Inilah Komoditas Ekspor Impor Colombia yang Melebihi Batas Permintaan, Mengejutkan!

Inilah Komoditas Ekspor Impor Colombia yang Melebihi Batas Permintaan, Mengejutkan!

Komoditas Ekspor Impor Colombia – Colombia memiliki beberapa komoditas ekspor dan impor yang sangat luar biasa. Selain itu, negara yang terletak di wilayah barat laut Amerika Selatan ini memiliki beberapa komoditas yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand. Selain itu

Komoditas Ekspor Impor Colombia
Komoditas Ekspor Impor Colombia – Mister Exportir

Kondisi tersebut tentu saja akan berpengaruh terhadap total pengiriman barang Colombia pada setiap tahunnya. Selain itu, negara ini juga memiliki 10 komoditas ekspor yang mewakili nilai dolar tertinggi. Akses pengiriman yang menunjang  pun sangat berpengaruh terhadap keberhasilan ekspor-impor negara ini.

Maka dari itu, pada pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai komoditas ekspor impor Colombia. Dalam perdagangan Internasional, ternyata Indonesia juga ikut termasuk ke dalam beberapa negara yang mengekspor komoditas dalam negeri ke Colombia. Berikut ini pembahasannya.

 

Baca Juga: Komoditas Ekspor Impor Brazil yang Memiliki Nilai Dolar Tertinggi, Anda Wajib Tahu!

 

Sekilas Tentang Kondisi Komoditas Ekspor Impor Colombia

Komoditas Ekspor Impor Colombia
Komoditas Ekspor Impor Colombia – Mister Exportir

Republik Colombia ialah sebuah negara di barat laut Amerika Selatan yang hutannya lebat. Ibukota negara ini adalah Bogota dan populasi negara ini 48.219.827. Sekitar 72% merupakan kawasan hutan. Berbatasan denganLaut Karibia di sebelah utara, dan barat laut; Venezuela dan Brazil di timur; Peru dan Ekuador di selatan; serta Panama dan Samudera Pasifik di barat. Mata uangnya Peso Colombia (COP).

Republik Colombia mengirimkan barang senilai US $ 41,8 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018. Jumlah dolar itu mencerminkan kemunduran -23,8% dibandingkan dengan tahun 2014 tetapi peningkatan 10,6% dari 2017 hingga 2018.

Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) Colombia pada tahun 2015, mencapai $682.977 miliar dengan hitungan per kapita sebesar $14.164. Sementara Produk Domestik Bruto atau PDB (nominal) pada tahun 2015 mencapai $427.139 miliar dengan hitungan per kapira sebesar $8.858.

Produk senilai $ 13,5 miliar atau 32,4% dari total ekspor Kolombia berdasarkan nilai dikirim ke negara-negara Amerika Utara. Sebesar 32,1% adalah pembeli yang berlokasi di Amerika Latin tidak termasuk Meksiko tetapi termasuk Karibia. Di tempat ketiga adalah Eropa, jauh di atas importir di Afrika (0,6%) dan Oseania (0,2%) dipimpin oleh Australia dan Selandia Baru.

Selain itu, indikator kunci lain dari kinerja ekonomi suatu negara adalah tingkat penganggurannya. Tingkat pengangguran Kolombia adalah 10,5% pada Mei 2019 naik dari 9,7% satu tahun sebelumnya, menurut Trading Economics.

 

10 Komoditas Ekspor Colombia yang Memiliki Nilai Dolar Tertinggi

Komoditas Ekspor Impor Colombia
Komoditas Ekspor Impor Colombia – Mister Exportir

Dengan total pengiriman barang sebesar US $ 41,8 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018,  membuktikan bahwa Colombia memiliki komoditas dengan nilai dolar yang tinggi. Total pengiriman barang tersebut menunjukkan adanya peningkatan 10,6% dari 2017 hingga 2018.

Berikut ini kelompok-kelompok produk ekspor Colombia yang mewakili nilai dolar tertinggi dalam pengiriman global Colombia selama tahun 2018. Beserta persentase pangsa setiap kategori ekspor yang mewakili dalam hal keseluruhan ekspor dari Colombia.

  1. Mineral fuels including oil: US$24.2 billion (57.8% of total exports)
  2. Coffee, tea, spices: $2.3 billion (5.6%)
  3. Gems, precious metals: $1.6 billion (3.9%)
  4. Plastics, plastic articles: $1.5 billion (3.7%)
  5. Live trees, plants, cut flowers: $1.5 billion (3.5%)
  6. Fruits, nuts: $1.1 billion (2.5%)
  7. Iron, steel: $650.8 million (1.6%)
  8. Vehicles: $645.7 million (1.5%)
  9. Animal/vegetable fats, oils, waxes: $623 million (1.5%)
  10. Sugar, sugar confectionery: $518.3 million (1.2%)

Kesepuluh komoditas ekspor teratas Colombia menyumbang lebih dari empat per lima (82,1%) dari nilai keseluruhan pengiriman globalnya. Besi dan baja adalah komoditas yang tumbuh paling cepat di antara 10 komoditas di atas lainnya, yakni naik 46,2% dari 2017 hingga 2018.

Pada posisi kedua untuk meningkatkan penjualan ekspor Colombia adalah kendaraan melalui kenaikan 19,7%. Selain itu, barang-barang terkait bahan bakar mineral termasuk minyak mengalami kenaikan tercepat ketiga dalam nilai naik 18,4%, didorong oleh percepatan pendapatan untuk minyak mentah dan batubara. Sementara itu, pertama dan logam mulia memimpin penurunan karena penurunan -18,6% dari tahun ke tahun.

 

Baca Juga: 15+ Faktor Pendorong Perdagangan Internasional yang Kamu Harus Tahu!

 

Komoditas Ekspor Impor Colombia yang Melebihi Batas Permintaan, Anda Harus Tahu!

Republik Colombia pun memiliki beberapa komoditas ekspor dan impor yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand pada tahun 2018. Apa sajakah komoditas itu? Berikut ini data selengkapnya.

  1. Machinery including computers: US$5.8 billion (11.3% of total imports)
  2. Electrical machinery, equipment: $5.8 billion (11.3%)
  3. Vehicles: $4.3 billion (8.5%)
  4. Mineral fuels including oil: $3.5 billion (6.9%)
  5. Plastics, plastic articles: $2.5 billion (4.9%)
  6. Pharmaceuticals: $2.4 billion (4.7%)
  7. Organic chemicals: $2.3 billion (4.5%)
  8. Iron, steel: $1.8 billion (3.5%)
  9. Cereals: $1.7 billion (3.3%)
  10. Optical, technical, medical apparatus: $1.5 billion (3%)

 

10 Komoditas Indonesia yang di Ekspor ke Colombia

Di antara negara-negara yang melakukan kerja sama perdagangan Internasional bersama Colombia, ternyata Indonesia  termasuk di dalamnya. Mengingat Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, maka tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu negara yang mengekspor komoditas-komoditasnya ke Colombia.

Untuk mengetahui komoditas apa saja yang diekspor oleh Indonesia ke Colombia, maka berikut ini 10 komoditas Indonesia yang di ekspor ke Colombia:

(USD)

Komoditas Ekspor Impor Colombia
Komoditas Ekspor Impor Colombia – Mister Exportir

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Potensial Ekspor Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui!

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Colombia

Komoditas Ekspor Impor Colombia
Komoditas Ekspor Impor Colombia – Mister Exportir

Dalam perdagangan Internasional (ekspor dan impor) memiliki akses pengiriman yang baik merupakan salah satu hal yang sangat penting. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pengiriman barang. Baik dalam hal mengimpor maupun mengekspor barang.

Colombia memiliki beberapa pelabuhan dan bandara utama yang menjadi akses pengiriman komoditas ekspor dan impornya ke  negara-negara lain. Berikut ini enam pelabuhan utama Colombia :

1. Port of Cartagena – Dilakukan pengembangan oleh ExxonMobil, yang membangun terminal minyak senilai $ 225 juta.

2. Morosquillo Gulf Port Area

3. Port of Barranquilla – Berlokasi di Calle 2 No. 41N-28 Barrio Villanueva
Barranquilla, Atlantico Colombia.

4. Port of Puerto Bolivar – Terletak di Puerto Bolivar Colombia.

5. Port of Buenaventura – Dilakukan pengembangan terbesar, adalah di Delta del Río Dagua, di mana kontainer $ 246juta dan terminal kargo umum akan dibangun.

6. Port of Santa Marta – Terletak di Cra 1a. No. 10A-12
Santa Marta A.A 655 Colombia

 

Selain pelabuhan, Colombia juga memiliki beberapa bandara utama. Yakni di antaranya sebagai berikut:

1. El Eden International Airport (Armenia/La Tebaidi)

2. Ernesto Cortissoz International Airport (Barranquilla/Soledad)

3 .El Dorado International Airport (Bogota)

4. Palonegro International Airport (Bucaramunga/ Lebrija)

5. Alfonso Bonilla Aragon International Airport (Cali/Palmira)

 

Demikianlah pembahasan artikel kita pada kali ini mengenai komoditas ekspor impor Colombia. Bagaimana Sobat Mister Exportir, sangat mengejutkan sekali bukan angka-angka dibalik pengiriman komoditas ekspor impor negara ini?

Selain itu, di antara negara-negara yang melakukan kerja sama perdagangan Internasional, Indonesia termasuk di dalamnya. Luar biasa sekali bukan? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian. Salam Exportir!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com