasional baik itu ekspor maupun impor barang, pasti ada beberapa aturan yang mengatur mengenai penyerahan barang atau yang disebut juga sebagai international commercial terms atau incoterms.

Syarat Penyerahan Barang
Mengetahui Syarat Penyerahan Barang Dalam Perdagangan Internasional – Mister Exportir

Lalu, apa yang dimaksud incoterms? Incoterms merupakan seperangkat aturan yang terdiri dari 11 terma perdagangan komersil yang menjelaskan seputar tanggung jawab antara kedua belah pihak yaitu penjual / eksportir dan pembeli / importir selama terjadinya transaksi internasional.

 

 

Mengapa Incoterms Sangat Penting?

Selain menjadi seperangkat aturan- aturan yang mengatur seputar tanggung jawab kedua belah pihak dalam melakukan transaksi perdagangan internasional, ternyata Incoterms juga merupakan sebuah persyaratan pada setiap faktur komersial tunggal pada urusan ekspor maupun impor barang sehingga dapat mengurangi resiko kesalahpahaman yang merugikan pihak lainnya.

Selain itu, adapun beberapa hal yang mencangkup ruang lingkup incoterms terhadap proses terjadinya transaksi internasional yaitu seperti menguraikan tugas antara pihak eksportir dan importir, resiko antara kedua belah pihak, dan biaya yang bersangkutan selama transaksi pembelian atau penjualan skala global.

Oleh karena itu, sebagai calon eksportir atau eksportir pemula, ada baiknya kita mempelajari lebih dalam dan memahami betul seputar syarat penyerahan barang internasional / incoterms demi menjaga profesionalitas kita dalam bertransaksi secara global dan terhindar dari kesalahpahaman antara pihak kita dengan buyer diluar negeri.

To be Continued…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com