Sudah Tahu? Berikut Ini 10+ Komoditas Ekspor Impor Venezuela yang Luar Biasa!

Sudah Tahu? Berikut Ini 10+ Komoditas Ekspor Impor Venezuela yang Luar Biasa!

Komoditas Ekspor Impor Venezuela – Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Venezuela memiliki cadangan minyak terbesar di dunia. Total cadangan minyak negara ini hingga 289 miliar barel. Ini merupakan satu dari sekian banyak komoditas Venezuela yang sangat luar biasa.

Komoditas Ekspor Impor Venezuela
Komoditas Ekspor Impor Venezuela – Mister Exportir

Venezuela merupakan sebuah negara di ujung utara Amerika Selatan. Ibukota negara ini adalah Caracas dengan populasi penduduk mencapai 30.620.404. Negara berbatasan dengan Laut Karibia dan Samudra Atlantik di sebelah utara, Guyana di timur, Brazil di selatan dan Kolombia di barat. Mata uang Venezuela adalah Bolivar Venezuela.

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas mengenai komoditas ekspor impor Venezuela yang sangat luar biasa. Yakni komoditas-komoditas yang memiliki nilai dolar tertinggi serta akses pengiriman komoditas melalui jalur laut atau udara. Simak pembahasannya berikut ini, ya.

 

Sekilas Tentang Negara Venezuela

Nama resmi negara ini adalah Republik Bolivar Venezuela. Negara ini berbatasan dengan Laut Karibia dan Samudera Atlantik di sebelah utara, Guyana di timur, Brazil di selatan dan Kolombia di barat. Di lepas pantai negara ini juga terdapat negara-negara Karibia, yaitu Aruba, Antillen Belanda dan Trinidad dan Tobago.

Dilansir dari Wikipedia, Venezuela merupakan salah satu dari sekian banyak negara yang menjadi negara penghasil minyak mentah terbesar. Satuan data yang digunakan adalah jumlah barrel per hari (bbl/day). Total minyak mentah Venezuela sebesar 2.689.000 bbl/day (berdasarkan hasil studi lembaga International Energy Agency (IEA)).

Secara ekonomi, Venezuela sangat bergantung pada ekspor minyak bumi yang mencapai hampir 90% dari total pengiriman produk negara itu, menjadi saksi kerentanan Venezuela terhadap penurunan harga minyak global. Ekspor minyak Venezuela terurai menjadi 79,9% minyak mentah dibandingkan dengan 9,8% untuk minyak sulingan.

 

Baca Juga: 25+ Manfaat Ekspor Barang yang Sangat Luar Biasa, Lengkap!

 

10 Komoditas Ekspor Impor Venezuela yang Memiliki Nilai Dolar Tertinggi, Anda Harus Tahu!

Apa yang Anda ketahui mengenai komoditas? Adalah benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama. Pada umumnya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka.

Secara lebih umum, komoditas ialah produk atau barang yang diperdagangkan. Republik Bolivarian Venezuela mengirimkan barang senilai US $33,02 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018. Pada tahun 2014, nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) Venezuela sebesar $540.898 miliar. Dengan hitungan per kapita sebesar $17.759.

Sementara nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (nominal) mencapai $206.252 miliar pada tahun 2014. Dengan hitungan per kapita sebesar $4.263. Berikut ini 10 komoditas ekspor Venezuela terbesar.

(USD)

Komoditas Ekspor Impor Venezuela
Komoditas Ekspor Impor Venezuela – Mister Exportir

 

10 Komoditas Venezuela yang Melebihi Batas Permintaan, Lengkap!

Dengan nilai pengiriman barang sebesar US $33,02 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018, ini menunjukkan bahwa permintaan komoditas Venezuela menjadi faktor penyebab besarnya nilai pengiriman barang. Berikut ini 10 komoditas Venezuela yang melebihi batas permintaan atau Commodity Over demand.

(USD)

Komoditas Ekspor Impor Venezuela
Komoditas Ekspor Impor Venezuela – Mister Exportir

 

Komoditas Indonesia yang di Ekspor ke Venezuela

Sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga termasuk ke dalam beberapa negara yang melakukan pengiriman barang ke Venezuela. Berikut ini komoditas Indonesia yang diekspor ke Venezuela.

(USD)

Komoditas Ekspor Impor Venezuela
Komoditas Ekspor Impor Venezuela – Mister Exportir

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Potensial Ekspor Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui!

 

Pelabuhan Laut Venezuela Paling Populer dan Terbesar

Komoditas Ekspor Impor Venezuela
Komoditas Ekspor Impor Venezuela – Mister Exportir

Venezuela memiliki beberapa pelabuhan laut yang biasa dijadikan sebagai akses pengiriman komoditas ekspor maupun impor. Pelabuhan-pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang paling populer dan terbesar di Venezuela. Selain itu, pelabuhan ini juga termasuk pelabuhan tersibuk di Venezuela. Berikut ini pelabuhan laut Venezuela terpopuler dan terbesar:

1. PORT OF PUERTO CABELLO

Pelabuhan Puerto Cabello, atau Pelabuhan Cabello, terletak di pantai utara Venezuela, sekitar 75 km barat Caracas. Ini adalah pelabuhan terbesar di Venezuela dan dikenal karena kepentingannya dalam industri minyak.

Otoritas pelabuhan atas Pelabuhan Puerto Cabello sangat berhasil dalam mempertahankan standar operasi yang ketat. Mereka telah mengembangkan dan memodernisasi infrastruktur pelabuhan, yang bertujuan untuk menjadi pelabuhan terkemuka Venezuela. Mereka membantu mendukung ekonomi Venezuela sambil membuat langkah-langkah untuk menjaga hubungan yang menguntungkan dengan pelabuhan dan negara lain.

Puerto Cabello menangani 80% dari semua kargo masuk untuk Venezuela. Pelabuhan ini memiliki peralatan penanganan kargo curah mekanis. Mereka umumnya menangani biji-bijian, pupuk, dan bahan kimia lainnya.

Mereka memiliki jalan besar yang memberikan akses langsung ke banyak kota terdekat dan sistem kereta api dapat digunakan di banyak daerah. Rencana masa depan mereka termasuk membangun kembali banyak sistem kereta api dan memperluasnya untuk melayani ibu kota, Caracas.

 

2. PORT OF LA GUAIRA

Pelabuhan La Guaira adalah pelabuhan paling populer dan terbesar kedua di Venezuela, sebagian karena hanya sekitar satu jam dari ibu kota Caracas. Sebenarnya, ini bukan pelabuhan alami, tetapi pelabuhan yang dibangun modern yang dirancang khusus untuk lokasi ini.

Port of La Guaira merupakan pelabuhan tersibuk di Venezuela. Pelabuhan ini menangani muatan umum. Ia memiliki conveyor bongkar-muat biji-bijian canggih yang mengangkut biji-bijian ke silo terdekat. Rencana masa depan mereka termasuk jalan raya 4-jalur lain yang memberikan akses lebih cepat ke kota, dan sistem kereta api.

Pelabuhan La Guaira diakui di seluruh dunia dan dihormati karena dedikasinya terhadap keunggulan, efisiensi, dan keamanan. Pelabuhan ini menggunakan 26 tempat berlabuh, mencakup sekitar 850 ribu meter persegi, dan memiliki baskom yang panjangnya sekitar 4.393 meter. Tidak pernah dimatikan, beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun.

 

Baca Juga: Jasa Pengiriman Barang Keluar Negeri Terpercaya – Mister Exportir

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Venezuela Melalui Bandara Terbaik Venezuela

Selain pelabuhan laut yang populer dan terbesar, Venezuela juga memiliki bandara Internasional terbaik. Bernama Bandara Caracas namun lebih dikenal sebagai Bandara Internasional Simón Bolívar dan juga disebut sebagai Bandara Internasional Maiquetía Simón Bolívar.

Bandara ini adalah salah satu dari 12 bandara internasional di negara ini dan melayani gerbang penumpang udara internasional yang penting. Bandara ini memiliki 2 landasan pacu aspal yang berukuran 3.610 meter dan 3.270 meter dan berfungsi sebagai hub untuk Conviasa, LASER Airlines, Aeropostal, Aserca Airlines, dan Transcarga.

Meksiko, Madrid, Barcelona, ​​Paris, Roma, Aruba, Port of Spain, Panama City, Miami, Lima, Frankfurt, Sao Paulo, Lisbon, Houston, Benteng Lauderdale, Porlamar, Puerto Ordaz, Maracaibo, Maturin dan Santo Domingo adalah di antara yang utama tujuan internasional maupun domestik yang dapat dicapai langsung dari Bandara Internasional Simón Bolívar.

 

Nah, bagaimana Sobat Mister Exportir, ternyata Venezuela memiliki komoditas ekspor dan impor yang luar biasa ya. Tentunya, komoditas yang luar biasa saja tidak cukup tanpa didukung dengan fasilitas pengiriman yang berkualitas.

Sebagai pelaku bisnis, terutama perdagangan Internasional (ekspor-impor) memiliki wawasan mengenai komoditas dalam negeri maupun luar negeri adalah hal yang sangat penting. Semoga dengan adanya pembahasan artikel pada kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com