Silahkan Hubungi Tim Spesialis Ekspor Kami
Negara Tujuan Ekspor Telur Asin

Negara Tujuan Ekspor Telur Asin

Telur asin merupakan makanan olahan dari telur bebek yang diawetkan menggunakan garam. Makanan ini pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 1950 oleh sepasang suami istri yang berasal dari China.

Telur ini mempunyai kandungan protein, asam lemak tak jenuh, vitamin B kompleks. Di samping itu juga mengandung vitamin A dan vitamin E yang jauh lebih tinggi dibanding telur ayam. 

Telur asin memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Misalnya, kandungan proteinnya yang mampu membantu meregenerasi sel tubuh serta meningkatkan massa otot. Selain itu, telur asin juga dapat menjaga kesehatan tulang dan mengatasi masalah tekanan darah tinggi serta anemia. 

Oleh karena itulah, telur asin menarik banyak minat masyarakat. Untuk diketahui, telur asin telah menjadi komoditas perdagangan ekspor yang banyak peminatnya. Telur asin cukup populer di mancanegara sehingga dinobatkan menjadi warisan budaya tak benda Indonesia. 

Daftar Negara Tujuan Ekspor Telur Asin
gambar: wikimedia

Lantas, negara mana saja yang menjadi tujuan ekspor telur asin? Yuk cari tahu jawabannya di artikel kali ini. 

1. Singapura

Ekspor telur asin ke negara Singapura dimulai sejak tahun 2012 lalu, meski sempat terhenti karena ada beberapa kendala teknis. Dari data yang ada diambil Oktober 2018, sebanyak 17 ribu butir (2 ton) telur asin dikirimkan ke negara ini.

Sementara pada Januari 2019 permintaan ekspor telur asin meningkat hingga mencapai 2,7 ton. Peningkatan ini disebabkan oleh beberapa inovasi rasa dan olahan serta media promosi yang dilakukan oleh produsen. Sebelum membeli telur asin, Singapura selalu melakukan uji coba terlebih dahulu.

2. Hongkong dan Brunei Darussalam

Dua negara ini juga masuk ke dalam deretan negara yang menjadi tujuan ekspor telur asin.  Sudah mulai ada komunikasi dan jalinan kerjasama antara pemasok  (eksportir) dengan negara Hongkong dan Brunei Darussalam. Saat ini kedua negara tersebut telah melakukan uji coba terkait kualitas dari telur asin asal Indonesia.

3. Amerika Serikat

Telur asin merupakan salah satu makanan khas Brebes yang berhasil masuk kancah internasional. Tidak hanya di ekspor ke Singapura,  telur asin nyatanya juga berhasil tembus negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Untuk berhasil menembus pasar AS, produsen maupun pelaku UKM telur asin harus memutar otak membuat inovasi dan modifikasi. Salah satunya adalah dengan pengemasan yang menarik sehingga menjadi magnet minat pembeli. 

4. Jepang

Selain empat negara di atas, Jepang juga telah menjadi tujuan ekspor telur asin yang lain. Kualitas telur asin yang diekspor ke Jepang benar-benar diperhitungkan. Berat telur asin per biji rata-rata 70 gram, setiap butirnya akan dikemas di dalam wadah plastik yang kedap udara.

Kemudian masing-masing wadah akan dikumpulkan menjadi satu kemasan hingga 6 butir telur asin. Harga satu kemasan yang berisi 6 telur asin tersebut dijual 500 yen. 

Telur asin yang diekspor ke Jepang sedikit berbeda penampakannya dibanding telur asin asal Brebes. Dari rasa asin yang sedang saja, warna kulit telur sedikit lebih pucat hingga kuning telur tampak berwarna lebih cerah. 

Itulah beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor telur asin dari Indonesia, baik dari Brebes, Karawang maupun dari daerah lainnya. Telur asin yang diekspor telah mengantongi sertifikat NKV sehingga telah mendapat jaminan keamanan pangan. Jadi, mutu dan kualitas telur asin yang diekspor tidak dapat diragukan lagi. 

Jangan lupa, sebelum mengekspor telur asin, pastikan kamu mengetahui cara mengekspor makanan yang benar. Semoga informasi yang disampaikan di atas bermanfaat. 

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com