Daftar Komoditas Ekspor Impor Paraguay yang Harus Anda Ketahui!

Daftar Komoditas Ekspor Impor Paraguay yang Harus Anda Ketahui!

Komoditas Ekspor Impor Paraguay – Mengetahui potensi komoditas ekspor dan impor luar negeri adalah hal yang sangat penting. Tidak terkecuali dengan negara Paraguay. Negara ini memiliki sejumlah komoditas-komoditas terbesar.

Komoditas Ekspor Impor Paraguay
Komoditas Ekspor Impor Paraguay – Mister Exportir

Terletak di Amerika Selatan, Paraguay kadang disebut sebagai Corazón de América atau Jantung Amerika. Ibu kota negara ini adalah Asuncion, dan juga merupakan kota terbesar di Paraguay. Bahasa resminya adalah bahasa Spanyol.

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan lebih fokus membahas mengenai komoditas ekspor impor Paraguay yang harus Anda ketahui. Serta sejumlah komoditas Indonesia yang ternyata ikut dikirimkan ke negara Paraguay. Berikut ini pembahasannya untuk Anda.

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Ekspor Impor Uruguay Terbesar Tahun 2018!

 

Sekilas Tentang Negara Paraguay

Republik Paraguay merupakan sebuah negara yang terletak di Amerika Selatan. Negara ini terkurung daratan dan berada di dua sisi Sungai Paraguay. Negara ini berbatasan dengan Argentina di sebelah selatan dan barat daya, Brazil di timur laut dan timur dan Bolivia di barat daya.

Paraguay kadang disebut sebagai Corazón de América atau Jantung Amerika. Ibu kota Paraguay adalah Asuncion, sekaligus merupakan kota terbesar di negara ini. Kebanyakan penduduk negaranya beretnis Mestizo yang mencapai 95% dari total populasinya serta suku-suku lainnya yang hanya 5%.

Bahasa resmi Paraguay adalah bahasa Spanyol.  Bahasaini menjadi salah satu bahasa resmi karena memang Paraguay merupakan bekas jajahan Spanyol. Sementara bahasa asli penduduk setempat adalah bahasa Guarani.

 

Jumlah Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Paraguay ke Seluruh Dunia

Paraguay mengirim barang senilai US $ 9 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018. Jumlah dolar itu mencerminkan penurunan -6,1% sejak 2014 tetapi kenaikan 4,2% dari 2017 hingga 2018.

Komoditas Ekspor Impor Paraguay
Komoditas Ekspor Impor Paraguay – Mister Exportir

Dari perspektif benua, 68,5% dari nilai Paraguay dikirimkan ke negara-negara Amerika Latin (tidak termasuk Meksiko) termasuk Karibia. Sementara 17,3% dijual kepada importir Eropa. Paraguay mengirimkan 11% lainnya ke Asia dengan persentase yang jauh lebih kecil ke Amerika Utara (1,7%) dan Afrika (1,4%).

Mengingat populasi Paraguay sebanyak 7 juta orang, total ekspornya pada tahun 2018 sebesar $ 9 miliar berarti sekitar $ 1.300 untuk setiap penduduk di negara Amerika Selatan.

Nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) tahun 2015 sebesar $61.167 miliar dengan hitungan per kapita $8.716. Sementara nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (nominal) tahun 2015 sebesar $30.754 miliar dengan hitungan per kapita $4.282.

Indikator kunci lain dari kinerja ekonomi suatu negara adalah tingkat penganggurannya. Tingkat pengangguran Paraguay adalah 6,9% pada Maret 2019 turun dari 7,4% satu tahun sebelumnya, menurut Trading Economics.

 

10+ Komoditas Ekspor Terbesar Paraguay, Anda Harus Tahu!

Paraguay memiliki sejumlah komoditas ekspor terbesar. Berikut ini kelompok produk ekspor yang mewakili nilai dolar tertinggi dalam pengiriman global Paraguay selama 2018 pada tingkat kode Harmonized Tariff System (HTS) 2 digit. Juga ditunjukkan persentase pangsa setiap kategori ekspor mewakili dalam hal keseluruhan ekspor dari Paraguay.

  1. Oil seeds: US$2.3 billion (25.3% of total exports)
  2. Mineral fuels including oil: $2.1 billion (23.3%)
  3. Meat: $1.2 billion (13%)
  4. Food industry waste, animal fodder: $992.6 million (11%)
  5. Cereals: $526.3 million (5.8%)
  6. Animal/vegetable fats, oils, waxes: $511.2 million (5.7%)
  7. Electrical machinery, equipment: $280.3 million (3.1%)
  8. Plastics, plastic articles: $106.1 million (1.2%)
  9. Raw hides, skins not furskins, leather: $76.9 million (0.9%)
  10. Miscellaneous animal-origin products: $72.8 million (0.8%)

Barang-barang ekspor Paraguay yang paling berharga adalah kacang kedelai, energi listrik, kue kacang kedelai, daging sapi beku, minyak kacang kedelai, daging sapi segar atau dingin, kawat atau kabel terisolasi, jagung, beras dan gandum. (HTS, 4 digit)

10 ekspor teratas Paraguay menyumbang 90,1% dari nilai keseluruhan pengiriman globalnya. Limbah industri makanan dan pakan ternak adalah yang tumbuh paling cepat di antara 10 kategori ekspor teratas, naik 15,9% dari 2017 hingga 2018.

Di tempat kedua untuk meningkatkan penjualan ekspor adalah pengiriman mesin dan peralatan listrik Paraguay, yang meningkatkan nilainya sebesar 15,9%. Plastik yang diekspor termasuk barang-barang yang terbuat dari plastik mengalami kenaikan tercepat ketiga dalam nilai hingga 8,5% tahun ke tahun.

 

10+ Komoditas Paraguay yang Melebihi Batas Permintaan, Mengejutkan!

Paraguay juga memiliki sejumlah komoditas yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand. Apa sajakah komoditas-komoditas yang melebih batas permintaan itu? Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

Komoditas Ekspor Impor Paraguay
Komoditas Ekspor Impor Paraguay – Mister Exportir

 

10+ Komoditas Indonesia yang di Ekspor ke Paraguay

Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah, ternyata Indonesia juga menjalin hubungan kerjasama dengan Paraguay. Sejumlah komoditas Indonesia di ekspor ke Paraguay. Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

Komoditas Ekspor Impor Paraguay
Komoditas Ekspor Impor Paraguay – Mister Exportir

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Paraguay ke Seluruh Dunia

Komoditas Ekspor Impor Paraguay
Komoditas Ekspor Impor Paraguay – Mister Exportir

Untuk mengirimkan komoditas-komoditasnya, Paraguay menjadikan pelabuhan atau bandar udara sebagai akses  dalam pengirimannya. Contohnya Pelabuhan Asuncion yang mengangkut dua puluh juta ton barang setiap tahun.

Menghasilkan lebih dari $ 500 juta USD, semua karena pengangkut yang tiba di dan berangkat dari Pelabuhan Asunción. Pelabuhan ini menyediakan layanan pemuatan, penyimpanan, dan konsolidasi, serta penyimpanan – wadah terlindung atau terbuka – dari kontainer, dalam jumlah besar atau didinginkan. Ini dilengkapi dengan crane transportasi dan infrastruktur untuk verifikasi dan penanganan barang yang komprehensif.

Selain pelabuhan, Paraguay juga memiliki sejumlah bandar udara internasional yang beroperasi bukan hanya untuk mengangkut penumpang namun juga barang-barang ke luar negeri. Apa sajakah bandar udara yang dimiliki oleh Paraguay? Berikut ini penjelasannya.

1. Bandar Udara Internasional Silvio Pettirossi

Bandara Internasional Silvio Pettirossi (IATA: ASU, ICAO: SGAS) adalah gerbang nasional dan internasional utama Paraguay, yang terletak di Luque, melayani ibu kota, Asunción. Statistik pada tahun 2018 ialah sebagai berikut:

  • Passengers : 1,211,576 (Increase)
  • Aircraft Operations : 52,913 (Increase)
  • Cargo (tn) : 133,397 (Increase)

 

2. Bandar Udara Internasional Guarani

Bandara Internasional Guarani (Spanyol: Aeropuerto Internacional Guaraní) (IATA: AGT [4], ICAO: SGES ) adalah bandara internasional yang berlokasi di Minga Guazu, sebuah kota Gran Ciudad del Este di Departemen Alto Paraná di Paraguay. Ini adalah bandara internasional kedua Paraguay. Statistik pada tahun 2018 ialah sebagai berikut:

  • Passengers : 41,512 (Increase)
  • Aircraft Operations : 7,050 (Increase)
  • Cargo (tn) : 6,236 (Decrease)

 

3. Bandar Udara Internasional Dr. Luis Maria Argana

Bandara Internasional Dr. Luis María Argaña (IATA: ESG, ICAO: SGME) adalah bandara yang melayani kota kecil Mariscal Estigarribia, di Departemen Boquerón di Paraguay.  Bandara ini dioperasikan oleh otoritas militer Paraguay.

 

4. Bandar Udara Internasional Dr. Augusto Roberto Fuster

Bandar Udara Dr. Augusto Roberto Fuster (Bahasa Spanyol: Aerodromo Doctor Fuster) (IATA: PJC, ICAO: SGPJ) yang dikenal sebagai Bandara Pedro Juan Caballero adalah bandara kecil, resmi sebuah bandar udara, menurut otoritas penerbangan Paraguay, yang melayani kota Pedro Juan Caballero di Departemen Amambay Paraguay.

 

5. Bandar Udara Internasional Foz do Iguacu

Bandara Internasional Foz do Iguaçu / Cataratas (IATA: IGU, ICAO: SBFI), adalah bandara yang melayani Foz do Iguaçu, Brasil. Data Statistik Bandar Udara Internasional Foz do Iguacu pada tahun 2017 ialah sebagai berikut:

  • Passengers : 2,177,725 (Increase, 17,6%)
  • Aircraft Operations : 7,18,420 (Increase, 0,2%)
  • Metric tonnes of cargo : 598 (Increase, 2,7%)

6. Bandar Udara Internasional Cataratas Del Iguazú

Bandara Internasional Cataratas del Iguazu (Spanyol: Aeropuerto Internacional Cataratas del Iguazu) (IATA: IGR, ICAO: SARI), juga dikenal sebagai Bandara Mayor Carlos Eduardo Krause, terletak di Provinsi Misiones, Argentina. Melayani kota Puerto Iguazú dan menyediakan akses ke Air Terjun Iguazú terdekat (Spanyol: Cataratas del Iguazú). Statistik tahun 2016 ialah sebagai berikut:

  • Passengers : 893,945
  • Passengers change 15-16 (Increase, 3,6%)
  • Aircraft Movement : 8,721
  • Movement change 15-16: 4%

 

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Paraguay. Semoga pembahasan pada artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terutama bagi Anda yang berkecimpung di dunia ekspor dan impor atau bagi Anda yang mulai tertarik dengan perdagangan Internasional. Salam Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com