Cara Belanja di Alibaba Paling Mudah!

Cara Belanja di Alibaba Paling Mudah!

Cara Belanja di Alibaba – Perkembangan teknologi memberikan banyak sekali kemudahan untuk kita. Jika dulu, kita harus keluar rumah untuk membeli sesuatu. Pastilah menyita banyak waktu dan tenaga. Namun sekarang, kita bisa menggunakan smartphone dan jaringan internet untuk membeli sesuatu.

Cara Belanja di Alibaba
Cara Belanja di Alibaba – Mister Exportir

Hampir semua orang mengetahui mengenai Alibaba.com. Merupakan perusahaan e-commerce asal China yang terdapat banyak sekali supplier besar yang bergabung di dalamnya. Di Alibaba, Anda dapat membeli barang dalam jumlah besar dengan harga yang murah.

Meskipun demikian, satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa Anda tidak dapat belanja barang satuan di Alibaba. Sebab situs tersebut hanya melayani untuk pembelian dalam jumlah banyak. Lalu bagaimanakah cara belanja di Alibaba? Berikut ini penjelasannya.

 

Baca Juga: Potensi Komoditas Ekspor Impor China, Lengkap!

 

Sekilas Mengenai Alibaba Group

Cara Belanja di Alibaba
Cara Belanja di Alibaba – Mister Exportir

Alibaba Group merupakan konglomerat multinasional Tiongkok yang memiliki spesialisasi dalam e-commerce, ritel, internet, kecerdasan buatan dan teknologi. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999, menyediakan layanan penjualan konsumen-ke-konsumen (C2C), bisnis-ke-bisnis (B2B), dan bisnis-ke-konsumen(B2C) melalui portal web. Juga layanan pembayaran elektronik, mesin pencari belanja dan layanan cloud computing.

Alibaba Group memiliki dan mengoperasikan beragam bisnis di seluruh dunia dalam berbagai sektor, dan dinobatkan sebagai salah satu perusahaan paling dikagumi di dunia oleh Majalah Fortune. Selain itu juga menjadi salah satu dari 10 perusahaan paling bernilai dan terbesar di dunia.

Pada tahun 2018, Alibaba menjadi perusahaan Asia kedua yang berhasil menembus angka valuasi 500 miliar dolar AS, setelah Tencent. Serta pada tahun yang sama, Alibaba juga memiliki nilai merek global tertinggi ke-9.

Alibaba menjadi pengecer terbesar di dunia karena beroperasi di lebih dari 200 negara dan  wilayah. Perusahaan ini juga merupakan salah satu perusahaan terbesar dalam bidang Internet dan kecerdasan buatan, salah satu perusahaan modal ventura terbesar, dan salah satu perusahaan investasi terbesar di dunia.

Alibaba menjadi tuan rumah pasar B2B (Alibaba.com) dan B2C (Taobao, Tmall) terbesar di dunia. Penjualan dan keuntungan daringnya melampaui semua pengecer di Amerika Serikat (termasuk Walmart, Amazon, dan eBay) yang digabungkan sejak 2015.

Anak perusahaan Alibaba ialah sebagai berikut: Alibaba.com, Guangzhou Evergrande Taobao F.C., Shenma, Taobao, Tmall, UCWeb, Daraz, AliExpress, Juhuasuan.com, 1688.com, Alimama.com, Ant Financial, Cainiao, Lazada, South China Morning Post, Youku Tudou, Alibaba Cloud.

Data pendapatan dan laba Alibaba Group yang kami rangkum melalui situs Wikipedia, ialah sebagai berikut:

  • Pendapatan : CN¥ 250,266 milyar (AS$39,898 milyar, 2018)
  • Laba operasi : CN¥ 69,314 milyar (AS$11,050 milyar, 2018)
  • Laba bersih: CN¥ 61,412 milyar (AS$9,791 milyar, 2018
  • Total aset : CN¥ 717,124 milyar (AS$114,326 milyar, 2018)
  • Total ekuitas : CN¥ 436,438 milyar (AS$69.578 milyar, 2018)

 

Apa itu Alibaba?

Cara Belanja di Alibaba
Cara Belanja di Alibaba – Mister Exportir

Diluncurkan pada tahun 1999, Alibaba.com adalah platform terkemuka untuk perdagangan grosir global. Kami melayani jutaan pembeli dan pemasok di seluruh dunia. Salah satu anak perusahaan dari Alibaba Group.

Sebagai bagian dari Alibaba Group, misi Alibaba.com adalah membuatnya mudah untuk melakukan bisnis di mana saja. Alibaba.com melakukan ini dengan memberikan pemasok alat yang diperlukan untuk menjangkau khalayak global untuk produk mereka, dan dengan membantu pembeli menemukan produk dan pemasok dengan cepat dan efisien.

Alibaba.com menghadirkan ratusan juta produk di lebih dari 40 kategori utama, termasuk elektronik, mesin, dan pakaian jadi. Pembeli untuk produk-produk ini berlokasi di 190+ negara dan wilayah, dan bertukar ratusan ribu pesan dengan pemasok di platform setiap hari.

 

Baca Juga: 

 

Cara Belanja di Alibaba

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk berbelanja di Alibaba.com, Anda perlu mengetahui cara atau tahap-tahap untuk membeli barang di Alibaba.com. Berikut ini cara belanja di Alibaba dengan mudah dan aman:

1. Login ke Situs Website Alibaba.com

Cara Belanja di Alibaba
Cara Belanja di Alibaba – Mister Exportir

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke situs Alibaba.com. Lalu klik Sign In. Di situs Alibaba.com, terdapat banyak metode untuk login. Anda dapat menggunakan media sosial seperti facebook, twitter atau linkedin.

Selain dapat menggunakan media sosial seperti yang disebutkan di atas, untuk login ke situs Alibaba.com juga dapat menggunakan email. Jika Anda ingin mendaftarkan lewat email, Anda bisa klik tombol Join Free. Atau agar lebih mudahnya silakan login melalui akun gmail.

 

2. Pilihlah Produk dan Supplier

Cara Belanja di Alibaba
Cara Belanja di Alibaba – Mister Exportir

Langkah selanjutnya, setelah Anda berhasil melakukan login ke situs Alibaba.com adalah silakan Anda cari produk yang ingin dibeli. Pada umumnya, pembeli di situs Alibaba.com mencari produk untuk dijual kembali.

Anda bila klik produk yang disukali untuk melihat lebih detail gambar dan deskripsi produk sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Selain itu, lihat juga jenis supplier yang menjual produk tersebut. Terdapat 4 jenis supplier di Alibaba.com, berikut ini perbedannya:

  • Supplier adalah penjual yang belum lama bergabung dengan Alibaba.com
  • Gold Supplier adalah supplier yang memiliki reputasi yang baik dan telah lama berjualan di Alibaba.com
  • Assesed Supplier adalah supplier yang telah diinspeksi dan mendapatkan penilaian langsung oleh pihak Alibaba.com
  • Trade Assurance adalah supplier yang menyediakan asuransi dalam pengirimannya.

 

3. Order Produk di Alibaba

Kemudian, setalah Anda memeriksa deskripsi barang dan supplier. Langkah selanjutnya adalah, Anda dapat langsung mengorder barang yang diinginkan. Atau Anda juga bisa untuk langsung mengontak supplier yang bersangkutan untuk negosiasi harga maupun meminta penjelasan yang lebih detail.

 

Cara Bernegosiasi di Alibaba

Cara Belanja di Alibaba
Cara Belanja di Alibaba – Mister Exportir

Untuk bernegosiasi mengenai barang, Anda bisa klik bagian Contact Supplier. Usahakan gunakan bahasa Inggris agar dimengerti oleh supplier, dan  gunakanlah bahasa yang sopan.

Setelah mengirimkan pesan negosiasi, tunggu beberapa saat hingga supplier mengapprove dan membalas pesan Anda. Apabila proses negosiasi berhasil, Anda dapat langsung melakukan Start Order. Silakan tentukan quality barang, destinasi pengiriman barang, cara pengiriman dan metode pembayaran.

Apabila Anda ingin melakukan pembelian dalam jumlah banyak, Anda wajib mengurus izin impor di kemenag agar produk yang kamu beli tidak tertahan di bea cukai. Sementara itu, jika Anda hanya membeli barang dengan jumlah kurang dari 10, Anda tidak perlu mengurus izin impor.

Agar dapat lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa forwarder. Ada banyak sekali perusahaan forwarder asal Indonesia yang telah memiliki gudang di China. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengurus pengiriman dan perizinan.

 

4. Macam-macam Metode Pembayaran di Alibaba

Cara Belanja di Alibaba
Cara Belanja di Alibaba – Mister Exportir

Alibaba.com memiliki banyak sekali metode atau cara pembayaran. Anda dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit, transfer bank, western union atau bisa juga menggunakan paypal. Cobalah untuk mendiskusikan hal ini dengan supplier mengenai metode pembayaran yang ingin Anda lakukan.

Cara Belanja di Alibaba
Cara Belanja di Alibaba – Mister Exportir

Satu hal yang perlu diingat yakni setiap metode pembayaran Anda aakn dikenakan fee payment. Misalnya jika Anda menggunakan paypal. Maka Anda akan dikenakan fee payment sebesar 25 USD. Biaya tersebut berlaku untuk satu kali transfer ke satu supplier. Adapun daftar biaya yang harus Anda bayara ialah: biaya produk, biaya kirim, biaya fee payment, dan biaya forwarder (jika Anda menggunakan jasa forwarder).

 

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengeni bagaimana cara belanja di Alibaba. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam bertransaksi di Alibaba dan bisnis yang Anda jalankan dapat berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com