7 Top Ide dan Peluang Usaha untuk Anak SMA, Tanpa Modal dan Minim Resiko

7 Top Ide dan Peluang Usaha untuk Anak SMA, Tanpa Modal dan Minim Resiko

Ide dan peluang usaha untuk anak SMA yang tidak membutuhkan banyak modal memang menjadi suatu hal yang dicari saat ini.

Masa-masa menjadi pelajar SMA memang seharusnya digunakan untuk belajar dan mengembangkan diri. Namun tidak ada salahnya menggunakan waktu luang untuk memulai usaha dan bisnis sejak dini.

Selain mendatangkan keuntungan, bisnis dan usaha juga bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan pengembangan diri bagi para pelajar.

Hal ini dapat sangat membantu untuk menambah pengalaman dan wawasan di luar lingkup akademik yang sedang dijalani.

Berikut ini beberapa ide dan peluang usaha untuk anak SMA yang terhitung cukup mudah dijalankan, tanpa modal, dan minim resiko.

ide dan peluang usaha untuk anak sma

  1. Les Privat

Ide usaha yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian kalangan pelajar SMA.

Selain karena tanpa modal, membuka udaha les privat juga menjadi pilihan yang tepat karena masih memiliki keterkaitan yang erat dengan dunia pendidikan.

Sebuah tips bagi para pelajar SMA yang ingin membuka usaha les privat, yaitu dengan melihat peluang di sekitar rumah.

Tawarkan jasa pengajaran berbagai macam materi kepada tetangga atau saudara yang masih duduk di bangku SD atau SMP.

Hal ini akan lebih memudahkan mobilitas kamu karena tidak perlu repot-repot mencari klien yang jauh sehingga tidak menghabiskan biaya baik dari segi materi berupa ongkos maupun dari segi waktu.

Kegiatan memberi les privat dapat kamu lakukan di sela waktu luang seperti pulang sekolah atau weekend supaya tidak mengganggu waktu belajar.

Tidak hanya dapat mendatangkan keuntungan, membuka les privat juga dapat melatih berbagai softskill yang berguna untuk diterapkan di dunia kerja, di antaranya manajemen waktu dan public speaking.

  1. Bisnis Merchandise K-Pop

Bisnis merchandise k-pop saat ini merupakan ide usaha yang cukup besar menjanjikan peluang keuntungan.

Hal ini seiring dengan berkembangnya minat kaum muda terhadap Hallyu wave atau gelombang hiburan Korea Selatan yang semakin meningkat.

Berbagai grup idola asal Korea Selatan seperti BTS, NCT, Blackpink, Itzy, Aespa, dan lainnya saat ini memang sangat populer di tengah masyarakat Indonesia khususnya kaum muda.

Salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar SMA adalah dengan membuka bisnis merchandise berbagai grup idola yang diminati.

Dengan memanfaatkan kreatifitas seperti pembuatan desain yang menarik dengan dipadukan inovasi yang baru, berbagai produk merchandise tersebut tentunya akan memiliki nilai jual.

Beberapa ide produk merchandise k-pop yang bisa menjadi peluang usaha di antaranya baju, casing hp, jurnal, stiker, tumblr, dan berbagai produk fungsional lainnya.

Salah satu tips yang dapat diterapkan oleh pelajar SMA yang ingin memulai bisnis ini tanpa modal adalah dengan cara menerapkan sistem pre-order bayar, sehingga produk yang dijual akan mendapatkan pembeli secara pasti.

Hal penting lainnya yang perlu diingat adalah memperhatikan lisensi dari desain produk yang digunakan. Jangan menggunakan bahan desain dari foto remsi idola yang memiliki copyright dan dilarang diperjualbelikan.

Menjual merchandise dengan desain sendiri dapat melatih keahlian tambahan yang berguna di dunia kerja nantinya.

bisnis merchandise k-pop

  1. Menjadi Content Creator

Perkembangan media massa yang sangat masif saat ini bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha untuk mendatangkan keuntungan.

Berbagai platform seperti Youtube, Instagram, TikTok, dan lainnya bisa menjadi salah satu alat yang dapat digunakan oleh anak SMA untuk mendapatkan uang.

Salah satu caranya yaitu dengan menjadi content creator yang tentunya tanpa modal karena hanya memanfaatkan kreatifitas dari dalam diri.

Membuat konten yang menarik dengan berbagai tema, kemudian dipadukan dengan copywriting yang ciamik merupakan aktivitas menyenangkan yang sekaligus menguntungkan.

Meskipun terkesan lambat dan membutuhkan proses yang panjang, namun peluang menjadi content creator di tengah perkembangan internet seperti sekarang cukup bisa menjadi solusi bagi anak SMA  yang ingin memiliki penghasilan tambahan.

Tidak hanya membuat konten seperti video di Youtube dan Instagram, kamu juga bisa membuat tulisan berupa artikel yang menarik untuk diunggah ke Blog atau media besar lainnya.

Pengelolaan konten artikel di website dan blog juga dapat dijadikan solusi mengingat caranya yang mudah namun mendatangkan keuntungan dari iklan Google.

  1. Dropshipper

Bisnis online shop saat ini merupakan cara paling mudah dan terbaik untuk menghasilkan uang.

Bagi anak SMA yang ingin mendapatkan uang jajan tambahan, menekuni bisnis online shop adalah salah satu cara yang dapat dipertimbangkan.

Salah satu cara terjun ke bisnis online shop tanpa modal adalah dengan menjadi dropshipper bagi sebuah toko online shop.

Hal ini karena kamu hanya perlu menjual dan mempromosikan barang dari toko yang sudah ada kepada konsumen tanpa harus memiliki atau menyediakan stok barang produk terlebih dahulu.

Kemampuan paling menonjol yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dropshipper adalah skill promosi yang baik sehingga menarik minat pembeli.

Dropshipper mungkin menjadi satu-satunya ide usaha bagi anak SMA yang mudah dijangkau dan saat ini memiliki peluang keuntungan yang menjanjikan.

jasa pengetikan

  1. Jasa Pengetikan

Mengetik menggunakan komputer bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang cukup memakan waktu.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pelajar SMA yang ingin mendapatkan keuntungan lebih, yaitu dengan membuka jasa pengetikan.

Ide usaha ini sudah jelas tidak membutuhkan modal sepeser pun selain satu unit komputer yang digunakan untuk mengetik nantinya.

Jasa pengetikan merupakan salah satu cara termudah karena kamu hanya perlu mengikuti keinginan klien. Tidak hanya itu, kamu juga cukup bekerja dari rumah sehingga tidak perlu biaya transportasi atau modal lainnya.

Salah satu tips yang bisa kamu lakukan saat mencari klien dari usaha jasa pengetikan adalah mempromosikannya secara luas di sosial media.

Keuntungan dari usaha ini adalah tidak perlu bertatap muka untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga latar belakang klien bukan suatu hal yang penting.

Meskipun jarak dan lokasi tempat tinggal berjauhan, namun semua pekerjaan secara efektif bisa diselesaikan keseluruhan lewat media sosial.

  1. Membuka Jasa Event Organizer

Membuka jasa event organizer kecil-kecilan bisa menjadi solusi bagi pelajar SMA yang ingin memiliki pendapatan.

Modal utama dari bisnis ini adalah skill komunikasi yang baik dan manajemen waktu yang efektif.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menjadi pengatur acara pesta kecil-kecilan di sekitar rumah atau di lingkungan teman-teman sekolah.

Tips paling utama dari bisnis jasa event organizer adalah harus memiliki kreatifitas yang bisa diterapkan menjadi konsep acara.

Selain itu, kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan teman sekolah yang lain sehingga akan terbentuk kelompok profesional untuk event organizer kecil-kecilan di lingkunganmu.

  1. Admin Media Sosial

Seperti yang diketahui, media sosial saat ini menjadi cara paling efektif untuk mendatangkan keuntungan.

Bagi para pelajar SMA, kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini salah satunya dengan menjadi admin media sosial terutama di platform seperti Instagram dan Twitter.

Beberapa pilihan yang dapat kamu pertimbangkan adalah dengan membuka akun informasi khusus seperti kuliner, meme dan humor, fanbase, bahkan informasi seputar dunia sekolah.

Salah satu tips paling utama dalam menjalankan akun dan menjadi admin media sosial adalah konsistensi, kreatifitas, hingga wawasan yang tinggi.

Jika akun yang kamu kelola telah mendapatkan pengikut dalam jumlah besar, tentunya banyak pihak yang akan tertarik untuk mengiklan di media sosial milikmu tadi.

Dengan demikian, meskipun statusmu masih pelajar tetapi kamu sudah bisa memiliki pendapatan sendiri bahkan tanpa modal.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge