10+ Keunikan Komoditas Expor Indonesia Wilayah Jakarta yang Tak Banyak Orang Tahu

10+ Keunikan Komoditas Expor Indonesia Wilayah Jakarta yang Tak Banyak Orang Tahu

Komoditas Expor Indonesia Wilayah Jakarta  Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor terbesar di dunia. Barang-barang yang diekspor sangat beragam. Mulai dari rempah-rempah hingga perikanan. Setiap daerah di Indonesia memiliki potensi yang besar, salah satu daerah tersebut adalah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta-misterexportir.com

Tak banyak orang tahu bahwa DKI Jakarta ini merupakan salah satu daerah eksportir yang ada di Indonesia. Banyak hal yang menjadi alasannya, salah satunya adalah karena Jakarta terkenal sebagai kota metropolitan. Sedangkan daerah timur di Indonesia terkenal sebagai daerah pengekspor karena kekayaan sumber daya alamnya, termasuk rempah-rempah. Namun, tak disangka jika ternyata Jakarta juga merupakan daerah di Indonesia yang juga berperan sebagai daerah pengekspor.

Lalu, produk apakah yang diekspor oleh DKI Jakarta? Nah, dalam artikel ini akan dibahas secara tuntas mengenai kegiatan ekspor di Indonesia. Selain itu, akan dibahas pula mengenai keunikan komoditas expor Indonesia wilayah Jakarta yang tak banyak orang tahu.

PRODUK EKSPOR DKI JAKARTA

Setiap daerah memiliki produk tersendiri untuk diekspor ke negara luar. Masing-masing dari mereka memiliki keunikan tersendiri. Begitu juga dengan DKI Jakarta yang terkenal sebagai kota Metropolitan. Berikut adalah produk-produk andalan wilayah Jakarta yang dijadikan sebagai produk ekspor. Produk-produk ini juga memiliki nilai jual yang tinggi.

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta-misterexportir.com

Berdasarkan riset provinsi yang dilakukan pada tahun 2017, ada banyak produk ekspor yang berdomisili di DKI Jakarta mulai dari makanan hingga perikanan. Produk-produk tersebut diekspor melalui pelabuhan muat DKI Jakarta. Di bawah ini merupakan 10+ keunikan komoditas ekspor Indonesia wilayah Jakarta yang tak banyak orang tahu.

KOMODITAS EKSPOR INDONESIA WILAYAH JAKARTA

1. PERHIASAN/PERMATA

Perhiasan merupakan suatu aksesoris yang dipakai untuk berhias. Biasanya perhiasan ini berupa cincin, kalung, gelang, anting, dan sebagainya. Alasan mengapa perhiasan ini menduduki peringkat pertama dama komoditas ekspor di Jakarta adalah karena perhiasan merupakan suatu produk yang memiliki nilai estetik tersendiri. apalagi perhiasan ini identik dipakai oleh kaum wanita yang notabene-nya suka berbelanja.

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta-misterexportir.com

Dalam komoditas ekspor Jakarta, perhiasan ini memiliki nilai 1.830,74 (FOB Juta US$) dengan persentasi 19,55% dari keseluruhan komoditas utama. Hal ini menunjukkan bahwa perhiasan/permata dari Indonesia, khususnya Jakarta memiliki nilai jual yang tinggi dan diminati banyak orang. Dari data tersebut, kita semua dapat mengetahui bahwa potensi ekspor yang dimiliki oleh Jakarta ini memang sangatlah besar.

2. KENDARAAN DAN BAGIANNYA

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kendaraan merupakan kebutuhan bagi kebanyakan orang. Mereka menggunakannya untuk bepergian ke luar rumah, baik untuk jarak yang dekat maupun jauh. Kendaraan ini juga memudahkan orang-orang untuk cepat sampai pada tempat tujuan. Dari hal tersebut bisa dipastikan jika kendaraan ini memang sangat penting dan dibutuhkan.

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta-misterexportir.com

Dalam riset provinsi yang dilakukan pada tahun 2017, DKI Jakarta tercatat mengekspor kendaraan dan bagiannya dengan nilai yang didapatkan 1.706,13 (FOB JutaUS$). Mendekati posisi perhiasan, kendaraan dan bagiannya ini menempati posisi kedua dengan persentasi 18,22%. Jenis kendaraan yang menjadi andalan untuk diekspor adalah mobil dan bagian-bagiannya.

3. IKAN DAN UDANG

DKI Jakarta sendiri memiliki dua wilayah yang berbatasan dengan laut. Otomatis, mata pencaharian kebanyakan masyarakatnya adalah sebagai nelayan. Adalah Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu yang wilayahnya berbatasan dengan laut. Hal ini pulalah yang menjadikan keduanya mengekspor ikan dan udang dari Indonesia.

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta-misterexportir.com

Dilihat dari darta komoditas utama DKI Jakarta tahun 2017, kegiatan ekspor ikan dan udang ini menduduki peringkat ketiga. Penjualannya mendapatkan nilai 785,74 (FOB Juta US$) dengan persentasi 8,39%. Dalam rianciannya, Jakarta Utara menyumbang jumlah perikanan tangkap yang lebih besar dibandingkan dengan Kepulauan Seribu. Meskipun begitu, hal tersebut telah menunjukkan bahwa selain mengekspor perhiasan dan kendaraan, DKI Jakarta juga berperan sebagai pengekspor ikan dan udang.

4. MESIN-MESIN/PESAWAT MEKANIK

Dalam komoditas utama ekspor wilayah Jakarta, mesin-mesin/ppesawat mekanik menempati urutan keempat. Mesin-mesin/pesawat mekanik ini banyak diburu karena dewasa ini kebanyakan orang sudah terbiasa bepergian menggunakan jasa transportasi udara. Oleh karena itu, hal tersebut membuktikan bahwa mesin-mesin/pesawat mekanik ini sangat dibutuhkan. Hal tersebut dibuktikan dengan mesin-mesin/pesawat mekanik yang menduduki posisi keempat dengan nilai 659,50 (FOB Juta US$) atau dengan persentasi 7,04%.

5. MESIN/PERALATAN LISTRIK

Dengan nilai 440,81 (FOB Juta US$) dan persentasi 4,71%, mesin/peralatan listrik ini ikut andil dalam komoditas utama DKI Jakarta tahun 2017. Mengingat bahwa peralatan listrik ini adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi, apalagi sekarang sudah marak sekali smartphone, dan hal lainnya yang bertenaga listrik, maka orang-orang harus membelinya. Mau tidak mau, dengan perubahan teknologi yang kian melesat, mereka harus bisa mengimbanginya. Hal tersebut itulah yang menjadi pemicu dibutuhkanya peralatan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

6. PAKAIAN JADI BUKAN RAJUTAN

Selain kelima produk sebelumnya, pakaian jadi buakn rajutan pun memiliki potensi untuk diekspor oleh DKI Jakarta. Pakaian merupakan kebutuhan primer yang tidak bisa diabaikan. Semua orang membutuhkannya dan dari alasan itulah mengapa pakaian termasuk ke dalam bagian dari komoditas utama DKI Jakarta.

Dengan berbekal nilai 427,42 (FOB Juta US$) atau memiliki persentasi 4,56%, produk pakaian jadi bukan rajutan ini menempati posisi keenam. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas dari produk pakaian bukan rajutan yang berasal dari DKI Jakarta ini memiliki nilai jual yang bisa bersaing di ranah internasional.

7. BARANG-BARANG RAJUTAN

Barang-barang rajutan selalu memiliki ciri khas tersendiri. Produk tersebut selalu menyajikan unsur estetik yang memuaskan bagi para konsumennya. hal itulah yang menjadi alasan mengapa barang-barang rajutan ini menajdi salah satu produk yang diekspor dengan nilai 366,94 (FOB Juta US$) atau dengan persentasi 3,92% dari keseluruhan. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa memang produk rajutan yang berasal dari DKI Jakarta ini patut diperhitungkan.

8. TEMBAGA

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Jakarta-misterexportir.com

Tembaga merupakan logam yang berwarna kemerah-merahan yang berperan sebagai bahan baku seperti kawat, periuk, atau uang. Produk ini menduduki posisi delapan dengan nilai 322,08 (FOB Juta US$) atau dengan persentasi 3,55%. Alasan mengapa tembaga ini diekspor adalah karena logam ini memiliki peranan penting dalam pembuatan bahan baku. Apalagi tembaga adalah bahan baku dari uang, maka sudah dipastikan bahwa produk ini sangat diperhitungkan.

9. BERBAGAI PRODUK KIMIA

Produk kimia mulai dari pupuk tanaman hingga bahan makanan adalah kebutuhan yang dapat mendukung suatu mata pencaharian. Perusahaan-perusahaan makanan dan sebagainya sudah barang tentu memerlukannya untuk beberapa kepentingan. Hal tersebut itulah yang menjadikan berbagai produk kimia menjadi salah satu dari komoditas utama ekspor di DKI Jakarta. Dengan mengantongi nilai 263,07 (FOB Juta US$) atau dengan persentasi 2,81%, produk ini menduduki posisi kesembilan yang patut diperhitungkan.

10. SABUN DAN PREPARAT PEMBERSIH

Di urutan kesepuluh, hadir sabun dan preparat pembersih yang menjadi salah satu produk dalam komoditas utama ekspor DKI Jakarta. Dengan nilai 259, 83 (FOB Juta US$) atau dengan persentasi 2,77% dari keseluruhan, komoditas ini juga kayak untuk diperhitungkan. Produk ini juga merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi mengingat kebersihan adalah aspek yang selalu menajdi penilaian.

Dari kesepuluh produk tersebut, telah didapatkan nilai sebesar 7.072,26 (FOB Juta US$) atau sekitar 75,51% dari komoditas utama DKI Jakarta. Sedangkan sisanya diisi oleh produk-produk lainnya. Dalam tahun 2017, DKI Jakarta telah mendapatkan nilai ekspor sebesar 9.366,16 (FOB Juta US$) dalam komoditas utamanya.

Nah, penjelasan di atas telah menjelaskan mengenai komoditas ekspor Indonesia wilayah Jakarta yang tidak diketahui banyak orang. Dari pemaparan tersebut dapat disimpilkan bahwa selain berperan sebagai kota metropolitan, DKI Jakarta juga merupakan pengekspor produk yang patut diperhitungkan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com