Inilah Tips Menentukan Harga Jual Export, Lengkap!

Inilah Tips Menentukan Harga Jual Export, Lengkap!

Tips Menentukan Harga Jual Export- Kegiatan ekspor yang dilakukan oleh Indonesia kini telah menunjukkan peningkatan yang signifikan. Selain itu, banyak dari pengusaha yang suskes karena produk-produknya yang berhasil memasuki pasar gobal dan dipercaya banyak konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa kemajuan kegiatan ekspor yang dilakukan oleh Indonesia telah berkembang dan berdampak baik.

Tips Menentukan Harga Jual Export
Tips Menentukan Harga Jual Export-Mister Exportir

Negara-negara yang menjadi tujuan kegiatan ekspor Indonesia tersebar dari negara tetangga hingga negara di belahan Eropa. Selain menjalin hubugan ekonomi yang saling menguntungkan, Indonesia juga kerap kali mempererat hubungan kerja sama di bidang lainnya. Itulah sebabnya mengapa banyak sekali konsumen luar negeri yang memercayakan kebutuhannya pada Indonesia.

Dari hal-hal tersebut, banyak sekali pengusaha-pengusaha yang ingin mengikutsertakan produk-produk dan komoditasnya ke ranah ekspor. Namun, sebelum memutuskan untuk mengekspor produk-produk tersebut ke luar negeri, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tips menentukan harga jual export sebelum memutuskan mengekspor produk ke luar negeri. Simak pembahasannya di bawah ini.

Komoditas yang Dapat Diekspor dan Diminati Produsen

Untuk melakukan kegiatan ekspor, seorang eksportir sebaiknya mengetahui komoditas apa saja yang dapat memasuki pasar global. Hal ini bertujuan agar produk tersebut dapat bersaing di pasar global. Berikut ini beberapa komoditas yang biasanya diekspor ke pasar global.

Komoditas Pertambangan

Tips Menentukan Harga Jual Export
Tips Menentukan Harga Jual Export-Mister Exportir

Komoditas ini banyak ditemukan di daerah Indonesia bagian timur. Nilai yang didapatkan dari komoditas ini pun relative tinggi. Bahkan, Indonesia dikenal sebagai salah satu eksportir pertambangan terbesar di dunia.

Komoditas Hortikultura

Tips Menentukan Harga Jual Export
Tips Menentukan Harga Jual Export-Mister Exportir

Komoditas ini juga mampu bersaing dengan komoditas dari negara-negara luar lainnya. Beberapa produk dari komoditas ini seperti jahe, bawang merah, hingga pisang banyak diminati oleh para konsumen di berbagai negara. Hal ini membuktikan bahwa komoditas hortikultura dari Indonesia memang memiliki kualitas dan kepercayaan yang baik.

Komoditas Industri

Tips Menentukan Harga Jual Export
Tips Menentukan Harga Jual Export-Mister Exportir

Komoditas industri yang berbentuk pakaian jadi hingga sepatu kulit ini telah diekspor ke berbagai negara. Pakaian jadi yang diproduksi oleh banyak pabrik di Indonesia ini juga telah mampu bersaing di pasar global. Salah satu kota yang memproduksi sepatu kulit di Indonesia pun telah terkenal di luar negeri sehingga telah dipercaya oleh banyak konsumen.

Komoditas Perhutanan

Komoditas perhutanan ini banyak menghasilkan kayu-kayu berkualitas hingga produk karet yang banyak diekspor ke berbagai negara. Karena produk-produk tersebut dapat diolah ke berbagai olahan lagi, maka konsumen berbondong-bondong membelinya.

Tips Menentukan Harga Jual Export, Lengkap!

Untuk mengekspor produk-produk ke luar negeri, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah menentukan harga jual. Berikut ini merupakan tips menentukan harga jual export yang harus diketahui oleh pengusaha-pengusaha yang mengekspor produknya.

  • Hitung semua komponen biaya dalam pembuatan produk secara lengkap, termasuk jasa Anda
  • Tentukan Minimum Order Quantity untuk setiap pesanan barang
  • Tentukanlah kesepakatan syarat penyerahan barang (Jenis Incoterms)
  • Pertimbangkan kepada siapa Anda Menjual (Buyer’s country)
  • Tentukan nilai kurs (currency) dengan cermat
  • Pastikan harga produk Anda mempunyai daya saing tinggi (unik, mutu, delivery time, dsb) dibandingkan dengan produk pesaing
  • Konsultasikan tentang penetapan harga produk Anda kepada para ahlinya
  • Konsultasikan menentukan harga eceran untuk pengunjung umum, harga grosir untuk pengunjung pedagang grosir dan harga ekspor untuk importir dari atau luar negeri.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai tips menentukan harga jual export. Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam merencanakan kegiatan ekspor, seorang eksportir harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya adaah menentukan harga jualnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com