Bisnis Barang Impor

Bisnis Barang Impor

Melakukan bisnis barang impor saat ini bisa dibilang sebagai bisnis yang cukup profitable jika dilakukan dengan baik dan benar.

Semua pengusaha muda pasti pernah terpikirkan untuk memulai bisnis barang impor ini. Namun, bagaimana caranya? Apa yang harus dilakukan?

Nah, mau tau tips bisnis barang impor? Yuk baca terus artikel ini sampai habis untuk mendapatkan tips bisnis dari kami.

Peluang Usaha Impor Barang

Peluang Usaha Impor Barang
gambar: pixabay

Saat ini, kita akan sangat mudah sekali menemukan berbagai produk impor dari luar negeri, terlebih lagi barang dari China yang terkenal dengan harganya yang murah dengan kualitas yang baik.

Di Indonesia pun, produk produk asal China sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, produk kecantikan, gadget, dan sebagainya.

Melihat hal tersebut, akhirnya banyak yang melihat peluang bisnis impor barang dari China. Selain itu banyak keuntungan lain dari bisnis barang impor China.

Keuntungan Berbisnis Impor Barang dari China

Selain peluang bisnisnya yang cukup besar dan menguntungkan untuk berbisnis impor barang dari China, terdapat juga beberapa keuntungan lainnya yang membuat bisnis impor barang ini semakin marak dijalani

1. Harganya Murah

Sudah menjadi rahasia umum memang untuk tahu bahwa barang barang dari China sangatlah murah.

Itulah yang menjadi poin utama dalam berbisnis impor barang dari China, yaitu barang yang murah sekali.

2. Laba yang Besar

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, jika kita telah mendapatkan barang yang murah pasti kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Margin keuntungan yang bisa diambil dari berbisnis barang impor dari China pun bisa mencapai 100 persen lebih.

3. Produk yang Unik

Produk produk dari China juga terkenal dengan inovasinya. Hampir setiap saat mereka mengeluarkan produk baru.

Barang yang unik dan baru tersebut pun jarang adanya di Indonesia, sehingga untuk menjual produk unik dan baru tersebut akan menjadi peluang tersendiri.

4. Kualitasnya Baik

Meskipun murah, namun barang yang berasal dari China ini sebagian besar memiliki kualitas yang bagus.

Sebab setiap produk yang berasal dari produsen yang baik pastinya akan melewati proses quality control terlebih dahulu sebelum didistribusikan.

5. Bisnis Mudah Berkembang

Karena barang impor dari China banyak dicari, penjualan akan mudah dilakukan baik secara online maupun offline.

Terlebih jika kamu memasarkannya dengan baik, yakni dengan teknik pemasaran yang mengikuti perkembangan zaman seperti sosial media, SEO, dan sebagainya.

Cara Bisnis Impor Barang dari China

Cara Bisnis Impor Barang dari China
gambar: pixabay

Banyak pertanyaan yang selalu muncul ketika ingin memulai bisnis impor barang ini. Seperti produk apa yang ingin dijual? Bagaimana mencari supplier? Bagaimana supaya tidak tertipu? Apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ini?

Caranya sebenarnya sangat simpel. Namun sama seperti bisnis yang lainnya, kamu harus berani menanggung resiko berbisnis.

Untuk itu, jika kamu tidak tahu apa yang kamu lakukan, akan sangat mudah kamu menghabiskan uang banyak untuk membeli barang yang akan menumpuk di gudang kamu alias tidak laku.

Maka dari itu, untuk menghindarinya yuk simak cara dan tips bisnis impor barang dari China ini. Beberapa langkah awal yang mesti kamu lakukan adalah:

1. Temukan Barang yang Bagus

Hal yang paling pertama dan paling penting sebelum melakukan bisnis barang impor dari China adalah menentukan barang apa yang ingin diimpor.

Bagi sebagian orang, mungkin bagian inilah yang menjadi masalah utama untuk memulai bisnis ini.

Kamu harus melakukan brainstorming, riset, dan memilih barang yang akan kamu impor dan jual

Untuk itu, beberapa tips ini bisa kamu ikuti untuk menemukan produk yang tepat:

  • Usahakan barang tersebut kecil dan ringan. Hal tersebut untuk memudahkan pengiriman. Pengiriman pun juga bisa menentukan keuntungan yang akan didapat. Semakin murah, semakin besar juga keuntungan yang akan didapat.
  • Usahakan barang tersebut sederhana. Maksudnya adalah barang yang barang yang mudah diproduksi. Sebab tidak semua produsen memiliki standar yang tinggi. Untuk meminimalisir kesalahan, pilihlah barang yang simpel.
  • Pilihlah barang yang tidak terlalu mahal. Usahakan harga barang tidak lebih dari Rp 3 juta per buahnya. Karena semakin mahal harga semakin tinggi juga resikonya. Baik dalam pengiriman, kualitas, dan sebagainya.
  • Pilih barang yang benar benar baru dan tidak ada pesaingnya. Misal jika kamu ingin mengimpor pakaian, pilihlah pakaian yang lebih spesifik. Jika terlalu umum, akan sulit untuk menguasai pasar nantinya.
  • Jangan mengimpor barang musiman. Misalnya barang barang yang berhubungan dengan idul fitri, imlek, natal, dan sebagainya.

2. Mencari Supplier yang Baik

Setelah menentukan barang atau produk apa yang ingin kamu jual, selanjutnya kamu harus mencari barang tersebut dari supplier yang terpercaya.

Mungkin butuh waktu lama untuk menentukan supplier yang tepat agar terhindar dari penipuan. Tapi itu harus dilakukan.

Salah satu tempat yang sering disebut ketika ingin memulai bisnis impor barang dari China adalah AliBaba.

Di situs tersebut, kamu akan mudah menemukan berbagai barang dari berbagai supplier. Misal kamu ingin berbisnis baju, kamu bisa menemukan supplier baju import tangan pertama di situs tersebut.

Namun terdapat cara import barang dari AliBaba agar kamu tidak tertipu dan malah menjadi rugi.

Caranya adalah dengan hanya mencari supplier yang telah menjadi Gold Member. Hal tersebut akan mengurangi resiko supplier nakal dan penipu.

3. Jual Sampel Terlebih Dahulu

Jika sudah menemukan barang dan supplier, selanjutnya jangan langsung membeli barang dalam jumlah besar.

Belilah terlebih dahulu beberapa sampel untuk mengetes kualitas produk dan mengetes pasar Indonesia terhadap produk tersebut.

4. Besarkan Bisnis Kamu

Ketika produk sampel berhasil melewati uji kualitas dan uji pasar dari kamu, maka kamu bisa melanjutkannya dengan memesan lagi barang tersebut dengan jumlah yang besar.

Pembelian dalam jumlah besar ini pun tidak perlu dikhawatirkan karena kamu sudah mengetes uji sampelnya.

Tips Bisnis Barang Impor dari China

Tips Bisnis Barang Impor dari China
gambar: pixabay

Inilah beberapa tips yang bisa kamu ambil berdasarkan penjelasan sebelumnya:

  • Jangan membeli dalam jumlah besar tanpa produk sampel
  • Pastikan kamu mendapat supplier yang bisa memberikan produk sampel
  • Bayarlah dengan metode pembayaran yang menggunakan Trade Assurance atau Paypal untuk pemesanan 3 bulan pertama
  • Jangan membeli dari supplier yang tidak menyanggupi pembayaran yang telah disebutkan
  • Jangan menjual barang palsu. Selain ilegal, barang tersebut tidak akan laku
  • Untuk bisnis yang baru mulai, jangan dulu menyiapkan gudang yang besar. Besarkanlah bisnis kamu secara bertahap
  • Jangan berikan email pribadi ke supplier
  • Masuklah ke dalam komunitas importir barang China untuk mendapat insight lebih mendalam terhadap bisnis dan produk yang ingin kamu jalani.

Itulah informasi pada artikel kali ini tentang cara dan tips bisnis barang impor dari China. Semoga cara dan tips ini bisa membantu kamu semua untuk berbisnis barang impor yaa. Selamat Mencoba!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh