Pengertian Perdagangan Internasional | Fungsi & Tujuan, Manfaat, Beserta Contohnya!

Pengertian Perdagangan Internasional | Fungsi & Tujuan, Manfaat, Beserta Contohnya!

Pengertian Perdagangan Internasional – Hallo para sahabat Mister Exportir, salam sejahtera untuk para Mister Exportir Lovers diseluruh penjuru tanah air. Pada kesempatan kali ini, admin akan membahas mengenai perdagang internasional dengan lengkap, singkat, padat dan jelas.

Namun, sebelum memasuki pembahasan yang sudah admin rangkum, terlebih dahulu admin akan menjelaskan mengenai apa itu perdagangan internasional yang sesungguhnya dan mengapa suatu negara harus ikut serta akan kegiatan perdagangan dunia seperti pada abad modern ini.

One question for all of you Guys, Apakah disini sahabat Mister Exportir ada yang belum tahu dan merasakan dampak dari adanya perdagangan internasional? Wah jika ada yang masih belum merasakan dampak dari hal tersebut, mungkin dia masih belum paham dan peka mengenai apa itu perdagangan internasional.

Perdagangan Internasional
Pengertian Perdagangan Internasional – Mister Exportir

 

Baca Juga : Jasa Undername Ekspor Gula Merah Kelapa.

 

Tahukah anda, perdagangan internasional sudah dimulai sejak abad pertengahan, jadi perdagangan internasional bukanlah hal yang baru terjadi ya Sobat Exportir. Ternyata dampak perdagang dunia sudah kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari dan telah terjadi sejak beberapa puluh abad yang lalu. Masih belum peka juga?

kali ini admin akan memberitahu kamu dengan bijak. Secara tidak sadar, anda sudah merasakan dampak dari perdagang internasional. Mari melihat sekililing lingkungan anda, seperti contoh kecil yaitu penggunaan smartphone canggih yang diproduksi di china atau pakaian bermerek yang kalian kenakan rata-rata berasal dari luar negeri.

Sebagai renungan disini, mungkin sedikit dapat membuka pikiran sobat exportir sekalian mengenai perdagangan internasional. Pada dasarnya, Kita memang tidak dapat menolak atau menghindar dari kemajuan global yang terjadi (globalisasi). Secara sadar atau tidak sadar, dibalik hal tersebut sebenarnya kita telah terlibat dalam kemajuan dunia baik itu dari segi ekonomi, teknologi, militer, dan lain- lain sebagainya.

Pengertian Perdagangan Internasional
Perdagangan Internasional – Mister Exportir

 

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, Perdagangan internasional memang sangat bermanfaat sekali untuk memenuhi segala kebutuhan disegala aspek kehidupan. Akan tetapi sebelum memasuki rangkuman pembahasan mengenai perdagang internasional, admin akan menjelaskan mengenai pengertian perdagangan internasional, manfaat, fungsi dan tujuan, dan berbagai contohnya yang terjadi sampai saat ini.

Yuk kita simak ulasan dibawah ini dengan seksama, Check list out!

 

Baca Selengkapnya : Sewa Undername Ekspor Kopi Terpercaya Via Mister Exportir.

 

 

Pengertian Perdagangan Internasional

Adakah dari Sobat Exportir yang sudah mengetahuinya? Perdagangan internasional merupakan salah satu bentuk interaksi dalam hal jual-beli barang maupun jasa yang dilakukan antara negara satu dengan negara lainnya dengan dilandasi adanya kerjasama Bilateral atau Multilateral yang telah disepakati antar negara tersebut.

Pengertian Perdagangan Internasional
Pengertian Perdagangan Internasional Paling Sederhana – Mister Exportir

 

Baca Yuk : 15 Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Dicari.

 

 

Fungsi dan Tujuan Perdagangan Internasional

Adapun beberapa fungsi dan tujuan diberlakukannya perdagangan internasional adalah sebagai berikut :

 

Memperluas Wilayah Perdagangan

Perdagangan internasional memiliki tujuan untuk memperluas wilayah perdagangan, yang bermanfaat untuk para produsen dan konsumen. Apakah anda pernah mendengar tentang suatu produsen mengalami kelebihan dalam proses produksi? Hal ini terjadi karena sempitnya wilayah atau jangkauan dagang (Market) produsen tersebut.

Produksi dengan jumlah yang berlebihan tentu akan berdampak buruk untuk sebuah pabrik atau produsen tersebut. Rumus sederhananya adalah, apabila jumlah produksi berlebihan dan tidak sebanding dengan pengeluaran atas kebutuhan pasar, maka akan mengakibatkan Over production atau kebanjiran produksi yang tentu akan berdampak kepada jatuhnya harga barang dikarenakan terbatasnya jumlah yang dpat diserap oleh pasar secara keseluruhan.

Fungsi dan Tujuan Perdagangan Internasional
Memperluas Wilayah Dagang “Fungsi dan Tujuan Perdagangan Internasional” – Mister Exportir

 

Selain itu, Perdagangan internasional juga dapat memberikan manfaat untuk produsen. Dalam hal ini, Jika suatu pabrik atau manufaktur dapat memperluas wilayah jangkauan perdagangannya ke negara lain yang mungkin membutuhkan produk tersebut dalam kuantiti atau jumlah yang besar.

 

Silahkan Dilihat Artikel : Jasa Undername Ekspor Terpercaya Via Mister Exportir.

 

 

Berbagi Teknologi dan Inovasi Modern

Perdagangan internasional memang sangat berdampak terhadap budaya, politik, ekonomi bahkan sampai masuk ke lini teknologi. Perdagangan Internasional bertujuan agar memperoleh keuntungan antar negara. Dalam hal ini, akan ada negara maju yang memberikan inovasi baru di bidang teknologiterhadap negara yang berkembang atau yang sedang berkembang.

Sebagai contohnya, negara super power seperti Indonesia, Amerika Serikat, China, Jepang, Korea, Rusia, Jerman dan lain- lain sebagainya, negara tersebut akan mendistribusikan penemuan terbaik negara tersebut baik itu berupa teknologi maupun produk terbaru masa kini kepada negara- negara berkembang lainnya.

Fungsi dan Tujuan Perdagangan Internasional
Fungsi dan Tujuan Perdagangan Internasional “Berbagi Teknologi Modern” – Mister Exportir

 

 

Meningkatkan Devisa Negara

Meningkatkan devisa negara adalah salah satu tujuan setiap negara yang berpartisipasi dalam perdagangan global. Jika suatu negara terlibat dalam suatu perdagang internasional dengan negara yang lain, makatentu saja negara tersebut berpotensi menaikkan devisa negara.

Dampak dari meningkatnya devisa negara adalah berkembang pesatnya pertumbuhan ekonomi, dan jika semakin bertumbuhnya ekonomi suatu negara, maka akan banyak pula aspek kehidupan yang dapat didukung, khususnya tenaga kerja yang dibutuhkan dan dapat diserap oleh industri juga akan semakin banyak.

Fungsi dan Tujuan Perdagangan Internasional
Meningkatkan Devisa Negara – Mister Exportir

 

 

Manfaat Perdagangan Internasional

Adapun beberapa manfaat yang akan diperoleh suatu negara jika berpartisipasi dalam kegiatan perdagangan internasional adalah sebagai berikut :

 

Mencegah Krisis Ekonomi

Manfaat perdagangan internasional meliputi seluruh aspek kehidupan sehari-hari seperti sosial, politik, budaya, teknologi bahkan juga ekonomi. Dalam hal ekonomi, perdagangan global sangatlah mempunyai berbagai manfaat salah satunya mencegah krisis ekonomi.

Apa itu krisis ekonomi? Suatu keadaan dimana suatu negara mengalami kekurangan kebutuhan contohnya adalah seperti suatu negara mengalami krisis beras, karena mengalami gagal panen di setiap wilayahnya. Dalam hal ini, negara lain yang mempunyai produksi beras yang berlebih (Over Production) akan mengekspor beras tersebut ke negara yang sedang mengalami krisis beras.

Manfaat Perdagangan Internasional
Manfaat Perdagangan Internasional “Mencegah Krisis” – Mister Exportir

 

 

Memperluas Kesempatan Kerja

Semakin meluas perdagangan antar negara-negara di dunia, akan berdampak baik pula untuk tersedianya lapangan kerja yang produktif. Kesempatan ini tentu saja merupakan hasil yang akan diperoleh oleh berbagai negara yang ikut serta akan perdagangan dunia.

Perdagangan internasional yang semakin merata dan dilakukan secara merata oleh antar negara di dunia, maka dalam hal ini akan menyebabkan menaiknya permintaan produk, dan para produsen pun akan mencari sumber daya manusia untuk mendukung penuh kuantitas maupun kualitas produknya yang akan dijual atau dikirim ke berbagai negara.

Manfaat Perdagangan Internasional
Manfaat Perdagangan Internasional “Memperluas Kesempatan Kerja” – Mister Exportir

 

 

Mempererat Hubungan Antar Bangsa

Dengan meratanya perdagangan internasional yang dilakukan antar negara-negara dunia, maka tentu saja akan berdampak baik untuk bidang sosial dan diplomasi antar negara, serta semakin eratnya hubungan bilateral antar negara satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, betapa pentingnya sebuah negara dapat berinteraksi dan berpartisipasi dalam perdagangan dunia yang saat ini sangat luar biasa manfaatnya baik itu dari segi ekonomi, social impact, diplomasi, dan kontribusi positif antar negara.

Manfaat Perdagangan Internasional
Manfaat Perdagangan Internasional “Mempererat Hubungan Kerjasama Antar Negara” – Mister Exportir

 

Baca Juga : Sewa Undername Ekspor Vlegal Kayu / SVLK Furniture Terpercaya.

Contoh- Contoh Perdagangan Internasional Paling Populer

 

AFTA (ASEAN Free Trade Area)

AFTA atau Asean Free Trade Area adalah sebuah kerjasama yang dihasilkan dari kesepakatan dan persetujuan antara negara-negara di Asia Tenggara dalam sektor perdagangan produk lokal. Indonesia adalah termasuk negara dari anggota AFTA, tak hanya Indonesia saja, negara lainnya seperti Brunai, Malaysia, Thailand, Vietnam, Philipina, Singapura dan negara Asia Tenggara lainnya.

AFTA resmi didirikan pada tahun 1995, dengan tujuan mengembangkan daya saing pada proses produksi untuk perdagangan internasional. Maka dari itu, admin menyantumkan AFTA sebagai salah satu contoh dari perdagangan internasional yang paling mudah untuk dipahami.

Contoh Perdagangan Internasional
Contoh Perdagangan Internasional “AFTA” – Mister Exportir

 

APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation)

Asia-Pacific Economic Cooperation atau dalam Bahasa Indonesia berarti Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik ini merupakan sebuah organisasi kerjasama yang dibentuk oleh negara- negara Asia-Pasifik. APEC sendiri dibentuk pada tahun 1989.

APEC merupakan organasasi antar negara Asia-Pasifik dalam sektor ekonomi dengan bertujuan meningkatkan kerjasama dan perdagangan bebas pada wilayah Asia Pasifik. Dengan demikian, APEC menjadi salah satu contoh perdagangan internasional yang harus kamu ketahui.

Contoh Perdagangan Internasional
Contoh Perdagangan Internasional “APEC” – Mister Exportir

 

 

NAFTA (North America Free Trade Area)

NAFTA adalah singkatan dari North America Free Trade Area atau dalam Bahasa Indonesia artinya Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara. NAFTA merupakan organisasi ekonomi dalam sektor perdagangan internasional.

NAFTA dibentuk pada tahun 1994 dengan tiga negara anggota Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. NAFTA bertujuan untuk mengontrol kegiatan ekonomi di wilayah Amerika Utara.

Contoh Perdagangan Internasional
Contoh Perdagangan Internasional “NAFTA” – Mister Exportir

 

 

Ekspor dan Impor

Sahabat Mister Exportir, perdagangan internasional memang sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi kita. kegiatan perdagangan internasional sudah dilakukan sejak jaman dulu. tak sedikit bukti sejarah yang menjelaskan bahwa perdagangan internasional memang sudah terjadi dari dahulu kala. Dalam perdagangan internasional, terkenal dua istilah yang dilakukan antar negara dan amat sederhana yaitu ekspor dan impor.

Contoh Perdagangan Internasional
Contoh Perdagangan Internasional “Ekspor dan Impor” – Mister Exportir

 

Ekspor merupakan suatu kegiatan menjual barang atau jasa ke negara lain atau kegiatan pengeluaran barang dari area kepabeanan suatu negara, sedangkan Impor merupakan kegiatan membeli barang atau jasa dari negara lain atau sebuah kegiatan memasukkan barang dari luar area kepabeanan suatu negara kedalam negeri.

Manfaat dari kegiatan ekspor dan impor itu sendiri memang sangatlah banyak, salah satu contohnya adalah seperti meningkatkan devisa negara, perkembangan investasi dalam negeri, dan lain- lain sebagainya. Dengan demikian, kegiatan ekspor dan impor adalah contoh yang sangat real dalam sebuah perdagangan dunia.

 

Baca Selengkapnya : 100+ Istilah Dalam Ekspor Impor yang Wajib Kamu Ketahui.

 

 

 

E-commerce

Nah kalau yang satu ini pasti sudah sering Sobat Mister Exportir lakukan, yaitu E-commerce atau electronic commerce yang berarti dalam Bahasa Indonesia berarti perdagangan elektronik. E-commerce juga termasuk kedalam contoh perdagangan internasional karena dapat diakses oleh orang-orang diseluruh dunia.

Contoh Perdagangan Internasional
Contoh Perdagangan Internasional “E-Commerce” – Mister Exportir

 

E-commerce ini berbasis online trading dan mengandalkan sistem elektronik dan akses melalui internet. Selain itu, E-commerce bertujuan untuk memudahkan para penggunanya untuk membeli sebuah produk maupun jasa dengan cara yang efesien dan efektif.

Dengan E-commerce anda tidak perlu keluar rumah hanya untuk sekedar membeli barang, semua bisa lakukan di rumah dengan mengakses E-commerce yang ada. Sungguh mudah bukan sobat Exportir?

 

 

Nah Sahabat Mister Exportir, sudah tahukan tentang pengertian perdagangan internasional baik itu dari segi fungsi dan tujuannya, manfaatnya, dan begitu juga disertai beberapa contohnya yang dapat kamu pelajari lebih dalam lagi. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi sobat Mister Exportir ya!

Dan seperti biasa, Terimakasih dan salam sukses bagi sobat Exportir Indonesia, Love you guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com