Pelanggan yang terhormat saat ini nomer: 0822-9795-2975 tidak aktif. Silahkan hub nomor lainnya
Potensi Komoditas Ekspor Impor Peru di Dunia, Anda Sudah Tahu?

Potensi Komoditas Ekspor Impor Peru di Dunia, Anda Sudah Tahu?

Komoditas Ekspor Impor Peru –  Negara Peru terletak di bagian tengah barat Amerika Selatan.  Seluas 498.222 mil persegi (1 `285, 215 kilometer persegi) dan dapat dibandingkan ukurannya dengan Spanyol, Prancis dan bekas Jerman Barat digabungkan.

Komoditas Ekspor Impor Peru
Komoditas Ekspor Impor Peru – Mister Exportir

Peru adalah negara terbesar ke-19 di dunia. Peru dibatasi di utara oleh Ekuador, di selatan oleh Chili dan Bolivia, di sebelah timur oleh Kolombia dan Brasil dan di sebelah barat oleh Samudra Pasifik. Mata uangnya Nuevo Sol (PEN).

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan lebih fokus membahas mengenai komoditas ekspor impor Peru. Negara ini memiliki sejumlah komoditas ekspor yang terbesar atau memiliki nilai dolar tertinggi. Apa sajakah komoditas itu? Mari kita simak pembahasannya berikut ini.

 

Baca Juga: Anda Wajib Tahu! Ternyata Inilah Komoditas Ekspor Impor Argentina Unggulan!

 

Sekilas Tentang Komoditas Ekspor Impor Peru

Komoditas Ekspor Impor Peru
Komoditas Ekspor Impor Peru – Mister Exportir

Tahukah Anda bahwa Republik Peru mengirimkan barang senilai US $ 47,2 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018? Jumlah dolar itu mencerminkan lonjakan 22,2% sejak 2014 dan kenaikan 7,3% dari 2017 hingga 2018.

Di lihat dari  perspektif kontinental, sebesar 46,2% dari ekspor Peru berdasarkan nilai dikirimkan ke negara-negara Asia. Sementara sebesar  19,8% lainnya dijual kepada importir di Eropa dan sebesar 19,5% tiba di Amerika Utara dengan 13% dibeli oleh negara-negara Amerika Latin (tidak termasuk Meksiko ) termasuk Karibia.

Persentase yang lebih kecil diekspor ke Afrika dan Oseania, keduanya sebesar 0,5% dari total penjualan ekspor Peru. Nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) pada tahun 2015 sebesar $403.322 miliar dengan hitungan per kapita sebesar $12.638. Sementara nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (nominal) pada tahun 2015 sebesar $217.607 miliar dengan hitungan per kapita $3.061.

 

Baca Juga: Cara Mengekspor Barang Keluar Negeri dengan Mudah – Mister Exportir

 

10 Komoditas Ekspor Terbesar Peru

Berikut ini kelompok produk ekspor berikut mewakili nilai dolar tertinggi dalam pengiriman global Peru selama 2018. Juga ditunjukkan persentase pangsa setiap kategori ekspor yang mewakili dalam hal keseluruhan ekspor dari Peru.

  1. Ores, slag, ash: US$17.6 billion (37.4% of total exports)
  2. Gems, precious metals: $7.3 billion (15.5%)
  3. Mineral fuels including oil: $4.2 billion (8.9%)
  4. Fruits, nuts: $3 billion (6.3%)
  5. Copper: $2.3 billion (4.9%)
  6. Food industry waste, animal fodder: $1.8 billion (3.9%)
  7. Fish: $951.3 million (2%)
  8. Knit or crochet clothing, accessories: $894 million (1.9%)
  9. Zinc: $841.9 million (1.8%)
  10. Coffee, tea, spices: $795.5 million (1.7%)

Kesepuluh ekspor terbesar Peru di atas menyumbang lebih dari empat perlima (84,2%) dari nilai keseluruhan pengiriman globalnya. Buah-buahan dan kacang-kacangan adalah yang tumbuh tercepat di antara 10 kategori ekspor teratas Peru, naik 25% dari 2017 hingga 2018.

Kategori pertumbuhan tercepat kedua adalah bahan bakar mineral termasuk minyak yang naik 19,1% didorong oleh pendapatan internasional yang lebih tinggi dari minyak mentah dan minyak sulingan, minyak bumi, dan batubara. Ekspor ikan Peru juga mencatat peningkatan 19,9% tahun-ke-tahun.

Ada dua kategori produk utama menurun yaitu kopi, teh dan rempah-rempah (kebanyakan kopi) yang turun nilainya -5,2% . Sementara kategori permata dan logam mulia yang mundur -1% terbebani oleh penipisan pendapatan untuk emas dan perak.

Pada tingkat kode Harmonized Tariff System empat digit yang lebih terperinci, produk ekspor nomor satu Peru adalah bijih tembaga dan konsentrat (27,2% dari total). Di tempat kedua adalah emas (14,7%), minyak bumi olahan (6,2%), seng (4,6%) kemudian disuling tembaga dan paduan tidak ditempa (3,9%).

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Ekspor Impor Mexico Terbesar, Lengkap!

 

10 Komoditas Peru yang Melebihi Batas Permintaan

Selain komoditas Peru yang memiliki nilai dolar tertinggi, negara ini juga memiliki beberapa komoditas yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand. Sudah tahu apa saja komoditas itu? Berikut ini data selengkapnya mengenai komoditas Peru yang melebihi batas permintaan.

Komoditas Ekspor Impor Peru
Komoditas Ekspor Impor Peru – Mister Exportir

 

Baca Juga: Inilah Komoditas Ekspor Impor Colombia yang Melebihi Batas Permintaan, Mengejutkan!

 

10 Komoditas Indonesia yang di Ekspor ke Peru

Di antara  berbagai negara yang menjalin kerja sama perdagangan Internasional dengan Peru, Indonesia termasuk di dalamnya. Hal ini tidak mengherankan, sebab Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Berikut ini beberapa komoditas Indonesia yang di eskpor ke Peru:

Komoditas Ekspor Impor Peru
Komoditas Ekspor Impor Peru – Mister Exportir

 

Baca Juga: 10+ Keunikan Komoditas Expor Indonesia Wilayah Jakarta yang Tak Banyak Orang Tahu

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Peru

Komoditas Ekspor Impor Peru
Komoditas Ekspor Impor Peru – Mister Exportir

Negara Peru dapat dianggap sebagai ekonomi dengan pertumbuhan terbesar di Amerika Selatan yang akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Ekspor melebihi impor karena dorongan pertambangan dan pertanian. Inilah sebabnya mengapa layanan pengiriman barang ke Peru adalah kunci untuk pengembangannya.

Peru memiliki pelabuhan dagang yang berbeda karena lokasi geografisnya dan persentase yang tinggi untuk operasi perdagangan yang dilakukan melalui laut. Berikut ini pelabuhan laut yang membuat rut eke negara Peru:

  1. Pelabuhan El Callao

Pelabuhan El Callao di Peru terletak di pantai tengah dan merupakan pelabuhan utama untuk lalu lintas dan untuk kapasitas penyimpanannya.

Ini memiliki lima dermaga, sebelas gudang, empat area kontainer dan lima yard kontainer. Lalu lintas peti kemas di terminal ini telah berkembang selama bertahun-tahun, karena peningkatan permintaan dari negara asing.

  1. Pelabuhan Matarani

Ini adalah pelabuhan tersibuk kedua di Peru setelah pelabuhan El Callao. Infrastrukturnya modern dan dapat menangani berbagai jenis muatan, memiliki dua derek dan layanan kontainer: transfer, konsolidasi, penumpukan, perbaikan, pasokan energi untuk kontainer berpendingin; perakitan dan pembongkaran.

Pelabuhan Matarini terhubung ke Selatan Peru, Brasil, Bolivia, dan Samudra Atlantik Brasil. Ini juga menerima kapal pesiar dan menjadi pelabuhan biasa untuk kapal pesiar di sepanjang Samudra Pasifik Selatan, yang merupakan cara yang baik untuk meningkatkan pariwisata dan menunjukkan kepada para wisatawan keindahan Arequipa.

  1. Pelabuhan Paita

Pelabuhan selanjutnya  adalah Pelabuhan Paita adalah salah satu pelabuhan paling penting di wilayah utara negara itu. Muatannya difokuskan pada produk pertanian, mineral, perikanan dan minyak bumi. Selama tahun-tahun terakhir, infrastruktur Pelabuhan Paita telah diperbesar dan ditingkatkan, menjadikannya pelabuhan nasional kedua terkait pergerakan kontainer untuk impor dan ekspor dari Peru Utara.

 

Selain pelabuhan laut, Peru juga memiliki beberapa bandara yang menjadi akses untuk pengiriman komoditas ekspor impor Peru ke seluruh dunia. Berikut ini beberapa bandara Peru:

  1. Jorge Chavez International Airport
  2. Coronel FAP Francisco Secada Vignetta International Airport
  3. FAP Captain David Abensur Rengifo International Airport
  4. Alfredo Rodriguez Ballon International Airport
  5. Inca Manco Capac International Airport
  6. Captain FAP Carlos Martínez de Pinillos International Airport
  7. FAP Víctor Montes Arias International Airport
  8. Padre Aldamiz International Airport
  9. Capitán FAP Guillermo Concha Iberico International Airport
  10. Capitán FAP Renán Elías Olivera International Airport
  11. Jaen International Airport
  12. Santa Rosa International Airport
  13. Vasquez Cobo International Airport
  14. Tabatinga International Airport

 

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini mengenai potensi komoditas ekspor impor Peru. Semoga pembahasan pada artikel kali ini dapat bermanfaat  khususnya bagi Anda yang berkecimpung di dunia ekspor impor ataupun bagi Anda yang mulai tertatik dengan perdagangan Internasional. Salam Exportir!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com