10+ Komoditas Ekspor Impor Uruguay Terbesar Tahun 2018!

10+ Komoditas Ekspor Impor Uruguay Terbesar Tahun 2018!

Komoditas Ekspor Impor Uruguay ­– Tak banyak orang tahu bahwa Uruguay salah satu negara yang ekonomi dan politiknya paling stabil. Meskipun negara ini adalah negara terkecil kedua di Amerika Selatan.

Komoditas Ekspor Impor Uruguay
Komoditas Ekspor Impor Uruguay – Mister Exportir

Uruguay merupakan salah satu negara yang paling ekonomis Amerika Selatan, dengan PDB per kapita yang tinggi dan kualitas tertinggi ke-52 indeks kehidupan di dunia (2010) dan paling tinggi dalam kualitas hidup/pembangunan manusia di Amerika Latin.

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan lebih fokus membahas mengenai sejumlah komoditas ekspor impor Uruguay terbesar pada tahun 2018. Sertas info-info lainnya terkait komoditas-komoditas yang ada di Uruguay.

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Ekspor Impor Mexico Terbesar, Lengkap!

 

Sekilas Tentang Negara Uruguay

Uruguay adalah sebuah negara kecil yang terletak di Amerika Latin. Berbatasan dengan Brazil di utara, Sungai Uruguay di barat, muara Rio de la Plata di barat daya, Argentina di tepi seberang keduanya dan Samudra Atlantik Selatan di tenggara.

Populasi penduduk, perkiraan pada tahun 2015 sejumlah 3.415.866 orang dengan kepadatan 18,6 per kilometer persegi (48,2/sq mil).Negara ini memiliki Luas sekitar 176.000 kilometer persegi (68.000 sq mi), adalah bangsa kedua terkecil di Amerika Selatan di daerah setelah Suriname.

 

Total Pengiriman Komoditas di Uruguay ke Seluruh Dunia

Terletak di bagian tenggara Amerika Selatan, Republik Oriental Uruguay mengirimkan barang senilai US $ 7,6 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018. Jumlah dolar itu mewakili pengurangan -16,6% sejak 2014 dan penurunan -3,1% dari 2017 hingga 2018.

Komoditas Ekspor Impor Uruguay
Komoditas Ekspor Impor Uruguay – Mister Exportir

Dilihat dari perspektif kontinental, 35,1% dari ekspor Uruguay berdasarkan nilai dikirim ke negara-negara Asia. Sementara  31,8% dijual kepada importir di Amerika Latin tidak termasuk Meksiko tetapi termasuk Karibia. Uruguay mengirim barang senilai 15,2% ke Eropa dengan 9,9% lainnya tiba di Amerika Utara dan 5,1% ke Afrika.

Mengingat populasi Uruguay berjumlah 3,4 juta orang, total ekspornya pada tahun 2018 sebesar $ 7,6 diterjemahkan menjadi sekitar $ 2.300 untuk setiap penduduk di negara Amerika Selatan.

Nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) tahun 2015 sebesar $73.056 miliar dengan hitungan per kapita $21.387. Sementara nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (nominal) tahun 2015 sebesar $58.057 miliar dengan hitungan per kapita $16.996.

 

 

10+ Komoditas Ekspor Uruguay Terbesar Tahun 2018!

Komoditas Ekspor Impor Uruguay
Komoditas Ekspor Impor Uruguay – Mister Exportir

Kelompok produk ekspor berikut mewakili nilai dolar tertinggi dalam pengiriman global Uruguay selama tahun 2018. Juga ditampilkan adalah persentase pangsa setiap kategori ekspor mewakili dalam hal keseluruhan ekspor dari Uruguay.

  1. Meat: US$1.9 billion (24.6% of total exports)
  2. Wood: $1 billion (13.5%)
  3. Dairy, eggs, honey: $696.5 million (9.1%)
  4. Oil seeds: $574.9 million (7.5%)
  5. Cereals: $426 million (5.6%)
  6. Live animals: $273.7 million (3.6%)
  7. Plastics, plastic articles: $261.3 million (3.4%)
  8. Wool: $247.1 million (3.2%)
  9. Raw hides, skins not furskins, leather: $222.1 million (2.9%)
  10. Milling products, malt, starches: $207.9 million (2.7%)

10 komoditas Uruguay diatas menyumbang sekitar tiga perempat (76,2%) dari nilai keseluruhan pengiriman globalnya. Hewan hidup yang diekspor termasuk sapi adalah yang tumbuh paling cepat di antara 10 kategori ekspor teratas, naik 22,1% dari 2017 hingga 2018.

Di tempat kedua adalah pengiriman wol Uruguay, yang meningkat sebesar 17,1%. Dan di tempat ketiga adalah plastik dan artikel yang diekspor terbuat dari plastic yang meningkat sebesar 16%. Sementara komoditas yang justru menurun dipimpin oleh biji minyak yang turun -52,9% dari tahun ke tahun.

Dari tingkat kode Harmonized Tariff System empat digit yang lebih granular, daging sapi beku (17%) merupakan produk ekspor Uruguay yang paling berharga diikuti oleh kayu kasar (9,5%), kacang kedelai (7%), susu dan krim pekat atau manis (6,1%) ), nasi (5,2%), sapi segar atau dingin (4,6%), sapi perah hidup (3,5%) kemudian malt (2,7%).

 

10+ Komoditas Uruguay yang Melebihi Batas Permintaan atau Over Demand, Kamu Harus Tahu!

Komoditas Ekspor Impor Uruguay
Komoditas Ekspor Impor Uruguay – Mister Exportir

Uruguay dijuluki sebagai negara yang memiliki ekonomi paling stabil. Salah satu indikasinya adalah negara ini memiliki sejumlah komoditas yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand. Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

  1. Mineral fuels including oil: US$1.3 billion (14.5% of total imports)
  2. Machinery including computers: $813.1 million (9%)
  3. Vehicles: $791.7 million (8.8%)
  4. Electrical machinery, equipment: $719.8 million (8%)
  5. Plastics, plastic articles: $482.7 million (5.4%)
  6. Other chemical goods: $280.3 million (3.1%)
  7. Pharmaceuticals: $250.5 million (2.8%)
  8. Fertilizers: $240.8 million (2.7%)
  9. Articles of iron or steel: $179.4 million (2%)
  10. Furniture, bedding, lighting, signs, prefab buildings: $176.7 million (2%)

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Ekspor Impor Chile yang Mampu Bersaing di Dunia

 

Hubungan Kerjasama Indonesia dan Uruguay dalam Perdagangan Internasional (Ekspor dan Impor)

Indonesia dan Uruguay, ternyata menjalin hubungan kerjasama dalam perdagangan Internasional (ekspor dan impor).  Berikut ini kami sajikan info mengenai sejumlah komoditas Indonesia yang di ekspor ke Uruguay.

Komoditas Ekspor Impor Uruguay
Komoditas Ekspor Impor Uruguay – Mister Exportir

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Uruguay

Komoditas Ekspor Impor Uruguay
Komoditas Ekspor Impor Uruguay – Mister Exportir

Uruguay memiliki sejumlah pelabuhan yang menjadi akses pengiriman komoditas ekspor impor Uruguay ke seluruh dunia. Apa sajakah pelabuhan-pelabuhan yang dimiliki oleh negara ini? Berikut ini info selengkapnya untuk Anda.

1. Pelabuhan Montevideo

Pelabuhan Montevideo atau dalam bahasa Spanyol Puerto de Montevideo, terletak  di bagian utara Kota Tua Montevideo, Uruguay. Adalah salah satu pelabuhan utama Amerika Selatan dan memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian Uruguay.

 

2. Pelabuhan Colonia atau Colonia del Sacremento

Pelabuhan Colonia del Sacremento adalah pelabuhan yang sangat kecil di Uruguay. Terletak 177 km dari Montevideo, di pantai River Plate, di departemen Colonia. Pelabuhan ini adalah pelabuhan utama negara dalam hal transportasi penumpang dan kendaraan, terhubung dengan layanan harian kota-kota Colonia dan Buenos Aires.

 

3. Pelabuhan Fray Bentos

Pelabuhan Fray Bentos terletak di kota dengan nama yang sama, di tepi kiri Sungai Uruguay, 317 km dari Montevideo. Berjarak 92 km dari Nueva Palmira (titik awal Parana – Paraguay Waterway) dan terletak 385 km dari Montevideo melalui Martin Garcia Channel atau 560 km dari Montevideo melalui Parana Mitre Channel.

Berjarak 92 km dari Nueva Palmira (titik awal Parana – Paraguay Waterway) dan terletak 385 km dari Montevideo melalui Martin Garcia Channel atau 560 km dari Montevideo melalui Parana Mitre Channel. Lokasi geografisnya yang istimewa semakin ditingkatkan dengan aksesibilitas jalan di daerah tersebut. Akses jalan melalui Rute 2, ke selatan negara itu, terhubung ke rute 24 dan melalui ini ke rute 20 dan 25, yang merupakan tulang punggung lalu lintas industri kayu.

Dua cabang kereta api melewati zona produksi kehutanan, berakhir di kedua dermaga. Pelabuhan ini berada di dekat jembatan internasional Fray Bentos-Puerto Unzue. Yakni merupakan koneksi terpendek antara Montevideo dan Buenos Aires. Serta memfasilitasi interkoneksi kargo antara Uruguay, daerah pertanian dan industri di wilayah pantai Argentina, Chili di barat dan Rio Grande Do Sul di Brazil di timur.

Selain itu juga  pelabuhan ini terintegrasi dengan daerah pertanian dan peternakan yang subur di pantai barat sungai Uruguay dan memiliki sistem sabuk konveyor biji-bijian yang fleksibel dengan kapasitas muat 500 t / jam dan kapasitas bongkar 120 t / jam.

Pelabuhan lainnya yang dimiliki oleh Uruguay adalah Pelabuhan La Paloma dan Pelabuhan Punta del Este. Pelabuhan-pelabuhan ini juga dijadikan sebagai akses dalam pengiriman komoditas-komoditas Uruguay ke luar negeri.

 

Nah, bagaimana Sobat Mister Exportir? Walalupun Uruguay adalah negara yang kecil, namun ternyata negara ini memiliki keistimewaan yang luar biasa, ya. Bahkan dijuluki sebagai negara dengan ekonomi paling stabil. Luar biasa!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Uruguay terbesar tahun 2018. Semoga pembahasan artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Salam Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com