Perdagangan Internasional: Pengertian, Manfaat, dan Dampaknya

Perdagangan Internasional: Pengertian, Manfaat, dan Dampaknya

Perdagangan internasional adalah kunci kebangkitan ekonomi global.

Aktivitas ini memungkinkan negara-negara untuk memperluas pasar dan mengakses barang serta jasa yang mungkin tidak tersedia di dalam negeri.

Perdagangan internasional merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan dalam perekonomian dunia.

Setiap negara di dunia pasti terlibat dalam perdagangan internasional.

Sebagai hasil dari perdagangan internasional, persaingan pasar menjadi lebih kompetitif hingga akhirnya menghasilkan harga yang lebih kompetitif dan membawa produk yang lebih murah bagi konsumen.

Tapi, apakah sebenarnya yang dimaskud dengan perdagangan internasional itu?

Nah berikut ini Mister Exportir rangkum informasi seputar perdagangan internasional yang tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan kamu.

perdagangan internasional

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

Perdagangan Internasional mengacu pada pertukaran produk dan layanan dari satu negara ke negara lain.

Dengan kata lain, perdagangan internasional adalah kegiatan impor dan ekspor.

Pada faktanya, perdagangan internasional membantu meningkatkan kekayaan negara yang diakui secara global.

Secara umum, perdagangan internasional dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan jual beli yang dilakukan dua pihak yang berbeda negara.

Sistem ini melibatkan antar negara, pihak individu, dan perusahaan yang melakukan perdagangan dengan pihak dari negara lain.

Ketika seseorang atau perusahaan membeli produk atau layanan yang lebih murah dari negara lain, standar hidup di kedua negara meningkat.

Dengan perdagangan internasional, ada persaingan yang lebih besar dan harga yang lebih kompetitif di pasar.

Singkatnya, konsumen memiliki lebih banyak pilihan produk baik dari segi kualitas dan harga.

Negara-negara berdagang secara internasional ketika tidak ada sumber daya atau kapasitas untuk memenuhi kebutuhan domestik dan keinginan di dalam negeri.

Dengan mengembangkan dan mengeksploitasi sumber daya domestik, negara-negara dapat menghasilkan surplus.

Negara-negara ini dapat menggunakan surplus tersebut untuk membeli barang yang dibutuhkan dari luar negeri melalui perdagangan internasional.

Mengingat pentingnya perdagangan internasional, kegiatan ini bahkan telah dilakukan sejak lebih dari 9.000 tahun yang alu, bahkan sebelum adanya negara-negara bangsa dan perbatasan nasional.

Pada faktanya, kegiatan perdagangan internasional melahirkan dunia industri modern seperti yang bisa kita lihat saat ini.

Dengan demikian, perdagangan internasional dapat disebut sebagai jantung dari ekonomi global.

Manfaat Perdagangan Internasional

Berikut ini beberapa manfaat perdagangan internasional:

  1. Ekonomi dalam penggunaan sumber daya produktif

Setiap negara mencoba memproduksi barang-barang yang paling cocok untuk masyarakatnya. Karena sumber daya masing-masing negara dieksploitasi sepenuhnya, maka ada ekonomi yang besar dalam penggunaan sumber daya produktif.

  1. Memperluas pasar suatu komoditas

Perdagangan internasional memungkinkan setiap negara untuk menikmati komoditas yang lebih luas daripada yang terbuka untuk mereka.

Komoditas yang dapat diproduksi di dalam negeri dengan biaya yang relatif lebih tinggi dapat didatangkan dari pasar yang lebih murah dari luar negeri. Dengan demikian, sumber daya negara tersebut dapat dihemat dan digunakan lebih baik untuk memproduksi komoditas lain yang secara komparatif lebih cocok.

  1. Mencegah kelangkaan komoditas

Jika suatu saat terjadi kekurangan pangan atau kelangkaan komoditas penting lainnya di dalam negeri, semua itu dapat dengan mudah diimpor dari negara lain sehingga negara dapat diselamatkan dari kekurangan komoditas dan standar hidup yang rendah.

  1. Mendorong persaingan pasar sehat

Perdagangan internasional mendorong persaingan di antara berbagai negara. Para produsen di negara asal menjaga harga produk mereka pada tingkat yang wajar karena takut dengan persaingan asing.

  1. Mempercepat industrialisasi

Perdagangan internasional memungkinkan negara terbelakang untuk memperoleh keterampilan, mesin, dan peralatan dari negara-negara industri maju untuk mempercepat industrialisasi.

  1. Mencegah jatuhnya nilai suatu produk

Suatu negara dapat mengekspor produk surplusnya ke negara yang membutuhkan. Dengan demikian, harga produk-produk yang kelebihan tersebut tidak jatuh di pasaran.

  1. Memperluas sarana komunikasi dan transportasi

Ketika barang-barang dipertukarkan dari satu negara ke negara lain, hal itu dapat juga mengarah pada perluasan sarana komunikasi dan transportasi.

  1. Terjalinnya kontak di antara masyarakat suatu negara dengan masyarakat negara lain

Perdagangan internasional menawarkan fasilitas kepada warga setiap negara untuk berhubungan satu sama lain. Hal itu membuat mereka menyadari bahwa tidak ada negara di dunia ini yang mandiri sehingga mendorong perdamaian dan niat baik di antara jiwa setiap bangsa.

manfaat perdagangan internasional

Dampak Perdagangan Internasional

Salah satu dampak dari perdagangan internasional adalah pengaruhnya terhadap ekonomi negara-negara yang terlibat dalam perdagangan.

Efek ini dirasakan oleh negara-negara yang kurang berkembang dan lebih maju.

Negara-negara yang lebih maju mendapat manfaat dengan membeli bahan baku dan produk jadi dari negara-negara kurang berkembang.

Negara-negara kurang berkembang mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan sumber daya keuangan yang sangat dibutuhkan dari perdagangan.

Produk domestik bruto, indikator ekonomi yang memantau tingkat produksi suatu negara, dipengaruhi oleh perdagangan internasional.

Jika suatu negara mengimpor lebih banyak daripada ekspornya, PDBnya kemungkinan akan menurun seiring waktu karena negara tersebut menjadi bergantung pada barang impor dan kehilangan kemampuan untuk mempekerjakan warganya sendiri dalam produksi barang yang ingin dibeli publik.

Peran perdagangan internasional dalam perekonomian adalah untuk menemukan keseimbangan antara impor dan ekspor yang membuat ekonomi negara kuat dan standar hidup yang tinggi.

Dari perspektif bisnis, peran perdagangan internasional adalah untuk memaksimalkan keuntungan bagi pemilik usaha.

Sebuah perusahaan yang membatasi diri pada penjualan yang dihasilkan dalam batas-batas domestik akan kehilangan potensi untuk mengembangkan bisnis secara eksponensial.

Pemerintah mempertimbangkan peran perdagangan internasional dari perspektif yang lebih besar pada kesehatan ekonomi.

Kemampuan sektor bisnis memproduksi barang untuk keperluan ekspor berarti lebih banyak tenaga kerja negara yang dipekerjakan, sehingga menghasilkan jumlah persediaan yang lebih besar.

Hal ini berarti bahwa negara tersebut berada dalam posisi yang lebih kuat secara global, karena mampu mengekspor nilai-nilai dan gaya hidup negara tersebut bersama dengan produknya.

dampak perdagangan internasional

Dampak Negatif Perdagangan Internasional

Berikut ini beberapa dampak negatif yang timbul dari adanya kegiatan perdagangan internasional:

  1. Eksploitasi sumber daya berlebihan

Untuk memperoleh keuntungan ekspor saat ini, suatu negara dapat mengeksploitasi sumber daya alamnya yang terbatas di luar batas yang semestinya.

Hal ini dapat menyebabkan habisnya sumber daya material penting seperti besi, batu bara, minyak bumi, dan lain-lain. Hal ini menyebabkan kerugian bagi generasi mendatang.

  1. Berpengaruh terhadap industri Dalam Negeri

Jika tidak ada pembatasan yang diterapkan pada perdagangan luar negeri, hal itu dapat merusak industri dalam negeri dan menyebabkan penderitaan yang meluas di antara masyarakat.

  1. Berpengaruh terhadap kebiasaan konsumsi masyarakat

Kadang-kadang terjadi bahwa para pedagang mengimpor komoditas yang sangat berbahaya dan merugikan masyarakat untuk mencari keuntungan.

Misalnya, impor opium, anggur, dan sejenisnya hingga berdampak buruk pada kesehatan dan moral masyarakat.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download