Pengertian Tol Laut Logistik Dalam Negeri

Pengertian Tol Laut Logistik Dalam Negeri

Selama ini, logistik di negara Indonesia masih terasa kurang, sehingga persebaran sumber daya pun tidak merata dan menyebabkan harga barang tidak imbang. Maka dari itu dicanangkan sebuah program tol laut. Nah apa pengertian tol laut logistik dalam negeri ini?

Sobat exportir semua pasti tahu dong bahwa negeri Indonesia tercinta ini adalah sebuah negara maritim yang memiliki banyak pulau dan kepulauan. Keadaan tersebut tentunya menjadi suatu keuntungan dan tantangan tersendiri bagi Indonesia.

Karena memiliki laut yang luas, Indonesia pun memiliki banyak kekayaan yang melimpah di dalam lautnya.

Namun disisi lain, laut yang luas ini menjadi hambatan tersendiri, khususnya dalam bidang logistik di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

Pengertian Tol Laut Indonesia

Pengertian Tol Laut Indonesia
gambar: TruckMagz

Untuk menjawab permasalahan tersebut, Presiden Indonesia ketujuh, Jokowi merencanakan pembuatan tol laut Indonesia.

Pembangunan tol laut Indonesia ditujukan untuk memudahkan perhubungan berbagai wilayah di Indonesia.

Tapi, sebelum membahas lebih jauh sobat exportir jangan salah sangka dulu. Yang dimaksud tol laut disini bukan berarti secara harfiah membangun jalan tol di atas laut.

Melainkan, tol laut ini merupakan sebuah sistem distribusi logistik dengan media menggunakan kapal besar, yang kemudian kapal-kapal tersebut saling terhubung dengan berbagai pelabuhan di jalur atau rute utama.

Jalur atau rute utama tol laut berada di pelabuhan Nanggroe Aceh Darussalam, Jakarta, Surabaya, Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua. Nah, untuk menjangkau pulau pulau kecil, digunakan sebuah kapal yang lebih kecil.

Sistem tol laut Indonesia ini diharapkan dapat menekan biaya logistik dengan berbagai rute yang disediakan dan dapat menurunkan harga barang kebutuhan pokok di berbagai daerah, khususnya di daerah timur Indonesia.

Kapal yang digunakan dalam tol laut ini pun merupakan kapal dengan kapasitas dan volume yang besar agar bisa memuat banyak pasokan dan komoditas hingga ke daerah Terluar, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan (3TP).

Manfaat Tol Laut Indonesia

Manfaat Tol Laut Indonesia
gambar: Kompasiana

Adanya program tol laut, tiap daerah di Indonesia menjadi lebih mudah untuk terhubung dan terkoneksi. Dengan begitu, proses logistik di Indonesia menjadi lebih mudah.

Adapun manfaat yang diterima dari tol laut adalah

1. Merealisasikan Nawacita Pertama

Indonesia dibawah kepemimpinan Jokowi dan JK pada periode 2014 – 2019 memiliki agenda Nawacita yang mana pada agenda pertama adalah memperkuat jati diri Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia.

Program tol laut ini pun diharapkan dapat memperkuat maritim Indonesia, karena program tersebut dapat menyatukan berbagai pulau di Indonesia.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia

Tol laut juga diharapkan dapat menyebarkan semua komoditas secara merata ke seluruh penjuru negeri Indonesia.

Dengan distribusi yang merata dengan biaya logistik yang tidak semahal sebelum ada tol laut, diharapkan harga barang kebutuhan pokok juga ikut merata.

3. Meningkatkan Kemandirian dan Pendapatan Nelayan Indonesia

Dibangunnya tol laut Indonesia berarti dibangun juga berbagai pelabuhan sebagai akses tol laut Indonesia.

Peresmian berbagai pelabuhan tersebut pun berimbas pada peningkatan fasilitas, khususnya bagian pelelangan ikan. Hal tersebut pun dimanfaatkan oleh para nelayan untuk menjual ikan lebih baik.

Peningkatan fasilitas pun juga mempercepat proses lift on lift off kontainer di pelabuhan.

4. Mengurangi Angka Pengangguran dan Pembangunan Infrastruktur

Akses logistik yang mudah membuat pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah Indonesia menjadi lebih mudah.

Pembangunan infrastruktur juga dapat membuat berbagai wilayah menjadi lebih menarik sehingga banyak dikunjungi wisatawan lokal atau mancanegara.

Tol laut pun dapat mempermudah akses para pebisnis dan usahawan di Indonesia untuk menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga bisnis bisa meningkat. Dengan begitu, diharapkan tingkat pengangguran akan semakin berkurang.

Itulah informasi pada artikel ini yang membahas pengertian tol laut logistik dalam negeri yang sangat membantu dan memudahkan logistik di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh