Harga Lada Putih Kualitas Ekspor

Harga Lada Putih Kualitas Ekspor

Lada putih merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup sering digunakan, di setiap restoran pasti kita akan menemukan lada putih berdiri di sebelah garam. Sebagai bumbu dapur yang sering digunakan, berapa harga lada putih kualitas ekspor yaa?

Lada Putih

Lada Putih adalah produk dari tumbuhan lada yang memiliki nama latin Piper Nigrum. Tanaman tersebut merupakan tanaman yang berasal dari famili Piperaceae. Dalam pengolahannya tanaman lada bisa menghasilkan banyak produk turunan, salah satunya lada putih

Seperti yang kita tahu, lada sering juga disebut sebagai king of spice atau raja dari segala rempah rempah. Julukan ini diberikan tidak sembarangan, memang nyatanya di setiap negara pasti mengenal jenis rempah ini.

Rempah ini pun tidak pernah ketinggalan untuk masuk ke dalam bumbu masakan. Mulai dari masakan Asia sampai masakan Eropa, lada putih pasti menjadi salah satu bumbu masakan.

Menurut ahli biologi tumbuhan dari Yunani, Theophrastus (372 – 287 SM), menurut sejarahnya disebutkan bahwa terdapat dua jenis rempah yang sudah pernah digunakan dari zaman Mesir dan Romawi kuno.

Kedua rempah tersebut adalah lada panjang (Pepper Longum) atau cabe dan Lada Hitam atau Putih. Bahkan, di abad pertengahan, Lada adalah lambang perdagangan. Kerajaan Genoa dan Venzensia melihat lada sebagai sumber kekayaan.

Lada pun dulunya sering digunakan sebagai alat tukar, mas kawin, serta alat pembayaran upeti dan gaji.

Harga Lada Kualitas Ekspor

Berikut ini harga lada indonesia dengan kualitas ekspor.

ProdukJumlahHarga
Lada Putih Biji1 TonRp. 73.000.000
Lada Putih Biji1 KgRp. 85.000
Lada Putih Bubuk1 KgRp. 100.000

Ciri Khas Lada Putih Sebagai Bumbu Masak

Ciri Khas Lada Putih Sebagai Bumbu Masak
gambar: pixabay

Sebagai bumbu masak, penggunaan lada putih biasanya digunakan untuk mendapatkan rasa pedas khas lada namun tanpa mendapatkan warna atau taburan hitam seperti yang didapatkan dari lada hitam.

Untuk rasanya, rempah lada putih sedikit lebih berbeda dari lada hitam. Lada putih memiliki rasa pedas hangat di lidah. Jika dibandingkan dengan lada hitam, rasa lada putih tidak sekompleks lada hitam, rasanya sedikit lebih lembut dan ringan.

Ketika dimasak, lada putih harus digunakan ketika masakan sudah masak. Karena jika terlalu matang karena panas, lada putih akan menimbulkan rasa pahit.

Penggunaan lada putih akan lebih sering kita rasakan pada masakan masakan berkuah dan berwarna putih seperti sup krim, vichyssoise, kentang tumbuk, clam chowder, dan lainnya.

Lada Putih Untuk Kesehatan

Lada Putih Untuk Kesehatan
gambar: pixabay

Selain menambah cita rasa pada tiap masakan, ternyata lada putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Lada putih memiliki sedikit kalori namun bisa menambah cita rasa pada masakan yang membuatnya bisa mengurangi garam.

Kandungan gizi yang bisa didapatkan jika menggunakan lada putih sebagai bumbu masakan adalah vitamin c, kalsium, dan zat besi.

Beberapa kandungan tersebut pun menjadikan lada putih menjadi rempah yang memiliki berbagai khasiat. Khasiat yang bisa didapat dari lada putih adalah:

Menurunkan Berat Badan

Kandungan capsaicin yang ada di dalam lada putih dapat membantu untuk membakar lemak. Capsaicin tersebut adalah bahan aktif yang sama pada obat penurun berat badan.

Meredakan Batuk dan Pilek

Rasa hangat dan pedas dari lada putih dapat membersihkan saluran hidung dan bisa melancarkan hidung yang tersumbat.

Bila dipadukan dengan madu, campuran lada putih bisa menjadi antibiotik dan bisa membantu meredakan batuk dan pilek.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pedas yang terkandung dalam lada putih dapat mengeluarkan keringat ketika dikonsumsi. Pengeluaran cairan keringat ini baik untuk kesehatan jantung.

Melembutkan Kulit

Lada putih yang kaya akan antioksidan seperti vitamin dan flavonoid dapat meningkatkan peredaran darah dan bisa membuat tampilan kulit menjadi lebih muda, serta membantu melepaskan sel sel kulit mati.

Melancarkan Pencernaan

Sama seperti lada hitam, lada putih juga membantu merangsang tubuh untuk mengeluarkan asam klorida yang berperan penting untuk melancarkan proses pencernaan.

Serat yang dimiliki lada putih juga membantu kesehatan pencernaan dan mencegah permasalahan pencernaan seperti kanker usus besar dengan mengurangi pergerakan usus.

Memperkuat Tulang

Di dalam lada putih juga mengandung beberapa mineral seperti tembaga, magnesium, dan mangan yang dapat menunda pengeroposan tulang dan memperkuat tulang.

Mencegah Kanker

Selain membantu membakar lemak, capsaicin yang terkandung dalam lada putih juga dapat membantu menangkal sel kanker.

Menambah Energi

Ketika mengonsumsi lada putih, kandungan mangan di dalamnya dapat menjadi bahan penting untuk mitokondria dalam tubuh yang berperan untuk menghasilkan energi dan mencegah radikal bebas.

Mencegah Naiknya Asam Lambung

Capsaicin juga dapat mencegah penyakit maag dengan melancarkan sistem pencernaan dan menyapu bersih bakteri untuk menstabilkan asam lambung.

Pembuatan Lada putih dan Bedanya Dengan Lada Hitam

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, lada putih dan lada hitam berasal dari satu tanaman yang sama, yaitu Piper Nigrum.

Yang membedakan keduanya adalah bagaimana proses pengolahannya. Lada hitam dihasilkan dari buah beri Piper Nigrum yang sudah berkembang sempurna dengan umur 6 sampai 7 bulan setelah berbunga.

Sedangkan lada putih terbuat dari buah beri Piper Nigrum yang lebih matang yang warnanya kekuningan atau kemerahan dengan umur sekitar 8 sampai 9 bulan setelah berbunga.

Setelah dipetik dari pohonnya, kulit lada putih dibersihkan kulitnya yang berwarna kuning atau merah itu dengan cara direndam di air selama satu minggu.

Kemudian biji dari beri lada putih bisa diambil dan siap diproduksi untuk menjadi bubuk lada putih

Produksi Lada di Indonesia

Produksi Lada di Indonesia
gambar: wikimedia

Di Indonesia, perdagangan lada bertumbuh pesat setelah Columbus menemukan India Barat pada tahun 1492 yang di kepulauan timurnya banyak rempah rempahnya.

Kemudian di tahun 1498 Vasco Da Gama menemukan jalur baru yang melewati Benua Afrika.

Ekspor lada putih yang dilakukan indonesia pertama kali dilakukan di Pelabuhan Muntok di Kawasan Muntok, Pulau Bangka.

Maka dari itu, lada tersebut dikenal dengan Lada Putih Muntok di Pasar Internasional. Lada tersebut pun terkenal di dunia mulai dari Persia, Arab, dan Negara Timur Tengah lainnya sampai ke Eropa.

Kemudian tahun 1290 perdagangan lada di Indonesia sudah terjadi antara orang jawa dan orang tionghoa.

Ekspor dan Produksi Lada di Indonesia

Sebagai negara yang kaya akan komoditi salah satunya kakao, serta komoditi rempahnya, Indonesia pun jelas merupakan salah satu produsen lada putih terbesar di dunia.

Salah satu daerah penghasil lada putih terbesar adalah Bangka Belitung. Bahkan Lada putih pun sudah menjadi identitas daerah tersebut.

Sejak tahun 2014, Bangka Belitung sudah menjadi penghasil lada putih terbesar di dunia yang menguasai sekitar 37 sampai 40 persen pasar lada internasional.

Jasa Ekspor Lada Putih Terpercaya

Setelah melihat informasi kami tentang lada putih, apakah kamu tertarik untuk mengekspor lada putih ke luar negeri? Kami Mister Exportir siap untuk membantumu kapan saja untuk mengekspor lada putih ke berbagai negara.

Kami bisa mengurus segala perizinan untuk ekspor lada putih ke luar negeri. Proses ekspor lada putih lancar mulai dari depan pintu kamu sampai ke negara tujuan akan terjamin.

Segala handling ekspor lada kamu akan ditangani oleh tim kami yang sudah ahli dalam ekspor berbagai komoditi termasuk lada putih.

Itulah informasi kami pada artikel kali ini tentang harga lada putih kualitas ekspor. Jika tertarik untuk mengekspor lada putih, silahkan hubungi kami sekarang juga! Terima kasih

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh